pulsa-logo

First Impression Samsung Galaxy J7 Duo: Versi Hemat J7+, Kembali Ke Exynos


Anwar Aburizal

Selasa, 08 Mei 2018 • 20:37

harga Samsung Galaxy J7 Duo, spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo, Samsung Galaxy J7 Duo


Samsung Galaxy J7 DuoSamsung Galaxy J7 Duo

Galaxy J7 Duo dihadirkan Samsung untuk melanjutkan jajaran J series. Dari segi fitur unggulan, ada kemiripan yang dimiliki ponsel ini dengan pendahulunya yakni Galaxy J7+ yang rilis mendekati akhir tahun lalu.

Setelah sempat menyapa ponsel ini di acara peluncurannya pekan lalu, PULSA akhirnya kedatangan ponsel ini di meja redaksi. Sebelum PULSA ulas secara mendalam, berikut kesan pertama PULSA terhadap ponsel ini.

Bodi Plastik, Desain “Jadul”

Jika dibandingkan kembali dengan pendahulunya, secara fisik ponsel ini menunjukkan kelas yang memang berada di bawah J7+. Jika pendahulunya tersebut berbahan metal dan mengusung desain unibody, maka ponsel ini hanya diberikan body berbahan plastik polikarbonat yang penutup bagian belakangnya bisa dibuka-pasang. Untuk ponsel di kelas harga mendekati 4 jutaan, akses mudah ke baterai agar dapat dengan mudah diganti seperti ini, memang sudah mulai jarang diadopsi. Menjadikannya unik namun dengan cara yang justru memberi kesan “jadul”.

Selain baterai, dari akses pintu belakang tersebut pengguna bisa menemukan 2 slot kartu SIM dengan format micro-SIM dan sebuah slot kartu memori yang sanggup mengakomodasi microSD dengan kapasitas mencapai 256GB.



Kendati menggunakan panel Super AMOLED, Samsung memilih untuk tetap memakai rasio layar 16:9 yang lagi-lagi membuat ponsel ini terkesan ketinggalan jaman ditengah gempuran ponsel bezelless yang umumnya memiliki rasio layar 18:9.

Di bawah layar terdapat 2 tombol kapasitif yakni back dan recent apps, yang mengapit sebuah tombol fisik home yang berfungsi ganda sebagai pemindai sidik jari.

Kamera Ganda dan Live Focus

Sektor kamera menjadi salah satu sektor yang ditonjolkan Samsung pada ponsel ini. Di belakang terdapat kamera ganda dengan konfigurasi sensor 13 MP + 5 MP yang keduanya memiliki nilai bukaan f/1.9. Kamera ganda ini memberikan kemampuan live focus yang pertama kali muncul pada Samsung Galaxy A8 dan A8+ versi 2018.

Dengan fitur live focus pengguna bisa menentukan seberapa besar efek bokeh yang diinginkan sebelum foto diabadikan. Seberapa panjang depth-of-field atau luas area fokusnya juga akan langsung terlihat di tampilan viewfinder.

Kamera depan juga memungkinkan pengguna membuat foto dengan efek bokeh berkat kehadiran fitur selfie focus, namun tentu saja tingkat keburaman atau blur tidak bisa diatur. Dari hasil foto yang PULSA ambil, tampak objek utama dan latar belakang dipisahkan dengan sangat rapih, seolah benar-benar diambil menggunakan lensa dengan diafragma besar.

Fitur beauty juga disediakan untuk kamera depan. Pengguna harus melakukan pengaturan secara manual untuk tone warna kulit, ketirusan wajah dan besar mata pada mode ini.

Fitur AR sticker juga menjadi daya tarik yang disematkan Samsung pada sektor kamera ponsel ini. Sangat wajar mengingat segmen pengguna muda milenial menjadi sasaran Galaxy J7 Duo ini. Fitur AR Sticker ini tersedia untuk kamera selfie maupun kamera ganda sebagai kamera utama.

Selain mode auto, sektor kamera ini memiliki mode Pro, Panorama,Continuous shot, HDR, Night, Sports serta Sound &shot untuk kamera belakang. Sedangkan untuk kamera selfie disediakan mode Selfie, Wide Selfie, juga Sound & shot.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy J7 Duo

IndoorIndoor

Outdoor (bokeh)Outdoor (bokeh)

Kembali ke Exynos

Jika pendahulunya yakni J7+ menggunakan chipset besutan MediaTek. Samsung mempercayakan chipset pabrikan sendiri untuk mempersenjatai ponsel ini.

J7 Duo ini menggunakan Exynos seri 7 dengan model 7885 yang juga digunakan Samsung untuk Galaxy A8 dan A8+. Bedanya, kecepatan maksimum masing-masing core yang dimiliki ponsel ini inferior dibanding yang ada pada kedua saudaranya tersebut. Walau begitu, performanya pada aplikasi Antutu Benchmark menunjukkan perbedaan yang tipis dengan Samsung Galaxy A8. Ponsel ini berhasil mencetak skor 97192, tak jauh dari Galaxy A8 yang saat PULSA uji mendapat nilai 98 ribuan. Padahal dari segi harga keduanya memiliki selisih hampir 3 jutaan.

Masih banyak hal yang akan PULSA bahas seputar ponsel ini. Untuk itu, nantikan ulasan lengkapnya ya…

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo:

Harga Rp 3.699.000,-
OS Android Oreo (8.0)
Dimensi 153.5 x 77.2 x 8.2 mm
Bobot 174 gr
Layar Super AMOLED; 5.5 inci;  720p ; ~267 ppi
Kamera Dual: 13 MP (f/1.9) + 5 MP (f/1.9) & Flash (Belakang); 8 MP (f/1.9) & Flash (Depan)
Chipset Exynos Seri 7
Prosesor Octa-Core 1.6Ghz
RAM 3 GB
Internal Storage 32 GB
External Storage microSD sampai 256GB dengan dedicated slot
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Konektivitas Dual SIM – Dual Standby; GSM, HSDPA, LTE; Speed: HSPA Plus 42/11 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot; Bluetooth v4.1 with A2DP; USB Type-C; GPS