pulsa-logo

Review realme Buds Air: TWS Perdana realme, Kualitas Audio Nendang


Hairuddin

Rabu, 15 Januari 2020 • 08:12

realme, realme Buds Air, Review realme Buds Air, Buds Air, True Wireless Earphone, TWS, TWS realme, Harga realme Buds Air, Ini Produk AIoT pertama realme, Spesifikasi realme Buds Air, Peluncuran realme Buds Air, Ini Keunggulan realme Buds Air


realme Buds Airrealme Buds Air

True Wireless (TWS) earphone tengah menjadi tren baru di kalangan pecinta gadget. Tidak hanya di pasar global, market tanah air pun mulai kebanjiran produk-produk jenis ini. Salah satu TWS yang tengah hangat diperbincangkan dan menarik untuk dijadikan bahan ‘ngegosip’ adalah realme realme Buds Air.  

Sejatinya, TWS perdana realme yang digadang-gadang menjadi salah satu perangkat pembuka era AIoT (Artificial Intelligence and Internet of Things) ini diluncurkan berbarengan dengan smartphone anyar realme 5i pada 15 Januari ini. Di beberapa Negara tetangga seperti India, realme realme Buds Air bahkan mendulang sukses di penjualan perdananya yang tembus hingga 11 ribu dalam waktu 1 jam.

Kebetulan, PULSA menjadi salah satu media yang berkesempatan menguji kemampuan realme realme Buds Air untuk pertama kalinya. Dan produk ini pun sudah ada di meja redaksi. Serupa produk sejenis, realme realme Buds Air menawarkan pengalaman mendengarkan musik nirkabel yang sesungguhnya, memberikan kebebasan pengguna dan pengalaman tanpa batas untuk menikmati musik secara real.

Tidak perlu panjang lebar, simak ulasannya berikut.

Paket penjualan realme Buds AirPaket penjualan realme Buds Air

Desain

Sejak diumumkan pertama kalinya pada 7 Januari lalu di Cina yang berbarengan dengan realme X50 5G, realme Buds Air langsung menjadi trending. Desainnya mengingatkan pada produk AirPods generasi awal, yang menerapkan konsep open-fit.


Desain yang tidak terlalu ‘nancep’ ke bagian dalam telinga ini dianggap paling nyaman untuk sebuah True Wireless Earphone. Memang sih, model desain seperti ini masih menjadi perdebatan. Untuk kebanyakan pengguna, sering kali khawatir ear buds akan terlepas dari telinga dan jatuh. Apalagi, rata-rata TWS seperti ini punya bobot yang sangat ringan. realme realme Buds Air sendiri beratnya cuma sekitar 4,2 gram yang diklaim lebih ringan dari selembar kertas HVS ukuran A4.

Desain realme Buds AirDesain realme Buds Air

Untuk menghadirkan kenyamanan, realme sendiri telah melakukan tes ke lebih dari ratusan telinga orang dan realme pun telah menyesuaikan radian dari buds, termasuk sudut antara batang dan buds, membuat desain sangat ergonomis dan nyaman dipakai bahkan untuk waktu yang lama.

Kenyamanan desain produk ini juga didukung oleh teknologi pintar. realme Buds Air punya in-ear detection yang cerdas berkat sensor optik yang ada di bagian kepala ear buds. Saat ear buds dimasukan ke telinga sensor ini akan secara otomatis mendeteksi dan mengaktifkan mode music playback, dan begitu pula sebaliknya.

Case realme Buds AirCase realme Buds Air

Selain ear buds, TWS ini juga dibekali case berbentuk kotak dengan desain yang ergonomis. Secara teknis, case ini didesain dengan perhitungan yang sangat cermat. R-Angle di case ini dibuat dengan lebih dari 20 busur, dan membuatnya terlihat agak membulat. Di pasaran, realme realme Buds Air akan tersedia dalam tiga pilihan warna yakni kuning, hitam dan putih.

Koneksi

realme Buds Air dibekali media koneksi berupa Bluetooth 5.0, dengan jarak jangkauan hingga 10 meter. Artinya, perangkat ini bisa tetap terkoneksi ke smartphone meski sedang LDR. Kerennya, realme Buds Air juga mendukung transmisi dual-channel dengan super low-latency berkat chip khusus yang telah disesuaikan oleh realme. Teknologi ini secara signifikan mengurangi latensi suara dari perangkat ke realme realme Buds Air, dan bisa mendengarkan musik di kedua buds dengan lancar tanpa gangguan.

Koneksi yang dimiliki realme Buds Air juga secara otomatis bisa menghubungkan realme Buds Air dengan smartphone berbasis Android atau iOS dengan lebih mudah. Saat pertama kali diuji coba, pengguna harus menghubungkan realme Buds Air dengan smartphone. Caranya dengan menekan tombol khusus yang ada di tengah case realme Buds Air beberapa saat, lalu buka koneksi Bluetooth di smartphone untuk mulai pairing.

Konektivitas Buds AirKonektivitas Buds Air

realme Buds Air dilengkapi dengan instant auto connection dan interaksi yang cerdas. Setelah pairing berhasil, tiap kali akan menggunakan realme Buds Air, pengguna cukup membuka case dan realme Buds Air pun akan secara otomatis mengenali dan menghubungkan ke smartphone.

Sistem Kontrol Sentuh

Di realme Buds Air, sistem kontrol yang diterapkan menggunakan sentuhan (touch control). Kerennya, kedua ear buds bisa menerapkan kontrol yang sama. Secara default, realme Buds Air mendukung 4 jenis kontrol sentuhan.

  1. Pertama double click, yakni dua kali sentuhan di bagian sisi kepala ear buds akan secara otomatis mengaktifkan fungsi play/pause music player atau menjawab panggilan telpon.
  2. Kedua adalah Triple click, yang fungsinya untuk memutar lagu berikutnya (skip to next song). Ini juga bisa dilakukan baik di ear buds kiri maupun kanan.
  3. Ketiga yakni long press. Dengan menyentuh dan menahannya beberapa saat, pengguna akan mengaktifkan voice assistant atau memutuskan/menolak panggilan telpon yang masuk.
  4. Keempat yaitu Long press both side. Fungsi sentuhan terakhir ini dilakukan bersamaan di kedua ear buds, yang akan secara otomatis mengaktifkan mode game atau menonaktifkannya.

Touch Control Buds AirTouch Control Buds Air

Jika di beberapa perangkat serupa juga ada yang menyertakan fungsi sentuh untuk pengaturan volume suara, di realme realme Buds Air ini tingkat volume audio bisa dioperasikan dari tombol volume yang ada di smartphone.

Performa Audio dan Kualitas Noise Cancellation

Sekarang saatnya masuk ke pengujian kualitas audio. Terutama untuk pemutar musik, bermain game, dan bertelepon. Ketiga poin ini sepertinya yang paling dibutuhkan ketika menggunakan sebuah TWS.

Berdasarkan data teknis, realme Buds Air menghadirkan pengalaman suara yang kuat dan suara bass terbaik tanpa mengorbankan richness dan fidelity suara dengan diafragma komposit multi-layer canggih LCP yang diimpor dan driver suara 12mm plus R1 Headphone chip. realme Buds Air juga dilengkapi dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) khusus, yang kabarnya dioptimalkan oleh tim akustik realme yang memang dihadirkan untuk merancang perangkat audio.

Soal kualitas, semburan audio yang terpancar dari realme Buds Air terbilang cukup nendang. Efek bass yang dihasilkan pun masih cukup terasa, meski volume audio diatur ke level tengah. Tapi yang perlu diperhatikan, Anda harus memastikan ear buds dipasang pada posisi dan sudut yang pas dengan lubang telinga.  

Saat diatur ke game mode, kualitas audio dari realme Buds Air terasa lebih baik. Dynamic Bass Boost yang dimiliki realme Buds Air benar-benar terbukti powerful. Setidaknya jika dibandingkan dengan TWS serupa di kelas yang sama.

Bagaimana dengan Noise Cancellation? Fitur ini sejatinya lebih cocok jika ear buds dimanfaatkan untuk melakukan panggilan telpon. Apalagi, realme Buds Air juga dibekali teknologi dual mikrofon ENC (Environment Noise Cancellation) yang dapat mengidentifikasi serta menyaring semua suara bising di latar belakang secara cerdas. Inovasi ini membuat suara akan tetap jelas terdengar bahkan di lingkungan yang bising selama panggilan berlangsung. Fungsi Noise Cancellation di realme Buds Air ini otomatis aktif dan tidak bisa diatur atau dinon-aktifkan layaknya beberapa TWS yang punya aplikasi mobile khusus.

Noise Cancellation Buds AirNoise Cancellation Buds Air

Meski kemampuan pereduksi suara bising selalu aktif untuk menyaring, namun pengguna tetap bisa mendengar suara-suara di luar loh. Artinya, ketika realme Buds Air ini digunakan tidak lantas suara sekitar menjadi bisu. Jadi, ketika bepergian sambil menggunakan realme Buds Air ini masih tetap aman.

Baterai

Terakhir adalah daya tahan baterai. Berdasarkan data teknis, realme Buds Air disokong baterai berkapasitas 400 mAh di case dan 43 mAh di tiap ear buds. Jika diletakan dalam case, baterai realme Buds Air bisa menyediakan waktu standby hingga 17 jam nonstop. Sementara untuk ear buds-nya sendiri menyediakan masa pakai hingga 3 jam.

Wireless Charging Buds AirWireless Charging Buds Air

Untuk mengisi daya realme Buds Air, case-nya dapat mengisi dengan wireless charging pad 10W atau melalui pengisi daya USB type-C. Waktu pengisian baterai dari posisi kosong hingga penuh, membutuhkan waktu selama 2 jam.

Kesimpulan

Banderolan harga yang bersaing, menjadi faktor menarik bagi realme Buds Air untuk bertarung di pasar True Wireless Earphone. Tampil dengan desain yang ergonomis, TWS ini membawa sederet teknologi serta spesifikasi yang rata-rata ada di TWS premium. Kualitas audio yang dihasilkan pun masih bisa diadu. Tapi yang pasti, kehadiran realme Buds Air ini menjadi tonggak baru bagi realme untuk masuk ke dunia Artificial Intelligence dan Internet of Things (AIoT). (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

Harga: TBA

Spesifikasi:

  • Dimensi: 51.3 x 45.3 x 25.3 mm/42.3gram (case)
  • Chip: R1 Headphone Chip
  • Driver: 12 mm
  • Form Factor: Open-Fit with touch control
  • Bluetooth Compatibility: v5.0
  • Calling: Dual Mic, ENC (Environment Noise Cancellation Technology)
  • Baterai: 43 mAh per earbud, 400 mAh case charger, USB Type-C (5v 1,2A 6W), Wireless Charging
  • Warna: Hitam, Kuning, putih

Paket Penjualan:

Ear buds, Charging case, USB Type-C charging cable, Quick start guide, Safety information, Warranty card

Kelebihan:

  • Desain ear buds keren dan ringan
  • Dual Mic Noice Cancellation
  • Dynamic Bass Boost
  • Game Mode
  • Baterai tahan lama

Kekurangan:

  • Desain Open Fit rentan jatuh
  • Satu ukuran