pulsa-logo

Review Choetech T525: Isi Baterai Tanpa Kabel, Dua Ponsel Sekaligus


Ahmad S.

Kamis, 15 November 2018 • 19:34

Choetech T525, harga Choetech T525, review Choetech T525, spesifikasi Choetech T525, wireless charging, charging pad


Choetech T525 - Dual Wireless Charging PadChoetech T525 - Dual Wireless Charging Pad

Teknologi wireless charging yang telah diadopsi sejumlah ponsel flagship diciptakan untuk memudahkan penggunanya. Menghilangkan ketergantungan kita terhadap instalasi kabel yang merepotkan, atau setidaknya memangkas jalur yang berpotensi kusut di tengah jalan.

Masalahnya, ada sejumlah pabrikan ponsel dengan kemampuan itu justru tidak menyertakan charger wireless dalam paket penjualannya. Dan kita harus membelinya secara terpisah dengan harga yang relatif tidak murah. Repot kan?

Beruntung sejumlah produsen aksesoris kini telah menawarkan solusi yang lebih terjangkau dengan performa tak kalah dari charger asli vendor-vendor tersebut. Seperti produk yang akan kita bahas kali ini, yakni Choetech T525 Dual Wireless Charging Pad.

Seperti yang telah kita bahas di Edisi 379 terbitan awal tahun ini, bahwa standar wireless charging yang banyak diadopsi oleh pabrikan saat ini adalah Qi (baca: Ci). Yang merupakan standar open interface, gabungan dari metode induksi dan resonansi. Nah, charger dari Choetech ini juga membawa teknologi tersebut dan aman rasanya apabila kami meyebutkan bahwa charger ini akan kompatibel dengan semua ponsel yang mendukung wireless charging.

Paket penjualan Choetech T525Paket penjualan Choetech T525

Harga: 42.99 USD (sekitar Rp630.000)

Warna: Hitam


Paket penjualan: Charging pad, Kabel data USB Type-C, Buku manual

Desain

Sesuai namanya, Choetech T525 ini menggabungkan dua pad charger di satu bagian. Tapi tidak pula membuatnya terlihat besar. Karena relatif tipis, produk ini sekilas akan terlihat mirip tatakan gelas yang dibuat sedikit melebar.

Permukaan yang telah ditanami transmiter ditandai dengan bulatan karet anti slip. Kita akan menemukan dua bulatan, yang merupakan tanda untuk meletakkan dua ponsel di atas bulatan-bulatan ini. Dua tatakan ini kemudian dibatasi oleh satu bagian logam memanjang.

Di atasnya kita akan menemukan sejumlah LED indikator berwarna biru. Satu indikator akan berfungsi ketika charger dihubungkan ke listrik, sementara dua yang lain akan menyala apabila proses charging berjalan.

Konektor

Charger wireless Choetech T525 ini merupakan versi pembaharu dari produk sebelumnya. Perbedaanya adalah adanya penambahan port USB Type-C untuk mempermudah charging, karena relatif akan seragam dengan sejumlah port charger bawaan ponsel-ponsel kekinian.

Standar Daya

Sesuai dengan ketentuan, produk ini mampu memancarkan daya sebesar 5V dengan arus sebesar 1 Ampere di tiap-tiap pad. Relatif aman baik untuk ponsel maupun chargernya itu sendiri.

Sementara daya yang masuk ke charger adalah 5V dengan arus sebesar 3A. Artinya, kita bisa menggunakan adapter fast charging untuk mengalirkan daya ke charger nirkabel ini.

Produk yang Kompatibel

Agar Anda tidak bingung dan bertanya-tanya kira-kira ponsel apa saja yang didukung, kami akan coba menyebutkan beberapa produk yang secara bawaan sudah membawa teknologi Qi charger ini sehinga bisa dicharge di atas Choetech T525 ini.

Secara ofisial, perusahaan elektronik yang bermarkas di ShenZen Cina ini menyebutkan bahwa produknya akan kompatibel dengan iPhone X, iPhone 8, 8 Plus, Samsung Galaxy S9/S9 Plus/S8/S8 Plus, Note 8, S7/S7 Edge. Tapi sebenarnya masih banyak ponsel yang memiliki kemampuan Qi Wireless adapter, semisal dari LG, Nokia dan sejumlah ponsel anyar yang baru-baru ini meluncur, semisal iPhone Xs, Huawei Mate 20 Pro dan sebagainya.

Lalu pertanyaannya, apakah ponsel yang tidak memiliki dukungan wireless charging secara default bisa menggunakannya? Tentu saja bisa. Ada jalan keluar yang ditawarkan melalui pemasangan receiver Qi eksternal yang terhubung dengan port charger, baik yang berbentuk casing secara utuh, hingga berbentuk stiker sederhana dengan harga hanya beberapa puluh ribu saja.