pulsa-logo

Duel Smartphone Mid-End Rp2 Jutaan, Siapa Lebih Menawan?


Fauzi

Jum'at, 28 Desember 2018 • 19:12

Xiaomi Redmi Note 5, harga Xiaomi Redmi Note 5, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5, review Xiaomi Redmi Note 5, Honor 9i, harga Honor 9i, spesifikasi Honor 9i, review Honor 9i, rekomendasi, compare


Xiaomi Redmi Note 5 vs Honor 9iXiaomi Redmi Note 5 vs Honor 9i

Pasar smartphone Indonesia, khususnya di segmen menengah terasa kian kompetitif. Sederet produk sudah disodorkan dari berbagai brand untuk menyasar segmen ini. Tak pelak, hal ini pun membuat produk satu dan lainnya harus saling berhadapan di pasar. Ambil contoh Honor 9i dan Xiaomi Redmi Note 5.

Menyasar segmen yang sama dengan selisih harga yang juga tidak terpaut jauh, menarik untuk membandingkan kedua smartphone satu sama lain. Semoga pada tulisan kali ini Anda mendapat gambaran, mana kiranya smartphone yang patut jadi pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda tentunya. Jadi, silakan disimak saja.

Desain

Honor 9i: Dimensi 149.2 x 71.8 x 7.7 mm, Berat: 152 gram

Xiaomi Redmi Note 5: Dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm, berat 181 gram;

Tanpa panjang lebar, langsung kita bahas desain dari kedua smartphone. Untuk Honor 9i, hal yang paling mencolok terlihat adalah penggunaan layar dengan poni di atasnya yang membuat tampilan smartphone terlihat lebih kekinian. Kesan mewah sudah terasa ketika pertama kali menyentuh Honor 9i. Tampil mengusung desain kaca reflektif dan sajian warna memukau yang dikombinasikan dengan bodi rampingnya membuat Honor 9i begitu mempesona. Di area depan misalnya, penampang layar smartphone ini sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D. Sementara di belakang, sapuan warna Robin Egg Blue dengan efek pantulan kaca membuat Honor 9i terlihat kinclong dan bersinar. Saking kinclongnya, kita bisa menggunakan bagian belakang Honor 9i untuk bercermin.


Honor 9iHonor 9i

Honor 9i diracik dengan bodi berdimensi 149.2 x 71.8 x 7.7 mm dan berat 152 gram. Hal ini membuat Honor 9i secara keseluruhan tampil cukup kompak, meski sejatinya smartphone ini sudah menyuguhkan layar lapang 5.84 inci berasio 19:9. Namun, ketika digenggam, Honor 9i akan terasa setara atau lebih ramping ketimbang dengan smartphone berlayar 5.5 inci yang masih mengadopsi aspek rasio standar (16:9). Tidak hanya itu, lekukan-lekukan halus yang terdapat di sisi panel depan dan cover belakangnya juga membuat smartphone terasa ergonomis. Menjadikannya nyaman untuk digenggam dan cukup solid.

Bagaimana dengan Xiaomi Redmi Note 5? Dari sisi desain, smartphone ini juga sudah kekinian, di mana tampil mengusung layar fullview 18:9, hanya di sini kita tidak menemui adanya notch (poni). Layar Redmi Note 5 yang 5.9 inci memang sedikit lebih lapang, namun dengan aspek rasio layar memanjang, membuat smartphone juga masih terasa kompak.

Sementara tampilan sisi bodi  yang melengkung, membuatnya ergonomis sehingga nyaman untuk digenggam. Redmi Note 5 dikemas dengan cover belakang berbahan metal nan solid yang dikombinasikan dengan plastik di bagian atas dan bawah untuk antena. Di bagian depan, Xiaomi Redmi Note 5 juga nampak elegan dengan mengadopsi panel kaca lengkung 2.5D.  Secara keseluruhan Xiaomi Redmi Note 5 memiliki dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm atau sedikit lebih panjang dibanding dengan Honor 9i. Bobot Redmi Note 5 yang 181 gram juga lebih berat ketimbang Honor 9i. Cukup wajar, mengingat di Redmi Note 5 telah tertanam baterai sebesar 4000 mAh.

Display

Honor 9i: 5.84 inci, 1080 x 2280 piksel (~432ppi), 19:9 rasio, IPS LCD

Xiaomi Redmi Note 5: 5.9 inci, 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi)

Baik Honor 9i maupun Redmi Note 5 sudah tampil dengan layar penuh. Kendati demikian ada sejumlah perbedaan mencolok di antara keduanya. Pertama dari diagonal layarnya, Honor 9i mengusung layar dengan ukuran 5.84 inci, sementara Redmi Note 5 sedikit lebih luas dengan 5.9 inci.

Honor 9iHonor 9i

Dari segi ukuran kedua smartphone tidaklah terpaut jauh, namun untuk resolusi layar yang ditawarkan Honor 9i nampaknya sedikit lebih tinggi dengan 1080 x 2280 piksel berbanding 1080 x 2160 piksel milik Redmi Note 5. Imbasnya, dari sisi ketajaman, meski tak kasat mata, namun Honor 9i sedikit lebih tajam, di mana layarnya mampu memantulkan konten dengan ketajaman ~432ppi, adapun Redmi Note 5 ketajaman layarnya ada di kisaran 403 ppi.

Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 5

Satu hal lain yang juga terlihat berbeda satu sama lain adalah rasio layar yang disajikan, di mana Honor 9i diracik dengan rasio 19:9, sementara Redmi Note 5 layarnya memiliki rasio 18:9. Seperti sudah disinggung di atas, meski sama-sama mengusung layar berkonsep full view, tapi Honor 9i dikemas dengan notch di atasnya, sementara Redmi Note 5 tidak terdapat unsur demikian.

OS, Antarmuka & Security

Meski sama-sama mengusung sistem operasi Android Oreo, namun antarmuka yang tertanam di kedua smartphone ini berbeda. Sehingga tampilan dan pengalaman pengguna yang ditawarkan pun tidak sama. Untuk Honor 9i, smartphone ini mengusung Android 8.0 Oreo dipermanis dengan EMUI 8.0. Secara default pengalaman pengguna yang ditawarkan MIUI 8.0 cukup simpel, di mana semua aplikasi sudah tertampil langsung di homescreen alias tidak ada app drawer. Kendati demikian, jika pengguna merasa sudah terbiasa dengan app drawer, kita bisa memunculkannya lewat pengaturan di menu Settings> Display> Homescreen Style.

Honor 9iHonor 9i

Bicara fitur yang ditawarkan di EMUI 8.0 bisa kita temui fitur bernama HiBoard yang terdapat di sisi paling kiri layar homescreen. Fitur ini memiliki fungsi mirip Google Now, di mana pada halaman ini kita dimungkinkan untuk bisa menampilkan semua info penting. Hal yang bisa juga ditemui di EMUI 8.0 yang dijalankan Honor 9i adalah pilihan tambahan bernama Smart Assitance yang terdapat pada menu pengaturan. Di pilihan menu inilah EMUI menempatkan fitur-fitur tambahan yang biasanya memberi nilai lebih pada pengalaman pengguna (user experience). Fasilitas seperti One Handed UI dan Motion Control termasuk dua fasilitas yang terdapat di menu ini.

Sementara untuk keamanan, Honor 9i dilengkapi dengan fitur face unlock, selain sudah ada fitur biometrik semisal fingerprint unlock. Dengan fitur face unlock pengguna dimungkikan untuk membuka smartphone tanpa perlu mengetik password atau memindai sidik jari. Fitur face unlock lebih cepat dan nyaman apabila dibandingkan dengan metode unlock lainnya dan generasi baru. Sementara fingerprint 4.0 yang multifungsi ini dapat membuka ponsel pintar ini hanya dalam waktu 0,25 detik saja.

Untuk urusan software, Redmi Note 5 tampil dengan Android 8.1 Oreo yang dipermanis MIUI 9.5 di atasnya. Sama seperti Honor 9i, dengan MIUI 9.5, Redmi Note 5 juga sudah menawarkan pengalaman yang lebih simpel di mana tidak ada lagi yang namanya App Drawer, semua aplikasi sudah tercakup di layar home screen, baik yang tercakup dalam satu folder maupun yang terpisah sendiri-sendiri. Bila ada fitur menarik yang ditawarkan, di MIUI 9.5 ditemui adanya fasilitas bernama Dual Apps dan Second Space yang akan menjaga data pribadi tetap aman. Dengan fasilitas Dual Apps, kita dimungkinkan untuk menggunakan dua akun berbeda untuk aplikasi tertentu, seperti Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Untuk memanfaatkan fitur ini, kita cukup mengaktifkan fitur dual apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin ‘digandakan’ penggunaannya.

Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 5

Adapun fitur Second Space, dengan fasilitas ini kita bisa membuat ‘dua ruang’ dalam satu handset. Dengan mengatifkan fitur ini, kita dimungkinkan untuk mengimpor data, kontak dari ruang pertama. Intinya sih dengan fitur ini, kita seolah diberi pilihan ketika menggunakan smartphone, baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan lain, seperti urusan kantor dan sebagainya.

Redmi Note 5 juga sudah dibekali fitur keamanan yang tergolong memadai. Selain fasilitas standar, seperti pattern, password, dan PIN, pengguna smartphone ini juga bisa memanfaatkan fitur keamanan biometric, seperti lewat sidik jari maupun face recognition.

Kamera

Honor 9i: Belakang: 13 MP (PDAF) + 2 MP (depth sensor), LED Flash, HDR, Panorama; Depan: 16 MP (f/2.2)

Xiaomi Redmi Note 5: Belakang: 12 MP + 5 MP; Depan: 13 MP

Demi memanjakan para penggunanya, baik Honor 9i maupun Redmi Note 5 sama-sama menawarkan fitur dual-camera belakang. Bila Honor 9i datang dengan konfigurasi 13 MP + 2 MP dengan bukaan f/2.2, di Redmi Note 5 dual-camera belakangnya memiliki resolusi 12 MP + 5 MP dengan bukaan f/2.2 dan f/2.0.

Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 5

Honor 9iHonor 9i

Bersenjatakan dua sensor kamera beserta fasilitas yang dibawanya, secara keseluruhan alat bidik utama pada kedua smartphone sudah memadai untuk menjepret berbagai momen menarik. Berbekal fitur dual-camera pada keduanya juga terdapat kemampuan untuk mengambil foto dengan efek bokeh. Namun perlu dicatat, kalau bicara hasil berdasarkan pengalaman menggunakan keduanya, rasa-rasanya foto bidikan Honor 9i sedikit berada di atas Redmi Note 5 dari segi kualitasnya. Foto yang diambil Honor 9i terlihat lebih natural dan tajam dengan komposisi warna yang juga lebih apik.

Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 5

Honor 9iHonor 9i

Beralih ke kamera depan, kalau dilihat dari resolusi yang ditawarkan Honor 9i juga sedikit berada di atas dengan resolusi 16 MP berbanding 13 MP pada Redmi Note 5. Bagaimana dengan hasil bidiknya? Sekali lagi, untuk hasil bidik kamera depan, nampaknya Honor 9i juga lebih baik. Ketika digunakan untuk foto selfie, foto yang dihasilkan Honor 9i terlihat lebih tajam dengan rona warna yang dinamis dan natural. Begitupun bila kita melakukan foto selfie dengan fitur beautification, hasil bidik Honor 9i masih nampak alami, sementara Redmi Note 5 dengan mamanfaatkan fitur yang sama efek dramatisnya memang lebih terasa, tapi di sisi lain warna yang ditampilkan sedikit lebih pucat.

Hardware

Honor 9i: HiSilicon Kirin 659, Octa-core (4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-T830 MP2; RAM 4GB; Storage 64 GB: Baterai 3000 mAh

Xiaomi Redmi Note 5: Qualcomm Snapdragon 636, Octa-core 1.8 GHz, GPU Adreno 509; RAM 4GB; Storage 64 GB; Baterai 4000 mAh

Untuk memberikan daya gedor mumpuni bagi penggunanya, kedua smartphone menyajikan spesifikasi penopang kinerja utama yang berbeda satu sama lain. Dalam hal ini Honor 9i, menyematkan prosesor HiSilicon Kirin 659. Sementara Redmi Note 5 diotaki prosesor besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 636.

Meski tampil dengan prosesor berbeda, keduanya tetap menyuguhkan besaran RAM dan memori internal yang sama, yakni 4GB dan 64GB. Meski begitu, keduanya juga memiliki versi lain, yang datang dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Berdasar pengalaman menggunakan keduanya, secara keseluruhan, baik Honor 9i maupun Redmi Note 5 menyajikan kinerja yang mumpuni untuk menjalani berbagai aktivitas. Digunakan untuk multi-tasking kinerja smartphone juga masih cukup bisa diandalkan. Pun ketika dipacu bermain game relatif berat, baik Honor 9i maupun Redmi Note 5 tidak memiliki kendala berarti.

Honor 9iHonor 9i

Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 5

Hanya di atas kertas, berdasarkan benchmark yang penulis lakukan, dari berbagai software skor Redmi Note 5 berada di atas Honor 9i. Misalnya, untuk benchmark AnTuTu, Redmi Note 5 berhasil mencetak skor 115624, sementara Honor 9i menggunakan software yang sama skornya ada di kisaran 87920.

Beralih ke sektor penyuplai daya, Honor 9i ditenagai oleh baterai berkapasitas 3000 mAh berbanding 4000 mAh milik Redmi Note 5.  Berdasarkan pengujian, baterai honor 9i terkurasi hingga 20% ketika digunakan untuk main game HD selama satu jam. Sementara redmi Note 5, dengan aktivitas yang sama baterainya terkuras sebanyak 14%. Hal ini bisa dibilang wajar, mengingat kapasitas baterai Redmi Note 4 lebih besar dibanding milik Honor 9i.

Kesimpulan

Setelah mengamati berbagai aspek yang ditawarkan bisa disimpulkan dari sisi desain, keduanya tampil apik. Honor 9i, selain tampil  dengan bodi ringkas yang membuatnya enak untuk digenggam juga memiliki tampilan menawan. Sementara Redmi Note 5, penggunaan material logam yang membalut bodinya cukup membuat smartphone tampil solid.

Adapun aspek lainnya, kedua smartphone tampil dengan kelebihannya masing-masing. Hanya saja, menurut hemat penulis, untuk Anda yang lebih menitikberatkan smartphone pada aspek kameranya, tidak salah bila memasukkan Honor 9i sebagai salah satu daftar smartphone yang patut dilirik.