pulsa-logo

Adu Fitur: realme 3 Pro dan vivo V15


Fauzi

Sabtu, 11 Mei 2019 • 05:50

adu ponsel, adu kelayakan, adu fitur


Baru-baru ini Realme 3 Pro telah resmi hadir ke pasar Indonesia dengan membawa sejumlah keunggulan. Sebut saja chipset Snapdragon 710 dan kamera yang andal dalam menangkap gambar di pencahayaan minim alias lowlight photography. Yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, di bawah 4 juta rupiah.

 

Kelas ponsel dengan kualitas dan fitur yang serupa realme 3 Pro bisa dengan mudah kita temukan di angka empat jutaan. Atau sedikit di atas harga produk ini. Dan menariknya segmen 4 jutaan ini kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Pasar ini umumnya terisi dengan ponsel kelas menengah yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti ponsel flagship. Salah satunya adalah Vivo V15. V15 merupakan versi lebih bawah dari V15 Pro namun masih mempertahankan ciri khas kakaknya, semisal membawa kamera depan pop-up.

 

Jika dari segi spesifikasi, keduanya jatuh di ceruk yang sama. Tulisan berikut akan membandingkan fitur-fitur yang dibawa kedua ponsel ini, dibandingkan dengan harga jualnya. Mari kita mulai!

 

Desain


Sesuai tren, kedua ponsel mengusung desain terkini. Menggunakan material polikarbonat, baik V15 maupun realme 3 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi dengan permukaan mengkilap. Aksen seperti ini memberi kesan mewah pada kedua ponsel.

 

Hanya saja ada sedikit perbedaan di realme 3 Pro, dengan hadirnya ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna diagonal, terdapat alur garis sedikit melengkung layaknya lintasan balap. Sementara V15 hadir dengan efek warna yang lebih sederhana dengan gradasi dua warna horizontal. Dapat disesuaikan dengan kepribadian Anda.

 

Beralih pada bagian FEEL atau kenyamanan saat digenggam, keduanya sama-sama memberikan kesan nyaman, karena ada bagian yang dibuat melengkung pada bagian belakang ponsel. Tapi karena ada area kamera yang cukup besar dan menonjol di vivo V15, Anda mungkin harus ekstra hati-hati saat meletakkannya di atas permukaan keras, semisal meja.

 

Layar

Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar yang kedua ponsel usung. Keduanya juga berada di tingkatan resolusi sama, yaitu 1080x2340 piksel. Yang mebedakannya adalah ukuran. Vivo V15 menggunakan layar berukuran 6,53 inci sedangkan realme 3 Pro 6,3 inci. Karena resolusi yang sama, ukuran yang lebih kecil pada layar realme 3 Pro memberikan sedikit keunggulan di sisi kerapatan piksel yang lebih tinggi. Realme 3 Pro berada di angka 409 ppi dan V15 di angka 395 ppi. Lebih padat, meskipun perbedaannya mungkin baru bisa terlihat saat diletakkan berdampingan.

 

Beruntung, keduanya membawa lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang terpasang pada masing-masing layar ponsel. Kedua vendor juga berbaik hati dengan memberikan anti gores yang sudah terpasang saat ponsel keluar dari box-nya.

 

Masalah kualitas, selain tampilan di realme 3 Pro yang lebih halus berkat kerapatan piksel lebih tinggi, keduanya memiliki performa baik, bahkan saat terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Kamera

Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel ini memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V15 hadir dengan mengunggulkan kamera depan 32MP yang bisa naik turun. Untuk kamera belakangnya terpasang tiga kamera yang masing-masing beresolusi 12MP sebagai kamera utama, 8MP berupa kamera lensa lebar, dan 5MP untuk kamera kedalaman (depth). 

 

Realme 3 Pro memiliki kamera depan yang juga beresolusi besar mencapai 25MP, dengan spesifikasi yang sama dengan V15, yakni f/2.0, 0.8um. Secara teori, dengan spesifikasi seperti itu hasil selfie akan tetap terang dan jernih saat di lingkungan gelap.

 

Untuk kamera belakangnya, realme 3 Pro masih setia dengan kamera dual 16MP+5MP. Tapi kamera ini memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi remang. Melalui sebuah mode bernama Super Nightscape, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI, kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan. Hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang.

 

Baterai

Vivo V15 dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh, begitupun realme 3 Pro dengan kapasitas 4045 mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka custom alias olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada daya tahan baterai yang cenderung hemat sehingga mampu bertahan seharian.

 

Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Nah yang menarik Realme 3 Pro membawa teknologi pengisian daya yang unik. Yakni VOOC 3.0. Dengan kekuatan mengisi daya 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi hingga kapasitas 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

 

Kesimpulan

Vivo V15 dan realme 3 Pro hadir sebagai rival yang sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Maka yang menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V15 dengan kapasitas 4GB+64GB dijual di harga Rp4.399 juta. Sementara Realme 3 Pro hadir dengan harga lebih terjangkau, mulai dari Rp 2.999.000 dan varian tertinggi yakni 6GB+128GB dijual dengan harga Rp 3.699.000. Dan tak bosan, PULSA selalu berpesan, Pilihan ada di tangan Anda, sesuaikan dengan kebutuhan!