pulsa-logo

Test Performa Gaming Redmi Note 8: RAM 6 GB dan Snapdragon 665 Bikin Ngacir


PULSA

Rabu, 30 Oktober 2019 • 17:21

redmi note 8,review redmi note 8,performa redmi note 8,harga redmi note 8


Redmi Note 8 Redmi Note 8

Redmi Note 8 sukses mengguyur pasar smartphone Indonesia. Flash sale tahap pertama ludes terjual di platform online maupun offline. Dengan harga menarik, Redmi Note 8 memang mudah untuk menggaet pasar anak muda. Salah satu yang paling menonjol adalah soal performa.

Redmi Note 8 hadir dengan berbagai varian, mulai dari RAM 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/128GB. Harganya juga cukup menarik dan termasuk yang paling murah di kelasnya. Berikut daftarnya:

-    Varian RAM 3GB + penyimpanan 32GB, harga flash sale Rp1.999.000

-    Varian RAM 4GB + penyimpanan 64GB, harga flash sale Rp2.199.000

-    Varian RAM 6GB + penyimpanan 128GB, harga flash sale Rp2.799.000

Pada rentang harga yang sama, performa Redmi Note 8 ini bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya. Beberapa smartphone dengan chipset yang sama bahkan dijual lebih mahal di pasar Indonesia. Nah berikut keunggulan performa Redmi Note 8.

1. Dibekali Snapdragon 665


Snapdragon 665 menjadi pilihan yang tepat di rentang harga Rp2 jutaan. Chipset ini memiliki CPU octa core dengan kecepatan yang bisa dikunci hingga 2.0 GHz. Teknologi prosesnya menggunakan 11nm yang di atas kertas akan lebih efisien.

Snapdragon 665 ini menawarkan peningkatan kinerja sebanyak 15% dan efisiensi energi 14% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sementara itu, GPU Adreno 610 yang ada di dalamnya mampu mendukung aplikasi atau game dengan grafis bagus.

Selain itu, Snapdragon 665 ini juga mendukung konfigurasi quad-camera dengan resolusi kamera utamanya 48MP. Soal konektivitas, di dalam Snapdragon 665 terdapat modem berkecepatan tinggi Snapdragon X12 LTE yang mampu menghadirkan kecepatan download hingga 600 Mbps dan kecepatan upload hingga 150 Mbps.

2. Pilihan hingga RAM 6GB dan Penyimpanan 128GB

Seperti yang kami ungkap di atas, Redmi Note 8 memiliki varian yang lumayan komplit, yang pasti Anda bisa mendapatkan smartphone bertenaga RAM 6GB di rentang harga Rp2 jutaan. Pilihan yang masih cukup jarang di pasaran. Begitu juga dengan kapasitas penyimpanan, pilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu kami informasikan bahwa unit yang kami uji ini adalah varian RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Kami sempat menguji Redmi Note 8 ini dengan aplikasi benchmarking AnTuTu versi 8.0 dan hasilnya bisa menembus skor 171 ribuan.

benchmarkbenchmark

Hasil skor benchmarking ini hampir setara dengan smartphone Snapdragon 712 dengan RAM 8GB yang ada di pasar Indonesia.  Sementara untuk pengujian dengan menggunakan aplikasi 3Dmark, Redmi Note 8 berhasil mencapai skor 1110.

Kinerja Redmi Note 8 secara keseluruhan ditopang dengan baterai berdaya tampung 4.000 mAh. Dengan besarnya kapasitas ini, kinerja yang powerful, termasuk dalam menjalankan game, bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama.

3. Lancar Memainkan Game PUBG dan Aspalt

PUBG Mobile dan Aspalt Legend sepertinya sudah mewakili performa game yang kompleks untuk kategori mobile. Pada saat kami menguji Redmi Note 8 pada game tersebut hasilnya lancar-lancar saja. Hampir tak ada leg berarti. Asalkan koneksi Internet yang Anda gunakan juga mendukung.

Main PUBG dan Aspalt Main PUBG dan Aspalt

Tapi ingat, Redmi Note 8 ini memang belum mendukung settingan grafis HD ketika memainkan PUBG Mobile. Setidaknya untuk saat ini, karena ketika kami pilih, statusnya masih “akan datang”. Tapi untuk pilihan “Medium”, Redmi Note 8 sangat nyaman.

baterai 4000 mAhbaterai 4000 mAh

Untuk pengujian pada Game Aspalt Legend, kami juga menguji settingan grafis “kualitas tinggi”, memang muncul peringatan bahwa kemungkinan perangkat ini tidak mendukung dan akan menyebabkan aplikasi tertutup dengan sendirinya. Tapi selama memainkan pada settingan tinggi, Redmi Note 8 tak mengalami masalah dan berjalan cukup lancar. Hasilnya mungkin bisa berbeda jika perangkat Redmi Note 8 yang Anda gunakan adalah varian RAM 3GB atau RAM 4GB.

Kesimpulan

Harga Redmi Note 8 dengan berbagai pilihan RAM dan dengan banderol yang cukup terjangkau, cocok buat Anda penyuka game-game mobile seperti PUBG, CoD, Mobile Legend, atau AoV dan lain sebagainya. Kapasitas baterai 4.000 mAh sudah sangat cukup untuk menjalankan berbagai fitur. Tapi, jika masih dirasa kurang ‘nendang’, Anda bisa mendapatkan Redmi Note 8 Pro yang punya power dan kapasitas baterai yang lebih besar, setup quad-camera dengan kamera utama terbesar 64MP, namun dengan banderol harga yang lebih terjangkau ketimbang pesaingnya. (*)