pulsa-logo

Xiaomi Mi Mix 2, Desain Wah, Harga Bersahabat


Anwar Aburizal

Selasa, 16 Januari 2018 • 12:11

spek Xiaomi Mi Mix 2, spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2, harga Xiaomi Mi Mix 2, review Xiaomi Mi Mix 2, tes Xiaomi Mi Mix 2, mifans, mifans indonesia


Meski punya fan base yang kuat, namun sepertinya Xiaomi belum yakin dengan potensi pasar di kelas flagship bagi produknya di tanah air. PULSA harus membeli Mi 6 versi distributor saat mengujinya sekitar pertengahan tahun lalu.

Kali ini pun begitu, bosan menunggu kehadiran versi resmi yang tidak kunjung pasti dan demi menjajal ke-ciamik-an penerus Mi Mix, kami harus berburu versi “tidak resmi”dari Mi Mix 2.

Sebagai penerus Mi Mix yang merupakan salah satu pionir desain layar bezel-less. Kehadiran Mi Mix 2 memang membuat penasaran. Dan lewat ulasan ini semoga PULSA bisa mengobati penasaran Anda.

Paket Penjualan : Handset, Charger, Kabel data, Buku Manual, Kartu Garansi, Sim Ejector, Adapter USB Type-C to Audio Jack

Warna : Black

Harga : Rp 7.499.000


Desain Mewah

Saat kemunculannya, Mi Mix generasi pertama mencuri perhatian lewat desain yang diadopsi. Backplate ceramic dan layar bezel-less jadi kombinasi yang membuat Mi Mix original diganjar gold award pada ajang “International Design Excellence Award”.

Meski begitu, desain Mi Mix bukan tanpa kritikan. Banyak yang mengeluhkan layarnya yang terlalu besar hingga menyulitkan saat digunakan satu tangan. Atau bobotnya yang cenderung lebih berat dibanding ponsel kebanyakan.

Jadi hal pertama yang PULSA sadari adalah dimensi Mi Mix 2 lebih kecil dan ringan jika dibandingkan pendahulunya. Ini jelas merupakan poin plus yang membuat Mi Mix generasi kedua ini relatif lebih nyaman ketika digunakan.

PULSA menguji versi regular yang mengkombinasikan Gorilla Glass 4 di bagian muka, aluminum alloy sebagai bezel dan ceramic berkontur membulat di setiap sisinya yang melindungi bagian belakang.

Selain versi regular, Mi Mix 2 dipasarkan dalam versi special edition. Bedanya, pada versi special edition Xiaomi membuang bezel aluminum dan mendesain ceramic di bagian belakang untuk meluas ke bagian sisi sehingga menjadi unibody.

Sejatinya ceramic merupakan salah satu material paling mewah yang bisa digunakan pada smartphone. Dan kemewahan Mi Mix 2 tidak sampai di situ sebab Xiaomi melapisi bagian cincin yang melindungi lensa kamera utama dengan emas 18 karat.

Soal ketangguhan, Gorilla Glass 4 dan ceramic tentu bisa dengan mudah bertahan dari resiko goresan yang mungkin didapat dari penggunaan sehari-hari. Hanya saja kami tidak menjamin dan segan untuk menguji lebih jauh tentang kekuatannya saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu.

Terkesan mewah, namun di sisi berseberangan bahan ceramic membuat bagian belakang Mi Mix 2 sangat mudah untuk dikotori dengan bekas sidik jari. Bukan masalah berarti memang, kecuali jika Anda seorang yang perfeksionis.

Mengikuti tren kekinian, Xiaomi memutuskan untuk membuang port audio jack 3.5 mm khusus yang ada pada generasi sebelumnya, sehingga port USB Type-C di sisi bawah yang diapit oleh lubang loudspeaker dan microphone di kanan-kirinya juga berfungsi sebagai gerbang untuk menghubungkan headset konvensional. Tentunya dengan bantuan adapter yang tersedia pada paket penjualan. Sayangnya, Xiaomi tidak menyertakan headset bawaan bagi Mi Mix 2.

Upgrade Layar Kekinian

Layar menjadi salah satu kekuatan utama Mi Mix generasi pertama berkat desain bezel-less yang digunakannya kala itu. Hal itu juga yang akan membuat Mi Mix terus diingat sebagai salah satu pelopor tren yang kini banyak diadopsi ponsel kelas flagship bahkan sebagian kelas menengah, meski sejatinya Mi Mix bukan yang pertama kali menggunakannya.

Tentu saja Xiaomi mempertahankan desain bezel-less pada penerusnya ini. Namun selalu ada ruang untuk peningkatan bukan? Seperti pada layar ponsel ini yang kini menggunakan ratio 18:9 yang lebih awam jika dibandingkan 17:9 pada Mi Mix generasi pertama.

Dan meski pun kembali menggunakan earpiece setelah digantikan dengan speaker piezoelectric ceramic pada generasi pertama, namun bezel bagian atas Mi Mix 2 masih merupakan salah satu yang paling tipis di jajaran ponsel bezel-less.

Sementara di bagian bawah atau dagu, bezel ponsel ini lebih tipis 12% persen dibanding pendahulunya. Ini berkat modul kamera yang ukurannya hanya setengah dari ukuran modul kamera yang umumnya digunakan untuk kamera depan. Tentang kamera depan ini akan PULSA bahas lebih dalam di bagian lain.

Dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 400-an piksel per inci (ppi), layar Mi Mix 2 mampu menyajikan gambar yang mendetail. Meski dikelas flagship beberapa kompetitor memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 500-an ppi.

Tapi percayalah, untuk rata-rata ukuran layar ponsel, Anda tidak membutuhkan tingkat kerapatan piksel setinggi itu dan kebanyakan pengguna tidak akan menyadari perbedaan antara 400 ppi dan 500 ppi.

Kontras dan produksi warnanya juga terlihat baik. Yang tak kalah penting tingkat kecerahannya mampu mengakomodasi penggunaan di bawah sinar matahari langsung.

Jika Anda memiliki ukuran tangan yang kecil dan kesulitan untuk menjangkau beberapa area tertentu di layar, Anda bisa mengaktifkan One Handed Mode pada pengaturan yang memberikan Anda pilihan untuk menyusutkan layar dengan pilihan 4.5, 4 atau 3.5 inci.

Layar 5.99 incinya yang tergolong luas membuat penggunaan mode split screen juga jadi lebih nyaman.

Bisa Kloning Kepribadian

Unit yang kami uji sudah mendapatkan update menuju MIUI versi terkini yakni 9.1. Secara tampilan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Masih menampilkan semua aplikasi langsung di homescreen. Yup, artinya tidak ada App Drawer.

Kami juga tidak menemukan bloatware “nyampah” yang terinstall secara default. Semua aplikasi pre-installed memiliki fungsi yang umumnya akan dibutuhkan pengguna kebanyakan.

Salah satu fitur menarik dari MIUI adalah dual apps. Sebagai informasi bagi yang tidak familiar dengan fitur ini, dual apps memungkinkan pengguna untuk meng-kloning atau menggandakan aplikasi. Fitur ini secara tidak langsung ikut memaksimalkan kemampuan dual SIM-nya, misalnya dengan mengaktifkan 2 akun WhatsApp bagi masing-masing nomor ponsel yang terpasang atau memiliki 2 aplikasi milik provider untuk mengontrol penggunaan data, jika 2 kartu SIM yang digunakan berasal dari provider yang sama.

Bukan cuma aplikasi yang bisa digandakan pada MIUI milik Mi Mix 2. Anda bahkan bisa merasakan seolah menggunakan 2 ponsel berbeda pada satu perangkat yang sama. Caranya dengan mengaktifkan dual space.

Saat diaktifkan Anda, dual space akan membuat 2 ruang sistem berbeda. Aplikasi yang terinstall pada ruang sistem pertama tidak terinstall pada ruang sistem kedua, begitu pun sebaliknya. Tak hanya itu, media semisal koleksi foto, lagu atau file apapun yang Anda simpan atau masukkan ke satu ruang sistem tidak akan terbaca di ruang lainnya.

Anda akan diminta untuk membuat 2 cara berbeda untuk log-in atau masuk ruang sistem. Misalnya dengan menggunakan jari yang berbeda untuk dipindai atau menggunakan 2 pola (pattern) berbeda untuk masing-masing ruang.

Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin memisahkan urusan pekerjaan dan kehidupan pribadi dalam dua ponsel berbeda tapi tak ingin dipusingkan dengan harus membawa 2 perangkat ponsel kemana-mana.

Jika diibaratkan sebagai manusia, fitur ini membuat Mi Mix 2 memiliki kepribadian ganda. Menarik.

Kamera Utama OK, Kamera Depan KO

Mi Mix 2 menggunakan sensor Sony IMX386, sama seperti yang tertanam pada produk flagship mereka Mi 6. Bedanya Mi Mix 2 belum mengadopsi dual cam seperti saudaranya tersebut dan beberapa kompetitornya di kelas flagship terkini.

Interface kamera Mi Mix menampilkan 7 mode utama, yakni Short Video, Video, Photo (auto), Beauty, Square, Panorama dan Manual. Untuk berpindah antar mode ini pengguna tinggal mengeser ke kanan atau kiri pada viewfinder (dalam posisi portrait).

Selain itu, dalam mode Photo dan Square tersedia pilihan fitur HDR, Filter, Tilt Shift, HHT (Hand Held Twilight atau semacam mode Low Light), Straighten dan beberapa lainnya.

Beralih ke mode video, pengguna bisa memilih diantara mode normal, time lapse dan slow motion.

Meski seakan tidak cukup baik untuk bersaing dengan sektor kamera produk lain di kelas flagship secara head-to-head, namun hasil bidikan Mi Mix jauh dari kesan buruk.

Dengan bantuan pencahayaan alami yang baik, misalnya saat pemotretan di siang hari, hasil bidikan kamera utama Mi Mix 2 mampu mereproduksi warna yang natural dengan detail yang baik.

Hasil Kamera Outdoor

Hasil Kamera Indoor

Sementara jika digunakan dalam kondisi pencahayaan seadanya atau bahkan minim, tampak noise yang grain-nya seolah diperhalus. Dalam kondisi seperti ini, PULSA menyarankan Anda untuk tidak ragu menggunakan flash, karena dual tone flash milik Mi Mix 2 mampu memberi bantuan pencahayaan untuk membuat gambar terlihat lebih terang dan tajam tanpa memunculkan bayangan yang terlihat keras.

Di sektor video pun hasil rekaman Mi Mix 2 terlihat oke. Optical Image Stabilizer-nya terkesan bekerja dengan baik, terutama saat merekam video sambil berjalan, fitur ini mampu meminimalisir guncangan pada video saat pengguna melangkah.

Meski hobby selfie mungkin tidak begitu populer di kalangan pengguna kelas premium atau flagship, namun rasanya tidak sempurna kalau kita melewatkan bahasan tentang kamera depannya.

Hasil Kamera Selfie

Seperti disebutkan sebelumnya, modul kamera depan yang digunakan Mi Mix 2 hanya 50% dari ukuran modul kamera depan yang umumnya digunakan pada smartphone. Di satu sisi memungkinkan ponsel ini untuk memiliki ukuran dagu yang lebih kecil guna mengakomodasi desain bezel-lessnya. Namun di sisi lain hal ini sepertinya menjadi salah satu alasan kamera depan Mi Mix 2 jadi terkesan biasa saja.

Bukan sekedar resolusi yang tampil dibawah standar untuk kelas flagship, hasil bidikannya pun tidak bisa dikatakan istimewa walaupun tidak pula masuk dalam kategori buruk. Namun tentu Anda berharap ada kelebihan di setiap sektor kala membeli sebuah ponsel flagship bukan?

Yang juga menarik untuk diinformasikan adalah cara penggunaan ketika memotret dengan kamera depan. Karena letak lensanya di bawah layar, Anda akan langsung disarankan untuk memutar balik ponsel untuk memposisikan lensa ke bagian atas layar saat pertama kali menggunakan kamera depan. Bukan masalah memang, karena hasil foto akan dirotasi 180 derajat secara otomatis.

Performa High End

Sampai saat ini, Snapdragon 835 milik Mi Mix 2 yang juga digunakan sebagian besar produk kelas flagship masih merupakan chipset terbaik milik Snapdragon. Jadi sepertinya tidak perlu repot-repot menjelaskan betapa mumpuninya kinerja Mi Mix 2.

Intinya, apapun kebutuhan pengguna akan sebuah ponsel akan diakomodasi dengan sangat baik oleh Mi Mix 2. Baik untuk bermain game yang membutuhkan requirement hardware tinggi, apalagi sekedar untuk bekerja secara mobile yang umumnya tidak membutuhkan kinerja perangkat keras setinggi saat bermain game dengan grafis 3D.

Sekali lagi, unit yang kami uji adalah versi regular yang membawa RAM sebesar 6 GB dan memori penyimpanan internal berkapasitas 64 GB. Selain 64GB, versi regular ini tersedia dalam pilihan memori penyimpanan internal sebesar 128GB dan 256GB. Sementara untuk versi special edition, Mi Mix 2 ditenagai RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Ada yang menarik dari memori penyimpanan Mi Mix 2, sebab Xiaomi sudah mengadopsi teknologi UFS (Universal Flash Storage) versi terkini yaitu 2.1. Versi ini memiliki kecepatan baca-tulis data mencapai 800MB per detik.

Tak hanya itu, cara memori internal berteknologi UFS untuk berkomunikasi dengan hardware lain juga lebih baik dibanding yang menggunakan teknologi eMMC yang lebih jadul.

Jika eMMC menggunakan satu jalur yang sama untuk menulis dan membaca data, maka UFS membedakan jalur untuk menulis dan membaca data dari memori. Menariknya lagi UFS versi 2.1 sudah beroperasi pada mode dual lane. Artinya memori memiliki masing-masing 2 jalur untuk menulis dan membaca data.

Perlu diingatkan bahwa Mi Mix 2 tidak memberikan pilihan bagi pengguna untuk menambah ruang penyimpanan dengan memori eksternal. Jadi jika Anda berminat untuk meminang Mi Mix 2 sebaiknya pilih yang berkapasitas 128GB atau 256GB tentunya dengan banderol yang sedikit lebih mahal dari yang PULSA uji.

Kesimpulan

Xiaomi seolah selalu berusaha memuaskan pasar dengan strategi menghadirkan produk berkualitas namun dengan banderol harga yang relatif lebih bersahabat jika dibandingkan dengan kompetitor di kelas harga yang sama. Hal ini kembali dilakukan vendor asal Tiongkok tersebut pada Mi Mix 2 yang sayangnya belum hadir secara resmi dipasaran tanah air.

Dengan desain mewah nan berkelas, serta ditunjang dengan spesifikasi flagship yang tentu berimbas pada performa apik khas ponsel kelas premium, Mi Mix 2 ditawarkan dengan harga yang seperti ingin menjatuhkan harga pasar kelas flagship.

Bukan tanpa cela, sektor kamera menjadi titik lemah Mi Mix 2 jika harus bersaing dengan kompetitor di jajaran ponsel-ponsel terbaik.