pulsa-logo

First Impression: Honor 10 Lite


Anwar Aburizal

Rabu, 27 Februari 2019 • 09:04

Honor, Huawei, Honor 10 Lite, Kirin 710, First Impression, Kesan Pertama, Mid End,


Honor 10 Lite (foto: PULSA)Honor 10 Lite (foto: PULSA)

Setelah diluncurkan November tahun lalu di negeri asalnya, Tiongkok, Honor 10 Lite akhirnya dihadirkan secara resmi di Indonesia. Cukup lama memang, namun kehadiran ponsel satu ini tampaknya tetap tidak bisa diremehkan.

Sesuai namanya, Honor 10 Lite merupakan varian ekonomis dari produk flagship Honor di tahun lalu, yakni Honor 10. Nah sebelum mengungkap ulasan lengkap tentang Honor 10 Lite, seperti biasa kami akan berbagi tentang kesan pertama yang PULSA dapatkan dalam sehari pertama perkenalan dengan ponsel ini.

Tampilan Mewah

Sisi Belakang Honor 10 LiteSisi Belakang Honor 10 Lite

Secara fisik, ponsel ini mengingatkan kepada Honor 8X yang telah PULSA ulas sebelumnya. Peletakan kamera ganda yang tersusun vertikal bersama lampu flash LED, pemindai sidik jari di area tengah sisi belakang, hingga letak tombol pengunci layar, pengatur volume, port micro USB, gerbang audio jack 3.5mm, dan lubang loudspeaker, semuanya berapa di posisi yang sama seperti yang ada pada Honor 8x.

Praktis hanya tray kartu SIM yang “berpindah tempat”. Jika pada Honor 8X tray ini berada di sisi kiri ponsel, maka pada Honor 10 Lite, tray yang memuat 2 kartu nanoSIM ini (atau sebuah nanoSIM dan sebuah kartu memory microSD) diletakkan di sisi atas.


Terlepas dari kemiripannya, tentu Honor meletakkan sejumlah pembeda antara ponsel ini dengan Honor 8X, seperti misalnya pilihan warna untuk sisi belakangnya. Jika sebelumnya Honor 8X bergaya dual tone, Honor mengaplikasikan gaya warna gradasi pada ponsel ini. Unit yang PULSA uji memaparkan  gradasi warna perak (silver) ke biru yang terkesan mewah.

Perbedaan lainnya ada pada bentukan sisi belakang Honor 10 Lite ini yang tampak membulat jika dibandingkan sisi belakang Honor 8X yang datar. Memberikan kesan ergonomik yang lebih baik ketika digenggam.

Di sisi depan, perbedaan tampak lebih jelas berkat gaya poni yang berbeda dengan milik Honor 8X. Poni atau notch milik ponsel ini lebih minimalis dengan desain ala tetesan air.

Software Lebih Fresh

Homescreen Honor 10 Lite (1)Homescreen Honor 10 Lite (1)

Homescreen Honor 10 Lite (2)Homescreen Honor 10 Lite (2)

Ketika pertama kali mengaktifkan ponsel ini, PULSA tidak menyadari peningkatan besar pada sektor software. Hal ini dikarenakan, secara garis besar memang tidak banyak perubahan tampilan yang terjadi dari yang ditampilkan oleh Honor 8X sebelumnya.

Padahal jika melihat lebih dalam ke menu Pengaturan> Sistem> Tentang Ponsel, terlihat jelas jika Honor telah membekali ponsel ini dengan OS dan UI yang lebih fresh, Android Pie dengan balutan EMUI 9.0.1.

Panel Google Feed Honor 10 LitePanel Google Feed Honor 10 Lite

Software Info Honor 10 LiteSoftware Info Honor 10 Lite

Pada Honor 10 Lite, EMUI 9 tidak membawa HiBoard yang menjadi ciri interface khas Honor dan Huawei ini. Namun fungsi yang sama masih tersaji lewat Google Feed/ Google Now yang mengisi panel paling kiri di Homescreen. Google Now menampilkan informasi penting sesuai minat pengguna.

Di luar itu, ada sejumlah aplikasi bawaan yang telah ada pada ponsel lain berbasis EMUI seperti Health, Party Mode, Theme dan Phone Manager, disamping banyak lagi aplikasi standar lainnya yang termasuk beberapa aplikasi besutan Google.

Kirin 710

Ponsel ini diotaki Kirin 710 yang sebelumnya muncul pada sejumlah produk menarik kelas menengah besutan Huawei dan Honor, diantaranya Nova 3i dan tentu saja Honor 8X.

Kirin 710 diklaim memiliki performa GPU yang meningkat 130% serta 75% peningkatan performa  single-core dari generasi sebelumnya. Fabrikasi 12nm pada Kirin 710, membuat Honor 10 Lite menjadi hemat daya.

H/W Info Honor 10 LiteH/W Info Honor 10 Lite

Skor Antutu Benchmark Honor 10 LiteSkor Antutu Benchmark Honor 10 Lite

Ponsel ini pun telah dibekali GPU Turbo yang meningkatkan efisiensi performa pemprosesan grafis. Dengan demikian meski menggunakan pengaturan grafis tinggi pada game-game berat semisal PUBG Mobile, masalah semisal FPS drop ataupun lag bisa diminimalisir.

Kendati menggunakan chipset yang sama, namun saat PULSA uji dengan menggunakan aplikasi benchmark, ponsel ini menghasilkan skor yang lebih rendah dibandingkan yang PULSA dapatkan saat menguji Honor 8X (124670 berbanding 141141)

Kamera

Ponsel ini dibekali kamera ganda di sisi belakang dengan resolusi 13 MP ( f/1.8, 26mm wide) dan 2 MP (depth sensor). Sementara di sisi depan ada kamera tunggal yang mendiami area poni dengan resolusi 24 MP (f/2.0, 26mm, wide).

Di sisi perangkat lunak, kamera ponsel ini membawa 5 mode utama diantaranya Foto, Video, Potret, Malam dan Bukaan Lensa (aperture). Namun mode yang tersedia tak sebatas itu, sebab dengan mengakses menu Lainnya, pengguna bisa memilih 8 mode tambahan diantaranya Pro, Panorama, Lensa AR, Lukisan Cahaya, HDR, Time-lapse, Filter dan Stiker.

Kamera UI Honor 10 LiteKamera UI Honor 10 Lite

Mode Tambahan Kamera Honor 10 LiteMode Tambahan Kamera Honor 10 Lite

Kamera Settings Honor 10 LiteKamera Settings Honor 10 Lite

Selain berbagai pilihan mode foto, tersedia pula fitur Foto Bergerak dan AI. Seperti diketahui fitur AI akan mengoptimalisasi hasil foto sesuai dengan objek yang dibidik. Yang menarik, pengguna bisa menghilangkan efek dari fitur AI ini setelah gambar diambil jika dianggap berlebihan atau justru membuat hasil foto kurang natural.

Berikut beberapa hasil bidikan kamera Honor 10 Lite yang sempat PULSA ambil.

Selengkapnya tentang Honor 10 Lite akan PULSA ulas di rubrik “Review” mendatang. Nantikan!