pulsa-logo

Vivo S1 vs Realme 3 Pro: Adu Pesona di Ceruk yang Sama


Fauzi

Sabtu, 03 Agustus 2019 • 16:10

realme 3 pro, harga realme 3 pro, spesifikasi realme 3 pro, review realme 3 pro, vivo s1, harga vivo s1, review vivo s1,spesifikasi vivo s1


Realme 3 Pro vs Vivo S1Realme 3 Pro vs Vivo S1

Seperti tertulis pada judul di atas, tulisan ini akan mengulas lebih jauh terkait Realme 3 Pro dan Vivo S1. Tidak hanya sama-sama berasal dari Cina saja, baik Realme 3 Pro maupun Vivo S1 juga menyasar target pasar yang sama, yakni segmen menengah.

Kehadiran Realme 3 Pro cukup membetot perhatian. Bagaimana tidak, smartphone ini datang menyajikan spesifikasi mumpuni tetapi dari sisi harga relatif bersaing. Adapun Vivo S1 merupakan produk yang kehadirannya relatif masih sangat baru. Bila ditilik dari sisi harga dan spesifikasi yang ditawarkan, baik Realme 3 Pro dan Vivo S1 dinilai cukup setara. Namun, untuk memperkaya referensi, menarik kiranya untuk membandingkannya satu sama lain. Jadi, langsung saja simak ulasan berikut.

Desain

Realme 3 Pro: Dimensi 156,8 x 74,2 x 8,3 mm, 172 gram

Vivo S1: Dimensi 159.5 x 75.2 x 8.1 mm, 179 gram



Dari sisi desain, baik Realme 3 Pro maupun Vivo S1 diracik dengan begitu apiknya, sehingga nampak seperti perangkat premium. Dari sisi depan, kedua smartphone ini tampil dengan rasio layar ke bodi cukup tinggi. Layar keduanya terbentang dengan rasio 19,5:9, yang membuatnya tersaji dalam dimensi memanjang. Alhasil, meski memiliki layar yang lapang, keduanya relatif ringkas sehingga masih cukup nyaman untuk diakses.

Menilik area belakang, keduanya juga menawarkan sapuan warna gradasi. Realme 3 Pro, umpamanya, warna gradasi milik smartphone ini disajikan secara diagonal dengan efek lekukan yang terlihat semakin jelas tatkala bagian belakang ponsel ini mendapat sorotan cahaya dari arah tertentu. Efek cahaya berlekuk berbentuk huruf “S” ini rupanya terinspirasi dari tikungan di Le Mans (Circuit des 24 Heures di Prancis). Realme memang mengkorelasikan ponsel andalannya ini dengan mobil balap yang secara simbolis mendefinisikan kinerja cepat dan tampilan elegan yang menjadi poin unggulan utama dari Realme 3 Pro ini. Huruf S juga merupakan inisial dari Speed yang sekali lagi mengambarkan kinerja ponsel ini.

Sejurus dengan Realme 3 Pro, Vivo S1 juga menampilkan pola warna gradasi yang terlihat cukup apik pada area belakangnya. Disebutkan bahwa desain Vivo S1 diracik menggunakan teknik pelapisan nano-ion yang meggabungkan fashion dengan alam. Kombinasi tersebut menghasilkan dua varian warna, yakni Cosmic Green dan Skyline Blue. Tidak hanya nyaman digenggam, perpaduan warna dan efek pantulan cahaya dikombinasikan juga menghasilkan desain yang sangat memukau.

Bila bicara soal material yang digunakan, kedua smartphone ini dikemas dengan menggunakan bahan plastik. Terlihat, meski keduanya mengadopsi material plastik, dengan proses yang sedemikian rupa, membuat tampilan belakang Realme 3 Pro dan Vivo S1 begitu kinclong layaknya sebuah kaca dan membuatnya tampak mewah.

Mana yang lebih baik dari sisi desain, Realme 3 Pro atau Vivo S1, sepertinya sulit untuk menebaknya. Yang pasti keduanya sudah tampil dengan desain dan build quality yang sangat baik. Keduanya juga menawarkan sejumlah kelebihan masing-masing.

Display

Realme 3 Pro: 6.3 inci, 1080 x 2340 piksel (~409 ppi), 19,5:9 rasio, IPS LCD, Corning Gorilla Glass 5

Vivo S1: 6.38 inci, 1080 x 2340 piksel (~404ppi), 19,5:9 rasio, Super AMOLED

Kalau dilihat dari tampilannya, layar kedua smartphone sejatinya tidak menyuguhkan perbedaan. Baik Realme 3 Pro maupun Vivo S1 menampilkan layar penuh dengan notch ‘tetesan embun’ di atasnya sebagai tempat sensor kamera depan berada.

Dari ukuran layarnya, keduanya juga tidak terlalu jauh berbeda. Pun dengan resolusi dan rasio layarnya, di mana Realme 3 Pro dan Vivo S1 sudah menawarkan Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dengan rasio 19,5:9. Adapun soal diferensiasinya, antara Realme 3 Pro dan Vivo S1 baru tersaji pada jenis layar yang digunakannya. Realme 3 Pro datang mengusung layar berjenis IPS LCD, sementara Vivo S1 diracik dengan layar Super AMOLED.

Lantaran sudah begitu akrab dengan dua jenis layar ini, soal kelebihan dan kekurangan dari dua panel layar tersebut mungkin tidak diulas lebih lanjut. Yang pasti, berkat panel Super AMOLED, membuat Vivo S1 bisa ditanamkan sensor sidik jari di layarnya. Untuk Realme 3 Pro, yang menarik dari smartphone ini adalah layarnya sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Dari sisi kinerja, untuk responsivitasnya kedua layar smartphone ini tergolong sangat responsif. Kemampuannya untuk akses multi-touch juga sama, di mana keduanya sudah bisa diakses dengan 10 titik secara bersamaan.

Mengingat kedua smartphone menampilkan layar dengan notch berkonsep tetesan embun, membuat pengalaman yang ditawarkan juga sudah lebih baik, seperti untuk menonton, bermain game, dan lain-lain.

Untuk membuka kunci layar, baik Realme 3 Pro maupun Vivo S1 sudah menawarkan fitur keamanan tambahan, seperti sensor sidik jari dan face unlock, di samping fitur keamanan standar lainnya, seperti password, PIN, dan Pattern. Jadi, keduanya sudah cukup kekinian, adapun yang sedikit membedakannya terdapat pada letak sensor sidik jari. Pada Realme 3 Pro, sensor sidik jari tersedia di bagian belakang smartphone, sementara Vivo S1 sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar.

OS dan Antarmuka

Realme 3 Pro: Android 9 Pie + ColorOS 6.0

Vivo S1: Android 9.0 Pie + Funtouch OS 9

Nah, setelah bicara soal fisik smartphone, pada bahasan kali ini kita akan mengulas sektor perangkat lunak yang dijalankan oleh kedua smartphone kelas menengah ini. Realme 3 Pro yang merupakan produk unggulan dari Realme datang mengusung ColorOS 6.0 yang berjalan diatas sistem operasi Android 9 Pie. Pun dengan Vivo S1, smartphone andalan terbaru Vivo ini juga menjalankan Android 9 Pie dengan Funtouch OS 9 di atasnya.

Untuk ColorOS 6.0 yang diusung Realme 3 Pro, walau sudah menyertakan sejumlah ikon aplikasi di homescreen, secara default di sini juga terdapat laci aplikasi. Cukup menggeser anak panah dari bawah ke atas, maka layar pun akan menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terinstal di smartphone. Namun jika tidak suka dengan mode App Drawer, Realme 3 Pro juga menyediakan mode Standar yang dapat ditemukan dalam menu Mode Layar Depan.

Realme 3 ProRealme 3 Pro

Pada layar homescreen, ColorOS 6.0 ini juga membawa fitur Smart Assistant yang diletakkan di panel paling kiri. Panel Smart Assistant ini memuat informasi kondisi cuaca, penghitung langkah dan event yang tersimpan di kalender pengguna. Selain itu ada akses cepat menuju kontak favorit, kalender, dan aplikasi favorit pengguna.

Antarmuka ponsel ini juga membawa fungsi tambahan pada tombol lock/power di sisi kanan. Selain untuk mengunci layar dengan menekan secara cepat, pengguna juga bisa mengakses Google Asistant dengan menekan tombol ini selama setengah detik.

Realme 3 Pro pun dibekali sejumlah fitur pintar yang terintegrasi secara default pada sistem, seperti Smart Sidebar, yang bisa diakses dengan mengeser dari bingkai layar bagian kanan (pada orientasi potrait/vertikal) atau kiri (dalam orientasi landscape/horizontal). Smart Sidebar memiliki dua fungsi utama, yakni Quick Tools dan Quick Apps.

Realme 3 ProRealme 3 Pro

Fitur penting lainnya dari ColorOS milik Realme 3 Pro ini adalah Game Scape, yang sesuai namanya berfungsi untuk mengoptimalkan performa dan pengalaman penggunaan Realme dalam bermain game. Dengan fitur ini, algoritma pintar Realme 3 Pro akan memaksimalkan sumber daya sistem selama bermain game agar game berjalan lancar, bebas lag dan bebas gangguan.

Selain itu ada fitur keamanan yang menarik, seperti Blokir Perundungan untuk pencegahan pelecehan dan penipuan termasuk memblokir pesan dengan memasukkan kata kunci tertentu, Keyboard Aman dimana sistem akan beralih secara otomatis ke Keyboard Aman Realme ketika pengguna memasukkan informasi sensitif seperti kode sandi. Keyboard Aman Realme tidak akan mencatat ketikan pengguna, menyambung dengan internet atau mengaitkan ketikan Anda dan memastikan data yang diketik tidak akan bocor. Fitur Keyboard Aman ini juga mendukung fitur Perlindungan Informasi Pribadi serta Perlindungan Pembayaran dimana sistem akan menganalisa aplikasi yang membutuhkan pembayaran secara mobile dan mengecek secara berkala apakah sistem telah diperbarui dengan patch keamanan terbaru serta menganalisa aplikasi jahat.

Fitur keamanan lanjutan dari Keyboard Aman adalah Pencegahan Screenshot dan Merekam Layar ketika menggunakan fungsi terkait privasi seperti Keyboard Aman, Brankas Pribadi atau Mode Incognito pada browser. Sistem akan mencegah screenshot atau merekam layar dengan memunculkan peringatan dan rekaman layar hanya akan merekam layar kosong.

Juga ada mode Berkendara Cerdas yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu Mode Mengemudi dan Mode Bermotor untuk pengguna yang berkendara menggunakan mobil atau motor. Ketika diaktifkan, fitur ini akan otomatis membisukan semua notifikasi kecuali panggilan masuk. Untuk Mode Mengemudi sendiri, Bluetooth akan diaktifkan dan siap menyambungkan ponsel ke Bluetooth dalam kendaraan. Pengguna dapat menambahkan Mode Berkendara ini di pusat kendali untuk mengaktifkan atau mematikannya dengan cepat.

Adapun Vivo S1, juga datang dengan antarmuka paling baru dari perusahaan, yakni FunTouch 9. Dari sisi pengalaman yang ditawarkan, antarmuka FunTouch 9 sudah cukup simple, di mana ikon aplikasi sudah tercakup di layar home screen.

Selain itu, fungsi baru yang cukup menarik juga sudah ditanamkan, seperti Jovi Image Recognizer yang memiliki akses ke berbagai platform e-commerce untuk melakukan pencarian melalui database yang mencakup lebih dari setengah miliar produk. Fungsi ini bisa dimunculkan dengan cepat melalui Smart Button yang ada di sisi kiri bodi, cukup dengan menekannya dua kali. Jovi Image Recognizer juga terintegrasi dengan fungsi kamera. Anda bisa menemukan ikon Jovi ini di bagian pojok kiri bawah mode kamera saat viewfinder aktif.

Vivo S1Vivo S1

Fitur tambahan lain yang juga menghiasi Funtouch 6 adalah sistem navigasi dengan dua opsi pilihan berbasis gesture dan kunci. Untuk yang suka bereksperimen, Vivo S1 menyertakan beragam pengaturan terkait personalisasi dan akses menu. Mulai dari fasilitas mempercantik tampilan layar, hingga akses perangkat berbasis gesture.

Selain itu, FunTouch 9 juga menyuguhkan beberapa fungsi baru seperti Smart motion, Smart mirroring, Smart split, mode One-handed untuk yang bertangan mungil, S-capture untuk meng-capture sekaligus merekam tampilan layar, smart click yang memfungsikan tombol volume untuk membuka beragam fitur dan tentunya App Clone yang sanggup mengkloning aplikasi.

Tambahan lainnya adalah hadirnya fitur Game Cube yang telah ditingkatkan kemampuannya. Salah satunya adalah fitur game picture in picture dimana saat bermain game, pengguna juga bisa membalas pesan yang masuk. Selain Game Cube, Vivo juga tetap mempertahankan fitur berkendara dimana fitur ini sangat berguna saat pengguna sedang melakukan perjalanan baik menggunakan motor maupun kendaraan roda empat.

Vivo S1Vivo S1