pulsa-logo

Adu Ponsel Kelas Menengah Berkamera 48 MP - realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s


Ahmad S.

Sabtu, 21 September 2019 • 09:48

adu kamera 48 MP, realme,samsung, quad bayer, 4 kamera, harga murah, ponsel 4 jutaan


Baru-baru ini, kita sudah berhasil dikejutkan oleh Samsung dengan hadirnya perangkat pembaharu produk seri A lain yang umurnya belum terlalu lama. Ponsel yang diberi nama A50s ini memang menggoda, karena menawarkan sejumlah fitur penting yang tidak ada di produk sebelumnya. NFC salah satunya.

Di waktu bersamaan, pihak realme juga tak mau kalah. Meluncurkan sebuah produk ciamik dengan harga yang relatif lebih murah, namun menawarkan kinerja dan spek teknis yang di atas kertas melampaui harga yang ditawarkan. Termasuk hadirnya Quad Camera pada konfigurasi kamera utama. Jika Anda termasuk salah satu yang masih bingung memilih yang mana, ulasan mengenai dua produk ini mungkin bisa membantu Anda.

Desain

Kedua ponsel menawarkan desain ponsel kekinian. Sama-sama tipis dan menawarkan poni kecil di bagian layar depan, menyisakan ruang yang cukup lebar untuk berinteraksi. Namun persamaannya hanya sampai situ. Karena di sisi lain, mereka menggunakan pendekatan berbeda.

Semisal dari sisi pewarnaan back cover. Meski sama-sama menampilkan motif garis-garis tegas yang muncul saat memandangnya dari beberapa sudut berbeda, namun perbedaan yang ditampilkan cukup signifikan.


Di sisi ini, realme 5 Pro memperlihatkan garis yang lebih banyak berpotongan secara asimetris nan stylish. Sementara Samsung menampilkan garis tegas yang berpotongan membentuk area mirip permata dengan luas yang monoton.

Masih di bagian back cover, keduanya menampilkan banyak kamera dengan susunan memanjang ke bawah. Jadi, ketika digunakan untuk memotret dengan posisi landscape susunan kamera ini akan saling berdampingan di satu level yang sama.

Bedanya realme 5 Pro membawa 4 kamera, sementara Galaxy A50s hanya membawa 3 kamera di sisi belakang ini. Apa saja fungsi kamera tersebut dan bagaimana perbedaan secara fungsional dan efektivitasnya antara realme 5 Pro dan A50s akan dibahas di bagian kamera.

Dan satu lagi perbedaan di sisi desain ada pada tata letak sensor sidik jari. Masih di bagian belakang ponsel, realme 5 Pro menyediakan sensor sidik jari yang berbentuk bulat. Sementara Samsung Galaxy A50s mempertahankan on display fingerprint sensor alias sensor sidik jari di bagian layar. Pun demikian, tingkat keakuratan sensor sidik jari yang ada pada realme 5 Pro tak kalah cepat membaca sidik jari pengguna, hanya perlu waktu kurang dari satu detik untuk membuka kunci.

Selain tiga hal tersebut, keduanya hampir terlihat sama, termasuk pada port USB Type C dan hadirnya port audio 3.5 mm.

Layar

Meski memberikan nama berbeda pada desain layar masing-masing ponsel, yakni Dewdrop Display pada realme 5 Pro dan Infinity U pada Samsung Galaxy A50s, keduanya sama-sama menyuguhkan desain layar fullview dengan poni berisi kamera depan berukuran mungil. Hanya saja teknologi display dan dimensinya memiliki perbedaan.

realme 5 Pro menampilkan layar IPS LCD yang membentang 6,3 inci. Sementara A50s seperti yang telah Anda ketahui memiliki layar dengan bentangan 6,4 inci berteknologi AMOLED. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Semisal IPS LCD dipercaya lebih konsisten mempertahankan warna dalam kurun waktu tertentu, atau dengan kata lain lebih tahan lama dibanding AMOLED, memiliki nilai putih yang lebih tinggi sehingga gambar terlihat lebih terang.

Sementara AMOLED, dengan layar berjenis ini maka memungkinkan untuk diaplikasikannya sensor sidik jari di bawah lapisan layar, lebih efisien dalam penggunaan daya, menampilkan warna yang lebih cerah dan kontras berkat nilai hitam yang lebih pekat dari IPS LCD.

Di luar itu, keduanya sama-sama nyaman digunakan untuk bermain game dan menonton konten multimedia. Terlebih dengan resolusi yang setara yakni FHD+ 1080 x 2340 piksel di kedua ponsel, maka apabila tidak disandingkan berdampingan maka Anda akan sulit mencari kelemahan di masing-masing layar ponsel.

Interface

Sebagai ponsel yang hadir di penghujung 2019, baik realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s telah mengadopsi Android 9 Pie yang dibungkus dengan custom UI milik masing-masing pabrikan. Dimana realme 5 Pro membawa ColorOS 6.0, sementara A50s membawa One UI 1.5.

Interface realme 5 ProInterface realme 5 Pro

Soal preferensi dan kenyamanan tentu akan dikembalikan pada selera masing-masing. Tapi satu hal yang bisa dipastikan bahwa keduanya menawarkan pengalaman yang hampir setara. Karena toh, sebagian besar fitur yang banyak digunakan adalah bawaan Android 9. Bagi Anda pengguna baru realme atau Samsung tentu akan membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dan itu adalah hal yang lumrah.

Samsung di sisi lain, tercatat menawarkan lebih banyak sofware bawaan yang ‘fancy’. Sebut  saja Samsung Pay yang memudahkan pembayaran dengan ponsel, dan juga Bixby sebagai asisten pribadi. Sayangnya Samsung Pay saat ini baru bekerja sama dengan satu alat pembayaran elektronik, belum masif dan terkesan ganda karena pengguna Android lain sebenarnya bisa mengunduh aplikasi alat pembayaran elektronik tersebut.

Interface Samsung Galaxy A50sInterface Samsung Galaxy A50s

Sementara pengalaman dengan Bixby, bagi pengguna realme bisa disubtitusi dengan Google Assistant yang telah terinstal otomatis dan terkoneksi dengan akun Google sehingga lebih praktis karena Google Assistant lebih umum dijumpai di banyak ponsel Android.

Namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri, Samsung sedikit lebih unggul di sisi tersedianya koneksi NFC. Fitur yang kelihatannya sepele, namun bisa sangat dibutuhkan terutama bagi pengguna ponsel yang berada di Jakarta dan kota besar. Karena fitur ini lebih banyak digunakan untuk melakukan top up kartu pembayaran elektronik langsung dari ponsel.

Secara keseluruhan untuk metode pembayaran digital, kedua ponsel sama-sama bisa melakukannya dengan mengunduh aplikasi pembayaran digital yang umumnya digunakan juga oleh banyak merchant.

Kapasitas Baterai dan Pengisian Daya

Secara spesifikasi, kedua ponsel membawa kapasitas baterai yang tidak terlalu berbeda. realme 5 Pro memiliki kapasitas sedikit lebih besar, namun secara keseluruhan dalam pemakaian sehari-hari keduanya bisa dibilang setara.

Yang menjadi pembeda ada pada teknologi pengisian dayanya. realme 5 Pro unggul karena menyertakan ekosistem pengisian daya cepat yang khas dan sudah teruji, yakni VOOC Flash Charge 3.0. Sebagai perbandingan Samsung A50s yang juga membawa fitur pengisian daya cepat, kemungkinan menggunakan konfigurasi tegangan 9V dan 1.67A untuk menghasilkan daya sebesar 15 Watt. Sementara VOOC 3.0 pada realme 5 Pro menggunakan konfigurasi 5V dan 4A untuk menghasilkan daya 20 Watt. Lebih kecil tegangan, lebih tidak panas, lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya.

Performa

Ini dianggap sensitif karena masing-masing vendor telah menyiapkan produknya untuk pasar tertentu. Menyeimbangkan kebutuhan pengguna dengan fitur yang dibawa. Nah di sisi ini realme 5 Pro lebih condong untuk penggunaan yang lebih ekstrim ketimbang A50s.

Meski realme 5 Pro dijual dengan harga yang lebih murah dari A50s, ponsel ini membawa kombinasi SoC yang mumpuni, RAM besar dan internal yang lega. Perhitungan menggunakan sejumlah aplikasi benchmark pun memperlihatkan perbedaan yang cukup signifikan.

realme 5 Pro menggunakan SoC milik Qualcomm yakni Snapdragon 712 AIE yang dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 616 dan RAM sebesar 8 GB. Menjadikannya terlihat mewah di kelas menengah. Sementara itu Galaxy A50s membawa SoC Exynos 9611 yang merupakan chipset mumpuni untuk menjalankan segala fungsi yang dibawa. Meskipun sedikit mengecewakan pada besaran RAM di angka 4 GB.

Samsung A50s yang kita bandingkan kali ini merupakan varian 4/64 GB dengan harga Rp 4.099.000, varian dengan harga yang paling mendekati realme 5 Pro yang dijual dengan harga Rp 3.699.000 untuk 8/128GB. Karena varian yang lebih tinggi, yakni 6/128 GB untuk A50s dijual dengan harga Rp 4.899.000. Dari sisi harga, terlihat jelas realme lebih menguntungkan karena harga dibawah Rp 4 juta sudah mendapatkan varian tertinggi, 8/128GB.

Kamera

Beralih ke bagian kamera. Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan desain di atas, kedua ponsel membawa konfigurasi kamera yang berbeda. Dimana realme 5 Pro membawa 4 kamera di belakang dan satu kamera depan, sementara Samsung Galaxy A50s membawa 3 kamera di bagian belakang dan satu di depan.

Lebih banyak kamera tidak serta merta membuat sebuah ponsel lebih baik dari yang lain. Jadi, kami melakukan pengambilan gambar secara berdampingan agar mendapatkan hasil perbandingan yang lebih komprehensif.

Kita mulai dari konfigurasi kamera belakang. realme 5 Pro membawa 4 kamera di belakang. Yakni lensa 8 MP f/2.2 (ultrawide), 48 MP dengan bukaan besar f/1.8. Sensor utama 48 MP Quad Bayer ini merupakan sensor IMX586 buatan Sony,  lensa 2 MP f/2.4 (depth sensor) dan 2 MP f/2.4 (dedicated macro camera).

Samsung Galaxy A50s membawa tiga kamera, dimana kamera utamanya yang berupa kamera wide 48 megapiksel memiliki bukaan lensa f/2.0, 1/2", 0.8µm serta tambahan fitur PDAF. Kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 ultrawide. Sedangkan kamera ketiga adalah kamera untuk kebutuhan bokeh (depth sensor) dengan resolusi 5 MP, f/2.2.

Sementara untuk kamera depan, realme membawa kamera 16 MP f/2.0 dan Samsung membawa kamera 32 MP, f/2.0.

Hasilnya bisa Anda lihat pada foto-foto berikut ini.

Outdoor Mode Night:

Dilakukan menggunakan pilihan night dan setingan yang otomatis, hasil kamera realme 5 Pro sanggup menghasilkan gambar yang terang namun tetap mempertahankan tone pada lampu-lampu gedung sehingga terlihat lebih baik. Sebaliknya, A50s terlihat lebih terang di hampir semua bagian. Sayangnya hal ini justru mengurangi tone asli dari obyek foto yang ditangkap.

Selfie:

Terlihat bahwa hasil kamera selfie realme 5 Pro lebih tajam. Foto ini diambil dalam ruangan dengan pencahayaan kurang optimal.

Outdoor Day:

untuk pengambilan outdoor ini kami mencoba melakukan fotografi landscape. Dengan lensa utama, kedua kamera memperlihatkan kekuatan kamera 48 MP. Gambar terlihat padat. Hanya saja warnanya berbeda. kamera realme 5 Pro yang terlihat mendekati warna asli dengan tingkat kontras yang lebih baik. Berbeda dengan Samsung A50s, yang menampilkan warna cenderung netral atau bahkan bersaturasi rendah.

Namun ketika kita menggunakan lensa ultrawide, yang terjadi justru sebaliknya. Hasil kamera ultrawide A50s terlihat lebih mendekati warna asli dan dengan sudut yang lebih lebar menampilkan sedikit distorsi pada samping mendekati frame.

Indoor:

Kembali menggunakan kamera 48 MP, dengan pencahayaan yang optimal, hasil foto kedunya sama bagus. Hanya saja sepert halnya pengambilan di outdoor, nilai kontras pada realme 5 Pro lebih baik daripada A50s. Hasil foto dalam resolusi asli bisa Anda lihat di Flickr kami.

Kesimpulan

Membandingkan dua ponsel anyar yang dirilis dengan harga saling berdekatan memang tidaklah mudah. Jika Anda membutuhkan tampilan layar yang kontras dan fitur-fitur tambahan seperti NFC, Samsung Galaxy A50s adalah ponsel yang cocok untuk Anda. Meskipun untuk mendapatkan versi 4/64 GB Anda akan mengeluarkan kocek lebih dalam.

Anda yang suka bermain game dengan lancar, suka beraktivitas tanpa takut dibatasi oleh waktu pengisian daya, membutuhkan ponsel dengan kapasitas penyimpanan lebih besar dan fitur fotografi yang dapat diandalkan serta harga yang lebih terjangkau, realme 5 Pro merupakan pilihan yang tepat.