pulsa-logo

Advan i10, Tablet Android Nougat, Harga Bersahabat


Galing

Kamis, 04 Januari 2018 • 16:05


Pasar tablet tanah air kembali diramaikan oleh kehadiran tablet anyar besutan vendor nasional. Tablet bernama Advan i10 siap memenuhi kebutuhan konsumen yang mendambakan perangkat dengan layar lapang namun dengan harga yang masih terjangkau kantong. Berdiagonal sepuluh inci, i10 sudah didukung dengan sistem operasi Android Nougat yang ditunjang oleh antarmuka racikan khas sang vendor IDOS.

Ciri khas tablet ini terletak pada stylus pen yang disertakannya. Fitur produktivitas yang dijejalkannya sayangnya belum dilengkapi dengan aplikasi pengolah dokumen seperti yang lazimnya ada pada perangkat lain. Melihat harga jualnya yang mencapai dua jutaan, apakah perangkat ini layak untuk Anda miliki? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Paket Penjualan: Handset | Charger | Kabel Data | Earphone | Buku Panduan Penggunaan Stylus Pen | Faux Leather Case | Kartu Garansi

Warna : Hitam

Harga : Rp 1.999.000

Desain


Tablet dengan layar lapang ini dalam paket penjualannya sudah dibekali dengan cover berwarna biru gelap yang juga memberikan ruang untuk menyimpan pena stylus yang disertakannya. i10 memiliki bobot yang tergolong berat sehingga tidak akan cocok bila harus dioperasikan menggunakan satu tangan. Beruntung, cover miliknya dapat Anda tekuk sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk menyangga tablet saat harus digunakan dalam posisi landscape. Meski terlihat tipis cover miliknya terbukti kuat menyangga beban sang tablet.

Sementara itu area depan perangkat ini memiliki bezel yang cukup tebal. Meski begitu Anda tidak akan menemui tombol fisik home dan navigasi yang umumnya diletakkan tepat di bawah layar miliknya. Sebagai gantinya, Advan menempatkan tombol navigasi virtual yang menempati sisi bawah layar. Tidak seperti ponsel garapan Advan yang biasanya sudah dibekali dengan pemindai sidik jari, maka pada i10 ini pengguna hanya dapat memanfaatkan pengenalan wajah untuk mengamankan perangkat ini.

Tombol daya sang tablet terlihat berdampingan dengan tombol pengatur volume pada ruas kanan. Sementara port audio tampak berbaris rapi dengan port microUSB di sisi atas. Adapun untuk slot kartu SIM dan microSD berada di bagian belakang tablet yang berlokasi di balik penutup pada posisi yang cukup berdekatan dengan tombol pengatur volume. Pengguna yang ingin membawa serta stylus dari i10 tentu harus menggunakan pula cover yang disertakan karena Advan memang tidak menyiapkan celah khusus yang memungkinkan pengguna untuk menyelipkan pena ke dalam tablet.

Layar 10 Inci

Dengan permukaan layas seluas 10 inci, pengguna tentu dapat lebih leluasa menggunakannya untuk bermain game atau sekadar menonton film. Layar miliknya juga telah mendukung sentuhan hingga sepuluh titik. Sayangnya sensitivitas panelnya terasa kurang sehingga kerap menimbulkan jeda setiap kali dipakai untuk mengetik. Seperti biasa Anda juga bisa mengatur mode gambar berkat adanya fitur MiraVision yang memungkinkan pengguna memilih sendiri kontras dinamis, suhu warna hingga ketajaman. Seperti lazimnya perangkat kelas bawah, Anda juga tidak akan menemui pengaturan kecerahan otomatis tertanam pada sang tablet.

Mengandalkan fitur produktivitas, pengguna dapat memanfaatkan stylus yang disertakan untuk berbagai macam keperluan. Pengguna yang ingin memanfaatkan lebih lanjut perangkat ini untuk urusan pekerjaan disarankan untuk mengunduh sendiri aplikasi yang dibutuhkan. Pasalnya, Advan memang belum menyertakan aplikasi pengolah dokumen atau catatan pada tablet ini.

MediaTek Quad Core 1.0GHz

Menyasar segmen pengguna kelas bawah, i10 memang tidak menjanjikan performa yang gesit. RAM dengan kapasitas 2GB serta ruang internal 16GB juga sebetulnya tergolong pas-pasan. Selain seringkali mengalami jeda, pengguna juga disarankan untuk memasang kartu microSD guna memastikan sang perangkat tidak kehabisan ruang penyimpanan. Menariknya, Anda dapat mengubah pula memori eksternal yang ditancapkan agar berfungsi layaknya memori internal. Dengan demikian pengguna dapat dengan leluasa menginstal berbagai macam game dan aplikasi favorit tanpa harus mengkhawatirkan ruang memori yang terbatas.

Bergeser pada hasil pengukuran benchmark, perangkat ini hanya berhasil mencetak angka sekitar 2500 poin saat diuji menggunakan AnTuTu. Sedangkan pengujian 3DMark meski menghasilkan angka lumayan tinggi, namun sebetulnya perangkat keras dari tablet ini belum mendukung keseluruhan parameter tes yang dilakukan. Anda dapat melihat pengujian performa tablet ini selengkapnya dengan membaca skor yang tertera pada tabel berikut.

Untuk urusan operasional harian tablet ini sudah ditanamkan baterai berkapasitas daya 6.000mAh. Meski demikian dengan permukaan layar yang cukup luas tentu ikut membuat daya sang baterai jadi lebih cepat terkuras. Tidak cuma tablet yang bisa diisi ulang, baterai pena stylus yang disertakan juga dapat Anda isi dayanya menggunakan charger yang sama.

Android Nougat dengan UI IDOS

Advan telah membekali tablet garapannya ini dengan sistem operasi Android Nougat yang dibalut oleh antarmuka IDOS versi 7.22. Tampilan dari tablet ini sebetulnya tidak beranjak jauh dari antarmuka yang bisa ditemui pada ponsel pintar buatan Advan. Anda masih bisa mendapati fitur unik seperti Panduan Muslim yang berisikan Alquran, Petunjuk Arah Kiblat, Pengingat Waktu Sholat, Lokasi Terdekat  (lokasi masjid, restoran halal & toko terdekat dimanapun Anda berada), Kalender Islam, Nama Allah,  Doa-Doa, Pesan Bergambar, Cerita Nabi, Tasbih Digital, Panduan & Do’a Wudhu,  Huruf Hijaiyah, dan  Komunitas.

Berpaling pada fitur keamanan yang dibenamkannya, terdapat pula Advan Safe yang merupakan aplikasi keamanan yang dibuat oleh perusahaan keamanan data 360 security. Didalamnya dapat Anda temukan pemindai antivirus, pengelola aplikasi dan notifikasi hingga boost untuk mempercepat kinerja tablet. Aplikasi sistem seperti anti-pencurian, perekam suara, XLocker dan masih banyak lagi yang lainnya juga sudah disiapkan oleh sang vendor.

Berbagai aplikasi bawaan menarik lainnya seperti UC news, CLONE dan 9apps juga sudah dijejalkan. Tidak istimewa memang mengingat aplikasi seperti ini sebetulnya dapat Anda unduh sendiri dari Play Store. Jika Anda ingin memindahkan data dari perangkat lama ke tablet ini, maka aplikasi transfer 360 Clone juga siap membantu Anda melakukannya melalui koneksi nirkabel Wi-Fi cukup dalam sekali klik. Bertukar data sesama perangkat Android juga dapat dengan mudah Anda lakukan menggunakan aplikasi FreeShareGeek.

Kamera 5MP Plus LED Flash

Sebagai alat kelengkapan fotografi sudah disediakan kamera belakang berukuran 5 megapiksel yang dihiasi oleh lampu kilat LED. Bagian depan miliknya juga tertanam kamera serupa dengan lampu kilat LED yang juga siap membantu penerangan saat selfie di kegelapan. Kecuali lampu kilat, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur HDR untuk memperoleh foto berkualitas pada pengambilan gambar yang membelakangi sumber cahaya. Meski begitu sebagai tablet papan bawah, wajar bila kualitas foto yang diharapkan dari kedua sisi kameranya tidaklah terlalu istimewa.

Pemotretan dalam ruangan menghasilkan gambar dengan flare effect yang cukup mengganggu terutama ketika Anda harus menyalakan lampu kilat LED. Bergeser ke luar ruangan, komposisi warna yang dihasilkan sedikit meningkat meski kecerahan yang ditampilkan juga terlihat cukup tinggi. Singkat kata, aspek fotografi dari tablet ini memang hanya sekadar pas untuk narsis di media sosial.

Hasil kamera Indoor

Hasil Kamera Outdoor

Beranjak ke depan, pengguna dapat mengabadikan foto selfie dengan tambahan fitur beauty yang siap memperhalus tekstur wajah Anda. Sayangnya posisi pemotretan dari kamera depannya belum mengadopsi efek cermin seperti umumnya perangkat selfie lainnya. Dengan demikian gambar preview saat Anda berpose di depan jendela bidik kamera tidak akan sama dengan foto aktual yang dihasilkan sesudah Anda menekan tombol bidiknya.

Hasil Kamera Selfie

4G LTE dan Dedicated MicroSD Card

Seperti sudah sedikit disinggung sebelumnya, i10 disertai oleh dua slot kartu SIM dan satu slot kartu microSD. Tidak seperti ponsel masa kini yang membawa SIM berukuran nano, kedua slot miliknya terdiri dari masing-masing slot SIM normal dan SIM mikro. Peletakan slot yang berada di bawah dengan penutup yang mudah dibuka tentu jadi nilai lebih tersendiri dari perangkat ini dibanding ponsel pintar di pasaran yang membutuhkan adanya alat pencongkel khusus atau SIM Tray Ejector.

Selain dengan kabel data, Anda juga dapat bertukar data menggunakan Bluetooth atau aplikasi bawaan FreeShareGeek. Proses transfer data yang diperlukan saat Anda ingin memindahkan data ke perangkat baru juga dapat dilakukan secara praktis cuku melewati jaringan Wi-Fi.

Kesimpulan

Pasar tablet di tanah air memang tidak segencar volume penjualan yang berhasil dicetak oleh ponsel pintar. Ada banyak alasan yang mendasari hal tersebut, salah satunya adalah berkembangnya perangkat seluler pintar dengan permukaan layar luas diatas 5,5 inci yang lazim disebut sebagai phablet. Namun demikian kehadiran tablet ini tentu masih dibutuhkan oleh beberapa kalangan. Selain bisa dipakai sebagai alat hiburan, tablet juga tentu dapat menggantikan peran laptop untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan.

Dari pengujian yang PULSA lakukan, tablet garapan Advan ini memang tergolong pas untuk menemani Anda bermain game atau menikmati hiburan multimedia. Anda dijamin tidak akan cepat merasa bosan bila menghabiskan waktu dengan perangkat ini. Meski demikian, tentu dapat dimaklumi dengan harga jual yang cukup rendah bila tablet ini kurang memuaskan dari segi kualitas fotografi dan performa yang disuguhkannya. Ringkasnya, Advan i10 ini akan lebih tepat digunakan oleh konsumen yang mengidamkan perangkat yang pas buat digunakan untuk bermain game atau menonton film dengan harga yang ramah di kantong.