pulsa-logo

Hands On Honor 10: Secantik Langit Kutub


Anwar Aburizal

Selasa, 24 Juli 2018 • 19:08

honor 10, harga honor 10,spesifikasi honor 10,


Honor 10Honor 10

Flagship tidak harus mahal. Kalimat tersebut dibuktikan oleh pendatang baru, Honor lewat produk jagoannya yang akan segera hadir untuk pasar tanah air, Honor 10.

Dibekali sejumlah fitur khas ponsel kelas flagship yang didukung dengan kinerja ngebut dari chipset terbaik besutan HiSilicon. Ponsel ini berbanderol harga jauh lebih murah dari angka 10 jutaan. Padahal saat ini, angka 10 jutaan awamnya lekat dengan produk berlabel “flagship”.

Meski belum diluncurkan secara resmi, PULSA berkesempatan untuk menjajal penghuni kasta tertinggi dari jajaran ponsel besutan Honor ini. Sebelum mengulasnya lebih lengkap, berikut kesan pertama PULSA.

Aurora Glass Design

Tentu tidak sedikit dari Anda yang pernah mendengar tentang Aurora, atau bahkan mungkin melihatnya lewat foto maupun video. Aurora merupakan fenomena alam berupa cahaya indah berwarna-warni yang seolah menari di langit kutub.

Terinspirasi dari keindahan tersebut, Honor memilih nama Aurora Glass Design untuk rancangan sisi belakang ponsel ini. Pada unit dengan warna “Phantom Blue” yang PULSA uji, sisi belakang ponsel ini menyajikan efek perubahan warna (color shifting) antara biru dan ungu yang muncul bergantian, tergantung pada sudut pandang dan kondisi pencahayaan sekitarnya.

Cantik? Tentu saja. Ponsel ini bahkan merupakan salah satu ponsel dengan tampilan fisik terindah yang pernah hadir di meja redaksi PULSA sejauh ini. Di bagian belakang, lensa kembar kamera utama menonjol keluar dengan susunan horizontal, ditemani dengan lampu flash dan tulisan AI Camera yang menjadi petunjuk bahwa sektor kamera ponsel ini telah ditenagai oleh fitur berbasis kecerdasan buatan.


Dipadu dengan frame aluminum dan layar berponi yang kekinian, kesan flagship begitu kuat pada ponsel ini. Meski sudah menggunakan port USB Type-C sebagai gerbang koneksi kabel data dan charger, yang juga dapat difungsikan sebagai penghubung ke jack audio 3.5mm, namun Honor 10 tampak mengakomodasi pengguna yang masih nyaman dengan headset kabel dan tidak mau repot dengan adapter Audio Jack 3.5mm-to- USB type-C.

Yang juga menarik adalah kehadiran pemancar infra merah, yang tentu menggandeng aplikasi remote yang fungsional.

EMUI dengan Sentuhan Khusus

Seperti produk lain dari Honor, ponsel ini juga menggunakan EMUI sebagai tampilan antar muka. Sejatinya tidak ada perbedaan signifikan pada EMUI milik Honor 10 dibanding yang pernah PULSA temukan pada produk Honor maupun Huawei lainnya.

Semua aplikasi langsung disajikan di panel Homescreen tanpa App Drawer secara default. Di panel paling kiri ada HiBoard yang berfungsi mirip seperti Google Now. Semua info penting bagi pengguna akan muncul di panel ini. Tersedia juga pilihan jalan pintas (shortcut) untuk menjalankan berbagai fungsi tertentu pada aplikasi yang terinstall di ponsel ini. Seperti misalnya langsung menuju tab Trending di aplikasi YouTube, menjalankan navigasi menuju rumah pada aplikasi Google Maps dan banyak lagi.

(Homescreen & Update EMUI)(Homescreen & Update EMUI)

Meski secara umum tidak berbeda dengan tampilan menu ponsel Honor lainnya, namun EMUI pada Honor 10 mendapakan sedikit sentuhan khusus. Secara default, Homescreen Honor 10 menggunakan wallpaper animatif warna warni seperti Aurora. Setiap kali mendapat input sentuhan di layar, maka pola warna warni abstrak pada wallpaper akan ikut berubah.

PULSA juga mendapatkan notifikasi update terbaru untuk EMUI menuju versi COL-L29 8.1.0.140 (636) berukuran 573MB (sebelumnya COL-L29 8.1.0.130 (636). Pada update terbarunya ini, kabarnya Honor sudah memberikan kemampuan GPU Turbo yang jadi inovasi terkininya untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game. Tentang GPU Turbo akan PULSA bahas lebih lanjut pada artikel review nanti.

Hardware

Ponsel ini tidak menyertakan slot kartu memori tambahan, namun kapasitas internal pada unit yang PULSA uji sebesar 128GB seharusnya cukup untuk penggunaan yang lama. Yang juga jadi perhatian PULSA adalah chipset yang disematkan pada ponsel ini, yaitu Kirin 970 besutan HiSilicon.

Saat ini, Kirin 970 adalah chipset terbaik dari HiSilicon yang juga digunakan pada produk-produk flagship Huawei. Yang membuatnya semakin menarik adalah banderol harga Honor 10 yang hanya sekitar 7 jutaan saja. Bandingkan dengan Huawei Mate 10 Pro, P20 atau P20 Pro yang seharga belasan juta. Ponsel ini tentu menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan performa dan kualitas kelas tertinggi dengan harga kelas menengah-atas (mid-hi).

(Software & Hardware Info)(Software & Hardware Info)

Kirin 970 membawa core khusus pada prosesor yang didedikasikan untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengoperasikan ponsel dan juga berfungsi untuk menjalankan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI). Dalam pengujian dengan aplikasi Antutu Benchmark, ponsel ini mendapatkan skor 183934.

Kamera

Konfigurasi kamera yang dibawa ponsel ini begitu menarik. Di sisi belakang ada sensor ganda,  16MP dan 24MP (B/W). sementara di bagian depan ada sensor 24MP.

Hal lebih menarik tersaji kala melirik fitur yang disediakan sektor kamera. Yang paling utama mendapatkan perhatian tentu saja fitur AI Photography. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka ponsel akan mengenali objek yang sedang dibidik untuk di foto. Secara otomatis sistem pun akan menentukan pengaturan agar pengguna mendapatkan hasil warna optimal dan kualitas foto yang tinggi. Yang menarik, sistem mengenali objek dengan sangat instan. PULSA berusaha berpindah antara satu jenis objek ke jenis lainnya dengan cepat, dan sistem bisa mengikutinya.

(AI Photography mengenali objek foto)

Setidaknya ada 5 mode yang tertampil di interface utama kamera diantaranya, Aperture, Potrait, Photo, Video, AR Lens. Namun bukan berarti hanya itu fitur yang disediakan. Masih ada setidaknya 14 pilihan mode lain pada pilihan More, mulai dari Pro, Slo-Mo, Time Lapse, 3D Creator dan lainnya.

(Hasil Kamera)

Sepertinya artikel Hands On yang singkat ini tidak cukup luas untuk menggambarkan kualitas ponsel ini baik dari segi fisik maupun performa, PULSA pun tak sabar untuk segera menuangkannya ke dalam artikel review. Beri kami waktu, dan PULSA akan segera mengabarkan kepada Anda ulasannya saat kami sudah lebih lama berkenalan dengan si cantik satu ini.