pulsa-logo

Hands On Huawei Mate 20 Pro: Penuhi Semua Ekspektasi?


Anwar Aburizal

Kamis, 06 Desember 2018 • 19:00

Huawei, Mate 20 Series, Mate 20 Pro, Flagship, First Impression, Hands On, Kirin 980, Triple Camera, Ultra Wide, Telephoto, Artificial Intelligence, Chipset 7 nm


Huawei Mate 20 ProHuawei Mate 20 Pro

Sejak diluncurkan melalui perhelatan khusus di London, medio Oktober lalu, Mate 20 Pro menjadi varian yang paling mencuri perhatian PULSA dari barisan anggota Mate 20 series yang kala itu diresmikan.

Mengusung chipset super power dengan fabrikasi 7nm, Kirin 980, ponsel ini tidak sekedar menjanjikan kinerja “super ngebut” plus dukungan terhadap fitur AI (Artificial Intelligence) yang jauh lebih baik, namun juga menawarkan superioritas di sektor lainnya termasuk kamera.

Dan setelah menunggu cukup lama, kabar bahwa ponsel ini akan segera dirilis secara resmi di tanah air pun semakin santer terdengar. PULSA berkesempatan untuk menguji salah satu kandidat “Smartphone Of The Year” dari “PULSA’s Editor Choice 2018” ini. Seperti biasa, sebelum mengulasnya secara mendalam, simak kesan pertama PULSA akan superphone ini.

Detail Pada Desain

Huawei menyebut rancangan fisik jagoannya satu ini dengan sebutan flowing design dan PULSA langsung mengerti dengan maksudnya. Di setiap sudut dan sisi, Mate 20 Pro memiliki lekukan yang menghadirkan kesan bahwa setiap bagian dari ponsel ini terasa begitu menyatu. Dari sisi depan kiri ke belakang hingga kembali ke bagian muka melalui sisi kanan, desain Mate 20 Pro terasa “mengalir”.

Di kelas menengah atas hingga ke level flagship, tak jarang vendor menunjukkan perhatiannya pada hal mendetail lewat sentuhan kecil pada desain produknya.

Demikian pula yang ditunjukkan Huawei melalui Mate 20 Pro ini. PULSA menyukai pola di sisi belakang yang terlihat seperti serat karbon (carbon fiber) pada varian berwarna Midnight Blue yang PULSA uji. Tak hanya membuatnya terkesan elegan dan kokoh secara bersamaan, namun pola ini juga memberi tekstur yang membuatnya terasa kesat digenggaman.


Sisi Belakang Mate 20 ProSisi Belakang Mate 20 Pro

Huawei juga tampak berusaha untuk membuat tampilan fisik Mate 20 Pro ini terkesan minimalis dengan “menyembunyikan” lubang loudspeaker yang biasanya ditempatkan di sisi bawah. Yup, PULSA tidak menemukan adanya kisi-kisi sebagai sumber suara. Sebab suara loudspeaker keluar dari port USB Type C dan sebagai penyeimbang untuk menghasilkan efek stereo, suara juga keluar dari earpiece.

Menariknya, nyaris tidak ada perbedaan pada suara yang dihasilkan meski kabel USB Type-C terhubungkan pada port-nya.

Triple Camera dan Tombol Power Merah pada Mate 20 ProTriple Camera dan Tombol Power Merah pada Mate 20 Pro

Detail lainnya adalah aksen berwarna merah pada tombol power/lock di sisi kanan yang menunjukkan kesan betapa vitalnya fungsi dari tombol ini. Dan yang tak kalah menarik perhatian, tentu saja susunan 3 kamera dan sebuah flash di sisi belakang yang seolah menyajikan sisi dadu bernilai 4.

Keindahan fisiknya bahkan sempat membuat PULSA lupa bahwa ponsel ini juga tangguh yang di buktikan dengan sertifikasi IP 68 yang dimilikinya.

Pilihan Biometrik Mutakhir dan Android Pie

Saat melakukan initial setup atau pengaturan pertama kali sebelum ponsel siap digunakan, proses pengaturan biometrik menarik perhatian PULSA. Sebab ponsel ini merupakan yang pertama di kelas flagship yang mengadopsi teknologi in-screen fingerprint sensor yang hadir secara resmi di pasar Indonesia.

Homescreen Mate 20 ProHomescreen Mate 20 Pro

Proses mendaftarkan sidik jari menggunakan sensor di balik layar pada Mate 20 Pro ini memang memakan waktu yang lebih lama dibanding sensor sidik jari biasa. Namun saat mulai digunakan, kinerja sensor sidik jari bawah layar pada ponsel ini tergolong cepat, bahkan nyaris secepat pemindai sidik jari konvensional.

In-Screen Fingerprint ID Mate 20 ProIn-Screen Fingerprint ID Mate 20 Pro

Jika merasa pilihan keamanan biometrik dengan sidik jari tidak cukup laju, ada pilihan biometrik lainnya yang tersedia pada Mate 20 Pro ini. Yaitu dengan menggunakan 3D Face Unlock. Untuk yang satu ini, bukan hanya proses pengaturannya yang cepat, penggunaannya pun sangat responsif. Begitu PULSA mengangkat ponsel ini dan menghadapkannya ke wajah, maka pemindai wajah yang menggunakan teknologi 3D Depth Sensing langsung bekerja dan seketika itu pula kunci layar terbuka.

Face Access Mate 20 ProFace Access Mate 20 Pro

Dari semua produk yang pernah PULSA uji, ponsel ini merupakan yang pertama membawa Android Pie secara default. Namun sepertinya pengguna setia produk besutan Huawei tidak perlu proses adaptasi khusus untuk memaksimalkan segala fitur yang dimiliki Mate 20 Pro, sebab berkat balutan EMUI versi 9.0, interface ponsel ini tampak sangat intuitif dan familiar.

Software Info Mate 20 ProSoftware Info Mate 20 Pro

Hanya saja, berbeda dari kebanyakan ponsel yang menggunakan EMUI, tidak ada HiBoard di panel paling kiri pada Homescreen. Pada Mate 20 Pro, posisi tersebut diisi oleh fitur Google Feed yang secara fungsi pun sebenarnya sama dengan HiBoard. Jadi, tak ada komplain yang perlu diutarakan terkait hal ini.

Google Feed pada Mate 20 ProGoogle Feed pada Mate 20 Pro

Triple Kamera Pintar

Sektor kamera menjadi bagian paling menarik untuk diulas pada Mate 20 Pro, hanya saja pada artikel first impression ini PULSA tidak menggalinya terlalu dalam.

Mate 20 Pro dilengkapi dengan 3 kamera di belakang dengan kemampuan berbeda pada masing-masing sensornya. Kamera utama yang diletakkan tepat disamping lampu LED flash menggunakan sensor warna (RGB) berresolusi 40MP dengan lensa wide berukuran 27mm serta nilai bukaan F1/1.8.

Dibawahnya, ada kamera kedua dengan sensor 20MP dan lensa yang memiliki sudut pandang ekstra lebar (ultra wide) berukuran 16mm. Dan terakhir adalah sensor 8MP dengan lensa telephoto yang memiliki kemampuan 5x optical zoom.

Hasil Foto Mate 20 Pro (Indoor Potrait)Hasil Foto Mate 20 Pro (Indoor Potrait)

Hasil Foto Mate 20 Pro (Outdoor Auto)Hasil Foto Mate 20 Pro (Outdoor Auto)

Ada setidaknya 6 mode yang bisa dipilih langsung dari tampilan atau interface awal fitur kamera diantaranya Aperture, Night, Potrait, Photo, Video dan Pro. Namun itu belum semua mode yang dimiliki oleh kamera Mate 20 Pro. Di pilihan More ada setidaknya 12 mode lain, mulai dari Slow-Mo, Panorama, Time Lapse hingga Underwater.

Semua mode yang dimiliki kamera Mate 20 Pro begitu menggoda untuk digali lebih dalam, namun ada satu yang ingin PULSA bahas di rubrik first impression ini, yakni Mode Night.

Digunakan untuk memotret malam hari dengan mode ini, kamera Mate 20 Pro mengabadikan foto dengan shutter speed yang lambat bahkan hingga 5-6 detik. Pada kamera normal, Anda tentu memerlukan tripod agar gambar yang diambil tidak buram (blur).

Tidak demikian dengan Mate 20 Pro, hanya dengan tangan (handheld) kamera Mate 20 Pro mampu mengambil foto bebas blur bahkan kualitas pencahayaan pada foto yang dihasilkan tampak sangat bagus. Hal ini dimungkinkan oleh fitur kecedasan buatan (AI) yang menghilangkan guncangan selama shutter terbuka.

Hasil Foto Mate 20 Pro (Night Mode)Hasil Foto Mate 20 Pro (Night Mode)

Hasil Foto Mate 20 Pro (Ultra Wide)Hasil Foto Mate 20 Pro (Ultra Wide)

Ada sejumlah fitur menarik dari kamera Mate 20 Pro yang seperti layak diulas secara mendalam dan sangat ingin PULSA eksplor lebih jauh, seperti misalnya Master AI, Ultra Wide Angle, Macro, AI Cinema Mode dan lainnya. Jadi, nantikan review selengkapnya.

Kesimpulan

Tidak salah jika PULSA begitu penasaran dengan jagoan baru Huawei ini. Bahkan setelah berkenalan untuk beberapa saat di awal ini, PULSA justru semakin ingin mengulik lebih dalam tentang Mate 20 Pro.

Apa yang PULSA bahas dari sektor desain, OS dan UI serta sedikit dari sektor kamera di rubrik first impression ini tentu masih di permukaan dari segudang daya tarik yang dimilikinya. Meski begitu, PULSA merasa Mate 20 Pro sanggup memenuhi apapun ekspektasi Anda dari sebuah super phone, baik dari sektor performa, kekayaan fitur kamera ataupun kecantikan serta ketangguhan fisiknya.

Masih ada banyak bahasan seputar arsitektur dan konfigurasi inovatif pada SoC teranyar besutan Hi Silicon serta layar kelas hi-end yang diusungnya termasuk berbagai fitur lain di sektor kamera yang tentu membutuhkan waktu lebih panjang untuk dieksplor.

Lebih lanjut tentang segudang fitur yang dimiliki Mate 20 Pro ini akan PULSA uraikan pada ulasan mendalam berikutnya. Jadi jangan sampai Anda lewatkan.

    2018-12-14 08:33:06


    Ponsel 5G di 2019?