pulsa-logo

Adu Realme 5 vs Samsung Galaxy A30: Bisakah Varian Terendah Mengimbangi?


PULSA

Senin, 30 September 2019 • 13:11

samsung a30, realme 5, adu performa,


Ketika Realme 5 diperkenalkan membawa harga yang relatif terjangkau, PULSA mencoba mencari padanannya dari vendor-vendor lain dan kami menemukan sejumlah opsi. Tapi ada yang menarik ketika masuk ke perbandingan spesifikasi.

Sebenarnya Realme 5 punya varian lain, yakni 3/64 GB dan 4/128 GB dengan harga masing-masing Rp 2.199.000 dan Rp 2.699.000, yang notabene hanya beda sedikit dengan produk  yang akan kita compare fiturnya di tulisan ini, Samsung Galaxy A30. Sekedar informasi, harga ponsel ini kini berada di angka Rp 2.795.000 di toko offline.

Tapi dari hasil review yang kami lakukan dalam beberapa edisi terakhir, terlihat bahwa varian Realme 5 yang kita miliki, yakni varian terendah dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB, memiliki performa yang bisa diadu dengan Samsung Galaxy A30 4/64GB.

Memang akan ada kelebihan dan kekurangannya. Dan seperi apa kelebihan masing-masing ponsel ini, yuk kita bahas bersama-sama.

Harga

Selepas masa flash sale, Realme 5 dijual dengan harga Rp 1.999.000. Dengan uang hanya 2 juta, kita bisa mendapatkan produk ponsel pintar yang bisa diandalkan untuk fotografi dengan 4 kamera utamanya, main game dan juga kebutuhan multimedia lain. Di sisi lain, Samsung Galaxy A30, yang mendekati angka 3 juta, memiliki RAM dan ROM yang lebih besar, menjadikan ruang penyimpanan yang lebih lega, dan menggunakan layar AMOLED yang secara tampilan akan memanjakan mata.


Desain

Realme 5 dan Samsung Galaxy A30 melakukan pendekatan berbeda untuk desainnya. Sama-sama menggunakan bahan plastik dengan lapisan glossy, keduanya diberi pewarnaan yang menarik.

Realme 5 terlihat sedikit lebih bongsor, karena lebih tebal dan lebih tinggi. Pewarnaan casing dibuat glossy dengan motif diamond cut atau kristal yang memberikan efek gemerlap saat dilihat dari sudut berbeda di bawah cahaya.

Samsung galaxy A30 yang lebih tipis dan ramping membawa pewarnaan yang sekilas polos monoton, tapi ketika dijatuhi cahaya seperti ada distorsi atau efek pembengkokan bayangan.

Ukuran Realme 5 yang sedikit lebih bongsor ini ternyata diakibatkan oleh besaran layar yang dibawa. Layar realme sedikit lebih lebar ketimbang milk A30. Di mana pada bagian atas layar, sama-sama menggunakan poni berukuran kecil, meskipun berbeda nama namun sebeanrnya adalh dua hal yang sama. realme menamainya dengan dew drop dan Samsung memberinya nama infinity-U.

Masih di bagian belakang, Samsung dan Realme sama-sama menyediakan pad sensor fingerprint yang diletakkan di posisi yag hampir sama. Yaitu bagian tengah, sedikit ke atas ponsel sehingga mudah diraih oleh jari saat digunakan dengan satu tangan.

Perbedaan yang mencolok tentu saja ada pada lebih banyak kamera yang hadir. Di bagian belakang ponsel Realme 5 terlihat 4 lensa dan satu titik flash yang merapa ke bagian kiri atas. Sementara di bagian yang sama, Samsung Galaxy A30 menyediakan 2 lensa dan 1 flash saja.

Perbedaan berikut ada pada tipe konektor yang dibawa. Di mana Realme 5 masih menggunakan colokan Micro USB, sementara Galaxy A30 menggunakan konektor USB Type-C.

Layar dan UI

Beralih ke bagian layar, Realme 5 yang memiliki layar tipe IPS LCD memberikan tone warna yang cerah dengan sudut pandang yang lebar. Seperti halnya layar LCD lain, nilai warna putihnya tinggi sehingga kecerahan atau highlightnya akan terasa apik. Salah satu sifat LCD adalah ketahanan atau durabilitas, dan ini adalah hal positif yang bisa otomatis kita dapatkan ketika memilik Realme 5.

Galaxy A30 melakukan pendekatan lain dengan menyematkan layar bertipe AMOLED. Layar jenis ini memiliki nilai kontras yang sangat tinggi. Kualitas warna hitamnya bagus, dan kerap diterjemahkan oleh mata sebagai: menyeruakkan warna. Seperti saat kita melihat hasil foto, akan tampak jelas jika backgroundnya hitam.

Perbedaaannya tidak berhenti sampai jenis layar. Realme 5 menggunakan layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1600 pixel, dengan aspect ratio 19.5 : 9. Dengan perlindungan corning Gorilla 3+, layar ponsel ini bisa bertahan dari benturan dan gesekan, lebih baik dari generasi Gorilla Glass sebelumnya.

Samsung Galaxy A30 membawa layar 6.4 inci resolusi FHD+ yakni 1080 x 2340 pixel dengan aspect ratio yang sama dengan Realme 5, yakni 19.5:9. Dengan demikian kepadatan pixelnya pun terlihat lebih baik. Layar ponsel ini pun telah dilindungi oleh kaca Gorilla 3.

Masing-masing vendor menggunakan UI yang telah dicustom. Realme 5 menggunakan Color OS terbaru 6.0 yang berbasis Android Pie 9.0, yang membuat tampilan ponsel terlihat lebih premium jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan. Color OS memberikan kenyamanan pengoperasian dan fitur-fitur menarik, semisal Smart Assistant yang hadir di bagian kanan layar utama. Dimana kita bisa menggeser layar kecil yang mengambang di atas home untuk membuka sejumlah shortcut bantuan.

Samsung Galaxy A30 membawa One UI versi 1.1 juga berbasis pada Android Pie 9. Merupakan penyederhanaan dari UI Samsung lawas sehingga tertampil lebih bersih ketimbang UI lawas dan terkesan to the point tanpa tambahan-tambahan yang membuat pusing penggunanya.

Hardware dan Performa

Sudah disebutkan bahwa dilihat dari spesifikasi teknis, Samsung Galaxy A30 tampak lebih baik dari Realme 5 varian yang kita miliki. Tetapi apa yang kami rasakan ketika melakukan komparasi ini, cukup mengejutkan.

Tadinya kami pikir kami akan membandingkannya dengan Realme 5 varian 4/128GB, namun melihat hasil benchmarking yang menunjukkan bahwa Realme 5 varian terendah ini bisa tampil lebih baik dari A30, kami mengurungkan niat dan Anda bisa menilainya sendiri dari tabel berikut ini.

Secara singkat kita bisa menyimpulkan bahwa kinerja SoC yang dibawa Realme 5, yakni Qualcomm Snapdragon 665 AIE dengan GPU Adreno 610 dan RAM 3 GB serta ROM 32 GB, memperlihatkan kinerja yang lebih baik untuk bermain game yang lebih nyaman, serta multitasking yang mumpuni.

Berikutnya di sisi besaran baterai yang dibawa, Realme 5 juga membawa kapasitas yang sedikit lebih baik yakni 5000 mAh. Dengan fitur-fitur pintar yang diciptakan untuk menghemat penggunaan daya, maka besaran kapasitas ini mampu membuat ponsel bertahan 1,5 hari dalam sekali pengecasan.

Samsung Galaxy A30 juga membawa kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4000 mAh, yang di atas kertas tidak terlalu beda performanya dengan Realme 5. Dengan penggunaan normnmal, kurang lebih ponsel bisa bertahan 1 sampai 1,5 hari dalam sekali pengecasan.

Kamera

Seperti yang telah disebutkan di bagian Desain, Realme 5 membawa 4 kamera utama dan 1 kamera selfie. Artinya Realme memberikan lebih banyak opsi dibandingkan Dua kamera utama dan 1 kamera selfie milik Samsung Galaxy A30. Lalu bagaimana dengan kinerjanya?

Dari sisi pilihan pemotretan, Realme 5 memiliki keuntungan dengan hadirnya lebih banyak kamera ini. Semisal dengan hadirnya kamera super makro, realme 5 juga bisa digunakan untuk memotret gambar secara detil dari jarak dekat.

Konfigurasi kamera utama Realme bisa digambarkan sebagai berikut. Satu lensa utama realme 5 berkekuatan 12 MP. Kamera ini didukung bukaan lensa besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25μm, yang mampu mengatur cahaya masuk lebih banyak untuk menghasilkan jepretan foto lebih jernih juga lebih cerah.

Kedua realme 5 juga punya lensa Ultra Wide Angle 8 MP dengan aperture f/2.25 dan sudut bidikan ultra-lebar yang mencapai 119 derajat. Ketiga, ada lensa super makro 2 MP dengan aperture f/2.4 dan piksel 1,75 μm. Panjang fokus lensa ini maksimal 4 cm. Dan terakhir adalah kamera Portrait berkekuatan 2 MP. Lensa depth sensor ini dibekali sistem filter tambahan untuk mendeteksi warna hitam dan putih (monokrom). Hasil foto akan terlihat retro, dan tampil keren dengan tambahan efek bokeh.

Sementara itu di Samsung A30 ada dua kamera. Kamera utama 16MP dengan bukaan lensa F/1.7 dan sensor pendamping 5MP lensa ultrawide (12mm) dengan aperture F/2.2.

Artinya, keduanya menjanjikan untuk foto low light. Samsung A30 memiliki bukaan lensa yang lebih besar, yakni f/1.7, sementara realme 5 f/1.8. Dengan demikian kita bisa berharap banyak pada lensa utama kedua ponsel ini, meskipun berbeda, perbedaannya tergolong sangat kecil. Selebihnya akan menjadi tugas imaging chipset masing-masing ponsel yang sudah barang tentu akan memperlihatkan kecenderungan yang berbeda.

Dari sisi kualitas, saya bisa mengatakan bahwa keduanya sama-sama kuat. Menghasilkan gambar dengan tone berbeda. Dimana realme mampu memperlihatkan gambar yang cerah sesuai warna asli, sementara Samsung melakukan prosesing yang membuat hasil foto terlihat dramatis, cenderung mengurangi highlight. Satu hal yang menarik, saat kita berganti dari lensa biasa ke lensa wide screen Samsung, warna yang dihasilkan lebih mencolok dan jika diarahkan ke cahaya menimbulkan efek garis lurus diagonal. Silakan simak hasil-hasil foto berikut ini, untuk membandingkan dan memilih hasil foto siapa yang lebih cederung Anda sukai. Hasil foto ponsel ini juga bisa ANda lihat di LINK ini.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih tinggi, Samsung Galaxy A30 menyediakan layar yang lebih baik, serta spek hardware yang menjanjikan di atas kertas. Namun dengan merogoh kocek yang lebih ringan, Anda bisa mendapatkan realme 5 varian terendah dengan performa hardware yang lebih baik untuk bermain game dan multitasking. Sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan saat melakukan mobile photography, mampu berbagi gambar yang apik di sosial media Anda. Tapi seperti biasa, pilihan tetap ada di tangan Anda. (@halusanusi)