pulsa-logo

Adu Fitur realme XT vs vivo V17 Pro: Bidik Milenial, Siapa Lebih Maksimal?


Fauzi

Senin, 28 Oktober 2019 • 22:30

realme, vivo, adu fitur, compare,


Kalangan milenial menjadi target pasar yang empuk bagi para produsen smartphone. Faktanya, tidak sedikit smartphone yang dihadirkan seolah membawa ‘misi khusus’ agar diminati generasi muda. Mulai dari desain, spesifikasi, dan fiturnya pun nampak sudah disesuaikan untuk menjawab keinginan para milenial.

Sejatinya smartphone dengan target pasar anak muda, bertebaran dan mudah ditemui di pasaran. Kendati demikian, redaksi PULSA merasa tertarik untuk membahas dua di antaranya, yakni realme XT dan vivo V17 Pro. Seperti apa perbandingan dua smartphone tersebut, silakan disimak uraian berikut.

Desain

realme XT: Dimensi 158 × 75,2 × 8,6 mm/183 gram

Vivo V17 Pro: 159,0 x 74,7 x 9,8 mm/201 gram

Dalam hal tampilan bodi, racikan kedua smartphone ini bisa dikatakan sudah sejalan dengan tren yang ada. Kendati demikian, kedua smartphone ini menampilkan perspektif berbeda. realme XT, smartphone ini ditawarkan dengan dua varian warna, yakni Pearl White dan Pearl Blue. Pun dengan vivo V17 Pro yang juga datang dengan jumlah varian yang sama, masing-masing warna Satin White dan Satin Black.


Dari segi bentuknya realme XT dikemas dengan desain kaca Curved 3D Light-flowing yang menggabungkan elemen-elemen pada 3D hot bending Gorilla Glass 5 untuk desain visual yang elegan dan menarik. realme XT sendiri merupakan perangkat pertama realme yang datang dengan racikan dual-glass dilapisi pelindung Gorilla Glass 5.

Di bagian depan, terlihat panel layar Super AMOLED berukuran 6.4 inci dengan notch mini drop yang dikelilingi area bezel yang cukup tipis. Sementara bagian belakang smartphone disajikan sapuan warna pearl white yang sangat anggun. Di mana pancaran warnanya lebih didominasi putih yang nampak dikombinasikan dengan lapisan tambahan yang memantulkan cahaya sehingga warna seolah berubah tergantung dari sudut mana kita melihatnya.Panel belakang realme XT dikemas dengan area sisi melengkung, membuatnya tidak hanya elegan tapi nyaman digenggam.

Adapun vivo V17 Pro, dari sisi tampilan juga tidak kalah elegan. Di bagian depan, kita disajikan panel layar yang membentang cukup lapang tanpa ada poni maupun lubang di bagian atasnya. Hal ini lantaran Vivo V17 Pro sudah mengadopsi kamera selfie pop-up, sehingga penempatan sensor kamera depan tidak lagi di sekitar layar. Panel belakang vivo V17 Pro juga diracik sedemikian rupa sehingga nampak kinclong dengan sapuan warna satin black yang elegan. Panel belakang vivo V17 Pro dikemas dengan bahan plastik.

Berbeda sedikit dengan realme XT yang memiliki layar berasio 19,5:9, layar vivo V17 Pro yang berdiagonal 6.44 inci juga disajikan memanjang dengan rasio 20:9. Area bezel di setiap sisi vivo V17 Pro terlihat tipis sehingga menghadirkan tampilan tanpa batas. Jadi, meski ukuran layar vivo V17 Pro relatif besar, namun secara keseluruhan dimensi smartphone ini masih cukup ramping, sehingga nyaman untuk digenggam dan diakses dengan satu tangan.

Meski menyuguhkan sentuhan berbeda satu sama lain, baik realme XT dan vivo V17 Pro dikemas dengan bodi solid dan sangat baik dari sisi build quality-nya. Pun dari sisi estetika, keduanya bisa dibilang membawa kelebihannya masing-masing.

 

Display

realme XT: 6.4 inci, 2340 x 1080 piksel, 402 ppi, 19,5:9 ratio, screen-to-body ratio 91.9%, mini drop screen, Corning Gorilla Glass 5, Night mode

Vivo V17 Pro: 6.44 inci, 1080 x 2440 pixels, 20:9 ratio (~414 ppi density); Super AMOLED, 16M colors

Kalau ditilik dari ukurannya, baik realme XT dan vivo V17 Pro memiliki layar dengan diagonal yang hampir setara, selisih ukurannya bisa dibilang sangat kecil, yakni 6.4 inci milik realme XT berbanding 6.44 milik vivo V17 Pro. Juga dengan resolusinya, baik realme XT maupun vivo V17 Pro juga tidak berbeda jauh, sama-sama Full HD+.

realme XT tampil dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan mampu menyajikan konten dengan kepadatan 402 ppi. Sedangkan vivo V17 Pro dengan resolusi 1080 x 2440 piksel, dari sisi kepadatannya menjadi sedikit lebih padat dengan 414 ppi.

Jenis layar yang digunakannya juga demikian, di mana keduanya sudah mengusung teknologi Super AMOLED. Sehingga, baik realme XT maupun vivo V17 Pro mampu menawarkan pengalaman yang sama sesuai dengan kelebihan yang ditawarkan oleh jenis panel layar yang diusungnya. Termasuk kelebihannya untuk dapat ditanamkan sensor sidik jari. Dalam hal ini kedua vendor pun sama-sama memanfaatkan kelebihan panel Super AMOLED dengan mengadopsi sensor sidik jari di layarnya.

Untuk proteksi, layar realme XT telah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Berbeda dengan vivo V17 Pro, yang dalam hal ini sedikit lebih kekinian, di mana layarnya dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Sama-sama memiliki layar luas, baik realme XT maupun vivo V17 Pro menawarkan pengalaman pengguna yang sangat baik. Hanya saja vivo V17 Pro yang telah mengadopsi fitur kamera selfie pop-up, membuat tampilan layarnya ‘bersih’ alias tanpa memiliki lubang maupun notch (poni) di atasnya. Sedangkan realme XT, terlihat masih memiliki notch ala tetesan embun sebagai tempat sensor kamera selfie berada.

 

OS dan Antarmuka

realme XT: Android 9.0 Pie + ColorOS 6.0

Vivo V17 Pro: Android 9.0 Pie + Funtouch 9.1

Dengan sistem operasi yang sama, dalam hal pengalaman pengguna realme XT dan vivo V17 Pro dibedakan dengan unsur pemoles berupa antarmuka pengguna khas pabrikan masing-masing. realme XT yang mengusung Android 9.1 Pie dipermanis dengan ColorOS 6.0 di atasnya. Adapun vivo V17 Pro, menjalankan Funtouch 9.1 di atas sistem operasi Android 9.1 Pie.

Secara umum, baik realme XT dan vivo V17 Pro dari sisi pengalaman pengguna yang ditawarkan sudah cukup simpel. Masing-masing juga sudah tampil segar dengan ciri khas yang dibawanya.

Perbedaan secara signifikan baru terlihat ketika membahas fitur yang dibawa. Di realme XT kita akan menemui fasilitas bernama Smart Service yang di dalamnya tercakup fitur antara lain Smart Driving dan Smart Assistant. Fitur Smart Driving sejatinya adalah sebuah sistem yang akan secara otomatis mengetahui ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit.

Di realme XT kita juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti App Management, Clone Apps, Game Space, dan App Split-Screen. Sedikit mengenai Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka main game, di mana dengannya pengguna dimungkinkan untuk memilih notifikasi apa saja yang diabaikan ketika sedang bermain game.

Ada juga fitur menarik lain realme XT, yakni Smart Sidebar. Dengan fasilitas Smart Sidebar ini kita bisa menampilkan shortcut untuk kamera, screenshot/screen recorder, messages, Facebook atau aplikasi lain termasuk game. Yang menarik dari fitur ini adalah kita tetap bisa mengatur ikon aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan. Tidak ketinggalan realme XT juga sudah menyematkan fitur HyperBoost 2.0 dengan menghadirkan Game Boost 2.0 baru, menampilkan Frame Boost dan Touch Boost untuk menurunkan latensi game hingga 73,7%.

Selain itu, UFS 2.1 Flash Storage memungkinkan Anda memuat dan memainkan game dengan lancar. Pengguna dapat menyimpan semua game ke dalam Game Space dan menikmati pengalaman gaming yang lebih mendalam. Sementara mode Do-Not-Disturb dan pop-up semi-transparan dapat membantu menghindari gangguan apa pun.

Fasilitas lain yang juga cukup menarik adalah Google Digital Wellbeing. Dengan fasilitas ini kita dimungkinkan untuk melacak aplikasi yang kita gunakan dan menemukan keseimbangan yang paling sesuai.

Sementara Funtouch 9.1 yang diadopsi vivo V17 Pro, menyuguhkan fasilitas bernama Jovi Image Recognizer, dengan fitur ini kita dimungkinkan untuk mengakses berbagai platform e-commerce untuk melakukan pencarian melalui database yang mencakup lebih dari setengah miliar produk. Fungsi ini bisa dimunculkan dengan cepat melalui Smart Button yang ada di sisi kiri bodi, cukup dengan menekannya dua kali. Jovi Image Recognizer juga terintegrasi dengan fungsi kamera.

Funtouch 9.1 juga menyajikan fasilitas lain bernama Smart motion, Smart mirroring, Smart split, mode One-handed, S-capture yang berguna untuk meng-capture sekaligus merekam tampilan layar, smart click yang bisa memfungsikan tombol volume untuk membuka beragam fitur dan App Clone yang sanggup mengkloning aplikasi.

Adapun bagi yang suka gaming di smartphone ini juga terdapat fitur Game Cube yang telah ditingkatkan kemampuannya. Salah satunya adalah fitur game picture in picture di mana saat bermain game, pengguna juga bisa membalas pesan yang masuk. Tidak ketinggalan di Funtouch 9.1 juga terdapat fitur bernama Motorbike Mode.

 

Kamera

realme XT: Belakang: 64MP (f/1.8) 10x digital zoom + 8MP f/2.25 (wide-angle) Super Nightscape + 2MP f/2.4 (portrait) + 2MP f/2.4 (Macro); Depan: 16MP f/2.0 Sony IMX471, 79° wide angle, 5p lens, EIS video

Vivo V17 Pro: Belakang: 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.2 (wide-angle) + 2 MP B/W, f/2.4 + 2 MP f/2.4 (depth sensor), Video: 1080p@30fps (gyro-EIS); Depan: 32 MP f/2.0 + 8 MP f/2.4

Masuk ke segmen menengah dan membidik kalangan pengguna milenial, kamera menjadi salah satu fitur yang dikedepankan, baik oleh realme XT maupun vivo V17 Pro. Dalam hal ini keduanya juga sudah menyuguhkan fitur kamera sesuai dengan perkembangan yang ada.

realme XT, umpamanya, guna menjawab kebutuhan penggunanya akan fitur fotografi mumpuni, smartphone ini sudah menawarkan fitur quad-camera dengan sensor utama beresolusi 64 MP f/1.8. Disebutkan bahwa sensor 1/1.72" GW1 64MP ultra-besar, 34% lebih besar dari sensor 48MP dan fitur binning piksel cerdas 4-in-1, aperture besar f/1.8. Dengan kata lain, selain menghasilkan gambar yang besar, kamera ini di atas kertas mampu menghasilkan gambar yang lebih padat, sehingga tidak pecah saat dicrop secara ekstrim.

Selain sensor utama, realme XT juga memiliki tiga sensor lainnya, masing-masing  8MP f/2.25 (wide-angle) support Super Nightscape; 2MP f/2.4 (portrait); dan 2MP f/2.4 (Macro). Kamera ultra wide-angle yang memiliki resolusi 8 MP memiliki bidang pandang 119 derajat dengan besaran hingga 50% lebih luas dari ukuran normal, dan mesin DLDC realme dengan cerdas mengoreksi distorsi pada bagian tepi.

Sementara lensa ultra macro 2 MP f/2.4 memungkinkan pengguna untuk menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Pun untuk mengambil foto dengan efek bokeh, hal itu bisa dilakukan berkat adanya sensor 2 MP f/2.4 yang dikhususkan untuk tugas tersebut.

Vivo V17 Pro, juga nampak demikian, untuk memanjakan penggunanya dalam urusan jepret-menjepret momen smartphone datang mengusung fitur AI Quad Camera yang memiliki lensa utama beresolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8. Tidak hanya resolusinya saja yang tinggi, AI Quad Camera 48 MP yang tertanam di vivo V17 Pro juga sudah didukung dengan fitur Super Night Mode untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam meski di pencahayaan yang minim atau malam hari.

Turut menemani lensa utamanya, masih ada tiga lensa yang tertancap di bagian belakang Vivo V17 Pro. Masing-masing memiliki resolusi 8 MP f/2.2 (ultrawide) + 2 MP B/W, f/2.4 + 2 MP f/2.4 (depth sensor).

Bila di bagian belakang, kedua smartphone sama-sama membawa sensor quad-camera, dengan perbedaan signifikan terletak pada resolusi sensor utamanya di mana realme XT lebih besar dengan 64 MP berbanding 48 MP milik vivo V17 Pro. Hal berbeda tersaji untuk kamera selfie yang disediakan. Dalam hal ini realme XT menancapkan kamera depan beresolusi 16 MP Sony IMX471 dengan aperture f/2.0. Salah satu kemampuan yang dimiliki kamera depan realme XT adalah pengambilan gambar sudut lebar hingga 79 derajat dan memiliki fitur EIS video.

Sementara untuk pengambilan foto di area minim cahaya, realme XT dibekali fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan. Tidak ketinggalan, kamera depan realme XT juga sudah menyematkan mode beautification dengan pengaturan AI. Selain itu, ada juga mode portrait untuk mengambil foto bokeh, PANO dan Time-Lapse.

Untuk urusan selfie, vivo V17 Pro nampaknya berada di atas angin. Pasalnya, smartphone ini sudah memboyong fitur Dual Pop-Up Selfie Camera beresolusi 32 MP f/2.0 + 8 MP f/2.4 (depth sensor). Jujur saja, kecuali resolusinya yang tinggi, kamera dengan berkonsep pop-up juga memiliki daya tarik tersendiri.

 

Hardware

realme XT: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), Qualcomm Snapdragon 712 AIE, Adreno 616; RAM 4/8GB; memori internal 128GB; Baterai: 4000 mAh VOOC Flash Charge 3.0 20W, 5V4A

Vivo V17 Pro: Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver); Qualcomm SDM675 Snapdragon 675; GPU Adreno 612; RAM 8 GB; memori internal 128GB; Baterai: 5000 mAh

Bila spesifikasi hardware jadi acuan dalam memilih smartphone idaman. Tidak diragukan lagi, di segmen yang dibidiknya, kedua smartphone sudah menyuguhkan spesifikasi hardware mumpuni. Hanya saja bila dilihat lebih dalam, tentu perbedaan tetap tersaji di antara keduanya.

Diketahui untuk urusan performa realme XT dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Chipset ini dibuat dengan proses pabrikasi 10 nm dan menawarkan konfigurasi Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver) dipadukan pengolah grafis GPU Adreno 616. Secara keseluruhan kinerja Snapdragon 712 AIE telah mengalami peningkatan hingga 10%. Sementara peningkatakan kinerja grafisnya sudah mencapai 35% bila dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, mesin AI 3.0 sangat meningkatkan efisiensi dalam pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan optimisasi.

Sementara vivo V17 Pro didukung dengan prosesor yang juga dari kelas menengah milik Qualcomm, yakni Snapdragon 675. Chipset ini dibuat dengan proses pabrikasi 11 nm dan menawarkan konfigurasi Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver) dan pengolah grafis GPU Adreno 612.

Dengan dukungan spesifikasi hardware yang demikian, kedua smartphone mampu memberikan performa apik ketika digunakan untuk melakukan sejumlah aktivitas, termasuk bermain game. Hanya saja, untuk melihat secara angka, kami pun telah melakukan serangkaian uji benchmark. Berdasarkan  uji benchmark menggunakan AnTuTu, skor realme XT ada di kisaran angka 179192, berbanding tipis dengan vivo V17 Pro yang skornya mencapai 179134 poin.

Adapun ketika diuji menggunakan software Geekbench skor realme XT ada di kisaran 1010 berbanding 431 milik vivo V17 Pro dalam uji single-core. Adapun pada uji multi-core, skor realme XT berada di posisi 4477 berbanding 1469 milik vivo V17 Pro.

Bagaimana dengan spesifikasi penyuplai dayanya. Bisa dikatakan untuk urusan yang satu ini, kedua smartphone sudah dibekali baterai dengan kapasitas besar yang disokong pula dengan teknologi fast charging. Baterai realme XT memiliki kapasitas 4000 mAh yang dii dalam paket penjualannya sudah dibekali adapter 20W VOOC Flash Charge 3.0.

Sementara vivo V17 Pro juga datang datang dengan daya besar, yakni 4.100 mAh yang telah didukung teknologi Dual-Engine Fast Charging. 

Untuk pengisian daya ataupun transfer data, baik realme XT maupun vivo V17 Pro ternyata sudah dilengkapi dengan port USB-C.

 

Kesimpulan

Masih bingung pilih yang mana? Bisa dikatakan kedua smartphone sudah datang dengan banyak unsur menarik dan kekinian. Beberapa di antaranya, termasuk display Super AMOLED, sensor sidik jari di layar, quad-camera dengan resolusi tinggi dan desain elegan. Jadi, tinggal disesuaikan saja.

 

Bagi yang sedang mencari smartphone quad-camera dengan fitur dual-camera selfie pop-up yang menjadi fitur jagoannya, Anda bisa meminang vivo V17 Pro. Sebagai bonus, fitur quad-camera dan sensor sidik jari di layar Super Amoled-nya juga dapat diandalkan. Hanya saja untuk menebusnya, Anda harus menyiapkan uang lebih banyak.

 

Sementara Anda yang membutuhkan resolusi kamera belakang lebih tinggi 64MP, yang juga membawa layar Super AMOLED dan sensor sidik jari di layar, Anda bisa memilih realme XT. Sebagai bonus, produk ini memiliki teknologi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 Watt, harga sedikit lebih murah dan telah mengusung chipset Snapdragon 712 AIE yang terkenal hemat daya.