pulsa-logo

OPPO A71, Entry Level, Fitur Keamanan Tangguh


Hairuddin

Selasa, 16 Januari 2018 • 14:56

review OPPO A71, tes OPPO A71, spek OPPO A71, spesifikasi OPPO A71, harga OPPO A71, OPPO A71


Meski masuk Indonesia tanpa prosesi ‘launching’ yang wah, namun OPPO A71 langsung mencuri hati para pemburu smartphone murah tanah air. Bahkan menurut informasi beberapa penjual (online dan offline), produk mid-end terbaru OPPO ini cukup laris manis. OPPO A71 sendiri akan mengisi celah pasar antara A37 dan A57 yang sudah lebih dulu beredar.

Tampil dengan desain yang cukup keren, smartphone yang mengedepankan kombinasi hardware dan sistem operasi di kelas pemula ini menawarkan sesuatu yang baru, khususnya di sektor keamanan. Kira-kira, akan secanggih dan setrengginas apa OPPO A71 ini? Simak ulasan lengkapnya.

Paket Penjualan : Handset, Earset, Charger, kabel data, buku manual, kartu garansi

Warna : Gold, Black

Harga : Rp 2.299.000

Desain Kece


Untuk kelas entry level, desain rounding yang diusung OPPO A71 terlihat cukup menarik. Tepian bodinya memiliki struktur unik, yang seolah-olah memisahkan bagian panel layar dengan casis bodi. Covernya juga memiliki tekstur layaknya metal, dan menambah kesan premium. Dimensinya tidak terlalu bongsor. Pas digenggaman tangan dan ringan.

OPPO A71 menerapkan konsep desain unibodi. Panel kontrol berupa tombol power/lockscreen ada di sisi kanan bersebelahan dengan slot SIM card. Untuk membuka kompartemen kartu SIM, Anda harus menancapkan pin ejector yang tersedia dalam paket pembelian. Di sisi dalam, OPPO A71 menyediakan dua baki kartu SIM dan satu kartu microSD.

Untuk tombol volume, ponsel ini meletakkannya di sisi kiri bodi. Sementara corong speaker dan port micro USB ada di sisi bawah. Di sisi atas dihiasi port audio jack 3.5mm untuk tempat mencolokan headset.

Tidak seperti lini smartphone mid-end maupun premium OPPO lainnya, di A71 ini tidak tersedia panel sensor sidik jari. Artinya, di bagian bawah layar hanya disediakan panel akses ke home, back dan recent apps  berupa tombol sentuh.

Layar HD Jernih dan Tajam

Layaknya A37 dan A57, di smartphone terbaru ini OPPO tetap mempertahankan karakter layar khas lini entry level. Jenisnya IPS dengan diagonal 5.2 inci serta memiliki resolusi HD 720p. Cukup apik untuk ukuran smartphone pemula.

Untuk menghasilkan tampilan yang prima, OPPO menyediakan pengaturan layar yang cukup lengkap. Anda bisa menset tingkat kecerahan layar secara manual maupun otomatis sesuai kondisi pencahayaan. Anda juga bisa menentukan ukuran fontasi alias huruf. Opsi ini cocok untuk Anda yang memiliki gangguan penglihatan.

Detil gambar yang tertampil di layar smartphone ini cukup baik dan tajam, dengan tingkat kerapatan piksel sekitar 282 ppi. Pancaran warnanya pun cukup natural. Di sini, Anda juga bisa mengatur opsi perlindungan mata terhadap efek cahaya layar yang oleh OPPO disebut Night Shield. Pilihannya cooler atau warmer, dengan toggle bar yang tetap bisa disesuaikan porsinya.

Hardware dan Software Kompak

Tidak seperti dua seniornya yang rata-rata menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, di A71 ini OPPO hanya membenamkan chipset MediaTek. Hanya saja, sudah memakai versi MT6750 dengan prosesor Octa-core 1.5GHz. Di atas kertas, performanya sedikit lebih baik dari A37 dan setingkat dengan A57.

Untuk menghasilkan kinerja yang prima, OPPO A71 yang diuji PULSA membenamkan RAM 2GB plus penyimpanan internal 16GB yang dapat diekspansi menggunakan kartu microSD. Poin plusnya, Anda tidak perlu khawatir untuk menggonta-ganti kartu SIM dengan microSD, pasalnya A71 sudah dibekali slot khusus untuk kartu microSD yang terpisah dengan kartu SIM. Berdasarkan data teknis, slot microSD di A71 mendukung hingga kapasitas 256 GB.

Menariknya, jeroan OPPO A71 bisa berakselerasi dengan baik karena disokong platform OS terbaru yakni Android 7.1.1 Nougat yang dikombinasikan dengan antarmuka ColorOS 3.1. Semua fungsi bisa berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala berarti. Versi terbaru dari ColorOS OPPO ini juga menyertakan beberapa fasilitas baru yang tidak tersedia di versi sebelumnya.

Salah satunya adalah Split Screen, yang memungkinkan Anda membagi tampilan layar menjadi dua jendela untuk membuka dua aplikasi berbeda. Misalnya, nonton video di YouTube sekaligus ngobrol di WhatsApp. Namun, Anda harus mengaktifkan opsi ini di menu pengaturan dan mengakses tombol multitasking untuk menjalankannya. Sayang, tidak semua fitur maupun aplikasi mendukung fungsi ini.

Selain itu ada juga OPPO share. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bertukar data antar perangkat dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan diklaim 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sayangnya, fitur ini baru bisa bekerja dengan maksimal jika smartphone yang dikoneksikan juga memiliki fitur yang sama.

Anda yang hobi bermain game semisal Arena of Valor maupun nonton video, grafis yang diusung OPPO A71 pun mampu menghadirkan tampilan gambar yang baik dan halus, tidak patah-patah. Nah, untuk yang penasaran dengan performa OPPO A71 ini bisa melihat data benchmark-nya di tabel yang tersedia.

Baterai 3000 mAh Tahan Lama

Sektor ini, OPPO A71 mendapat peningkatan kapasitas jika dibanding A37 maupun A57. Di smartphone ini, OPPO menanamkan baterai lithium berkapasitas 3000 mAh dengan model non-removable, khas ponsel-ponsel masa kini.

Di atas kertas, kapasitas baterai sebesar ini sejatinya sanggup memberikan waktu pengoperasian lebih panjang dan lama. Dan ini terbukti di OPPO A71. Jika ponsel dengan kapasitas baterai di bawah 3000 mAh cuma bisa bertahan kurang dari 12 jam untuk penggunaan sedikit di atas normal, di OPPO A71 baterainya bisa bertahan lebih dari satu hari untuk sekali pengisian.

Untungnya lagi, OPPO A71 juga dibekali sistem manajemen power yang baik dan tentunya tak lepas dari penggunaan ColorOS 3.1 yang diklaim lebih ramah konsumsi baterai. Meski hanya dibekali pengaturan mode penghemat baterai yang standar, namun opsi Low Power Mode yang dimiliki smartphone ini setidaknya bisa dimanfaatkan untuk membuat baterai bertahan lebih lama lagi. Minusnya, OPPO A71 tidak disokong teknologi pengisian baterai cepat.

Fitur Keamanan Beragam

Berbeda dengan kebanyakan smartphone entry level lain, OPPO A71 ternyata dibekali beragam fitur keamanan penting loh. Tengok saja, smartphone ini sudah menyertakan fitur Payment Protection yang akan melakukan pemindaian apakah Anda memiliki aplikasi maupun sistem pembayaran digital perbankan semisal PayPal, BCA Mobile, T-Cash Wallet, BNI Mobile, Doku dan sebagainya. Sistem Payment Protection di OPPO A71 ini akan otomatis mengamankan data transaksi yang Anda lakukan.

OPPO A71 juga menyertakan safety keyboard berupa aplikasi keyboard yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi data pribadi yang bersifat rahasia seperti password. Tidak hanya itu, OPPO A71 juga diklaim aman untuk anak-anak. Pasalnya, smartphone ini juga telah menyertakan fitur kid space. Fitur ini sangat berguna untuk membatasi penggunaan perangkat ponsel oleh anak–anak. Jika diaktifkan, fitur ini akan membatasi permainan atau aplikasi dalam ponsel untuk mengirimkan SMS berbayar. Selain itu fitur ini dapat membatasi penggunaan koneksi selular. Fungsi lain fitur ini juga dapat menghalangi anak – anak untuk memodifikasi sistem seperti melakukan instalasi aplikasi atau menghapus aplikasi. Orang tua juga dapat mengatur durasi pemakaian ponsel dan mengatur limitasi terhadap aplikasi - aplikasi yang dapat diakses oleh anak.

Anda yang ingin mengamankan aplikasi tersedia pula fitur App Encryption. Aplikasi yang dienkripsi hanya bisa diakses oleh Anda yang memiliki kode otorisasi, jadi orang lain tidak akan bisa membukanya. Yang tidak kalah menariknya, Anda juga bisa melakukan pemblokiran terhadap nomor telpon maupun SMS yang suka mengganggu via fitur Block.

Hanya saja, untuk sistem proteksi di garda pertama, OPPO A71 tidak dibekali fingerprint sensor. Smartphone ini hanya mengandalkan mode unlockscreen standar berupa password.

Selfie Bokeh dengan Screen Flash

Meski tidak difokuskan untuk pecinta selfie, namun OPPO A71 tetap mengakomodasi kebutuhan ini. Di sisi depan, smartphone ini membenamkan kamera berkekuatan 5 megapiksel dengan bukaan F/2.4 Meski standar, namun kualitas selfie-nya masih bisa diadu dengan smartphone sekelasnya. Detil foto terlihat cukup tajam dengan tone warna yang pas.

Hasil Kamera Selfie

Menariknya, kamera depan smartphone ini juga menyertakan beragam fitur penting seperti mode beauty yang dapat digunakan untuk memperhalus dan mempercantik wajah. Ada juga beragam filter keren serta watermark yang dapat disisipi ke foto.

Satu lagi, kamera depan OPPO A71 juga dibekali fitur kekinian yakni ‘Bokeh’. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto selfie akan memiliki efek background yang ngeblur. Untuk yang hobi selfie di tempat minim cahaya, bisa memanfaatkan fitur selfie flash. Saat menjepret, layar akan otomatis memancarkan cahaya terang sebagai pengganti LED.

Kamera Kaya Fitur

Untuk bagian belakang, OPPO A71 membenamkan kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan aperture F/2.2, 1/3.06 sensor size, 1.4nm piksel size dan disokong PDAF. Kombinasi ini masih mampu menghasilkan foto bekualitas tinggi untuk ukuran smartphone entry level. Perpaduan gambar dengan pancaran warna hasil jepretannya pun masih aman dan nyaman dilihat. Bahkan, masih lumayan keren untuk berburu momen penting dalam kondisi minim cahaya (foto malam hari).

Hasil Kamera Indoor

Hasil Kamera Outdoor

Anda yang hobi bereksplorasi, bisa menjumpai beragam fitur pendukung yang cukup tangguh. Beberapa mode lanjutan kamera pun tersaji jelas di sisi bawah viewfinder kamera. Mulai dari Time-lapse, Panorama hingga Expert yang lebih fokus di pengaturan manual. Sayangnya, tidak ada mode portrait blur di kamera utama OPPO A71 ini. Namun, Anda bisa memanfaatkan filter sebagai alternatif untuk menghasilkan foto dengan ‘sentuhan’ lain.

Dual SIM 4G LTE plus Dedicated Slot microSD

Serupa lini smartphone entry level sebelumnya, OPPO A71 pun tetap dibekali kemampuan Dual SIM Dual Standby. Positifnya, smartphone ini juga menyertakan dedicated slot untuk dua kartu SIM dan satu slot microSD. Jadi, untuk yang ingin menggunakan dua kartu sekaligus memperluas ruang penyimpanan, bisa diakomodasi dengan baik oleh OPPO A71.

Untuk kebutuhan akses data, kedua slot SIM card A71 telah mendukung jaringan 4G dengan semua frekuensi LTE yang tersedia di tanah air. Artinya, Anda bisa menggunakan kartu 4G LTE operator seluler manapun dengan lancar.

Sementara untuk media koneksi lain, OPPO A71 menyertakan WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, Bluetooth 4.0, GPS dan micro USB 2.0 dengan fungsi OTG yang daapat membaca data/file dari flashdisk.

Kesimpulan

Dengan banderolan harga sekitar 2,3 juta rupiah, OPPO A71 menawarkan pengoperasian yang cukup cepat berkat kombinasi hardware dan sistem operasi terkini, serta disokong beragam fitur baru yang diantaranya menonjolkan sistem keamanan berlapis. Desainnya pun cukup berkelas, dan memiliki kamera selfie dengan fitur-fitur kekinian. Hanya saja, smartphone ini minus fingerprint sensor yang saat ini sepertinya mulai jadi fasilitas wajib smartphone entry level maupun premium.