pulsa-logo

Pertama di Indonesia dengan Screen Touch ID | Handphone Terbaik 2018


Deni Hardian

Jum'at, 30 November 2018 • 16:21

handphone terbaik 2018,hp terbaik 2018,handphone kamera terbaik 2018,Vivo V11 Pro, harga Vivo V11 Pro, spesifikasi Vivo V11 Pro, review Vivo V11 Pro, vivo,


Handphone Terbaik 2018Handphone Terbaik 2018

Meningkatnya pengapalan handphone besutan Vivo di Indonesia berdasarkan data IDC pada triwulan kedua 2018 (April – Juni) semakin menggairahkan Vivo dalam menjejali pasar ponsel tanah air dengan menghadirkan perangkat handphone terbaik 2018 di Indonesia. Kesuksesan ini diimbangi oleh strategi yang diterapkan oleh Vivo dengan menghadirkan handphone selfie berfitur terkininya yang cukup mendapatkan respons yang sangat baik oleh konsumen tanah air.

Baru-baru ini Vivo Indonesia telah menghadirkan handphone terbaik terbarunya yang tak hanya dibekali dengan tampilan kekinian namun juga dibekali dengan inovasi baru yakni fingerprint in-display. Handphone pertama yang hadir di Indonesia dengan fitur ini semakin membuktikan keseriusan Vivo Indonesia dengan menghadirkan handphone yang tak hanya dibutuhkan oleh konsumen namun juga menghadirkan perangkat handphone yang mampu melindungi data privasi pengguna secara lebih baik.

Adalah Vivo V11 Pro yang merupakan handphone terbaik dengan fingerprint in-display pertama di Indonesia yang tersedia secara resmi. Tak hanya menawarkan inovasi terkini, handphone besutan Vivo ini juga menawarkan fitur selfie yang didukung dengan beragam mode yang sangat menggoda untuk dicoba. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan kinerja handphone yang apik untuk digunakan pengguna dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Paket penjualan Vivo V11 Pro | Handphone Terbaik 2018Paket penjualan Vivo V11 Pro | Handphone Terbaik 2018

Paket Penjualan: Handset, Charger, Earset, Kabel data, Buku manual, Kartu garansi, Clear case, Pin ejector

Warna: Starry Black

Harga: Rp 4.999.000


Spesifikasi | Handphone Terbaik 2018Spesifikasi | Handphone Terbaik 2018

Screen Touch ID Plus Face Access dengan Infrared

Membuka perangkat dengan menggunakan sensor sidik jari di ponsel sudah menjadi hal yang lumrah. Beberapa produk awal meletakkan sensor di bawah layar di bagian depan ponsel. Lalu beberapa produk memindahkannya di bagian belakang, baik demi faktor ergonomi maupun meningkatkan luas layar yang dibawa.

Kemudian saat ingin meraih layar yang benar-benar bezel-les di bagian muka ponsel, maka inovasi terbaru adalah dengan menanamkan sensor sidik jari tersebut di balik layar, sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui sentuhan sederhana di atas layar.

Vivo termasuk produk pertama yang bergairah untuk mengimplementasikan teknologi ini, bahkan sudah berhasil memamerkannya di MWC Shanghai 2017 lalu. Nah, untuk pertama kali di Indonesia, Vivo akhirnya merilis produk dengan teknologi ini, Vivo V11 Pro. Vivo menyebutnya sebagai Screen Touch ID atah bahasa "gaul nya" fingerprint in-display. Selain memberikan kemudahan dengan tampilan yang lebih istimewa, screen touch id diklaim lebih akurat dibandingkan dengan sensor sidik jari konvensional.

Dalam proses penggunaanya, proses pendeteksian jari pengguna memang lebih merepotkan dari fingerprint biasa selain membutuhkan sisi jari secara menyeluruh dalam proses pendeteksian juga membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan fingerprint biasa. Setelah proses pemindaian sidik jari, waktu membuka atau menghidupkan perangkat membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Sedikit berbeda dengan proses buka perangkat dengan sensor sidik jari biasa.

Fingerprint | Handphone Terbaik 2018Fingerprint | Handphone Terbaik 2018

Selain menghadirkan screen touch id, Vivo juga menyematkan perangkat ini dengan fitur Face Access yang telah mendukung pemindaian wajah hingga 1024 titik wajah dengan bantuan sinar infrared. Dibandingkan dengan screen touch id, membuka perangkat dengan face access sangat jauh lebih cepat. Respon yang baik juga dapat dilakukan pada kondisi ruangan gelap, face access masih mampu mendeteksi wajah pengguna dengan baik.

Yang menarik adalah, pengguna bisa mengkombinasikan fitur screen touch id dengan face access. Alhasil membuka perangkat Vivo V11 Pro menjadi jauh lebih cepat lagi.

Selain kedua fitur ini, Vivo V11 Pro juga masih memiliki banyak fitur menarik lainnya, seperti Jovi, Jovi Smart Center, Google Lens, Google Assistant hingga AI Game Mode. Lebih dalam mengenai AI Game Mode, fitur ini merupakan game mode yang telah mendapatkan update yang memberikan fitur baru yang lebih menarik. Hanya dengan menggeser jari pengguna dari sisi samping, pengguna bisa mengakses semua fitur pada game mode dengan mudah. Selain itu, pengguna juga bisa memilih fitur yang ingin dihidupkan atau dimatikan atau dimatikan tanpa harus meninggalkan memainkan game. Selain itu, Vivo juga melengkapinya dengan mode Auto Gaming baru yang dapat membuat game tetap berjalan meskiipun layar yang terkunci saat pengguna sedang melakukan hal lain.

Selain fitur yang sudah disebutkan diatas, handphone terbaru keluaran Vivo ini juga dibekali dengan fitur Kids Mode, fitur ini bisa membatasi aktivitas anak dibawah umur ketika menggunakan perangkat ini untuk bermain game ataupun streaming video anak.

Desain

Kesuksesan Vivo dalam memasarkan perangkat handphonenya di Indonesia membuat vendor ini berkeyakinan bahwa kehadiran Vivo V11 Pro akan mendapatkan respon yang baik oleh konsumen tanah air. Dari sisi desain, perangkat ini tampil dengan desain yang memanjang dan hadir dengan ketebalan bodi yang cukup slim yang membuatnya nyaman dalam genggaman. Secara tampilan perangkat ini memiliki kemiripan dengan handphone selfie Vivo sebelumnya yakni Vivo V9, di bagian belakang, V11 Pro tampil dengan kover bodi yang melengkung dan menipis pada tiap tepinya. Hal inilah yang membuat Vivo V11 Pro nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama, apalagi bobot perangkat ini tidak terlalu berat hanya mencapai 156 gram saja.

Desain | Handphone Terbaik 2018Desain | Handphone Terbaik 2018

Berbekal tampilan desain lengkung pada bagian belakang yang ditanamkan semakin memberikan kesan ergonomis sekaligus mewah. Menariknya lagi, kover bodi belakang V11 Pro dibalut dengan tampilan warna yang sangat menawan. Unit Vivo V11 Pro yang saat ini diulas oleh PULSA adalah Starry Black dimana kover bodi belakang ini tak hanya menawarkan warna gradasi yang menggoda namun juga dibalut dengan tampilan yang menyerupai gemerlap bintang di malam hari. Tampilan kover belakang akan semakin menarik jika terkena pantulan cahaya.

Backcase | Handphone Terbaik 2018Backcase | Handphone Terbaik 2018

Tak jauh berbeda seperti pendahulunya, Vivo V11 Pro hadir dengan balutan desain yang mengusung konsep desain unibody, V11 Pro hadir dengan panel layar besar berukuran 6.41 inci plus bezel yang sangat tipis. Tak hanya memiliki ukuran layar yang besar, Vivo mengkombinasikannya dengan jarak tepi antara layar ke bodi hanya 91.27%. menggoda dengan tampilan desain yang ditawarkan. Mengusung inovasi terkini, V11 Pro hadir dengan fingerprint di bawah layar, posisi fingerprint terletak di bagian bawah layar yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menyentuhnya.

Berbicara paket penjualannya, Vivo memberikan clear case secara cuma-cuma guna melindungi perangkat ini terhadap goresan. Selain itu, paket penjualan lain yang disediakan perangkat ini terbilang lengkap, mulai dari kabel data hingga earphone.

Masuk ke sisi fungsionalitas desainnya, Vivo V11 Pro hadir dengan antarmuka yang lebih fresh dibandingkan seri sebelumnya. Tampilan depan perangkat ini dibekali dengan poni berukuran mungil yang disebut sebagai waterdrop. Konsep poni ini sebelumnya telah diterapkan oleh Oppo F9 yang telah beredar di pasaran secara lebih awal. Pada poni ini Vivo menyematkan kamera depan dengan resolusi 25 MP. Masih di bagian depannya, V11 Pro hadir dengan dengan 3 tombol virtual yang tepat berada di bagian bawah layar yang tertanam. Jika pengguna bosan dengan tampilan 3 tombol virtual yang ada, pengguna bisa memanfaatkan fitur “Navigation Gesture” yang memberikan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone ini.

 

Pada sisi kanan, Vivo menyematkan tombol power dan volume secara berdampingan. Sementara pada sisi kiri tertanam Vivo menyematkan tiga slot sim card dan microSD secara terpisah.

Masuk ke bagian bawah perangkat, Vivo mengakomodasi keinginan pengguna ponsel masa kini dimana Vivo menyematkan lubang audio di bawah perangkat. Pada bagian bawah tertanam pula port microUSB 2.0 serta lubang speaker. Cukup disayangkan memang, Vivo masih sangat setia menggunakan port microUSB 2.0 sebagai media pengisian baterainya. Padahal sebagai handphone kekinian sudah sepatutnya perangkat ini menyematkan USB type-C sebagai media pengisian data dan transfernya. Hal ini dikarenakan, USB jenis ini memiliki kecepatan transfer data dan pengisian baterai yang jauh lebih baik.

Layar Super AMOLED berbalut Funtouch OS 4.5

Dibandingkan dengan handphone Vivo sebelumnya, Vivo V11 Pro kini dibekali dengan panel layar yang lebih memanjang serta teknologi layar Super AMOLED yang mampu menghadirkan ketajaman layar yang jauh lebih baik. Tak hanya lebih luas, layar yang tertanam juga memiliki resolusi layar yang lebih luas pula yakni 1080 x 2340 pixels serta rasio layar 19.5:9 dan kedalaman layar yang mencapai ~402 ppi.

Dengan teknologi layar yang kini jauh lebih baik, memberikan kenyamanan yang jauh lebih baik pula dalam mendukung aktivitas pengguna dalam bermain game, multimedia hingga mendukung aktivitas kerja. Untuk fitur pendukung yang tertanam di layar, Vivo menyematkan fitur perlindungan mata, beragam mode layar yang bisa disesuaikan dengan aktivitas pengguna. Selain itu, pengguna juga merubah tampilan font dan besaran font yang biasa digunakan oleh pengguna.

Funtouch OS 4.5 | Handphone Terbaik 2018Funtouch OS 4.5 | Handphone Terbaik 2018

Semakin memanjakan pengguna, Vivo menghadirkan tampilan layar yang dengan wallpaper yang bisa berubah secara otomatis. Hal ini berguna untuk menghindari kebosanan kepada pengguna dengan hanya menyematkan satu wallpaper saja. Ada 6 tipe layar pengganti yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna mulai dari tipe Art, Automobile, Travel, Cate, Lifestyle hingga tipe informasi.

Menjadi yang pertama di Indonesia menyematkan fingerprint in-display, Vivo V11 Pro membekali dirinya dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. OS yang tertanam dipadukan dengan tampilan antarmuka khas ponsel Vivo yakni Funtouch OS versi 4.5 yang memberikan tampilan yang fresh dan menarik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Berbekal Funtouch OS versi terbaru ini, Vivo memberikan banyak fitur tambahan yang memudahkan pengguna dalam beraktivitas mulai dari berkendara, bermain game hingga aktivitas lainnya. Tertanam pula, AI Face Access yang memberikan perlindungan perangkat dengan menggunakan wajah sebagai akses untuk membuka smartphone.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Vivo juga telah menyematkan beragam mode gesture untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas mulai dari smart wake, gerakan tanpa menyentuh layar dan nyalakan/matikan layar cerdas dan panggilan cerdas. Tambahan lainnya adalah gesture lain dengan menggerakkan ponsel untuk menghidupkan senter.

Performa Mantap dengan RAM 6GB

Masuk pisi kinerja, Vivo V11 Pro hadir dengan dengan dukungan chipset yang serupa dengan seri sebelumnya yakni Vivo V9 6GB. Vivo V11 Pro mengusung Qualcomm Snapdragon 660 AIE sebagai dapur pacunya utamanya. Tak hanya itu, perangkat ini juga dibekali dengan dukungan RAM sebesar 6GB dan memory internal sebesar 64GB. Bagi yang kurang puas dengan kapasitas memory internal yang ditanamkan, pengguna bisa menambahkannya via slot kartu microSD yang hadir secara terpisah dari slot kartu SIM.

Dilihat dari chipset yang ditanamkan, sudah sepatutnya PULSA tidak meragukan kinerja yang bakal dihadirkan oleh perangkat ini. Hal ini dikarenakan, kinerja chipset ini sudah teruji sangat mumpuni dalam mengakomodasi PULSA dalam bermain game berat sekalipun seperti PUBG maupun Asphalt 9. Namun PULSA langsung menguji perangkat ini dengan menginstall kedua game yang dimaksud. Hasilnya, Vivo V11 Pro mampu melahap dengan mudah kedua game ini tanpa adanya hambatan. Kualitas grafis yang ditawarkannya pun sangat detil dan tajam dan satu lagi, meskipun bermain dalam waktu yang lama tak membuat mata pengguna akan cepat lelah. Karena dengan dukungan layar yang luas ditambah fitur perlindungan mata yang ditanamkan, mata pengguna akan terlindungi dengan baik.

Selain menguji dengan memainkan game dengan grafis yang tinggi, PULSA juga menguji perangkat ini dengan beberapa aplikasi benchmark seperti Antutu, Basemark, GeekBench 4, 3D Mark hingga PCMark. Hasilnya pun sangat memuaskan, skor benchmark yang didapatkan oleh Vivo V11 Pro sudah sangat baik dan sesuai dengan banderol harga yang dipatok. Untuk lebih detilnya silahkan lihat tabel yang disajikan.

Benchmark | Handphone Terbaik 2018Benchmark | Handphone Terbaik 2018

Baterai 3400 mAh plus Dual-engine Fast charging

Berbeda dengan seri sebelumnya, Vivo V11 Pro kini hadir dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar yakni 3400 mAh. Apiknya lagi, baterai yang tertanam sudah dikombinasikan dengan fitur dual-engine fast charging yang memberikan waktu yang jauh lebih singkat saat melakukan pengisian baterai. Dalam proses penggunaanya selama beberapa hari, PULSA cukup terkejut dengan daya tahan baterai yang ditanamkan. Dalam penggunaan standar, perangkat ini memiliki daya tahan perangkat yang cukup baik dengan sisa baterai pada malam hari mencapai angka 25%. Sementara untuk penggunaan aktif seperti bermain game dan menikmati konten multimedia perangkat ini bisa digunakan lebih dari 9 jam. Namun untuk mengukur rata-rata kinerja baterai yang tertanam PULSA melakukan pengujian dengan menggunakan 4 variabel dan masing-masing dilakukan selama 60 menit. Hasilnya bisa anda lihat di tabel bawah.

Sementara untuk kemampuan fast chargingnya, untuk mencapai baterai 100% dari posisi awal yang hanya 15% bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 90 menit.

Kamera 25MP Plus AI Camera

Sebagai handphone yang mengutamakan fitur fotografi, Vivo tak setengah-setengah dengan fitur fotogafi yang ditanamkan pada Vivo V11 Pro. Di bagian belakang, Vivo V11 Pro hadir dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi 12MP + 5MP. Kamera utama yang tertanam di bagian belakang ini hadir dengan bukaan lensa f/1.8 dan fitur dual-pixel. Sementara untuk kamera keduanya hadir dengan bukaan lensa f/2.4 serta menghasilkan hasil foto dengan efek depth sensor atau bahasa lainnya mampu menghasilkan efek bokeh.

Kamera | Handphone Terbaik 2018Kamera | Handphone Terbaik 2018

Lebih dalam mengenai fitur dual-pixel, dengan fitur ini, kamera utama pada bagian belakang yang 12 megapiksel memiliki 24 juta unit fotosensitif. Setiap pixel terpecah menjadi 2 bagian yang lebih kecil, masing-masing beroperasi  secara independen untuk memberikan dorongan besar dalam sensitivitas cahaya. Selain itu, terdapat teknologi dual-pixel autofocus DSLR-standard yang akan membantu pengguna untuk mengunci fokus hanya dalam 0,03 detik saja.

Sementara itu, dengan kamera kedua yang tertanam pada bagia belakang Vivo V11 Pro ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Pengguna bisa mengatur besaran efek bokeh yang diinginkan untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai.

Memaksimalkan sensor kamera yang tertanam di bagian belakang, Vivo menyematkan beragam fitur pendukung yang memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mendalami fitur fotogafi yang ditanamkan mulai dari anti-backlight AI HDR, AI Low Light Mode, AI Scene Recognition, dan AI Portrait Framing.

Beralih ke kamera depan, Vivo membekali V11 Pro dengan lensa beresolusi 25 megapiksel. Tak hanya itu, Vivo juga mengkombinasikannya dengan AI Camera yang mampu menghasilkan foto selfie yang lebih alami dan natural. Selain itu, dengan AI Camera ini pengguna juga bisa menambahkan efek tertentu pada foto selfie yang dilakukan, menambahkan stiker menarik, permak wajah hingga menghias wajah agar menjadi lebih menarik.

Hasil foto kamera belakang - indoor (bokeh)Hasil foto kamera belakang - indoor (bokeh)

Hasil foto kamera belakang - outdoorHasil foto kamera belakang - outdoor

Hasil foto kamera depan - AI SelfieHasil foto kamera depan - AI Selfie

Kesimpulan

Menawarkan inovasi baru diperangkat handphone, Vivo V11 Pro hadir dengan teknologi Screen Touch ID, tak hanya itu perangkat ini juga dibekali dengan Face Access yang disupport oleh IR Blaster yang memberikan kecepatan membuka perangkat menjadi jauh lebih cepat. Fitur kamera baik belakang maupun depan yang mumpuni menjadi nilai lebih tersendiri bagi penyuka fotografi dan selfie. Selain itu beragam fitur unik yang ditambahkan diperangkat ini semakin memberikan nilai tambah tersendiri bagi pengguna dalam mendukung aktivitasnya.

Tersedia dengan banderol harga resmi 4,9 jutaan rupiah, Vivo V11 Pro mendapatkan tantangan berat dari Samsung Galaxy A8 2018 dan Xiaomi Pocophone F1 128GB yang hadir dengan membawa kualitas produk yang tidak jauh berbeda. Namun Vivo V11 Pro sedikit lebih baik dari harga jual yang ditawarkan. Masalah performa, konsumen tak perlu khawatir dengan kinerja yang dimiliki perangkat ini. Kemampuan melahap game berat sudah mampu dilakukan tanpa adanya hambatan.