pulsa-logo

Review Galaxy Tab S4 Book Cover Keyboard: Transformasi Tablet-PC Seutuhnya


Anwar Aburizal

Senin, 29 Oktober 2018 • 22:19

Samsung Galaxy Tab S4 Book Cover Keyboard, samsung galaxy tab s4 10.5, samsung galaxy tab s4


Samsung Galaxy Tab S4 Book Cover KeyboardSamsung Galaxy Tab S4 Book Cover Keyboard

Jika sudah memutuskan untuk membeli atau bahkan Anda sudah memiliki Galaxy Tab S4 10.5, cover keyboard original buatan Samsung ini mungkin menjadi incaran berikutnya. Sebelum membeli, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan singkat PULSA untuk produk yang satu ini.

Desain

 

Dalam keadaan tertutup, sekilas tidak ada yang istimewa pada tampilan fisik cover keyboard ini. Hanya hadir dalam pilihan warna hitam, cover keyboard ini terlihat plain namun ada kesan mewah yang ditampakkannya.

Samsung menggunakan bahan bertekstur agak lembut namun kesat sehingga tetap mantap ketika menjinjingnya. Susunan tombol pada keyboard tidak begitu rapat dengan ketinggian yang pas sehingga tetap nyaman untuk mengetik terutama bagi pengguna yang lebih sering mengetik di PC.


Selain tombol standar yang ada pada keyboard pada umumnya, Samsung menyematkan beberapa tombol fungsional seperti diantaranya tombol search (bersimbol kaca pembesar) di area kiri bawah keyboard. Ketika menekan tombol ini pada mode DeX maka sistem akan menampilkan App Drawer yang juga menyimpan fungsi pencarian.

Selain itu, ada pula tombol virtual keyboard yang ketika ditekan akan memunculkan keyboard virtual pada layar. Pertanyaannya, apakah Anda akan benar-benar membutuhkan keyboard kedua, sementara Anda telah memiliki keyboard fisik yang tentunya lebih intuitif ketika digunakan.

Multifungsi

Sesuai namanya, aksesoris “wajib punya” ini berfungsi sebagai pelindung tablet Anda ketika tidak digunakan dan tentunya sebagai keyboard yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan tablet terutama untuk urusan pekerjaan.

Dengan cover keyboard ini Galaxy Tab S4 10.5 lebih condong ke sebuah ultrabook powerful berbasis Android ketimbang sebuah tablet biasa terutama ketika Anda menggunakannya dalam mode DeX.

Secara default, sistem akan mengubah tampilan dari mode Samsung Experience menuju mode Samsung DeX ketika konektor POGO pin tablet ini menyentuh konektor pada tablet. Dan ketika konektor terlepas, layar seketika terkunci dan hal ini agak menggangu terutama ketika sebenarnya Anda masih ingin menggunakan tablet ini.

Cover keyboard ini tidak perlu di-charge karena langsung mengambil daya dari baterai Galaxy Tab S4 melalui konektor POGO pin.

Tutupi Kekurangan, Maksimalkan Potensi

Seperti diketahui, salah satu kekurangan Samsung Galaxy Tab S4 adalah absennya slot penyimpanan untuk stylus bawaannya, S-Pen. Hal ini membuat stylus seharga $59.99 (sekitar Rp. 900 ribuan) lebih mudah hilang.

Samsung meminimalisir resiko tersebut lewat cover keyboard ini. Sebab Samsung menyediakan tambahan holder untuk menyimpan S-Pen. S-Pen holder ini bahkan bisa dilepaskan dari cover keyboard.

Selain menutupi kekurangan tersebut, cover keyboard ini juga memaksimalkan potensi Galaxy Tab S4 10.4 yang berfungsi 2-in-1 (tablet dan ultrabook). Sebab keyboard ini membawa fungsi khas keyboard yaitu shortcut yang akan membuat proses mengetik menjadi lebih cepat.

Yup, saat mengetik dengan aksesoris ini pada Galaxy Tab S4 Anda bisa menggunakan Ctrl+C untuk copy, Ctrl+V untuk paste dan Ctrl+Z untuk cut. Anda juga bisa mengkombinasikan tombol Shift, Ctrl dan Tombol Panah (Arrow Keys) untuk melakukan seleksi. Yang paling menarik adalah shortcut Shift+Alt+Tab untuk memunculkan tampilan multitasking, yang akan memudahkan pengguna berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang berjalan pada background.

Kesimpulan

Tidak dipungkiri, aksesoris satu ini akan meningkatkan pengalaman pengguna galaxy Tab S4. Dengan cover keyboard ini, Galaxy Tab S4 benar-benar bisa diandalkan sebagai alternatif PC di kala mobilitas Anda tinggi.

Namun satu hal yang sepertinya cukup mengimbangi segala kelebihan tersebut sehingga menghadirkan keraguan untuk membelinya, yaitu banderol harganya. Dibanderol nyaris $150 di situs resminya, membuat Anda harus menghabiskan hampir Rp 13 jutaan untuk Galaxy Tab S4 10.5 dan Cover Keyboard ini.