pulsa-logo

Xiaomi Redmi 5A, Akankah Jadi Smartphone Sejuta Umat?


Deni Hardian

Rabu, 03 Januari 2018 • 17:19

review Xiaomi Redmi 5A, harga Xiaomi Redmi 5A, spesifikasi Xiaomi Redmi 5A, xiaomi, redmi, mifans, mifans indonesia


Menjelang pergantian akhir Tahun 2017, Xiaomi kembali menggebrak pasar ponsel tanah air dengan menghadirkan smartphone kelas entry-level terbarunya yang bertajuk Xiaomi Redmi 5A. Meski disebut sebagai smartphone kelas entry-level, benaman spesifikasi serta fitur yang ditawarkan cukuplah menarik. Mulai dari tampilan desain yang menawan dengan material berbahan aluminium metal solid, dukungan chipset yang bertenaga serta fitur pendukung lainnya yang tak kalah menarik.

Memulai debutnya dengan label harga Rp 999.000,-, Kehadiran Xiaomi Redmi 5A cukup mengagetkan pecinta ponsel tanah air. Dengan harga yang sangat terjangkau ini, Redmi 5A memberikan jaminan performa yang tak kalah apik dibandingkan dengan ponsel yang jauh lebih mahal. Namun, apakah Xiaomi Redmi 5A bakal menjadi smartphone sejuta umat baru di Indonesia? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Paket Penjualan : Handset, Charger, earset, kabel data, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, Clearcase

Warna : Gold, Dark Grey

Harga : Rp 999.000



Body Look Metal Pas dalam Genggaman

Xiaomi Redmi 5A hadir dipasaran memiliki tampilan desain yang sangat mirip dengan pendahulunya yakni Redmi 4A. Memiliki tampilan tampilan desain yang menyerupai metal, sebenarnya body belakang yang tertanam hadir dengan material plastik polycarbonat. Selain itu dari ukuran body yang tertanam juga tak jauh berbeda, frame metal yang hadir pada sisi samping perangkat yang apik. Menariknya, tepi antara kaca dengan bezel cukup tipis yang membuat perangkat ini cukup nyaman untuk dipandang. Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 5A sedikit lebih berat dengan bobot mencapai 137gram. Secara keseluruhan, ponsel ini terasa cukup ringan dengan genggaman, kokoh dan nyaman untuk digunakan untuk mendukung aktivitas pengguna sehari-hari.

Masuk ke bagian antarmukanya, Redmi 5A hadir dengan panel kaca berukuran 5.0 inci dengan resolusi layar HD. Meski hadir tanpa lapisan kaca lengkung 2.5D, perangkat ini masih cukup memberikan kenyamanan. Masih dibagian depan, Xiaomi menempatkan sensor kamera depan beresolusi 5 megapiksel yang ditemani dengan mikrofon. Sementara pada bagian bawahnya terdapat 3 tombol kapasitif khas ponsel Xiaomi yakni tombol back, home dan recent apps.

Beralih ke sisi kiri perangkat tertanam lubang kartu SIM dan slot microSD yang hadir secara terpisah. Dengan lubang microSD yang hadir secara terpisah, pengguna tak perlu khawatir lagi jika ingin menambah kapasitas memory eksternal menjadi 256GB. Sementara pada sisi kanan, Xiaomi hanya menempatkan tombol power yang ditemani dengan tombol volume. Masuk ke bagian belakang, tertanam sensor kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang ditemani lampu flash LED pada sisi kiri atas perangkat. Dibagian bawahnya terdapat lubang speaker yang ditemani dengan logo MI.

Lubang jack audio masih setia dibagian atas perangkat yang berdampingan dengan port infrared. Sedangkan port microUSB 2.0 terdapat dibagian bawah perangkat.

Layar Jernih dan Tajam dengan Resolusi HD

Smartphone dengan harga dibawah satu juta rupiah ini tampil dengan dengan dimensi layar yang berukuran 5.0 inci. Berteknologi layar IPS, tampilan Redmi 5A cukup apik jika dilihat dari berbagai sisi. Selain itu, dengan resolusi layar HD 720p dengan kedalaman layar mencapai 296ppi. Membuat perangkat ini memiliki tampilan layar yang cukup tajam dan jernih.

Redmi 5A mampu digunakan dengan baik baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan bahkan jika digunakan dibawah terik matahari. Reproduksi warna yang dihasilkan juga terbilang baik saat digunakan untuk aktivitas multimedia seperti menonton film ataupun streaming video. Apiknya lagi, Redmi 5A mampu merespons hingga 10 titik sentuhan yang bakal semakin memanjakan pengguna dalam beraktivitas.

Sayangnya antarmuka yang tertanam tak jauh berbeda dengan perangkat smartphone Xiaomi lainnya. Selain aplikasi khas Xiaomi, perangkat ini juga dibekali dengan aplikasi khas Google serta beberapa tambahan aplikasi lokal seperti Picmix dan Caping.

Meskipun hadir dengan tampilan UI yang sedikit monoton, pengguna bisa memilih tema dan wallpaper sesuka hati yang telah di sediakan oleh Xiaomi dengan mengunduhnya secara gratis.

Quad-core 1.4GHz Plus RAM 2 GB

Sesuai dengan segmen pasar yang dipilih, Xiaomi Redmi 5A hadir dengan perbendaharaan hardware yang tak istimewa. Perangkat ini hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 425 dengan dukungan prosesor 4 inti yang ditambah dengan grafis Adreno 308. Hal ini cukup disayangkan, dimana ponsel Xiaomi yang sekelasnya sudah menggunakan chipset ini terlebih dahulu. Meskipun begitu, hal itu tidak terlalu berpengaruh pada kinerja yang dihasilkan.

Chipset yang tertanam sudah dikombinasikan dengan RAM sebesar 2GB dan memory internal sebesar 16GB. Meski hadir dengan memory internal yang cukup terbatas, pengguna bisa menambahkannya melalui slot kartu microSD hingga 256GB untuk menyimpan beragam file mulai dari foto, video hingga file lainnya.

Untuk membuktikan seberapa baik kinerja yang dihasilkan, PULSA menginstal beberapa game mulai dari Angry Bird 2 dan AOV. Hasilnya, perangkat ini mampu memainkan kedua game ini dengan baik. Respon sentuhan yang dibutuhkan dalam memainkan game ini mampu diakomodasi dengan baik tanpa adanya hambatan. Selain itu, tampilan grafis yang diberikan juga terbilang cukup baik meskipun tidak terlalu tajam.

Puas memainkan game, PULSA juga menguji kinerja perangkat ini dengan menggunakan aplikasi benchmark. Hasilnya pun sesuai dengan yang label harga yang ditawarkan. Anda dapat menyimak hasil tes baterai dan benchmark Redmi 5A pada tabel berikut.

Kamera Utama 13MP Apperture F/2.2 Plus PDAF

Hadir dengan label harga yang sangat terjangkau, Xiaomi Redmi 5A hadir dengan fasilitas fotografi yang cukup mumpuni dikelasnya. Bagaimana tidak, perangkat ini sudah dibekali dengan sensor kamera 13 megapiksel dibagian belakang yang ditemani dengan lampu flash led serta tambahan fitur PDAF untuk memaksimalkan aktivitasnya. Sensor kamera yang tertanam juga sudah dibekali dengan bukaan lensa f/2.2 yang memberikan aksi fotografi yang baik saat dilakukan di luar ruangan.

Pada pengujiannya, kualitas yang diberikan Redmi 5A terbilang sangat baik. Baik dilakukan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tak hanya itu, PULSA juga melakukan pengambilan gambar pada malam hari, hasilnya pun cukup baik untuk ponsel pintar dengan harga dibawah satu jutaan. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup tajam dengan reproduksi warna yang cukup kaya. Detail yang ditampilkan juga terbilang sangat baik.

Hasil Kamera Indoor

Hasil Kamera Outdoor

Hasil Kamera Outdoor Malam

Sementara itu, untuk kamera depan yang dihasilkan sudah cukup untuk mengakomodasi pecinta selfie, meskipun kualitas yang ditampilkan tidak terlalu tajam dan jernih, namun hasilnya sudah bisa dibanggakan di aplikasi sosial media.

Sementara untuk mengabadikan momen, Redmi 5A sudah mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p. Kualitas video yang dihasilkannya pun terbilang cukup baik untuk merekam momen penting bersama keluarga.

Multimedia

Meskipun hadir dengan label harga yang sangat terjangkau, fasilitas multimedia yang dihadirkan terbilang cukup lengkap dikelasnya. Pengguna yang gemar menonton video baik secara offline maupun online diakomodasi dengan baik oleh Redmi 5A. Sementara untuk menikmati konten musik anda bisa melakukan pemutaran musik dengan aplikasi yang sudah disediakan. Berbicara kualitas audio yang dihadirkan sudah cukup untuk mengakomodasi pecinta musik meskipun kualitas audio yang dihadirkan melalui earset bawaan tidak terlalu baik. Sebagai tambahan, ponsel pintar besutan Xiaomi ini juga menyediakan aplikasi Radio FM.

4G LTE

Layaknya ponsel masa kini, Xiaomi Redmi 5A sudah dibekali dengan fasiltas koneksi yang cukup lengkap. Mulai dari akses jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth dan microUSB 2.0. Nilai lebih koneksi yang hadir pada perangkat ini adalah hadirnya infrared yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menghubungkan ke perangkat elektronik seperti tv, ac ataupun alat elektronik lainnya yang berbasis koneksi infrared.

Kesimpulan

Dengan label harga yang ditawarkan, Xiaomi Redmi 5A sudah mampu mengakomodasi berbagai aktivitas pengguna dengan baik. Mulai dari sisi multimedia, fotografi, gaming hingga sosial media. Dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, Redmi 5A tampil superior dengan kinerja yang dihasilkan selain itu daya tahan baterai yang dihadirkan cukup baik untuk digunakan sehari-hari.