pulsa-logo

Review realme X, Tawarkan Banyak X-Tra


Fauzi

Senin, 15 Juli 2019 • 13:10

realme,realme X,review realme X


Realme X, (Foto: PULSA)Realme X, (Foto: PULSA)

Akhirnya, salah satu smartphone yang patut dinanti kehadirannya mendarat di meja redaksi PULSA. Adalah realme X, smartphone yang dirilis oleh realme untuk pertama kalinya di Cina, dan siap melenggang di pasar Indonesia.

Masih dengan semangat yang sama, lewat realme X sang pembesut nampaknya kembali menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik, tentu dengan sejumlah fitur menarik dan kekinian yang dibawanya. Apa saja fitur dimaksud, simak review berikut ini.

Spesifikasi realme XSpesifikasi realme X

Desain High-End

Upaya realme untuk terus mengikuti tren yang berkembang, begitu terlihat di smartphone yang satu ini. Ya, realme X memiliki sisi menarik, tidak hanya dari fitur yang dibawanya, tetapi juga dari tampilan fisiknya. Jujur, penulis menyukai realme X yang tampil dengan layar penuh dengan bezel kiri-kanan dan atas sangat tipis. Kecuali bagian dagunya yang sedikit lebih tebal.

Tidak berhenti sampai di situ, hal yang tentu saja patut diapresiasi dari realme X adalah smartphone ini tidak lagi mengadopsi notch atau lubang di bagian layarnya. Ini tentu kabar baik, terutama bagi mereka yang merasa terganggu dengan adanya notch atau lubang di layar, umpamanya ketika sedang menonton video. Tidak adanya notch atau lubang di layar, hal itu lantaran di realme X sudah mengadopsi kamera pop-up. Sehingga realme X pun bisa menawarkan layar penuh 19,5: 9 dan memiliki rasio layar-ke-bodi super tinggi 91,2%. Jadi, bisa dibilang dengan smartphone anyarnya ini, realme sudah melakukan lompatan besar.



Seperti telah disebutkan, secara keseluruhan realme X diracik dengan tampilan elegan layaknya smartphone kelas flagship. Di bagian depan, smartphone ini menyuguhkan panel Super AMOLED sementara panel belakang dan bingkainya dikemas dengan bahan plastik polikarbonat. Asyiknya lagi, skema warna yang disuguhkan realme X tergolong sangat menarik, sehingga menambah kesan elegan ketika dilihat. Realme X yang PULSA review kali ini adalah varian warna Space Blue, yang tak lain adalah kombinasi warna gradasi ungu di bagian atas dan sedikit biru di bagian bawahnya. Ditambah sentuhan warna glossy membuatnya nampak kinclong dan sedap dipandang.

Secara perangkat, realme X memiliki dimensi bodi 161,3 x 76,1 x 8,6 mm dengan berat 191 gram. Untuk smartphone dengan layar berukuran 6.53 inci, dimensi realme X yang sebesar itu tergolong cukup ramping. Ini tak lain berkat rasio layarnya yang sudah 19,5:9 sehingga membuatnya terlihat ramping dan masih nyaman untuk digenggam.

Menelisik ke seluruh area bodi realme X, kita akan menemui sejumlah komponen. Secara kasat di bagian depan smartphone terlihat panel layar nan luas mendominasi. Selain layar, di area ini nyaris tidak terlihat komponen lain yang bertengger. Tetapi, bila diperhatikan dengan seksama, sejatinya kita bisa menemui adanya lubang speaker (earpiece) yang terletak di atas layar.

Beralih ke komponen lainnya, tombol power dan slot kartu SIM terdapat di ruas sisi sebelah kanan. Di ruas sisi bagian kiri, merupakan tempat untuk tombol volume berada. Sementara di ruas bagian bawah, terdapat empat komponen penting smartphone, di antaranya jack audio 3,5 mm, lubang microphone, port USB-C, dan lubang speaker. Perlu dicatat, smartphone ini sudah mengadopsi port USB-C, yang di antara kelebihannya adalah dalam hal transfer data yang lebih cepat serta sudah mendukung fitur fast charging.

Melongok ke area belakang, komponen yang paling menonjol terlihat adalah sensor dual-camera beserta LED flash-nya yang disusun vertikal dan berada di tengah. Menariknya pada salah satu modul kameranya, terdapat cincin dengan aksen warna keemasan. Di belakang juga terdapat logo perusahaan sang pembesut, yakni realme.

Display Super AMOLED 6.53 Inci Tanpa Notch

Bisa dibilang realme X adalah smartphone pertama realme yang disuguhkan dengan layar tanpa notch. Dengan demikian, sekali lagi realme telah melakukan terobosan apik di sektor ini. Realme X dikemas dengan layar berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6.53 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2340 pixels). Di antara seabrek kelebihannya, saat ini layar Super AMOLED merupakan jenis layar yang memungkinkan untuk ditanam fitur sidik jari under-display. Fitur yang kini juga dimiliki oleh realme X, dan menjadi salah satu nilai jual dari smartphone ini.

Guna menciptakan rasio layar ke body yang super tinggi (91,2%), realme telah menerapkan pengalaman yang lebih tepat memastikan bahwa setiap dua sisi yang berdekatan terhubung oleh transisi melengkung, dan keempat sisi secara sempurna menyatu ke dalam layar.

Berbekal layar yang luas tanpa notch, pengalaman yang diberikan realme X juga sudah jauh lebih baik, terutama untuk menonton video, main game, serta untuk aktivitas-aktvitas lainnya. Soal kinerja layarnya juga tidak perlu diragukan lagi, baik dari sisi komposisi warna maupun kepadatannya. Kombinasi layar 6.53 inci dan resolusinya yang 1080 x 2340 piksel, konten di layar terpancar dengan kepadatan mencapai ~394 ppi.

Pun dari sisi responsitivitasnya, layar realme X juga sangat baik. Akses multi-touch yang ditawarkan layar smartphone ini mencapai 10 titik secara bersamaan. Menariknya, layar realme X juga sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5, yang membuat smartphone kian kokoh dan memberi kesan lebih mendalam kepada pengguna saat menonton video dan menelusuri gambar.

Bila tampilan layar pada versi default dianggap kurang memadai, di menu Setting > Display & Brigthness ada sejumlah fasilitas yang bisa kita setting untuk mendapatkan tampilan sesuai keinginan. Berturut-turut di halaman ini terdapat sejumlah menu antara lain Auto-Brigthness, Screen Color Temperature Adjusment, Auto rotate, Auto Screen Off, Off-Screen lock, Font Size, Display Size, Full Screen Display, Night Shield, dan Low-Brightness Flicker-Free Eye  Care. Untuk fasilitas Low-Brightness Flicker-Free Eye  Care, ketika diaktifkan fitur ini dapat mengurangi kelelahan visual yang disebabkan oleh layar berkedip pada tingkat kecerahan layar yang rendah, tetapi noise pada layar akan sedikit mengalami peningkatan.

OS dan Antarmuka

Tidak hanya tampil dengan bodi kinyis-kinyis, dalam urusan software realme X juga tergolong up to date. Smatphone ini menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie plus didukung oleh Color OS 6.0 terbaru. Tak ayal realme X pun diklaim mengadopsi filosofi tanpa batas dan menggunakan margin untuk menggantikan garis-garis yang terpisah demi nuansa pemisahan yang kurang visual dan menghadirkan antarmuka yang lebih murni. ColorOS 6.0 memberikan pengalaman navigasi yang lebih halus dan lebih menyenangkan, detail, dan segar.

Walau sudah menyertakan sejumlah ikon aplikasi di homescreen, secara default di ColorOS 6.0 juga terdapat laci aplikasi. Cukup menggeser anak panah dari bawah ke atas, maka layar pun akan menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terinstal di smartphone. Soal fitur yang ditawarkan, sama seperti pada smartphone realme sebelumnya, pada realme X juga terdapat fasilitas bernama Smart Service yang di dalamnya tercakup fitur antara lain Smart Driving dan Smart Assistant.

Fitur Smart Driving sejatinya adalah sebuah sistem yang akan secara otomatis mengetahui ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Ketika diaktifkan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara. Fitur ini bisa ditemui dengan mengakses Setting > Smart Service > Smart Driving.

Di smartphone realme X kita juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti App Management, Clone Apps, Game Space, dan App Split-Screen. Sedikit mengenai Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka main game, di mana dengannya pengguna dimungkinkan untuk memilih notifikasi apa saja yang diabaikan ketika sedang bermain game.

Fitur lain dari realme X yang juga menarik adalah Smart Sidebar. Secara posisi, fitur Smart Sidebar ini ada di sebelah kanan tampilan layar (posisi portrait) atau kiri layar (posisi landscape). Dengan fasilitas Smart Sidebar ini kita bisa menampilkan shortcut untuk kamera, screenshot/screen recorder, messages, Facebook atau aplikasi lain termasuk game. Yang menarik dari fitur ini adalah kita tetap bisa mengatur ikon aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan.

In Display Fingerprint & Face Unlock

Fasilitas lain yang membuat realme X berada di atas tren datang dari fitur keamanan biometric. Dalam hal ini, realme X sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar atau istilah kerennya disebut In-Display Fingerprint. Fitur ini bisa tertanam di realme X, berkat panel layar yang digunakannya, yakni Super AMOLED.

Realme menegaskan bahwa untuk membuat pengenalan sidik jari di bawah layar lebih aman, fitur penguncian layar sidik jari realme X digabungkan dengan teknologi AI. Kombinasi ini dapat menganalisis secara dinamis lebih dari seribu titik fitur, menilai posisi, dan guratan sidik jari, sehingga meningkatkan akurasi pengenalan dan kecepatan membuka kunci.

Sementara untuk mendukung pembukaan kunci sidik jari berbasis cahaya, realme X hadir dengan lima animasi efek khusus (energy beams, mirrored flower and moon, void field of power, radiant bright light, riding on the mists and clouds), untuk memberikan kesan personal bahkan di saat singkat ketika ponsel dihidupkan.

Enaknya lagi, sensor sidik jari realme X diposisikan pada jarak yang nyaman, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Sejauh pengalaman, menggunakan sensor sidik jari pada realme X untuk membuka kunci layar, responnya juga sangat cepat.

Fitur keamanan biometrik pada realme X tidak hanya berupa sensor sidik jari saja. Jangan lupa, smartphone ini juga memiliki fitur face unlock menggunakan kamera depan pop-up ciamik yang dimilikinya. Soal kecepatan membuka kunci layar dengan pengenalan wajah pada realme X juga cepat dan responsif. Selain untuk unlock, fitur pengenalan wajah realme X juga bisa digunakan untuk App Lock dan Private Safe. Ada dua skenario yang bisa kita lakukan digunakan untuk membuka layar, pertama dengan melakukan menyapu layar ke atas atau dengan menekan tombol power.

Kamera Ganda 48 MP + 5 MP

Sektor fotografi juga menjadi salah satu kelebihan dari realme X. Bagaimana tidak, smartphone ini mengadopsi dual-camera belakang dengan kombinasi kamera utama 48MP (Sony IMX 586) + kamera sekunder 5MP. Kamera utama memiliki sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. Dengan aperture yang besar f/1.7, kamera belakang realme X memungkinkan sensor utama ponsel ini untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang natural. Selain itu, bukaan yang besar juga berkontribusi dalam performa kamera di kondisi pencahayaan redup (low-light).

Berbekal four-in-one pixel technology Quad Bayer (Binning Pixel) meningkatkan pixel tunggal menjadi 1,6um. Semua kombinasi memastikan keunggulan perangkat keras intrinsik yang solid untuk meningkatkan kekuatan identifikasi scene, toleransi, dan kinerja pencahayaan. Dari segi perangkat lunak, realme X melatih kamera ke kinerja yang sebanding dengan model smartphone flagship di industri.

Soal performa kamera dalam pencahayaan redup (low light), realme X disokong dengan mode Nightscape generasi baru. Kombinasi teknologi AI dan teknologi mesin multi-bingkai di realme X dapat mengurangi noise, anti-guncangan saat digenggam, highlight suppression, dan peningkatan dynamic range. Ini memberikan gambar pemandangan malam yang menakjubkan yang kecerahan dan detailnya yang ciamik

Selain Nightscape dan 3 mode utama (video, photo, dan potrait), kamera utama realme X juga menawarkan pilihan mode Pano, Expert (pengaturan manual), Time- Lapse dan Slo-Mo. Menariknya, smartphone ini juga memiliki kemampuan rekam video slo-mo dengan kecepatan tinggi mencapai 960 frame per detik (fps). Sementara fitur editing video yang dibawa realme X juga memungkinkan untuk mengatur slow-mo & quick-mo, dan menambahkan filter, teks, dan soundtrack.

Hal yang juga patut menjadi catatan positif, realme X juga memiliki fitur Chroma Boost. Menggunakan kecanggihan AI, kamera realme X dimungkinkan untuk mengenali data pemandangan dan gambar, dan menggunakan model visual manusia yang unik untuk mengembalikan detail nyata, kecerahan dan warna di mata orang, dan mengolahnya dengan benar.

Dengan seabrek fasilitas yang dibawa, hasil jepretan kamera belakang realme X memiliki kualitas yang sangat baik, tajam, detail, dengan komposisi warna natural. Ketika digunakan untuk menjepret foto dengan mode portrait, foto bokeh yang dihasilkan juga tergolong apik dan natural.

Sampel Foto IndoorSampel Foto Indoor

Sampel Foto OutdoorSampel Foto Outdoor

IndoorIndoor

OutdoorOutdoor

Kamera Selfie Pop-up 16 MP

Yang juga tidak kalah menyita perhatian, seperti telah disebutkan realme X juga diracik dengan kamera selfie pop-up dengan resolusi 16MP dan memiliki aperture f/2.0 serta sensor gambar Sony IMX 471. Berbekal teknologi built-in Quad Bayer four-in-one pixel binning meningkatkan satu pixel menjadi 2.0μm, memastikan kualitas selfie yang bagus dalam pencahayaan rendah dan pemulihan warna kulit yang lebih baik dari gambar yang diambil pada malam hari.

Mengingat fungsinya yang kerap digunakan untuk foto selfie, kamera depan realme X juga dijejali dengan mode beauty berbasis AI yang bisa secara otomatis mengenali tekstur kulit, usia, jenis kelamin, warna kulit, dan memberikan solusi kecantikan yang berbeda untuk berbagai kelompok (teknik kecantikan khusus berlaku untuk anak-anak, orang tua, orang Kaukasia, pria, dan wanita). Secara total, realme X menyediakan delapan juta solusi kecantikan berdasarkan 296 titik pengenalan fitur wajah.

Foto SelfieFoto Selfie

Bicara hasil bidik, berbekal sensor dengan resolusi yang cukup tinggi plus dengan sejumlah mode yang ditawarkan, kamera depan realme X sudah sangat menjawab bagi pengguna yang ingin mendapatkan foto selfie berkualitas.  

Tidak hanya hasil fotonya saja, oleh karena menggunakan mekanisme pop-up, tentu hal yang menjadi pertanyaan berikutnya, seberapa kuat kamera depan realme X dapat bekerja. Sebagai jawabannya, realme menyebut bahwa berdasarkan hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa kamera depan pop-up realme X dapat bekerja lebih dari 200.000 siklus.

Selain itu, kamera depan pop-up realme X juga diracik menggunakan kaca safir yang lebih kokoh dan tahan aus; slide realme X otomatis memasukkan kamera jika smartphone terjatuh atau kecelakaan lain saat penggunaan. Hal itu karena realme X memasang beberapa sensor yang dapat mendeteksi saat jatuh atau kecelakaan lain pada smartphone. Kamera depan realme X terdapat rakitan pegas di dalam struktur gesernya untuk memberikan perlindungan tambahan pada kamera, di samping fitur slide otomatis.

Hardware

Tiba saatnya kita membahas sektor penyokong kinerja dari realme X. Yup, sebagaimana tertulis di lembar spesifikasinya, realme X ditenagai oleh prosesor kelas menengah dari Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Chipset ini diproduksi dalam fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo dan memiliki kecepatan hingga 2.2 GHz. Di dalam chipset ini juga tertanam GPU Adreno 616 yang siap menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien dan canggih, serta kompatibel dengan API grafik terbaru.

Selain prosesor, tidak ketinggalan smartphone ini juga ditopang oleh RAM 8GB dan ROM 128GB yang mengadopsi paket LPDDR4X + UFS2.1 dengan fitur kecepatan tinggi dan konsumsi daya rendah. Berbekal RAM dan ruang penyimpan data yang besar, smartphone menjanjikan penggunaan yang lancar dan pengalihan kasual (multitasking) antara aplikasi, terlepas dari berapa banyak aplikasi yang berjalan pada saat yang sama.

Berbekal spesifikasi jeroan yang dibawa, secara keseluruhan kinerja realme X terbilang mumpuni untuk meladeni berbagai aktivitas pengguna. Tidak hanya untuk aktivitas yang tergolong standar, aktivitas berat, seperti untuk bermain game kelas HD, menggunakan realme X permainan bisa dinikmati dengan sangat baik lantaran tidak terkendala adanya hambatan seperti lag, dan sebagainya.

Sedikit gambaran yang bisa merefleksikan apiknya kinerja smartphone ini bisa dilihat dari hasil tes benchmark yang telah PULSA lakukan. Ketika diuji dengan software benchmark AnTuTu, skor realme X ada di kisaran 155383 poin. Untuk kinerja grafisnya, berdasarkan tes yang dilakukan dengan dengan software 3D Mark, tercatat skor benchmark realme X berada di angka 1839 (Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1) dan 1749 (Sling Shot Extreme – Vulcan).

Skor Benchmark AnTuTu & 3D MarkSkor Benchmark AnTuTu & 3D Mark

Skor Benchmark Geekbench 4Skor Benchmark Geekbench 4

Realme X diklaim menyematkan teknologi pendingin gel baru. Berbeda dari gel konduktif panas pada umumnya, teknologi pendingin gel realme X terbaru mengandalkan tembaga foil, serpihan grafit, dan paduan aluminium, mencapai efisiensi konduktif termal yang lebih baik bila dibanding solusi lain di segmen harganya. Untuk yang suka nge-game, realme X juga memiliki fasilitas apik bernama Hyperboost 2.0 dan Game Boost 2.0, dua fitur kuat yang baru diperkenalkan.

Di sektor penyuplai daya, realme X didukung oleh baterai berkekuatan 3765 mAh. Kapasitas baterainya disebut cukup untuk mendukung penggunaan ponsel yang moderat, bahkan mempertimbangkan desain kamera yang lebih tinggi. Disokong oleh teknologi AI freezer, realme X dapat menganalisa aplikasi yang tidak digunakan untuk periode waktu berikutnya dan kemudian dengan cepat membekukannya. Aplikasi tersebut tidak dapat dipanggil atau diaktifkan oleh aplikasi lain. Sehingga fitur ini diklaim sebagai senjata paling ampuh dalam hal menghemat daya.

Menariknya lagi, realme X dibangun dengan solusi pengisian daya VOOC 3.0 terbaru, dengan daya pengisian 20W (5V4A) yang dapat menghidupkan kembali baterai yang sekarat dengan cepat, dengan waktu pengisian 23,8% lebih singkat dari solusi pengisian sebelumnya. Baterai 3765 mAh yang tertanam di realme X disebut dapat diisi hingga 55% dalam 30 menit.

Kesimpulan

Setelah semua, realme X bisa dibilang tidak hanya diracik dengan tampilan apik, tetapi juga membawa banyak hal menarik yang menjadikannya cukup ‘wah’ di segmen harganya.

Sebagai smartphone baru, realme X dikemas dengan spesifikasi mumpuni dan sarat akan fitur kekinian serta sejalan dengan tren yang ada. Tidak hanya kamera selfie pop-up, smartphone ini juga sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar (in-display fingerprint). Belum lagi dual-camera belakangnya yang menyuguhkan sensor utama 48MP nan mumpuni. Dalam urusan kinerja, smartphone ini rasa-rasanya tidak perlu diragukan lagi. Dengan demikian, bukanlah hal yang sulit untuk mengatakan bahwa realme X merupakan smartphone yang patut masuk rekomendasi di kelas yang dibidiknya. (Ozi)