pulsa-logo

SoundMagic E10C: Kompatibilitas Maksimal untuk Penikmat Audio dengan Banyak Gadget


Ahmad S.

Jum'at, 19 Juli 2019 • 16:58

e10c, kerehore, earphone murah, susah dicari, best earphone


Bagi penikmat audio, merek Soundmagic bukanlah nama baru. Berkali-kali ketika dana menjadi penghalang, produk dari pabrikan headset ini kerap menjadi pilihan tepat membawa kualitas suara yang memukau, di harga yang relatif terjangkau.

SoundMagic E10 misalnya, merupakan produk in ear monitor (IEM) yang banyak mendapatkan perhargaan sebagai earphone terbaik di angka 50 USD ke bawah. Pada masanya. Lalu produk ini mendapatkan sejumlah peningkatan dan salah satunya adalah SoundMagic E10C.

Huruf C di belakang nomor seri E10, ditambahkan untuk menunjukkan bagaimana kompabilitas (compability) produk ini ditingkatkan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan di lebih banyak perangkat, tidak hanya Audio Player Digital, tapi juga ponsel baik android maupun ios, game console portable hingga PC.

Tampilan Menarik dengan Material Metal

SoundMagic E10C hadir dalam beberapa warna yang menarik, yakni biru, merah, silver dan gold. Membawa kabel yang dikepang dalam lapisan isolator yang cukup kuat. Meskipun berukuran relatif tipis. Kecuali gold dan silver, pelapis kabel ini pun diberi warna sesuai dengan warna drivernya.

Bagian driver yang mungil dilapisi oleh bahan metal dengan pilihan eartip dalam beberapa ukuran dan bentuk. Sesuaikan dengan ukuran telinga Anda untuk mendapatkan kualitas yang optimal dari output audio driver earphone ini.


Nah ini nih, yang membedakan E10C dengan produk E10 lainnya, yakni hadirnya remote dengan tiga tombol yang dipercaya sangat kompatibel untuk berpindah-pindah dari perangkat Android ke iOS dan sebaliknya. Remote ini diletakkan di ekstensi driver sebelah kiri.

Lalu pada bagian jack audio, produsen audio yang hadir sejak 2005 ini memberikan akses miring 60 derajat. Hal ini memberikan banyak kemungkinan saat dihubungan dnegan perangkat audio. Terutama saat Anda menyimpannya di dalam saku jaket atau celana.

Audio Cenderung Balance, Bass Tetap Hadir

Produk yang sejatinya dirilis pertama kali pada 2016 dan kembali diproduksi hingga kini ini tetap mempertahankan kualitas audio mereka yang relatif balance dengan memberikan separasi yang cukup luas di masing-masing frekuensi. Menjadikan lagu yang kita dengar terasa lebih detil dan kaya tone.

Saat dicoba menikmati lagu melalui iTunes di perangkat iPad Pro (tanpa converter) dan iPhone menggunakan konverter Lighting to 3.5 mm, earphone ini tetap memunculkan bass yang cukup forward. Cukup unik, karena meskipun tidak cocok untuk basshead alias penyuka bass, keluaran bass earphone ini tidak sekedar hadir, atau bukan kaleng-kaleng. Dan dapat dinikmati dengan maksimal.

Bagaimanapun sapuan bass ini juga ditemani suara treble yang cukup kering di belakang. Menjadikannya sebagai earphone yang, sekali lagi ‘balance’ dan detil. Oh iya, sekedar informasi, kami mengatur Equalizer di FLAT. Maka, kami pikir earphone ini cocok untuk mereka yang suka dengan warna musik demikian.

Untuk dijadikan sebagai catatan, reviewer menggunakan Samsung Galaxy Earbuds dan Jaybird X3 sebagai daily driver. Keduanya Bluetooth, yang memang di sisi kualitas audio output akan berbeda dengan earphone berkabel. Dan jenis musik yang didengarkan sangat bervariasi, dari pop, rock hingga EDM.

 

Harga: Rp 525.000,- di toko official Soundmagic Indonesia @SHOPEE

Warna: Biru, Merah, Silver, Gold

Paket Pembelian: SoundMagic E10C In Earphone, Adaptor for computer, Adaptor for phone, Clip Penjepit, Eartips, Hardpouch

Spesifikasi

Driver: Dynamic 10mm Neodymium Driver 

Frequency range: 15Hz~22KHz

Impedance: 46 Ohms (+/- 10%)

Sensitivity: 100dB/mW @ 1KHz (+/- 2dB)

Cable length: 1.2 m (3.5ft)

Connection: 3.5mm gold plated plug

Weight: 15g