pulsa-logo

Review Redmi 8, Pilihan Menarik Smartphone di Bawah Rp2 Juta


PULSA

Selasa, 17 Desember 2019 • 13:42

review,review redmi,review redmi 8,smartphone di bawah 2 jutaan,fitur redmi 8


Redmi 8Redmi 8

Xiaomi Indonesia akhirnya ikut memboyong seri Redmi 8 dan Redmi 8A ke tanah air. Kedua smartphone ini melengkapi jajaran seri 8 Redmi yang sudah lebih dulu eksis. Redmi 8 dan Redmi 8A bisa dikatakan seri paling terjangkau dari iini produk seri 8 Redmi.

Dibanding dengan pendahulunya, tampaknya strategi Redmi sedikit berubah. Ini bisa dilihat dari pengguunaan chipset yang sama antara Redmi 8 dan Redmi 8A.  Kendati demikian, Redmi 8 kini punya varian RAM 4GB dan 64 GB penyimpanan. Dengan harga di bawah Rp2 jutaan, Redmi 8 dengan RAM 4GB ini menjadi lebih menarik.

Nah, kali ini kami akan ulas lebih jauh soal Redmi 8 varian 4 GB. Seperti biasa, Review kami mulai dari sisi penampilannya.

Disain

Bagian belakang Redmi 8Bagian belakang Redmi 8

Tampang Redmi 8 sekilas tak jauh berbeda dengan pendahulunya terutama pada bagian depan atau bagian layar yang masih senada dengan notch kecil di bagian atas untuk menampung kamera depan.

Ukuran layar Redmi 8 sebesar 6,22 inci dengan resolusi 720 x 1520 pixels. Menariknya, layar Redmi 8 punya pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang kebanyakan digunakan untuk smartphone kelas menengah-atas.


Dari ukuran bodi secara keseluruhan, Redmi 8 memang lebih tebal. Redmi 8 punya dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm, dibanding Redmi 7 yang dimensinya 158.7 x 75.6 x 8.5 mm. Soal bobot, Redmi 8 juga lebih berat beberapa gram ketimbang Redmi 7, 188g vs 180g.

Nah perbedaan bobot dan dimensi Redmi 8 ini bukan tanpa sebab. Sekarang Redmi 8 mengusung baterai super besar 5000 mAh dibanding Redmi 7 yang hanya memiliki daya tamping 4000 mAh. Jadi dari segi fisik, tentu akan berpengaruh.

lubang charget USB-type-Clubang charget USB-type-C

Beralih ke bagian belakang, susunan dual kamera Redmi 8 berada di tengah, dilengkapi dengan flash light di atasnya dan ada pemindai sidik jari di bawah kamera. Merek Redmi tempampang dengan jelas dengan posisi vertical dan ada tulisan “designed by xiaomi” yang membentang di bagian bawahnya.

Bodi Redmi 8 terlihat cantik dengan warna glossy di sekujur tubuhnya. Unit yang kami review ini adalah varian warna Sapphire Blue. Ada dua pilihan warna lain yang dtawarkan yakni Onyx Black dan Red Ruby.

Di bagian pinggir kanan dan kiri ada lekukan (curve) 3D yang membuat Redmi 8 jadi terlihat tak terlalu tebal. Selebihnya seperti letak tombol volume rocker, tombol power tetap tak berubah, masih sama dengan perangkat Xiaomi pada umumnya yang ada di sebelah kanan, sementara slot SIM dan germicroSD ada di sisi kiri perangkat. Oh ya, slot SIM dan Micro SD Redmi 8 ini dibuat terpisah, jadi Anda bisa memasukan dua SIM dan satu kartu microSD sekaigus.

Di bagian bawah Anda bisa menemukan lubang charger USB Type-C dan ini yang menjadi pembeda dengan Redmi 7 yang masih menggunakan lubang charger micro USB. Di sebelah lubang charger ada lubang speaker yang punya suara cukup lantang.