pulsa-logo

Uji Kamera Mi A2: Bokeh Cerdas dan Noise Minim di Kondisi Low Light


PULSA

Jum'at, 15 Februari 2019 • 11:25

review MI A2,hasil kamera MI A2,xiaomi,mi A2,sensor kamera sony,benchmark mi A2,uji kamera MI A2


Xiaomi MI A2Xiaomi MI A2

Smartphone Xiaomi Mi A2 telah resmi rilis tahun lalu di Indonesia. Tapi bukan berarti Mi A2 sudah ketinggalan jaman. Smartphone ini masih termasuk perangkat andalan, baik dari kemampuan fotografinya juga performa yang mumpuni.

Xiaomi Mi A2 merupakan suksesor dari seri Mi A1 yang suskes di pasaran termasuk di Indonesia. Ini merupakan perangkat yang mengandalkan sistem operasi Android One yang mengedepankan pengalaman Android murni dengan pembaruan lebih cepat dan serta dukungan keamanan dari Google yang terjamin.

Sebagai smartphone yang sesuai untuk beragam kebutuhan, Mi A2 dibekali dengan fitur kamera canggih berkat dukungan AI. Kamera utama Mi A2 memiliki setup dual kamera belakang dengan kombinasi sensor 12MP + 20MP.  

Sensor kamera yang digunakan pada Mi A2 merupakan buatan Sony yakni seri IMX486 pada sensor 12 MP dan Sony IMX376 pada sensor 20 MP. Keduanya memiliki aperture ƒ/1.75. Artinya, kamera Mi A2 sangat bisa diandalkan untuk mengambil gambar di lingkungan minim cahaya sekalipun dan nyaris tanpa noise.

Sensor kedua juga hadir dengan teknologi Super Pixel 4-in-1 2μm, yang akan membantu menangkap banyak cahaya dan sangat cocok untuk foto low light. Mode ini bisa digunakan lewat cara manual dengan memilih mode pro.

Hasil foto Kamera Belakang MI A2 (indoor)Hasil foto Kamera Belakang MI A2 (indoor)

Hasil foto kamera belakang MI A2 (outdoor)Hasil foto kamera belakang MI A2 (outdoor)


Kemampuan kamera depan pun tak perlu diragukan. Dengan sensor yang juga buatan Sony yakni seri IMX376, sensor 20 MP ini sama-sama menawarkan teknologi Super Pixel 4-in-1. Selain itu, kamera depan MI A2 dipadankan dengan lampu selfie 4500K yang soft, menjadikan kamera ini sempurna untuk mengambil selfie.

Hasil selfie kamera depan MI A2Hasil selfie kamera depan MI A2

Semua kamera Xiaomi Mi A2 ini didukung oleh teknologi AI yang mampu menyesuaikan pengaturan sesuai dengan objek dan subjek gambar yang diambil Teknologi AI ini juga melakukan proses after shot, misalnya untuk memaksimalkan efek bokeh pada mode pengambilan portrait agar terlihat lebih natural.

Hasil selfie kamera depan MI A2 mode portraitHasil selfie kamera depan MI A2 mode portrait

Performa yang pas untuk segala aktivitas

Xiaomi MI A2 memiliki performa yang baik untuk beragam keperluan. Jika Anda penyuka game mobile yang lumayan berat semisal PUBG, Mi A2 bisa diandalkan untuk memainkannya dengan mulus.

Ini berkat dukungan chip mobile Snapdragon 660 yang dibangun dengan proses produksi 14nm. Chipset ini memiliki delapan core CPU 64-bit "Kryo 260" dengan kecepatan maksimum 2.2Ghz, dengan dukungan unit grafis GPU Adreno 512 yang sangat mumpuni dalam hal menangani visual.

Snapdragon 660 ini mendukung fitur high-end, seperti perekaman video dan pemutaran 4K, pengisian cepat, standar terbaru untuk konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, dan jaringan LTE Kategori 13 uplink (150Mbps) / Cat 12 downlink (600Mbps).

Sejurus dengan spesifikasi hardware yang dibawanya, daya gedor Xiaomi Mi A2 tergolong mumpuni dan tentunya bisa diandalkan, baik untuk mendukung aktivitas pengguna seperti berkomunikasi, browsing, akses jejaring sosial, maupun aktivitas lain seperti main game yang relatif berat.

Soal kinerjanya, bila diukur dengan software benchmark, rata-rata skor yang dicetak Xiaomi Mi A2 juga sudah di atas rata-rata. Misalnya, ketika dilakukan tes benchmark menggunakan software paling populer, AnTuTu, skor Mi A2 ada di kisaran angka 129772 atau hampir dua kali lipat skor yang diperoleh Mi A1 (62601) ketika diuji PULSA dengan software benchmark yang sama.

Sementara untuk performa grafisnya, mengacu pada benchmark yang PULSA lakukan dengan software 3D Mark, Xiaomi Mia A2 mampu mencetak skor 1230 (Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1) dan 1028 (Sling Shot Extreme – Vulcan). Ada tiga varian Xiaomi MI A2 yakni 4GB+32GB, 4GB+64GB, dan 6GB+128GB.

Seperti yang disebutkan di atas, Xiaomi Mi A2 mengandalkan sistem operasi Android One dimana kelebihan dari OS ini selain lebih enteng, Google menjamin update OS terbaru lebih cepat. Dan yang tak kalah penting, pembaruan patch keamanan bulanan dari Google yang akan rutin diperbarui ke smartphone Mi A2.  (*)