pulsa-logo

Wiko View Prime, Andalkan Dual Kamera Depan dan Full View Display


Aldrin Symu

Kamis, 04 Januari 2018 • 09:55

spesifikasi Wiko View Prime, harga Wiko View Prime, review Wiko View Prime


Saat vendor lain bergulat dengan dual kamera belakang, Wiko malah meluncurkan produk dengan dual kamera depan. Ya, Wiko View Prime yang diluncurkan berbarengan dengan Wiko View (tanpa embel-embel), menghadirkan layar full view (wide screen) dengan aspek rasio 18:9.

Ponsel asal Perancis yang masuk ke dalam kelas premium ini (dibanderol hampir 4 juta rupiah) hadir dengan prosesor octa-core, ram 4GB dan storage internal 64GB. Kelebihan lain, ponsel ini menyertakan sensor sidik jari dan koneksi 4G. Oke, untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat uraian lebih lanjut.

Paket Penjualan : Handset, Charger, USB kabel, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, earset

Warna : Black, Cherry Red, Deep Bleen, Gold

Harga : Rp 3.799.000

Desain Menarik


Wiko View Prime tampil cukup menarik dengan tampilan hitam legam dari depan hingga belakangnya. Hadir dalam 4 pilihan warna yaitu Black, Cherry Red, Deep Bleen dan Gold, ponsel ini terasa pas digenggaman karena lekukan sisi luar dan dalamnya.

Ponsel ini terlihat seperti dalam balutan metal bila melihat dari bobot yang dimiliki. Pada bagian depan, ponsel belum dilapisi pelindung tambahan. Pelindung tambahan disertakan pada paket pembelian (Anda harus memasang sendiri). Lubang speaker (buzzer) yang terdiri dari lubang sangat kecil dan pendek, diletakkan bersebelahan dengan kamera depan (dual kamera). Kamera depan utama berada di sisi kiri sedangkan kamera depan tambahan di sisi kanan. Kamera depan utama ini hampir tidak begitu terlihat karena warna hitamnya nyaris sama dengan warna background. Di samping kiri lubang speaker ini masih ada LED flash (bisa berfungsi sebagai senter), status indikator dan light sensor yang tidak terlihat.

Pada sisi bawah, terdapat port USB untuk data atau charging yang diletakkan di tengah. Sedangkan kanannya terdapat lubang keluaran udara dari speaker. Port audio berada di sisi atas bagian kiri. Beralih ke sisi kanan, tombol power diletakkan di bawah dari tombol volume. Sedangkan sisi kiri diisi dengan baki SIM card dan slot microSD card yang dapat dibuka dengan pin ejector yang tersedia di dalam paket penjualan. Baki ini menyediakan 1 tempat untuk kartu memori dan dua tempat untuk SIM card 1 dan SIM card 2 (NanoSIM, dual stand-by).

Pada bagian belakang, penempatan kamera di tengah atas berdampingan dengan flash LED. Sekilas, flash LED ini terlihat seperti berlian dengan pantulan cahaya. Kamera belakang tampil dalam bentuk bulatan yang besar lingkarnya hampir sama dengan sensor sidik jari yang berada di bawahnya. Sensor sidik jari ini memiliki warna yang sama dengan warna bagian belakang ponsel. Cukup manis terlihat.

Layar IPS LCD HD+

Layar Wiko View Prime terlihat tidak biasa karena mengakomodasi resolusi layar HD+ (720x1440) pada bentang 5,7 inci. Layar tidak dilengkapi dengan pelindung layar semacam Gorilla Glass ataupun Resistant Glass. Tersedia pelapis layar pada paket pembelian bawaan. Namun sayangnya, buat yang tidak terbiasa, memasang pelapis layar ini adalah hal yang sangat sulit.

Ponsel yang tampil memanjang ini menampilkan menu mengambang (navigation key) di bagian layar, sehingga bagian di bawah layar yang cukup lebar tersebut seperti tidak ada fungsinya. Namun, menu mengambang tersebut menyediakan dia model yang dapat Anda ganti sesuai keinginan.

Untuk layar ini, Wiko menyiapkan fitur ‘adaptive brightness’ dan ‘smart display’ untuk optimalisasi kecerahan dan optimalisasi penglihatan saat di bawah sinar matahari. Salah satu kelebihan layar ponsel ini adalah layar full view (wide screen) dengan aspek rasio 18:9 sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman karena tampilan layar terlihat lebih lapang.

Android Nougat dengan Wiko Launcher

Wiko View Prime sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1 yang didukung oleh Wiko Launcher (bukan UI loh). Antar muka ponsel ini tergolong sangat sederhana. Hanya tersedia pengaturan wallpaper bawaan (tidak variatif) atau dari image/jepretan kamera. Untuk widget tentu saja tergantung aplikasi yang Anda instal. Launcher hanya menyediakan ‘notification badges’ dan ‘my smart left page’. My left page ini menyediakan 5 kategori yaitu recent contacts, favorites apps, my feed, weather dan upcoming events. Untuk home screen style, ponsel ini terlihat kaku, sebab hanya menyediakan home screen style standard dengan drawer untuk menampilkan semua aplikasi.

Tersedia beberapa fitur bawaan yang hadir pada ponsel Wiko View Prime ini. Salah satunya adalah Phone Assist. Phone Asist menyediakan7 fitur utama yaitu Junk Files (membersihkan file sampah pada cache), Power Saver (semua hal terkait penghemat baterai), Notification Manager (pengaturan notifikasi), Boot Optimizer (optimalisasi proses kerja ponsel agar lebh lembut dan lancar), Default Apps (menentukan aplikasi standard untuk menjalankan sebuah file), Updates (melihat update yang tersedia berikut pengaturannya), dan Permission Manager (mengatur hak privasi yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi).

Untuk mempercepat akselerasi ponsel, tersedia aplikasi ‘One Clean’ dengan sekali sentuh. Dan, aplikasi ‘Apps Lock’ untuk mengunci aplikasi tertentu yang ingin dibatasi hak penggunaannya. Tidak seperti ponsel kebanyakan yang biasanya saat pertama digunakan akan mendapatkan update firmware. Ponsel ini tidak menyediakan update sama sekali setelah seminggu pengujian.

Hardware Kelas Menengah, RAM 4GB

Ponsel ini menggunakan prosesor Octa-core MSM8937 Snapdragon 430 dengan kecepatan 1.4GHz. Kinerja ponsel ini masih didukung oleh RAM sebesar 4GB yang bersanding dengan ruang penyimpanan internal 64GB. Untuk storage tambahan (microSD card) ponsel ini mendukung hingga 128GB. Jadi tidak ada lagi kekhawatiran untuk proses simpan menyimpan koleksi multimedia. Oh iya, untuk GPU, ponsel ini menggunakan Adreno 505. Sedangkan untuk asupan daya, ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 3.000mAh (standard) sehingga Anda juga tidak akan terlalu khawatir bila digunakan seharian dengan konektifitas full. Sayangnya, ponsel ini tidak menyertakan teknologi fast charging.

Untuk melihat performa jeroan ponsel ini, digunakan beberapa aplikasi benchmark yang dapat dipercaya. Dengan AnTuTu Benchmark, ponsel ini mendapat angka 44.180. Angka ini tergolong rendah untuk kelas ponsel diharga mendekati 4 juta rupiah. Dengan Geekbench 4, ponsel ini mendapat nilai 665 untuk single-core dan 2.552 untuk multi-core. Dengan menggunakan 3Dmark bahkan didapat nilai 297 untuk sling shot extreme. Untuk aplikasi Basemark OS II didapat nilai 921. Secara keseluruhan nilai benchmark ini pantasnya disematkan pada ponsel dikisaran harga 3 juta rupiah kebawah. Pengujian menjalankan game berat seperti Aspalt 8 tidak ditemui masalah berarti. Meskipun tidak terlalu smooth namun juga tidak terlalu ngelack. Masalah ditemui saat menginstal game online seperti Need For Speed (No Limit), tidak diketahui penyebab jelas kenapa tidak dapat diinstal.

Dual SIM 4G LTE

Seperti smartphone terkini pada umumnya, Wiko View Prime juga telah dibekali dengan dua slot kartu nano SIM yang sudah mendukung 4G LTE. Slot kartu SIM pada ponsel ini menggunakan slot kartu yang terpisah antara sim 1 dan sim 2. Demikian juga slot kartu memori eksternal tersedia tersendiri. Bertukar data dapat Anda lakukan secara nirkabel lewat Bluetooth 4.1 serta Wi-Fi direct. Sedangkan untuk navigasi lokasi, ponsel ini telah disisipi oleh GPS dan AGPS. Pengujian menggunakan aplikasi Google Maps, aplikasi berjalan lancar dan  tidak ditemui masalah.

Multimedia

Seperti biasa, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan untuk mendengarkan alunan musik dalam berbagai macam format file. Meskipun tersedia pengaturan equalizer, sayangnya hasil keluaran audio terdengar sangat standard saat mendengarkan lewat earset bawaan. Justru saat memainkan musik dengan menggunakan speaker bawaan, perbedaan genre musik terdengar nyata saat dirubah di equalizer. Mungkin kualitas earset yang digunakan berpengaruh.

Masih tersedia fitur radio FM pada ponsel ini. Dengan menyertakan kemampuan untuk merekam, aplikasi radioFM terlihat cukup sederhana dan mudah dipahami. Sedangkan untuk menikmati tayangan video, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, sebab video player bawaan sudah mendukung banyak format video. Percobaan memainkan file video setara bluray, video yang dimainkan tidak bermasalah.

Kamera Belakang 16MP dan Depan 20+8MP

Satu hal yang mungkin ingin diunggulkan Wiko pada ponsel ini selain full view adalah kemampuan kamera. Namun anehnya, bila dual kamera disematkan pada kamera belakang, Wiko View Prime malah menggunakan dual kamera depan.

Ponsel ini mengusung kamera belakang dengan resolusi 16 megapiksel (4608x3456). Kamera ini sudah dilengkapi dengan sistem autofokus pada kondisi kurang cahaya. Untuk mode, ponsel ini menyediakan mode kamera mulai dari super pixel, beauty, professional, panorama, night, QR code, time lapse dan portrait.

Untuk efek, kamera ini menyediakan efek gray, sepia, tint, crossprocess, temperature, documentary, fisheye, focus dan none tentunya. Efek ini tergolong sedikit bila dibanding dengan ponsel yang mengutamakan kamera sebagai fitur pemikat.

Pada pengaturan, kamera ini menyediakan pengaturan touch shot, smile shot, self timer, ASD, shutter sound, camera roll, picture size dan anti flicker. Tidak ditemukan watermark yang biasanya tersedia di ponsel dengan resolusi besar.

Pada bagian depan, pengguna dapat menemukan sensor dengan resolusi 20 megapiksel. Mode selfie dan pas photo dapat langsung diaktifkan dengan mengklik icon wajah di bawah layar. Untuk berselfie ria ini, ponsel menyediakan pengubah kecerahan kulit, pembesaran mata dan pengubah besarnya rahang. Maksudnya, bila Anda memiliki wajah dengan rahang yang lebar, dapat diperkecil sehingga terlihat seperti oval. Mode mempercantik ini juga menyediakan editing tambahan saat melihat hasil pemotretan dengan beberapa efek dan mode editing yang standard. Untuk kamera depan, ponsel ini juga membekali LED flash yang dapat diatur terus menyala (mode senter) atau sesuai dengan kebutuhan (otomatis).

Hasil Kamera Selfie

Pada pemotretan di luar ruangan, ponsel ini menghasilkan gambar yang tidak terlalu istimewa bila melihat besaran resolusi yang digunakan. Baik menggunakan HDR atau tidak, ponsel ini terkesan menggunakan interpolar saat hasil pemotretan dilihat di PC/laptop. Pemotretan makro yang biasanya melekat pada ponsel dengan resolusi 16 megapiksel, tidak terlihat pada ponsel ini. Hasil pemotretan makro terlihat tidak jelas fokus yang tertangkap.

Hasil Kamera Outdoor

Sedangkan pemotretan di dalam ruangan, kemampuan memotret di dalam ruangan kurang cahaya tidak terlihat pada ponsel ini. Dengan mengaktifkan LED flash secara otomatis tidak membuat hasil foto menjadi lebih baik saat dilihat pada PC/laptop. Mungkin bila menggunakan pengaturan lain seperti mode professional (misalnya) hal ini dapat ditanggulangi. Atau dibutuhkan percobaan pengaturan lanjutan agar didapat hasil foto yang lebih maksimal.

Hasil Kamera Indoor

Kesimpulan

Ponsel kelas menengah ini mengedepankan full view dan kemampuan kamera sebagai daya tarik. Minus lapisan pelindung layar dan kapasitas baterai standard membuat ponsel ini tidak terasa mahal bila dibanderol mendekati 4 juta rupiah. Hardware yang disematkan juga tidak istimewa. Dari sisi UI atau software juga biasa saja. Namun, dual kamera depan yang tidak umum digunakan ini menyediakan beberapa mode untuk menghasilkan foto selfie yang lebih baik.

Secara keseluruhan performa hardware dan software yang dibawa tidak terlalu mengecewakan. Tapi pilihan diserahkan pada Anda.