pulsa-logo

[First Impression] Samsung Galaxy M20, Sang Pionir Galaxy M-Series


Anwar Aburizal

Rabu, 13 Februari 2019 • 13:48

Samsung, M-Series, Galaxy M20, First Impression, Samsung Experience 9.5, Infinity-V Display,


Samsung Galaxy M20 (foto: PULSA)Samsung Galaxy M20 (foto: PULSA)

Tahun 2019 yang belum lama bergulir sudah memperlihatkan hal menarik dengan diperkenalkannya seri terbaru dari sang penguasa pasar ponsel pintar, Samsung, yakni Galaxy M-Series. Trah ini akan meramaikan segmen kelas menengah yang sebelumnya telah diisi oleh J dan A Series dari keluarga Galaxy.

Galaxy M10 dan M20 menjadi dua varian pertama yang membuka jalan Galaxy M Series ke pasar global. Sementara di tanah air, baru M20 yang diperkenalkan secara resmi pada event Galaxy M20 Unboxing Day Senin (11/2) lalu.

PULSA pun langsung dapat kesempatan untuk berkenalan lebih dekat dengan ponsel ini. Sebelum diulas secara lengkap lewat rubrik Review, berikut kesan pertama kami tentang Galaxy M20.

Homescreen Galaxy M20Homescreen Galaxy M20

Tampilan Fisik

Menjadi seri terbaru dari keluarga Galaxy milik Samsung, M Series yang diwakili oleh ponsel ini tentu masih membawa kemiripan dari seri Galaxy lain pada tampilan fisiknya. Terutama di bagian belakang, dimana lensa ganda kamera utama ponsel ini diletakkan di area kiri atas bersama lampu flash, serta pemindai sidik jari yang disusun vertikal bersama logo Samsung di area tengah. Susunan ini mengingatkan pada beberapa produk dari line-up Galaxy A-Series terkini seperti A9, A7, A8S, dan A6S.

Hanya saja, material yang digunakan Samsung pada M20 ini adalah plastik polikarbonat yang diberi finishing glossy, bukan kaca seperti beberapa penghuni A- series yang disebutkan sebelumnya. Dengan finishing glossy, bagian bekalang ponsel ini tetap menjadi magnet bagi noda sidik jari, seperti halnya material kaca.


Sisi Belakang Galaxy M20 (foto: PULSA)Sisi Belakang Galaxy M20 (foto: PULSA)

Berbeda dengan bagian depan. Identitas yang sama sekali baru bagi keluarga Galaxy ditampilkan pada desain layar M20. Bersama Galaxy M10, ponsel ini menjadi yang pertama mengadopsi layar infinity-V, sebuah desain notch minimalis berbentuk tetesan air tepat di area tengah sisi atas layar. Sejatinya desain semisal ini sudah lebih dulu dipopulerkan oleh pabrikan lain seperti Oppo dan Vivo. Dengan desain layar seperti ini, sisi depan M20 sangat didominasi oleh area layar dengan rasio 19,5:9 ini.

Samsung Experience 9.5

Secara default ponsel ini membawa sistem Android dengan versi 8.1 (Oreo). Tapi tenang saja, seperti yang PULSA beritakan sebelumnya, bahwa Samsung telah memastikan ponsel ini untuk mendapatkan update menuju Pie dalam beberapa bulan mendatang.

Oreo pada ponsel ini disajikan dengan tampilan Samsung Experience versi 9.5. Namun ada beberapa desain khusus yang aplikasikan Samsung pada sajian UX ponsel ini. Seperti misalnya saat pengguna mengaktifkan fitur keamanan biometrik pengenal wajah, akan mucul efek cahaya yang bergerak dipinggiran area kamera depan sebagai penanda bahwa pemindai wajah sedang bekerja sebelum membuka layar.

About Galaxy M20About Galaxy M20

OS dan UI Galaxy M20OS dan UI Galaxy M20

Demikian juga saat menggunakan fitur self timer untuk memotret dengan menggunakan kamera depan. Selain angka yang menghitung mundur, muncul animasi di pinggiran area kamera depan yang menunjukkan sisa waktu sebelum foto diambil.

Di luar itu, perbedaan lain dari Samsung Experience milik ponsel ini jika dibandingkan seri Galaxy yang kastanya lebih tinggi seperti A-Series, S-Series atau Note Series, tampak pada absennya fitur Bixby pada M20.

Seperti biasa, Samsung menyuntikan sejumlah aplikasi buatannya untuk melengkapi aplikasi besutan Google yang tersedia secara default.

Kamera

Di sektor kamera, ponsel ini dilengkapi sensor ganda di sisi belakang, masing masing dengan resolusi 13MP dengan aperture F/1.9 dan 5MP yang didukung dengan lensa Ultra Wide untuk menghasilkan foto dengan sudut area pandang lebih luas. Untuk beralih antar kedua sensor ini, pengguna tinggal geser switch bergambar pohon cemara, yang ada di sisi bawah viewfinder dalam orientasi portrait.

Camera UI Galaxy M20Camera UI Galaxy M20

Pengaturan Kamera Galaxy M20Pengaturan Kamera Galaxy M20

Untuk pilihan mode, Samsung menyediakan opsi Otomatis, Stiker, Foto Rangkaian (Continuous Shot), Live Focus, Kecantikan (Beauty), Pro dan Panorama. Sementara di sisi depan, tersedia kamera 8MP dengan 3 pilihan mode, diantaranya Fokus Live, Selfie dan Stiker.

Baik kamera depan maupun kamera utama di belakang sama-sama memiliki kapabilitas untuk merekam video dalam resolusi maksimal Full HD.

Terkait hasil jepretan dan bagaimana fitur-fitur di sektor kamera Galaxy M20 bekerja, akan PULSA kulik lebih dalam pada rubrik review.

Baterai Daya Besar

Baterai menjadi salah satu fitur unggulan utama dari Galaxy M20 ini, sebab ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh, yang terbilang sangat besar untuk ukuran ponsel. Apalagi prosesor Octa-core –dengan CPU primer dual core dengan kecepatan masing-masing 1.8GHz yang didukung dengan CPU sekunder hexa core hemat daya dengan kecepatan masing-masing 1.6GHz–  yang dibawa M20 ini tidak terlalu “rakus” mengkonsumsi daya baterai. Sehingga daya baterai M20 pun akan semakin lama untuk dihabiskan.

Info Baterai Galaxy M20Info Baterai Galaxy M20

Pada hari pertama PULSA bersama M20, daya pada baterai masih tersisa 36% setelah aktif selama 1 hari plus 9 jam.

Baterai berkapasitas besar ini, untungnya sudah didukung dengan fitur pengisian cepat (fast charging) dan yang lebih menggembirakan, Samsung sudah menyertakan adapter charger dengan fitur ini pada paket penjualan.

Sejatinya masih banyak yang perlu dibahas mengenai Galaxy M20 ini. Untuk itu, nantikan ulasan selengkapnya di rubrik review mendatang.