pulsa-logo

Review: Nokia C2-06, Geser, Sentuh dan Dual GSM


Pulsa Official

Kamis, 29 Maret 2012 • 13:06


Keseriusan Nokia dalam menggarap pasar pemula ditunjukkan dengan banyaknya varian bawah sejutaan yang diluncurkannya. Salah satu nya adalah lini produk Touch & Type. Yang terbaru, mereka menghadirkan Nokia C2-06.  Hadir dengan disain geser (slider), dan konsep kombo layar sentuh (Touch) sekaligus keypad (Type), mampukah mereka merebut simpati konsumen?

Disain

Dimensi: 103 x 51.4 x 17 mm; Bobot: 115 gram;

Disain Nokia C2-06 tidak berbeda jauh dengan pendahulunya Nokia C2-03. Perbedaan terletak pada permukaan casing Nokia C2-06 yang glossy. Layar sentuh slider ini tak beda dengan konsep yang dianut kakaknya, C2-02 dan C2-03. Namun tampaknya si bungsu C2-06 ini lebih fashionable. Guyuran warna yang lebih glamor menegaskan hal tersebut.



Jika layar digeser ke atas, akan muncul keyboard alfanumerik. Tergolong konvensional mengingat saat ini keyboard qwerty sudah jamak ditemui.  Nokia C2-06 ini juga dibekali kemampuan touchscreen. Permukaan keypad nyaman saat digunakan mengetik. Keempat sudut ponsel membulat dan ergonomis, enak digenggam.

Interface dan Layar

Layar: 2.6 inchi, TFT resistive touchscreen, 56K colors, 240 x 320 pixels, Handwriting recognition

Nokia C2-06 menggunakan sistem operasi Nokia Series 40 6th edition, dengan layar sentuh resistif (resolusi QVGA). Meski tidak sehalus touchscreen  papan atas, cukuplah untuk menjamin kenyamanan jari Anda. Layarnya cukup responsif dalam menerima sentuhan dan ketukan jari. Layar sentuh TFT 2,1 cerah dan terlihat kontras,  memberi dukungan tampilan hingga 56.000 warna. Terdapat 8 icon shortcut yang tertampil pada homescreen, selain jam, tanggal, dan indikator batere dan operator.

Dual SIM

Jaringan: GSM 900 / 1800 – SIM1 & SIM 2   GSM 850 / 1900 – SIM1 & SIM 2;

Tidak  terlihat adanya tombol pilihan SIM untuk call di panel navigasi. Ternyata , Nokia C2-06 modus pilihan SIM card akan muncul saat call ditekan untuk bertelepon. Jika Anda masuk ke modus Mobile Phonebook,  terdapat 5 pengaturan SIM yang berbeda yang membuat Anda dapat melakukan konfigurasi SIM sesuka hati. Hanya ada jaringan 2G pada band GSM 900/1800 untuk SIM 1 dan 850/1900 untuk fitur 2. Kabar baik bagi pemburu tarif hemat berbagai operator, karena C2-06 sudah mendukung fasilitas hot swap. Gonta ganti kartu dapat dilakukan seketika tanpa harus mematikan telepon.

Kamera dan Video

Kamera: 2 MP, 1600×1200, Video QCIF@15fps; MP4/H.264/H.263 player

Masih terlihat noise di hasil jepretan kameranya. Maklum,  Nokia C2-06 belum dibekali dengan LED Flash dan pengaturan lebih lengkap seperti autofocus dan face detector. Tak ada tombol shutter kamera, jadi mau tidak mau Anda harus menggunakan virtual button di menu. Begitu pula dengan kualitas videonya yang masih terlihat berbintik, dan patah-patah saat merekam objek yang bergerak cepat.

Foto OutdoorFoto Outdoor

Sektor Audio

FM radio; FM recording (country specific); MP3/AAC/WAV

Nokia C2-06 didukung oleh pemutar MP3 dengan kualitas yang baik. Pada nada volume yang tertinggi, suara yang disemburkan nyaring dan tidak pecah. Sayangnya, belum terdapat pengaturan music enchancement yang bisa memungkinkan Anda untuk menikmati musik degan konfigurasi yang lebih nyaman.  Sebagai alternatif hiburan audio, tersedia FM Radio dengan fasilitas perekam. Anda cukup menekan tombol virtual perekam. Kualitas tangkapan siarannya cukup jelas dan jernih.

Internet

GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps / EDGE Class 12 ;  Browser: WAP 2.0/xHTML

Nokia C2-06 hanya mengandalkan GPRS/ EGDE dan browser bawaan untuk berselancar ke dunia maya. Cukuplah jika Anda hanya membuka halaman-halaman berita sederhana, namun jangan harap dukungan lebih canggih seperti flash dan html 5. Saat diuji coba membuka file multimedia, kinerja browser cukup cepat.

Koneksi

Bluetooth v2.1 with A2DP, microUSB v2.0

Untuk melakukan transfer data antar perangkat, Nokia C2-06 mengandalkan Bluetooth v2.1 with A2DP yang juga dapat tersambung dengan headset Bluetooth.  Saat diuji coba metransfer data jpeg berbobot 54kb ke Notebook HP Mini 110, hanya memerlukan waktu 10 detik saja.  Sementara untuk transfer data antar PC, dapat mengandalkan MicroUSB v2.0. Sayangnya kabel data tidak tersedia pada paket penjualan.

Kesimpulan

Lini produk Type and Touch cukup mengena di segmen pemula. Harga dibawah sejuta, disain slider dengan touch & type, dan dukungan dual SIM merupakan kombinasi yang menarik. Apalagi untuk konsumen yang belum memiliki ponsel atau akan beranjak ke ponsel yang lebih gaya dengan budget terbatas. Tentu bukan ponsel impian bagi yang sudah memiliki smartphone, namun tentu saja layak jadi pilihan utama bagi pemula (Nariswari)

(+)

- Touch &Type

- Disain bodi sliding yang stylish

- Dual SIM on

- Easy Swap

(-)

- Belum 3G

- Tidak dilengkapi WiFi

- Kualitas video dan kamera masih noise

- Kabel data tak disertakan dalam 1 paket

{ponsel}3100{/ponsel}