pulsa-logo

Review Modem WiFi M6X: Modem WiFi Smartfren dengan Fitur Pintar


Deni Hardian

Kamis, 21 Februari 2019 • 17:10

smartfren modem wifi m6x, review smartfren modem wifi m6x, harga smartfren modem wifi m6x, spesifikasi smartfren modem wifi m6x, smartfren


Modem WiFi Smartfren M6XModem WiFi Smartfren M6X

Masih tingginya pengguna modem WiFi pada saat ini, memberikan potensi pasar yang sangat menggoda bagi operator yang memiliki jaringan 4G LTE. Smartfren yang hadir tak hanya sebagai operator jaringan internet berbasis koneksi 4G LTE namun juga sebagai produsen perangkat modem sangat memanfatkan momen ini untuk terus meningkatkan potensi pasarnya dalam memberikan akses internet berkecepatan tinggi di seluruh Indonesia. Momen ini semakin menarik pasca dihentikannya layanan jaringan internet Bolt Super 4G. Hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri bagi Smartfren untuk menggaet konsumen Bolt untuk beralih ke Smartfren.

Memanfaatkan momen tersebut, Smartfren yang merupakan operator yang fokus melayani kebutuhan masyarakat akan internet berkecepatan tinggi kembali menghadirkan 2 modem wifi terbarunya. Salah satu di antaranya adalah Modem WiFi M6X, modem wifi generasi terbaru keluaran Smartfren ini hadir dengan membawa perubahan yang sangat menarik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Mulai dari tampilan layar yang lebih pintar, fungsionalitas yang lebih lengkap hingga bonus penjualan yang sangat menggoda. Dijual dengan harga Rp 499.000, modem WiFi M6X kini sudah hadir di meja redaksi. Bagaimana kinerja yang dihadirkan serta fitur menarik apa saja yang membuat perangkat ini layak untuk dibeli? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Paket penjualan Modem WiFi Smartfren M6XPaket penjualan Modem WiFi Smartfren M6X

Paket Penjualan: Modem, Kartu perdana, Kabel Conveter, Buku Manual, kartu garansi

Warna: Hitam

Harga: Rp 499.000


Desain

Kita mulai dari sisi desain yang ditanamkan, Andromax WiFi M6X memiliki tampilan desain yang menyerupai pendahulunya. Setiap sudut pada perangkat ini dibuat membulat dengan tambahan list tegas pada sisinya. Mengadopsi material kaca di bagian depannya dan plastik polycarbonate di bagian belakang membuat perangkat ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Selain itu, kombinasi warna hitam doff yang ditanamkan membuat perangkat ini tampil mewah.

Layar yang tertanam pada bagian depan ini memiliki ukuran yang terbilang mungil, meski begitu layar yang tertanam memberikan beragam informasi yang dibutuhkan oleh pengguna mulai dari informasi yang biasa dibutuhkan oleh pengguna.

Bagian layar ini tidak mudah terlihat secara kasat mata dan hanya bisa terlihat ketika menampilkan informasi yang dibutuhkan.

Pada bagian depan modem wifi M6X didominasi oleh layar tanpa adanya tombol apapun. Tepat di bagian bawah layar terdapat logo Smartfren. Untuk tombol power dan wps terdapat di sisi atas perangkat yang ditemani dengan lubang port microUSB 2.0 yang bisa digunakan untuk mentransfer data ataupun mengisi daya perangkat.

Sementara untuk bagian belakang, modem ini dibalut dengan stiker berukuran mungil yang berisikan informasi mengenai SSID, Password dan akses barcode menuju MyLink. Sedangkan di bagian dalam perangkatnya pengguna akan menemui dua slot kartu yang pertama slot kartu SIM dan yang kedua slot kartu microSD.

Fungsionalitas

Tak jauh berbeda dari pendahulunya, mifi M6X juga hadir dengan layar pintar yang memberikan beragam informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya, mulai dari informasi nomer pengguna, SSID, mengecek jumlah kuota yang dimliki, memantau kekuatan sinyal 4G, status baterai hingga mengetahui password dari perangkat ini. Selain itu, layar yang tertanam juga dapat memberikan informasi mengenai beragam promo menarik yang hadir dan bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Selain layar pintar yang tertanam, mifi M6X memiliki beberapa fitur unggulan yang membuat perangkat ini layak untuk menemani aktivitas pengguna sehari-hari. Dimulai dari kemampuan untuk berbagi koneksi hingga 32 pengguna. Kemampuan ini hanya bisa didapatkan pada perangkat modem wifi keluaran Smartfren yang dimulai dari perangkat mifi Andromax M2Y. Dengan fitur ini pengguna bisa dengan leluasa berbagi koneksi dengan anggota keluarga, maupun rekan kerja saat melakukan aktivitas di luar kantor.

Tak hanya itu, modem wifi ini juga memiliki fitur Sharing Control dimana si pemiliki modem dapat membatasi kecepatan internet saat berbagi dengan pengguna lain. Hal ini tentunya sangat berguna untuk membatasi penggunaan data internet yang berlebihan.

Kemampuan unik lain yang dimiliki oleh modem wifi M6X keluaran Smartfren ini adalah Storage Sharing. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang memiliki perangkat smartphone yang kapasitas memory internalnya sudah mencapai batas. Dibekali dengan kabel USB OTG dalam paket penjualannya, pengguna bisa memindahkan file foto maupun video ataupun data penting lainnya ke perangkat mifi yang tentunya sudah dibekali dengan kartu microSD.

Cara lain untuk memindahkan file yang dimiliki adalah dengan menggunakan aplikasi MyLink, dengan aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah memindahkan beragam file hanya dengan satu ketukan saja.

Fitur menarik dari modem WiFi M6X ini adalah fungsi powerbank yang ditanamkan. Berbekal baterai berkapasitas yang cukup besar yakni 3250 mAh, mini router ini bisa difungsikan sebagai perangkat powerbank dadakan. Hal ini sangat menarik karena disela kesibukan pengguna seperti melakukan perjalanan jarak jauh ataupun bermain game sekaligus menikmati konten multimedia. Hal ini, terkadang membuat pengguna lupa ketika melakukan pengisian baterai perangkat smartphone yang dimiliki. Dengan fungsi powerbank yang dimiliki, pengguna hanya perlu mencolokan WiFi M6X dengan kabel converter yang sudah disediakan pada paket penjualan untuk menghubungkannya dengan perangkat smartphone.

Pengujian

Dengan mengusung basis teknologi TDD-2300 dan FDD-850, 4G LTE Smartfren tak hanya punya kapasitas besar, melainkan jangkauan juga lebih luas. Beragam pengujian jaringan sudah banyak dilakukan oleh tim Pulsa untuk mengukur kekuatan jaringan Smartfren 4G LTE. Hasilnya, kecepatan internet yang dimiliki oleh Smartfren terbilang sangat stabil baik digunakan ketika main game ataupun streaming video. Dari hasil pengujian kualitas jaringan yang dimiliki oleh Smartfren dengan menggunakan aplikasi Ookla dan Nperf, kecepatan internet pada modem wifi ini cukup memuaskan. Alhasil, aktivitas multimedia, gaming maupun lainnya tidak terjadi masalah apapun.

Paket Penjualan dan Promo Menarik

Paket penjualan yang dihadirkan Smartfren bagi pengguna yang membeli Andromax mifi M6X mulai dari USB converter, buku panduan, kartu garansi serta modem wifi itu sendiri. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan kartu perdana Smartfren dengan bonus kuota sebesar 2GB. Namun jika pengguna ingin mendapatkan bonus kuota lainnya. Konsumen harus membeli paket data sebesar 60 ribu rupiah dan mendapatkan kuota tambahan hingga 36GB dengan pembagian kuota sebagai berikut bonus aktivitasi sebesar 2GB yang bisa digunakan selama 7 hari, bonus top up sebesar 4GB, kuota 4GB 24 jam sebesar 15GB dan kuota tengah malam sebesar 15GB.

Kesimpulan

Andromax mifi M6X hadir untuk menjadi solusi praktis bagi konsumen yang menginginkan akses internet berkecepatan tinggi. Dengan membawa tampilan yang menarik dan dibalut dengan layar pintar yang memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh konsumen. Perangkat ini juga hadir dengan membawa fitur dan kemampuan yang bisa memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas sehari-hari. Nilai plus lainnya, harga paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan operator 4G LTE lainnya yang tersedia di pasaran.