pulsa-logo

Xiaomi Mi 8 Lite First Impression: Kelas Menengah Gaya Flagship


Anwar Aburizal

Sabtu, 17 November 2018 • 10:54

Xiaomi, Mi 8, Mi 8 Lite, Mi Fans, First Impression, Hands On, Review


Mi 8 Lite (PULSA)Mi 8 Lite (PULSA)

Akhir September lalu, Xiaomi kembali menambahkan 2 varian pada klan “Mi 8” yang merupakan produk flagship teranyar mereka. Dan bersamaan dengan peluncuran Redmi Note 6, Xiaomi akhirnya memasarkan secara resmi salah satu penghuni  klan Mi 8 tersebut yakni Mi 8 Lite.

Ponsel ini memiliki spesifikasi terendah di jajaran seri Mi 8, yang membuatnya menarik, tentunya banderol harga ponsel ini yang memungkinkan pengguna untuk bisa "mencicipi" rasa flagship tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Ponsel ini pun sudah hadir di meja redaksi PULSA untuk diulas, namun sebelum itu tak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak perkenalan kami dengan ponsel kelas menengah bergaya flagship ini.

Paket Penjualan

Paket Penjualan Mi 8 LitePaket Penjualan Mi 8 Lite

Berbeda dengan kemasan produk ponsel besutan Xiaomi sebelumnya yang terbiasa menggunakan satu warna solid (biasanya jingga, hitam atau putih), kotak penjualan Mi 8 Lite yang PULSA dapatkan menggunakan dua warna dengan efek gradasi dari ungu muda ke pink muda (atau mungkin magenta ke fuschia). Warna gradasi ini merepresentasikan salah satu pilihan warna yang tersedia untuk Mi 8 Lite ini yaitu, Aurora Blue, yang juga menggunakan efek gradasi namun dari biru ke ungu. Sayangnya, yang PULSA dapatkan berwarna Midnight Black.

Di dalam paket penjualan, Xiaomi menyertakan sebuah SIM card ejector, converter dari audio jack 3.5mm menuju USB Type-C, soft case, adapter charger, dan sebuah kabel data USB Type C.


Ikut Tradisi Flagship

Tak dipungkiri, hal paling identik dengan terminologi “ponsel flagship” adalah performa mumpuni yang dihasilkan dari penggunaan SoC terbaik yang tersedia di pasaran. Meski begitu, tampilan fisik biasanya tidak dihiraukan oleh vendor demi menghadirkan ponsel yang tak hanya ngebut dalam hal performa namun juga memiliki daya tarik visual.

Hal itu pula yang diadopsi oleh klan Mi 8 yang juga menurun pada ponsel ini. Meski menggunakan spesifikasi kelas menengah, namun setidaknya pengguna masih mendapatkan tampilan premium pada fisik ponsel ini.

Glass Back Mi 8 LiteGlass Back Mi 8 Lite

Sisi belakang ponsel ini menggunakan lapisan kaca, mirip dengan Mi 8 versi regular yang terlihat elegan. Namun di sisi lain, kaca di bagian belakang ini begitu mengundang noda sidik jari.

Masih di sisi belakang, tampak dua lensa kamera utama yang tersusun vertikal di area kiri atas dan sebuah pemindai sidik jari di area tengah yang dikelilingi aksen metal. Meski hanya berupada detil kecil, namun hal ini menambah kesan premium pada Mi 8 Lite.

SIM & Memory Card Tray Mi 8 LiteSIM & Memory Card Tray Mi 8 Lite

Satu hal lain yang menjadi tradisi flagship adalah penggunaan teknologi mutakhir di berbagai sektor, termasuk pada port penghubung kabel data. Dalam hal ini, Mi 8 Lite pun ikut melakukannya dengan mengadopsi konektifitas USB Type-C, namun sebagai konsekuensi, port audio dihilangkan. Tapi tak perlu risau, karena Xiaomi telah menyertakan kabel converter untuk menghubungkan headset favorit pengguna seperti yang disebutkan sebelumnya.

Segera Dapat Update?

About Phone Mi 8 LiteAbout Phone Mi 8 Lite

  MiUI Version Mi 8 LiteMiUI Version Mi 8 Lite

Saat dihidupkan pertama kali, PULSA mendapati Mi 8 Lite yang kami uji masih berjalan diatas sistem MiUI versi 9.6. Namun PULSA begitu yakin bahwa ponsel ini juga kan mendapatkan pembaruan menuju versi teranyar mereka yaitu MiUI 10. Semoga saja update tersebut segera hadir bagi ponsel ini dalam beberapa hari kedepan, sehingga PULSA bisa mengulasnya untuk Anda dalam rubrik review selengkapnya nanti.

Homescreen Mi 8 LiteHomescreen Mi 8 Lite

Terlepas dari itu, sistem MiUI 9.6 yang membalut Andorid Oreo 8.1 pada ponsel ini masih menampilkan sajian antarmuka yang tentu sudah begitu familiar bagi para Mi Fans. Tidak lupa sejumlah aplikasi bawaan khas Xiaomi disertakan seperti Mi Apps, Mi Drop, Mi Community, Mi Forum dan beberapa aplikasi lainnya.

Sejauh yang PULSA rasakan tanpa menambah aplikasi, performa Mi 8 Lite terbebas dari lag, bahkan bisa dikatakan sangat mumpuni, berkat sokongan prosesor Snapdragon 660 besutan Qualcomm yang memiliki 8 inti prosesor yang masing-masing memiliki kecepatan 4x2.2 GHz ditambah 4x1.8 GHz.

Diuji menggunakan aplikasi Antutu, ponsel ini mendapatkan skor 140 ribuan. Yang menunjukan performa kelas menengah atas.

Skor AnTuTu Mi 8 LiteSkor AnTuTu Mi 8 Lite

Selengkapnya tentang Mi 8 Lite akan PULSA hadirkan pada rubrik review beberapa waktu ke depan, setelah PULSA menghabiskan waktu bersama ponsel kelas menengah dengan gaya flagship ini.

Spesifikasi Mi 8 Lite

  • Dimensi: 156.4 x 75.8 x 7.5 mm
  • Berat: 169 g (5.96 oz)
  • Dual Nano-SIM, dual stand-by
  • Layar: IPS LCD, 6.26 inci, 82.5% screen-to-body ratio, 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density)
  • OS & UI: Android 8.1 (Oreo)MIUI 9.6
  • SoC: Qualcomm Snapdragon 660 (14 nm), Octa-core CPU (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260), GPU Adreno 512
  • Memory: 4GB RAM /64 GBROM, Slot MicroSD
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP (f/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF) + 5 MP (f/2.0, 1.12µm, depth sensor), Video rec. 2160p@30fps, 1080p@60/120fps, 1080p@30fps (gyro-EIS)
  • Kamera Depan: 24 MP, 0.9µm, Auto HDR, video rec. 1080p@30fps
  • Baterai: Li-Po 3350 mAh battery
  • Pilihan warna: Aurora Blue dan Midnight Black