pulsa-logo

Review vivo V17 Pro: Smartphone Paket Komplet, Sarat Fitur Menarik


Fauzi

Minggu, 22 September 2019 • 22:58

vivo indonesia, vivo pop up camera, kamera, vivo, snapdragon 675, launching, jakarta


Satu lagi smartphone anyar vivo meluncur di pasar Tanah Air. Adalah vivo V17 Pro, smartphone flagship yang cukup menyita perhatian dengan berbagai inovasi yang dibawanya.

Ditujukan bagi generasi muda yang aktif dan produktif, sejatinya menjadi hal yang lumrah bila vivo V17 Pro menyuguhkan fitur inovatif dan spesifikasi mumpuni di dalamnya. Nah, guna mengetahui berbagai hal tentang Vivo V17 Pro, pada kesempatan kali ini PULSA akan mengulasnya lebih dalam. Jadi, daripada penasaran langsung saja simak review-nya berikut ini.

Paket Penjualan: Handset, Charger, Headset, Kabel Data USB-C, Buku Manual, Kartu Garansi, Sim Ejector, Soft Case, SIM Ejector

Warna: Satin Black & Silk White

Harga: Rp5.699.000


Bodi Solid Nan Elegan

Bicara soal vivo V17 Pro tidak akan terlepas dari desainnya yang apik. Di bagian depan, kita disajikan panel layar yang membentang cukup lapang tanpa ada poni. Hal ini lantaran Vivo V17 Pro sudah mengadopsi kamera selfie pop-up, sehingga penempatan sensor kamera depan tidak lagi di sekitar layar.

Tidak berhenti sampai di situ, sisi apik lain dari Vivo V17 Pro juga terlihat dari panel belakangnya yang didesain sedemikian rupa sehingga nampak kinclong dengan sapuan warna Satin Black dan Silk White yang elegan. Panel belakang vivo V17 Pro dikemas dengan dengan casing kaca yang dilapisi dengan polycarbonate. Kendati demikian, secara keseluruhan racikan bodi smartphone ini terasa cukup solid serta memiliki build quality yang sangat baik. Terlebih dalam paket penjualannya, smartphone ini juga disertai case pelindung. Jadi, selain bisa melindungi bodi smartphone dari goresan dan lainnya.

Hal menarik lain dari vivo V17 Pro juga tersaji dari aspek rasio layarnya yang sudah 20:9 dikombinasikan dengan bazel tipis di setiap sisi yang menghadirkan tampilan tanpa batas. Hal ini memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap dimensi smartphone ini. Jadi, meski ukuran layar vivo V17 Pro relatif besar, namun secara keseluruhan dimensi smartphone ini masih cukup ramping, sehingga nyaman untuk digenggam dan diakses dengan satu tangan.

Secara kasat mata, kita akan melihat sejumlah komponen penting smartphone di area luar vivo V17 Pro. Dari area muka, selain panel layar, di bagian atasnya terlihat adanya lubang earpiece. Sensor sidik jarinya yang juga tersembunyi di sekitar layar area bawah. Hal itu bisa terealisasi berkat teknologi layar smartphone yang sudah mengadopsi jenis Super AMOLED.

Menyisir area lainnya, di ruas sisi kanan smartphone kita akan mendapati adanya tombol power dan tombol volume. Adapun pada ruas sisi bagian kiri, di sini akan ditemui adanya tombol khusus untuk akses Google Assistant. Sementara pada ruas bagian bawah, di vivo V17 Pro terdapat slot kartu SIM, port USB-C, dan lubang speaker utama. Di ruas sisi bagian atas nampak terlihat ‘rumah’ untuk kamera depan pop-up ditemani dengan jack audio 3.5 mm di bagian kanan dan lubang mikrofon sekunder di bagian kirinya.

Ultimate All-Screen

Smartphone dengan layar bolong atau berponi saat ini mungkin masih menjadi tren. Hal itu lantaran smartphone dengan layar seperti masih terus berdatangan. Sudah tampil beda, vivo V17 Pro mengusung layar penuh berukuran 6.44 inci yang ‘bersih’ alias tanpa lubang maupun poni dengan aspek rasio layar ke bodi mencapai 91,65%. Vivo menyebutnya sebagai Ultimate All Screen. Ini tentu menjadi angin segar terutama bagi pengguna yang ingin merasakan smartphone berlayar luas dengan aspek rasio kekinian tanpa adanya lubang dan poni yang justru dianggapnya bisa mengganggunya ketika ber-smartphone ria.

Kecuali ukuran layarnya yang luas dengan aspek rasio 20:9, resolusi layar vivo V17 Pro juga sangat memadai. Yup, smartphone ini diketahui menawarkan resolusi layar 1080 x 2400 piksel. Alhasil, konten yang terpancar dari vivo V17 Pro memiliki kepadatan yang tinggi, mencapai 409 ppi. Catatan menarik lainnya, juga datang dari jenis layar yang digunakan, di mana vivo V17 Pro sudah mengadopsi teknologi layar Super AMOLED. Berkat teknologi layar inilah, sensor sidik jari smartphone bisa ditempatkan di area layarnya.

Sejurus dengan itu, soal kinerjanya, layar vivo V17 Pro tergolong sangat baik, untuk responsivitas maupun ketajamannya. Dan pastinya, layar smartphone ini juga sudah mendukung akses multi-touch hingga 10 titik secara bersamaan.

Dari sisi estetika, tampilan layar vivo V17 yang disajikan dengan area sudut yang tumpul agak membulat, membuatnya terlihat serasi dengan desain smartphone yang juga memiliki empat sudut tumpul. Sehingga pengalaman pengguna yang ditawarkan menjadi lebih asyik, baik untuk menonton video maupun bermain game.

Soal tampilan layarnya, bila yang tersaji secara default dianggap kurang sesuai dengan selera, ada sejumlah fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk mengubahnya. Menu standar untuk mengutak-atik tampilan layar, bisa ditemui dengan mengakses Setting > Display & Brightness. Di sini tersaji sejumlah fasilitas, mulai dari pengaturan tingkat kecerahan dan juga menu lainnya seperti Eye Protection, Dark Mode, Auto lock, Rotation lock, Font Style, Font Size, Screen colors, hingga Low Brightness anti-flicker.

OS, Antarmuka, dan Security

Untuk urusan software, vivo V17 Pro tertulis menjalankan Android 9 Pie yang dipermanis dengan antarmuka hasil custom dari perusahaan yang dikenal sebagai Funtouch OS. Sebagai smartphone paling anyar, vivo V17 Pro pun menjalankan Funtouch 9.1.

Tidak jauh berbeda dengan pada smartphone vivo sebelumnya Funtouch 9.1 diracik dengan tampilan yang terlihat segar plus menawarkan interaksi ke setiap menu yang ditawarkan juga sudah lebih simpel. Hal itu lantaran semua ikon menu aplikasi sudah tertanam di layar homescreen.

Selain dari sisi tampilan, Vivo juga sudah menanamkan sejumlah fitur apik di Funtouch 9.1. Misalnya Jovi Image Recognizer, dengan fitur ini kita dimungkinkan untuk mengakses berbagai platform e-commerce untuk melakukan pencarian melalui database yang mencakup lebih dari setengah miliar produk. Fungsi ini bisa dimunculkan dengan cepat melalui Smart Button yang ada di sisi kiri bodi, cukup dengan menekannya dua kali. Jovi Image Recognizer juga terintegrasi dengan fungsi kamera. Dalam hal ini kita bisa menemukan ikon Jovi ini di bagian pojok kiri bawah mode kamera saat viewfinder aktif.

Masih soal fitur yang dibawa Funtouch 9.1, di sini juga tersaji fasilitas lain bernama Smart motion, Smart mirroring, Smart split, mode One-handed, S-capture yang berguna untuk meng-capture sekaligus merekam tampilan layar, smart click yang bisa memfungsikan tombol volume untuk membuka beragam fitur dan App Clone yang sanggup mengkloning aplikasi.

Adapun bagi yang suka gaming di smartphone ini juga terdapat fitur Game Cube yang telah ditingkatkan kemampuannya. Salah satunya adalah fitur game picture in picture di mana saat bermain game, pengguna juga bisa membalas pesan yang masuk. Tidak ketinggalan di Funtouch 9.1 juga terdapat fitur bernama Motorbike Mode. Menariknya lagi, smartphone ini juga sarat dengan aplikasi bawaan yang cukup bermanfaat, seperti GameCenter, Kids Mode, EasyShare, Tips, Webnovel, WPS Office, dan lain-lain.

Sejurus dengan tren yang berkembang, vivo V17 Pro sudah dilengkapi dengan fitur keamanan kekinian. Dalam hal ini, vivo V17 Pro sudah mengadopsi fitur keamanan berbasis biometrik, berupa sensor sidik jari dan face recognition.

Menariknya, berkat panel layar yang digunakannya, yakni Super AMOLED membuat sensor sidik jari pada vivo V17 Pro bisa ditanamkan di dalamnya. Ya, vivo V17 Pro datang dengan sensor sidik jari di layar.

Selain sensor sidik jari, telah disebutkan juga bahwa vivo V17 Pro memiliki fitur face recognition yang bekerja menggunakan kamera depan pop-up ciamik yang dimilikinya. Fasilitas ini sejatinya merupakan akses cepat untuk membuka fitur kamera. Fitur ini bisa dilakukan dengan cara menyapu layar ke atas dari ikon kamera yang muncul di sisi kanan bawah smartphone. 

AI Quad Camera 48MP

Bicara soal fitur yang menjadi ‘gacoan’ dari vivo V17 Pro, salah satunya datang dari alat bidiknya. Bila di luaran kita sudah kerap menemui smartphone dengan kamera ganda atau triple-camera, maka vivo V17 Pro sudah sedikit lebih maju dari itu.

Ya, smartphone ini datang dengan fitur AI Quad Camera yang memiliki beberapa lensa belakang yang beresolusi sangat tinggi, yakni 48 MP dengan bukaan f/1.8, masih ada tiga lensa yang tertancap di bagian belakang smartphone. Masing-masing memiliki resolusi 8 MP f/2.2 (Wide Angle Kamera) + 2 MP f/2.4 untuk makro kamera + 2 MP f/2.4 (depth kamera).

Tidak hanya resolusinya saja yang tinggi, AI Quad Camera 48 MP yang tertanam di vivo V17 Pro juga sudah didukung dengan fitur Super Night Mode untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam meski di pencahayaan yang minim atau malam hari.

Selain fitur super Night Mode, di dalam antarmuka kamera, kita juga disajikan berbagai mode bermanfaat lainnya, mode Portrait, Pano, Live Photo, Slo-Mo, Pro, AR Stickers, Jovi, HDR, dan lain-lain. Sementara bila kita membuka menu setting yang terdapat di aplikasi kamera, di sini juga terdapat fitur apik lainnya, seperti AI Portrait Framing, AI Scene Identification, dan sebagainya.

Seiring dengan fitur kamera yang dibawanya, secara keseluruhan foto hasil bidikan vivo V17 Pro memiliki kualitas yang sangat bagus, baik pengambilan gambar outdoor maupun indoor. Bahkan, di area yang minim cahaya sekalipun. Untuk mengambil foto bokeh dengan efek magis berupa latar belakang blur, hal ini juga sangat mudah untuk dilakukan dan hasilnya juga memuaskan.

Apik di bagian belakang, kamera depan smartphone ini juga tidak kalah ciamik. Bagaimana tidak, untuk mengakomodasi pengguna yang suka selfie, vivo V17 Pro membekalinya dengan Dual Pop-Up Selfie Camera beresolusi 32 MP f/2.0 + 8 MP f/2.4. Jadi, selain memiliki resolusi yang tinggi, kamera dengan konsep pop-up juga memiliki daya tarik tersendiri.

Makin asyik lagi, kamera depan vivo V17 Pro juga telah disematkan sederet mode yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto sesuai keinginan pengguna, di antara mode yang ditawarkan antara lain mode Portrait, Night, AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, AI Filter, dan fitur apik bernama Super Wide-Angle Selfie. Dengan fitur Super Wide-Angle Selfie kita dimungkinkan untuk mendapatkan hasil foto selfie yang lebih luas. Sementara fitur Super Night Mode, menawarkan kemampuan untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam meski di pencahayaan yang minim atau malam hari. Seperti biasa, jika Anda penasaran dengan hasil kamera vivo V17 Pro, silakan kunjungi link FLICKR kami.

Snapdragon 675 + RAM 8GB

Untuk urusan daya gedor, kinerja vivo V17 Pro didukung dengan prosesor kelas menengah dari Qualcomm. Tepatnya adalah chip Qualcomm Snapdragon 675 yang memiliki konfigurasi Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver) dan pengolah grafis GPU Adreno 612. Selain menyematkan prosesor Snapdragon 675, vivo V17 Pro juga disokong oleh RAM 8GB dan memiliki memori internal berkapasitas 128GB.

Dengan spesifikasi hardware yang demikian, bisa dikatakan kinerja dari vivo V17 Pro sudah sangat mumpuni untuk menemani aktivitas pengguna. Bukan saja untuk sekedar browsing internet, berkomunikasi, akses media sosial, dan aktivitas lainnya. Untuk main game berat, menggunakan vivo V17 Pro juga tidak ditemui adanya kendala berarti, sehingga permainan bisa dinikmati dengan lancar.

Bila acuan kinerjanya adalah berupa skor benchmark yang bisa dicapainya. Rasa-rasanya, skor yang dicetak vivo V17 Pro di sejumlah software benchmark juga sudah di atas rata-rata, dalam arti skornya cukup baik untuk smartphone di kelasnya. Misalnya, ketika diukur menggunakan software AnTuTu, skor vivo V17 Pro berada di kisaran 179134.

Sementara ketika diukur dengan Geekbench 5 skornya mencapai 511 untuk single-core dan 1610 untuk uji multi-score. Untuk uji kinerja grafisnya, PULSA mengujinya menggunakan software benchmark 3D Mark. Dengan software ini, skor yang dicetak vivo V17 Pro mencapai 1091 untuk Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1 dan 1167 poin untuk Sling Shot Extreme – Vulkan.

Satu catatan positif dari vivo V17 Pro juga datang datang dari sektor penyuplai daya. Diketahui bahwa smartphone ini dibekali baterai 4.100 mAh yang telah didukung teknologi Dual-Engine Fast Charging untuk pengisian daya yang lebih cepat dan aman. Menariknya lagi, baik untuk pengisian daya ataupun transfer data, vivo V17 Pro ternyata sudah dilengkapi dengan port USB-C.

Kesimpulan

Hampir semua fitur kekinian yang diharapkan ada pada sebuah smartphone tersaji di vivo V17 Pro. Desain smartphone ini tergolong elegan, ditambah fitur lain seperti AI Quad Camera 48MP, Dual Pop-up Selfie Camera 32MP, dan dukungan hardware mumpuni membuat vivo V17 Pro menjadi salah satu bintang di segmennya.

Jangan lupa, vivo V17 Pro juga sudah didukung dengan panel Super AMOLED yang membuat sensor sidik jari smartphone ini bisa tertanam di dalam layarnya. So, bagi Anda yang mungkin sedang mencari smartphone dengan sederet inovasi di dalamnya, vivo V17 Pro patut menjadi salah satu opsi menarik di rentang harganya. Setuju?

Anda juga bisa mendapatkan promo menarik, selama periode 23-30 September 2019 setiap pembelian V17 Pro akan mendapatkan paket penawaran XLSP Platinum 12/24 diskon hingga 90% khusus di XL Center, Erafone, Telesindo,Telering, Selular Shop, Fonelindo, Ok Shop, Sentra Ponsel, Point 2000, Felixindo, XL Center, Asia Jaya SBY, Las Vegas SBY, CW SBY, Apollo SBY, Meteor Malang, Hartono SBY.

Selain itu, dapatkan penawaran menarik Trade-In dengan vivo V17 Pro selama periode 23-30 September 2019 di platform JD.ID, 22 vivo offline store, dan website https://vivosmartphone.id/. Untuk setiap Trade-In dengan V17 Pro akan mendapatkan hadiah berupa benefit senilai Rp 500.000, asuransi senilai Rp 149.000 dan Premium vivo Backpack serta XL prepaid 12 GB. Syarat dan ketentuan berlaku.