pulsa-logo

Review Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci: Versi Anyar dengan Layar Lebih Lebar


Ahmad S.

Selasa, 16 Oktober 2018 • 17:38

Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci, harga Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci, spesifikasi Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci, review Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci, mi tv, xiaomi, xiaomi indonesia


Xiaomi Mi TV 4A 43 InciXiaomi Mi TV 4A 43 Inci

Saat memperkenalkan Xiaomi Redmi 6 sebulan lalu, Xiaomi Indonesia juga berkesempatan merilis Xiaomi Mi TV 4A untuk masyarakat Indonesia. Dibanderol dengan harga murah sekitar 2 jutaan saja, saat itu produk yang diperkenalkan merupakan varian 32 inci. Nah kali ini, pasar Indonesia akan kebagian versi update. Xiaomi Indonesia membawa masuk versi layar lebih lebar dengan resolusi yang juga lebih baik.

Paket Penjualan: TV, Dudukan, remote kontrol Bluetooth, Sekrup x 4, Kabel listrik, baterai, manual.

Warna: Hitam

Harga: Rp 3.999.000

Spesifikasi Xiaomi Mi TV 4A 43 InciSpesifikasi Xiaomi Mi TV 4A 43 Inci

Ringan, Mudah Dipindahkan

Satu hal yang kami rasakan saat melakukan unboxing perangkat ini adalah “ringan”. Perangkat LED TV pintar besutan Xiaomi ini tidak seberat perangkat TV lain dengan diagonal yang sama. Entah ini akan menjadi kelebihan atau kekurangan untuk Anda, yang pasti dengan bobot segini, kita tidak akan kesulitan saat menata ulang ruangan, atau memindahkannya ke posisi yang diinginkan.


Tampilannya mirip dengan TV LED lain yang ada di pasaran. Dengan bezel lumayan tipis berwarna hitam dan ditopang oleh dua kaki-kaki yang juga terbuat dari plastik ringan, TV ini juga dilengkapi dengan sejumlah port penting dalam sebuah bentukan yang agak menggembung di bagian belakang. Menariknya, semua port yang dibutuhkan ini menghadap ke sisi kanan TV. Jadi Anda akan mudah mengaksesnya meski saat TV dipasang merapat dengan dinding sekalipun.

Selain port kabel ethernet layaknya TV pintar lain, sejumlah port audio dan video, HDMI, USB dan antena analog juga hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda mengakses tayangan yang diinginkan.

Untuk mengontrol TV ini dari jarak jauh, Xiaomi telah menyediakan sebuah remote control Bluetooth yang memiliki sedikit tombol. Terlihat keren dan futuristik, tapi juga mungkin akan terasa kurang memenuhi keinginan penggunanya yang biasa menggunakan remote TV konvensional.

Tapi karena ini adalah perangkat pintar berbasis Android, Anda pun bisa mengontrolnya menggunakan perangkat smartphone Android.

Oh iya, sebagai sarana untuk menghantarkan suara, dua buah speaker yang masing-masing memiliki daya 8 Watt diletakkan pada bagian bawah, dengan corong menghadap ke bawah. Alhasil suaranya akan relatif memuaskan kita tanpa membutuhkan speaker tambahan, dan kadang jadi lebih baik ketika diletakkan di atas meja dengan bahan tertentu.

Resolusi Full HD

Dibandingkan dengan varian 32 inci yang masih membawa resolusi HD 1366 x 768 atau lebih sering kita dengar dengan istilah HD ready, varian 43 inci ini membawa resolusi Full HD 1090 x 1080 pixel. Mengingatkan saya pada perdebatan 6 tahun lalu, ketika mencari TV 1080p pertama untuk bermain game. Saat itu hampir semua ahli menyebutkan bahwa 1080p akan sangat pas untuk diterapkan pada tv berlayar 40 inci ke atas, Termasuk layar 43 inci ini.

Terlepas dari semakin berkembangnya teknologi display hingga mencapai ukuran 4k UHD pada beberapa tahun terakhir, resolusi full HD masih menjadi primadona, terlebih dengan refresh rate yang dijanjikan oleh TV ini, yakni 60 Hz.

Software Bawaan dan Settingan Awal

TV pintar ini menjalankan sistem operasi Patchwall yang berbasis Android. Ketika melakukan setingan awal, kita diminta untuk masuk ke akun Google kita dan melakukan setup untuk mengawinkan TV ini dengan perangkat Android Anda.

Menariknya, untuk Anda yang malas melakukan setingan seperti saya, hal ini akan membantu memindahkan semua setingan akun aplikasi Google Anda ke TV sehingga tidak dibutuhkan lagi proses login ke sejumlah aplikasi.

Patchwall ini akan menampilkan sejumlah konten yang bisa diakses penggunanya secara gratis di halaman awal. Kabar baiknya, meski saat direview belum tersedia, ke depannya sejumlah aplikasi streaming populer semisal Netflix dan Amazon Prime Video juga akan hadir di Patchwall.

Atau Anda bisa mencari aplikasi layanan streaming via Google Play yang tersedia di menu awal (keluar dari fitur Patchwall).

Hardware dan Kinerja

Mi TV 4A dipersenjatai dengan panel LED 1080p dengan viewing angle 178 derajat. Cukup nyaman untuk diletakkan di ruang TV keluarga. Membawa CPU Amlogic Cortex A53 quad-core, dengan speed 1.5 GHz dan GPU Mali-450 hingga 750 MHz, maka tidak ada masalah pada kinerja TV secara keseluruhan.

Terlebih dengan RAM 1 GB dan ruang penyimpanan internal 8 GB, yang mana hampir sama dengan sejumlah TV pintar lainnya di pasaran, maka tidak ada yang bisa kita keluhkan dari sini. Hanya saja untuk Anda yang berniat menggunakan WiFi, saya hanya bisa sarankan untuk meletakkan router dekat-dekat dengan perangkat ini untuk mendapatkan kualitas koneksi maksimal dan stabil.