pulsa-logo

Kesan Pertama Menjajal Redmi Note 8 Pro


PULSA

Kamis, 17 Oktober 2019 • 19:06

redmi,redmi note,redmi note 8,redmi note 8 pro,


Redmi Note 8 ProRedmi Note 8 Pro

Xiaomi Indonesia baru saja melepas Redmi Note 8 Pro. Ini mungkin produk yang paling ditunggu-tunggu oleh Mi Fans. Maklum, tahun ini Xiaomi tak begitu gencar menggelontorkan produknya di Tanah Air.  Xiaomi Indonesia sendiri tampaknya masih konsisten dengan Redmi untuk pasar Indonesia. Sementara Redmi Note 8 ini adalah produk kedua seri Note setelah Redmi Note 7 dikenalkan beberapa bulan silam.

Yups, Redmi memang memboyong dua varian Redmi Note terbaru, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Nah, untuk kali ini kami akan berbagi pengalaman singkat ketika menjajal Redmi Note 8 Pro.

Disain

Disain Redmi Note 8 Pro ini tampak seperti smartphone-smartphone terbaru kelas menengah kebanyakan. Ciri yang paling umum adalah ada notch atau poni dot drop atau tetesan embun untuk menampung kamera selfie 20 megapiksel.  Layar Redmi Note 8 Pro ini memiliki bentang 6,53 inci dengan aspek rasio 19.5:9. Jenis layarnya masih menggunakan tipe LCD dengan 1080x2340 piksel dan layar ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian bekalang, ada setup empat kamera yang masing-masing terdiri dari sensor 64 megapiksel f/1.9 sebagai penembak utama, 8 megapiksel untuk ultra wide atau sudut lebar, kamera macro 2 megapiksel f/2.4 dan 2 megapiksel untuk mendukung depth of field atau kedalaman.

Sementara panel bodi belakang Redmi Note 8 Pro masih menggunakan bahan plastik.dan unit yang kami uji ini berwarna abu-abu. Efek kilauan dari bodi Redmi Note 8 Pro ini karena lapisan kaca yang sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian bawah ada lubang charger yang sudah menggunakan type-C , dan juga ada lubang speaker. Sementara di bagian atas terlihat sensor infrared untuk mendukung fitur remote perangkat elektronik. Selebihnya letak tombol volume rocker dan slot SIM tidak berubah, ada di sisi kanan dan kiri.


Begitu digenggam, bobotnya terasa lebih berat dan agak sedikit lebih tebal, ini karena Redmi Note 8 Pro mengusung baterai besar 4500 mAh.  Jadi masih bisa dimaklumi.

Kamera

Kamera Redmi Note 8 proKamera Redmi Note 8 pro

Redmi Note 8 Pro bisa disebut sebagai smartphone yang pertama hadir di Indonesia dengan 64 megapiksel. Sensor yang digunakan adalah sepertinya kepunyaan Samsung ISOCELL terbaru. Seperti yang sudah kami singgung tadi, setup empat kamera utama tentu menjadi keuntungan bagi pengguna.  Dengan empat kamera, Anda bisa menikmati pemotretan untuk mengambil sudut gambar yang lebar, menangkap foto makro yang lebih baik dan juga mode portrait atau bokeh.

Menu untuk foto juga terbilang lengkap, terrmasuk diantaranya mode Pro, mode malam, makro, dan moe khusus pengambilan gambar 64 megapiksel. Kemampuan kamera Redmi Note 8 Pro ini juga ditopang dengan teknologi Artificial Intelligent (AI) untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dengan pengenalan objek dan lingkungan.

Hasil Foto 64 MPHasil Foto 64 MP

Kamera depan Redmi Note 8 Pro ikut ditingkatkan dengan sensor 20 megapiksel. Sekarang, untuk merekam video dengan kamera depan, ada fitur noise cancelling. Kamera depan ini juga bisa difungsikan sebag pengenal wajah untk fiturFace Unlock.

Hasil foto makroHasil foto makro

Fitur video-nya pun tak kalah canggih. Anda bisa merekam video slow- hingga 960fps, time lapse dan ikut dengan dukungan penyetabil gambar gyro-EIS. Untuk hasil kamera yang lebih detail, nantikan review kami berikutnya.  Tapi, disini kami sudah menyiapkan beberapa contoh hasil foto Redmi Note 8 Pro.

Performa

Skor AnTuTu Redmi Note 8 ProSkor AnTuTu Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro ditawakan dalam dua varian, Anda bisa memilih versi RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB atau RAM 6 GB penyimpanan 128 GB dan menjankan OS Android Pie yang dibalut dengan antarmuka MIUI 10 terbaru.

Mungkin yang membuat Anda cukup penasaran adalah bagaimana kinerja Redmi Note 8 Pro yang ternyata dilengkapi dengan SoC besutan Mediatek yakni Helio G90T. Jeroan Helio G90T ini terdiri dari CPU Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali G-76 MC4.

Sekedar informasi, Helio G90T ini sejatinya SoC terbaru Mediatek yang dikemas untuk menopang kinerja smartphone dalam menjalankan permainan atau game. Di atas kertas, kinerja Helio G90T ini mengungguli Snapdragon 730G. Berdasarkan hasil benchmark yang kami lakukan dengan Antutu, Helio G90T terbukti bisa mencapai skor 222.000-an.

Memainkan Game PUBG pada setingah tertinggiMemainkan Game PUBG pada setingah tertinggi

Helio G90T juga diklaim lebih efisien dalam penggunaan baterai. Meski begitu, Redmi Note 8 Pro ini juga dilengkapi baterai besar 4500 mAh. Dengan begitu akan lebih memanjakan penggunanya dalam menjalankan berbagi fitur di dalamnya.  Belum lagi, ada fitur liquid cooling yang menjaga perangkat tetap adem yang bikin betah memainkan game berlama-lama.

Kami juga telah menguji dengan memainkan game PUBG dengan setingan high, dan tetap bisa dijalankan dengan lancar. Jadi ini sangat cocok bagi Anda yang mencari perangkat untuk memainkan game yang lebih smooth dengan 60 fps.

Fitur Tambahan

Buat Anda yang mempertimbangkan Redmi Note 8 Pro sebagai daily driver, ada beberapa fitur tambahan yang juga menarik. Misalnya saja ketersediaan NFC, dimana fitur ini kini diperlukan sebagian orang khususnya mereka yang sering menggunakan e-wallet atau kartu prabayar.

Paket penjualan termasuk fast chargerPaket penjualan termasuk fast charger

Redmi Note 8 Pro pun masih diperlengkap dengan fitur remote control yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat elektronik.  Satu lagi, Redmi Note 8 Pro ini sudah dibekali dengan fitur fast charging dan sudah dipaketkan dengan charger yang mendukungnya. (*)

Catatan: hasil foto yang kami tampilkan sudah melalui proses editing untuk disesuaikan dalam format web