pulsa-logo

Wiko Lenny 4 Plus, Murah Andalkan Fitur Multimedia


Deni Hardian

Selasa, 16 Januari 2018 • 19:42


Memasuki pergantian tahun 2018, Wiko Mobile Indonesia diam-diam telah memasarkan smartphone murah terbarunya yang bertajuk Wiko Lenny 4 Plus. Mulai tersebar luas dipasaran, smartphone ini lebih mengedepankan fitur multimedia sebagai andalannya untuk menarik minat konsumen. Bagaimana tidak, perangkat ini hadir dengan balutan panel layar berukuran 5,5 inci yang cukuk asik untuk digunakan untuk menikmati konten multimedia dan gaming.

Hadir dengan harga pasaran Rp999.000,-, Wiko Lenny 4 Plus juga menghadirkan kapasitas memory internal yang cukup besar yakni 16GB, selain itu, kapasitas memory yang tertanam bisa ditambahan melalui slot kartu microSD hingga 128GB. Namun meski hadir dengan harga yang cukup terjangkau Wiko mengorbankan performa yang tertanam pada perangkat ini, membenamkan chipset yang cukup lawas serta hanya membenamkan RAM sebesar 1GB membuat perangkat ini diragukan kinerjanya.

Dengan fitur dan spesfifikasi yang tertanam apakah Wiko Lenny 4 Plus mampu bersaing di pasar ponsel tanah air dimana pada segmen pasar ini beberapa vendor global sudah menghadirkan perangkat andalannya dengan fitur dan spesifikasi yang jauh lebih baik? Penasaran bagaimana kinerja yang dihadirkan Lenny 4 Plus, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Paket Penjualan : Handset, Charger, earset, kabel data, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, Clearcase

Warna : Black, Gold, Rose Gold, Bleen dan Zesty Lime.

Harga : Rp 999.000


Berkontur Plus Warna Ceria

Hadir membidik anak muda yang ceria, Wiko Lenny 4 Plus hadir dengan paduan warna yang memikat. Perangkat ini hadir dengan 5 pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan konsumen. Meski begitu, tampilan warna yang memikat tidak di imbangi dengan tampilan desain yang memikat. Wiko Lenny 4 Plus hadir dengan tampilan desain smartphone yang monoton tanpa adanya ciri khas yang membuatnya berbeda dengan perangkat sekelasnya.

Lenny 4 Plus tampil bongsor dengan dimensi body yang melebar sekaligus memanjang. Selain bongsor, perangkat ini juga memiliki bobot yang cukup berat, dengan kisaran mencapai 187 gram. Perangkat ini memiliki lapisan bezel yang cukup tebal yang membuatnya membutuhkan waktu untuk membiasakan menggunakan perangkat ini. Nilai plusnya, kover belakang yang tertanam memiliki kontur kesat yang membuatnya cukup nyaman untuk digenggam. Selain itu, kombinasi warna putih di bagian depan dipadukan dengan warna cantik di bagian belakang membuat perangkat ini tampil cukup menggoda bagi kaum hawa.

Untuk tampilan, Wiko Lenny 4 Plus dibekali dengan panel layar berdimensi 5,5 inci dengan tiga tombol kapasitif yang tertanam di bawahnya. Sayangnya, tombol navigasi yang disediakan tidak dilengkapi dengan lampu LED yang membuat pengguna agak kesulitan jika melakukan aktivitas di ruangan minim cahaya, selain itu, tombol navigasi yang tertanam tidak disertai logo khusus seperti ponsel yang beredar dipasaran. Di bagian atasnya tertanam sensor kamera depan yang memiliki resolusi 5 megapiksel yang ditemani dengan lampu flash LED. Masih di bagian atas, Wiko menanamkan port microUSB dan jack audio 3.5mm. Pada sisi kanan perangkat, Wiko membekalinya dengan tombol power dan tombol volume.

Beralih ke bagian belakang, telah tertanam sensor kamera beresolusi 8 megapiksel dan lampu flash LED yang berada di pojok kiri atas. Sementara di bagian tengahnya terdapat logo Wiko dan lubang speaker di bagian bawahnya.

Layar 5,5 Inci Resolusi HD 720p

Masuk ke ranah antarmuka, Wiko Lenny 4 Plus hadir dengan dimensi layar berukuran 5.5 inci dengan besaran resolusi layar 720p (HD). Layar yang tertanam sudah dibekali dengan teknologi IPS yang membuatnya cukup nyaman untuk dipandang. Selain itu, layar yang tertanam juga dibekali dengan fitur MiraVision yang sedikit mampu meningkatkan kualitas yang terbilang standar menjadi lebih baik saat digunakan. Untuk kecerahannya Wiko sudah menyediakan pengaturan layar saat digunakan dalam beraktivitas.

Dengan ukuran layar yang cukup luas ini serta dukungan fitur yang tertanam pada layar membuat Lenny 4 Plus cukup nyaman untuk digunakan untuk bermain game hingga menikmati konten multimedia seperti menonton video ataupun streaming.

Hadir dengan dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat, perangkat ini dibekali dengan 3 homescreen dan menu app drawer. Dua homescreen yang tertanam berisi beragam aplikasi utama dan aplikasi unduhan. Sementara untuk homescreen yang ketiga merupakan homescreen khusus yang memudahkan pengguna untuk memilih dan menentukan aplikasi mana yang ingin dioptimalkan dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Di halaman ini, pengguna bisa mengatur aplikasi favorit, mengatur kontak serta mendapatkan beragam informasi berita harian, informasi cuaca dan mengatur kegiatan sehari-hari.

Untuk memaksimalkan fungsinya, Wiko menyediakan fitur khusus berupa Smart Action dan Smart Gesture. Kedua fitur ini juga selalu menghiasi pada smartphone besutan Wiko lainnya. Fitur Smart Action memungkinkan pengguna untuk metode khusus untuk merespon aktivitas yang ada. Seperti menghidupkan layar hanya dengan mengetuk layar dan yang lainnya. Sedangkan Smart Gesture, memberikan akses singkat menuju aplikasi tertentu hanya dengan mengusap layar pada kondisi mati. Fitur ini cukup membantu pengguna tanpa perlu menghidupkan smartphone terlebih dahulu.

Gunakan Chipset Lawas Plus RAM 1GB

Hadir dengan label harga yang terbilang murah, Wiko mengorbankan sisi kinerja dengan membenamkan chipset lawas yakni MediaTek MT6580 yang memiliki prosesor quad-core 1.3GHz dan grafis Mali-400. Chipset ini banyak digunakan oleh smartphone yang beredar pada tahun 2015 hingga 2016 yang lalu. Hal ini cukup disayangkan, pasalnya MediaTek sudah mengeluarkan banyak chipset generasi terbaru yang ditujukan untuk smartphone entry level masa kini.

Dibekali dengan chipset lawas, Lenny 4 Plus mengkombinasikannya dengan RAM sebesar 1GB. Lagi-lagi hal ini cukup mengecewakan, saat ini sudah banyak smartphone di bawah satu juta rupiah yang memiliki kapasitas RAM yang lebih besar. Sebut saja Xiaomi Redmi 5A dan Smartfren Andromax E2, meski hadir dengan harga di bawah sejutaan, perangkat ini sudah dibekali dengan RAM sebesar 2GB. Besaran RAM yang ditanamkan tentunya cukup mempengaruhi kinerja smartphone yang ada. Nilai lebihnya, Wiko memberikan memory internal sebesar 16GB untuk memberikan kepuasan kepada pengguna untuk menyimpan file berukuran besar.

Kombinasi antara chipset, RAM dan memory internal yang tertanam sangat mempengaruhi kinerja perangkat ini. Dari beberapa hari pengujian yang PULSA lakukan, kinerja yang diberikan terbilang sangat lambat dalam mengakomodasi kebutuhan PULSA dalam beraktivitas. Untuk membuka aplikasi saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi, ketika PULSA membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Lenny 4 Plus terkesan “ngap-ngapan” dalam merespon keinginan PULSA.

Tak hanya menguji berdasarkan pengalaman PULSA saja, perangkat ini juga di uji dengan menggunakan aplikasi benchmark. Hasilnya pun sudah bisa ditebak, dari beberapa benchmark yang PULSA instal, perangkat ini memiliki skor yang sangat standar.

Untuk membuktikan seberapa baik kinerja yang dihasilkan, PULSA juga menginstal beberapa game mulai dari Angry Bird 2 dan Sonic Force. Hasilnya, meskipun perangkat ini mampu memainkan kedua game ini dengan baik namun terkadang game yang dimainkan terkadang suka low respon. Kualitas grafis yang dihadirkan juga tidak terlalu baik, tampilan game yang ditampilkan terkesan over brightness. Begitu pula dengan respon sentuhan saat bermain game yang terkesan lambat membuat permainan yang dimainkan menjadi kurang asik.

Kamera Depan dengan Selfie Flash

Beralih ke sisi fotografi, Wiko Lenny 4 Plus dibekali dengan kamera belakang beresolusi 8 megapiksel dengan dukungan lampu flash LED. Berbicara fitur pendukungnya, telah hadir beberapa fitur pendukung kamera yang menghiasi perangkat ini mulai dari HDR mode, Beauty Face, Profesional, Panorama, Malam, QR Code, Time Lapse dan mode portrait. Cukup lengkap memang fitur pendukung yang dihadirkan.

Dari beberapa pengujian kamera belakang yang tertanam, PULSA tidak terlalu terkesan dengan hasil yang didapatkan. Kualitas gambar yang dihadirkan oleh kamera belakang yang tertanam terbilang standar. Dengan kondisi cahaya yang baik, Lenny 4 Plus mampu menghadirkan hasil foto yang lumayan baik meskipun detail dan ketajaman fotonya tidak terlalu baik. Untuk sekedar sharing ke aplikasi sosial media, kualitas yang didapat sudah cukup. Namun disaat kondisi minim cahaya hasil yang didapatkan tidak bisa diharapkan, meskipun sudah dibantu dengan lampu flash yang tertanam.

Hasil kamera Indoor

Hasil Kamera Outdoor

Sementara itu, untuk kamera depan yang dihasilkan tidak terlalu baik saat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Hasil foto yang didapatkan penuh dengan noise dan terkesan buram.

Untuk mode perekaman, Wiko Lenny 4 Plus sudah mampu merekam video beresolusi full HD. Namun seperti hasil kamera yang didapat, kualitas video yang didapatkan juga tidak membuat PULSA terpesona.

Konektivitas Sebatas 3G HSPA+

Sebagai ponsel pintar yang baru diluncurkan, Wiko Lenny 4 Plus bisa dibilang tidak masuk kriteria dalam smartphone “zaman now”. Bagaimana tidak, Lenny 4 Plus hanya dibekali dengan konektivitas utama sebatas 3G. Hal ini sangat berbeda dengan ponsel pintar masa kini yang sudah dibekali dengan akses jaringan 4G LTE yang memberikan kecepatan dalam mengakses data secara lebih cepat. Untuk sekedar browsing dan streaming memang perangkat ini sudah cukup mampu mengakomodasi hal tersebut. Namun untuk streaming yang dilakukan tidak mampu merespon baik untuk kualitas yang tinggi HD. Fasilitas koneksi lain yang hadir menemani perangkat ini adalah WiFi, Bluetooth 4.0, port microUSB dan tanpa dukungan USB OTG.

Multimedia

Berbicara fitur multimedia yang ditanamkan perangkat ini sudah dibekali dengan beragam fitur multimedia yang bisa konsumen gunakan untuk mengisi waktu ataupun membuang waktu saat senggang. Perangkat ini sudah dibekali dengan pemutar video baik secara online maupun offline. Namun pengguna jangan mengharapkan kualitas grafis yang ditampilkan. Selain pemutar video, perangkat ini juga menyediakan pemutar musik dan radio FM yang bisa menemani pengguna saat melakukan perjalanan.

Kesimpulan

Memiliki label harga yang terjangkau, Wiko Lenny 4 Plus hadir dengan mengandalkan tampilan warna-warna yang menggoda, fitur multimeda dan gaming untuk meningkatkan angka penjualannya. Namun dengan kinerja yang pas-pasan serta kualitas fotografi yang standar dan akses jaringan sebatas 3G membuat pengguna seperti memiliki perangkat smartphone lawas. Di rentang harga ini ada Xiaomi Redmi 5A dan Smartfren Andromax L yang bisa menjadi solusi alternatif. Namun pilihan ada di tangan konsumen. Selamat memilih.