pulsa-logo

Review Acer KG271: Didesain untuk Ngegame, Harga Bersaing


Ahmad S.

Senin, 15 Oktober 2018 • 17:31

Acer KG271, spesifikasi Acer KG271, review Acer KG271, harga Acer KG271, acer


Acer KG271Acer KG271

Bagi gamer PC, monitor yang mumpuni menjadi kunci dalam menjalani hobinya. Layaknya keputusan mereka memilih PC sebagai media bermain game, pemilihan monitor pun menjadi sebuah hal yang penting. Dimana kecepatan respon dan koordinasi sangat dibutuhkan untuk membedakan mereka dengan gamer konsol.

Pada saat harga display relatif lebih terjangkau seperti ini, Monitor Televisi bukanlah pilihan yang tepat untuk keperluan gaming. Sejumlah monitor yang dibuat khusus untuk keperluan game, yang notabene memiliki refresh rate tinggi, ketajaman warna yang lebih baik serta kebutuhan interface koneksi nan lengkap kini sudah masuk ke dalam zona “terjangkau”.

Termasuk monitor gaming besutan Acer berikut ini, KG271. Sesuai namanya monitor ini merupakan monitor berukuran 27 inci, cocok untuk gamer PC yang memiliki posisi ngegame di atas meja kerja, atau duduk tidak terlalu jauh dari display. Di angka mepet 3 jutaan, monitor ini memiliki semua yang Anda butuhkan dalam sebuah monitor gaming.

Paket Penjualan: Acer KG271 widescreen, Power cord, Kabel Display port, Kabel DVI

Warna: Hitam

Harga: Rp 3.099.000

Spesifikasi Acer KG271Spesifikasi Acer KG271


Desain Futuristik

Ada aura futuristik yang muncul dari monitor game ini. Lekukan-lekukan tegas, dengan sejumlah rongga di bagian belakang meyakinkan kami bahwa ini adalah dibuat untuk kebutuhan bermain game. Atau setidaknya “terlihat seperti gamer”. Dengan bentangan layar 27 inci, hampir tanpa bezel, terutama di bagian atas dan samping kanan-kirinya, monitor ini kemudian ditopang oleh sebuah kaki berbentuk V dengan akses warna hitam dan merah. Serasi sekali.

 

Bahan plastiknya tidak istimewa, namun menjadikannya ringan untuk dipindahkan atau dibawa-bawa. Bagian ini bisa dibilang termasuk dalam fitur yang sedikit dikurangi demi harga yang terjangkau. Karena pada bagian engsel yang hanya bisa digerakkan ke atas dan kebawah, atau tilting, kadang terasa kurang menopang dengan baik. Tentu saja ini bisa diperbaiki dengan obeng.

Berikutnya di bagian konektor, kita akan mendapati konektornya menghadap ke bawah. Merupakan kelebihan tersendiri bagi sebagian pengguna yang ingin manajeman kabelnya apik tertata dengan baik. Dimana kabel akan menjuntai ke bawah dan bisa dirunut dari sini sehingga tidak membutuhkan ruang lebih di belakang monitor. Tapi bagi mereka yang lebih memilih kemudahan akses, tentu ini akan berpotensi menghadirkan respon yang sebaliknya.

Ukuran dan Resolusi Pas untuk eSport

Saat dunia game tengah gempar dengan resolusi UHD atau 4K, Acer KG271 hadir dengan reoslusi full HD 1080 x 1920 pixel. Apakah ini sebuah kekurangan? Saya bisa menjawab tegas, bukan. Selain melihat harga yang ditawarkan tentu saja, akses menuju gaming 4K di PC membutuhkan dana yang besar dan bukan untuk semua gamer. Setidaknya untuk saat ini. Pun apabila Anda memiliki hardware yang mumpuni untuk 4K, Anda bisa mendapatkan benefit saat bermain di layar FHD. Terlebih KG271 memiliki refresh rate cukup kencang yakni 75 Hz. Dipadukan dengan respons time yang mencapai 1 ms, tentu saja ini adalah sebuah kebutuhan penting untuk bermain game yang kompetitif.

Berdasarkan respon dari sebuah komunitas gamer PC, layar 27 inci tetap menjadi idola sejumlah gamer esport, terutama untuk game Counter Strike Global Offensive (CS:GO). Dikarenakan sudut padang yang efektif, sehingga layar mampu menampung semua hal yang dibutuhkan dalam jangkauan pandangan mata si gamer, tanpa perlu menggerakkan kepala dengan berlebihan. Dipercaya game-game dengan sudut pandang orang pertama atau FPS akan menjadi pasangan yang tepat untuk layar sebesar ini.

Nah ini yang penting dan harus Anda ketahui. Panel layar ini adalah TN alias twisted nematic. Agar ketinggalan zaman memang, tapi selalu ada perdebatan sengit ketika kita bicara panel terbaik untuk gaming monitor. Ya, baik TN maupun IPS memiliki penggemarnya masing-masing. Tapi mereka yang benar-benar gamer kompetitif pasti sudah tahu apa kelebihan panel TN.

Singkat kata, monitor dengan panel TN memiliki kelebihan di sisi refresh rate yang tinggi dan response time yang rendah. Hal ini penting jika Anda membutuhkan akurasi dan koordinasi yanglebih baik saat bermain game kompetitif. Sayangnya jenis layar TN menghasilkan warna yang kurang baik, dengan sudut pandang yang juga terlalu sempit. Tidak separah itu jika Anda menggunakannya bermain game di atas meja kerja. Dan tidak juga kemudian menjadi sangat mengecewakan, kecuali Anda sandingkan dengan monitor berpanel IPS.

Dari sini, kita jadi percaya bahwa monitor ini memang serius diciptakan untuk bermain game, apalagi untuk kompetisi-kompetisi penting, semisal eSport, atau ketika Anda ingin bisa bersaing di game online misalnya.

Input yang Bervariasi

Selama ini penulis menggunakan monitor 27 inci besutan merek lain yang tidak diperuntukkan khusus untuk gaming. Memiliki desain yang hampir serupa, yakni sama-sama bezelless di bagian atas dan samping kanan dan kiri, monitor tersebut dijual dengan harga relatif lebih mahal, dan hanya memiliki dua jenis input, 2 x HDMI dan 1 x DVI, selain audio dan power.

Acer KG271 memiliki kelebihan di sisi ini dengan menawarkan lebih banyak pilihan, terutama display port yang demikian penting untuk kebutuhan gaming yang maksimal, juga editing video yang memadai. Dengan display port ukuran standar, kita bisa menghubungkan kartu grafis terkini dengan monitor atau dengan banyak monitor lain untuk mendapatkan multi output yang simultan, sementara kita bisa memasangkan konsol sekunder atau perangkat lain ke port hdmi yang tersedia.

Built in Audio

Tidak banyak monitor game yang membawa speaker langsung di bodinya. KG271 ini termasuk salah satu yang memanfaatkan koneksi HDMI dan Display Port untuk menggabungkan visual dan audio yang dikirimkan oleh perangkat sumber.

Bukan berarti Anda bisa mengandalkannya untuk menjadi satu-satu sumber audio dalam bermain game. Karena tentu saja, Anda sudah menginvestasikan sejumlah dana untuk membeli audio yang mumpuni, entah itu headset gaming, ataupun speaker surround yang mampu membantu Anda berkomunikasi dengan kawan scera online maupun mendapatkan nuansa game secara real.

Artinya jika mengandalkan hanya suara yang dikeluarkan oleh audio moitor, nampaknya Anda akan sedikit kecewa seperti saya. Pasalnya, volume maksimal tidak berhasil memuaskan kami saat melakukan test di ruangan redaksi yang cenderung tidak terlalu berisik.

Panel Kontrol Mudah Dipelajari

Berbeda dengan LCD Televisi yang biasanya menyertakan remote control untuk mengubah setingan display, monitor PC biasanya hanya mengandalkan beberapa tombol yang memiliki banyak fungsi, baik yang tertanam pada bagian bodinya, maupun yang terhubung dengan kabel.

Acer KG271 ini menggunakan tombol-tombol kecil yang diletakkan di sudut kanan bawah monitor. Anda bisa dengan mudah mengerti apa fungsinya dengan menekan salah satu tombolnya. Kemudian sebuah windows setting tertampil di sudut kanan bawah layar, menuntun Anda untuk menemukan fungsi yang dibutuhkan.

Kita dapat meningkatkan dan mengurangi volume, mengganti mode warna, brightness dan sebagainya. Termasuk tombol power yang diletakkan paling kanan di antara tombol-tombol ini.