pulsa-logo

Adu Fitur Samsung Galaxy Note10+ vs Samsung Galaxy Note10 Lite, Sesuaikan dengan Dana atau Kejar Performa?


Ahmad S.

Jum'at, 21 Februari 2020 • 17:18

samsung, galaxy, note10, lite, adu, fitur, harga, varian


Kehadiran Samsung Galaxy Note10 Lite sedikit banyak telah menimbulkan beberapa pertanyaan di kepala kami dan calon konsumen setia Samsung yang mungkin sudah menabung untuk membawa pulang seri note kesayangan mereka. Informasi akan perbedaan antara Note10 Lite dengan Note10+ (dan Note10) menjadi salah satu modal untuk menentukan apa yang akan mereka beli.

Samsung menghadirkan Galaxy Note10 Lite sebagai solusi untuk mereka yang membutuhkan kinerja Galaxy Note dengan budget yang lebih rendah. Dari sisi harga, untuk varian dengan kapasitas memori 128 GB Note 10 Lite dijual dengan harga Rp 8.199.000. Bandingkan dengan Note10+ dengan kapasitas 256GB harganya bisa terpaut hingga 10 juta lebih.

Tanpa bermaksud membandingkan atau merendahkan dan memuji salah satu di antaranya, perbandingan kedua produk dari sisi spesifikasi berikut ini mungkin dapat dijadikan panduan untuk belanja Gadget minggu ini.

Ketersediaan Varian dan Harga

Di Indonesia, kita bisa menemukan dua varian Samsung Galaxy Note10+, yakni 12GB RAM 512GB ROM dan 12/256 GB. Sementara Note10 Lite hanya menawarkan satu saja pilihan, yakni RAM 8GB dan ROM 128GB. Artinya, di sisi RAM Note10 Lite ini setara dengan Galaxy Note10, hanya saja kapasitas memori internalnya lebih kecil.

Di sisi kebutuhan akan besaran media penyimpanan, ketiga varian yang tersedia di pasaran ini sudah cukup mumpuni. Demikian pula untuk keperluan akselerasi hardware, dimana kedua ponsel ini sudah menyediakan RAM sebesar 8GB dan 12GB. Rasanya ini sudah lebih dari cukup untuk menjalankan fungsi-fungsi berat. Baik game maupun kebutuhan profesional semisal editing foto dan video.

Dan berikut ini adalah pervandingan harga dan varian Note10 Lite dengan Note10+:


Samsung Galaxy Note10+ (256 GB)= Rp 16.499.000

Samsung Galaxy Note10+ (512 GB)= Rp 18.999.000

Samsung Galaxy Note10 Lite (128 GB)= Rp 8.199.000

Desain

Perbedaan mencolok di antara kedua ponsel Galaxy Note10+ dan Lite ini bisa segera terlihat secara kasat mata. Hal ini dikarenakan Note10 Lite tidak membawa layar melengkung di bagian sisi, atau biasa disebut layar edge atau curve display. Meskipun jika dilihat dari bagian muka keduanya membawa desain punch hole yang sama.

Samsung Galaxy Note10 LiteSamsung Galaxy Note10 Lite

Samsung Galaxy Note10+Samsung Galaxy Note10+

Beralih ke bagian belakang, Note10 Lite terlihat lebih modern karena sudah menggunakan desain tata letak kamera persegi yang up to date, khas produk-produk Samsung di tahun 2020. Hal ini berbeda dengan tata letak 4 kamera Note10+ yang dibuat berderet 3 di bagian kiri dan satu terpisah di dekat LED.

Samsung Galaxy Note10 LiteSamsung Galaxy Note10 Lite

Samsung Galaxy Note10+Samsung Galaxy Note10+

Perbedaan lain yang bisa kita temukan di kedua produk ini di antaranya adalah hadirnya jack audio 3.5 mm di Note10 Lite dan penggunaan material beserta jenis pelapisnya. Jika diperhatikan Note10 Lite terlihat sedikit lebih down to earth, mirip dengan ponsel-ponsel Samsung yang dirilis di harga 7-8 jutaan. 

Jika dibandingkan dengan material yang digunakan Samsung Galaxy Note10+, yang terasa rigid dan pewarnaan yang glamor, maka Note10 Lite bisa dibilang lebih monoton. Dan bahan plastiknya jadi terasa terlihat lebih plastik. 

Yang pada akhirnya kita akan sepakat untuk memakluminya.

Layar dan UI

Saat ini, kedua ponsel sudah menjalankan One UI 2 berbasis Android 10. Artinya dari sisi UI keduanya akan memberikan pengalaman yang setara. Sejumlah perbedaan mungkin akan dirasakan saat kita sudah mulai masuk ke dalam penggunaan sehari-hari dan banyak berinteraksi dengan layarnya.

Layar Galaxy Note10+ merupakan yang terbaik untuk saat ini. Sebelum seri S20 Ultra hadir di Indonesia tentunya. Membawa layar Dynamic AMOLED, yang merupakan layar AMOLED dengan teknologi HDR10+. Berukuran 6,8 inci dan menampilkan resolusi 1440 x 3040 pixel.

Galaxy Note10 Lite di sisi lain, membawa layar yang menawarkan pengalaman yang mendekati spesifikasi di atas. Dengan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci dan resolusi 1080 x 2400 pixel. Setidaknya keduanya memperlihatkan kecerahan yang hampir sama. Khas layar-layar AMOLED.

Performa

Jika hanya dilihat dari sisi spesifikasi hardware atau fitur yang ditawarkan, kedua ponsel ini punya jarak kurang lebih setahun. Hal ini dilihat dari penggunaan chipset Exynos 9825 pada Note10+ vs Exynos 9810 pada Note10 Lite, yang memang umur produksinya bisa dibilang cukup senjang.

Hal ini kemudian berpengaruh pada kecepatan transfer data melalui port USB type C, dimana Note10 Lite masih 2.0 sementara di Note10+ sudah 3.1. Dan juga pada kecepatan pengisian daya atau fast charging. Dimana Note10+ sudah menawarkan daya 45W dan Note10 Lite hanya 25W. Belum lagi, hilangnya kemampuan wireless charging di Note10 Lite.

Namun demikian, hal ini menjadi solusi yang menarik, ketika Samsung mencoba menekan harga Note10 Lite. Pasalnya, chipset Exynos 9810 sendiri sebenarnya adalah chipset flagship yang dulu pernah berhasil menjaga kinerja Samsung Galaxy Note9 di tahun 2018.

Menggunakan strategi seperti ini, Note10 Lite diharapkan mampu bersaing dengan produk-produk lain di rentang harga setara, namun dengan tambahan gimmick berupa S Pen yang sudah teruji kemampuannya di produk-produk Note10 lain.

Tak sekedar memberikan kinerja yang hampir sepadan dengan Note10+ yang harganya hampir 10 juta lebih mahal, produk seharga 8 jutaan ini bisa digunakan sebagai alat penting untuk berkreasi dan melakukan kegiatan-kegiatan produktif lainnya.

Ada yang menarik di sisi ini. Pada percobaan menggunakan benchmark sintetis semisal Geekbench versi 5, kadang kita mendapatkan nilai yang lebih baik di Galaxy Note10 Lite. Kadang juga sebaliknya. Namun satu hal yang pasti, keduanya mampu melahap game-game berat, baik online maupun offline dan bisa menjaga kinerja secara multitasking. 

Fotografi

Di sisi fotografi, kedua ponsel menawarkan konfigurasi kamera utama yang berbeda. Note10 Lite tidak menawarkan kamera ToF layaknya Note10+. Membuatnya hanya menawarkan 3 kamera saja, yang tiga-tiganya membawa resolusi sama, 12MP.

Sementara itu Note10+ menawarkan 4 kamera, termasuk kamera ToF, kamera 16MP ultra wide, 12MP telefoto dan 12MP kamera wide. Tidak jauh berbeda kan? Hasilnya sudah bisa ditebak. Kamera Note10+ menampilkan hasil yang lebih baik saat digunakan di low light. Sementara untuk pencahayaan yang relatif optimal, keduanya mampu menampilkan hasil foto yang setara.

DI bagian video juga demikian, hanya saja kamera Note10+ dengan sejumlah kelebihannya di sisi stabilisasi mampu menghasilkan video yang sedikit lebih baik.

Beralih ke kamera depan, Galaxy Note10 Lite justru menawarkan kamera dengan resolusi yang lebih baik, yakni 32MP. Berbeda dengan Galaxy Note10+ yang hanya memiliki kamera selfie 10MP.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note10 Lite dirilis untuk memenuhi kebutuhan Anda yang mendambakan kinerja Samsung Galaxy Note di rentang harga terjangkau. Untuk itu, jika dana saja yang menjadi bahan pertimbangan Anda, maka ponsel ini tidak akan mengecewakan Anda. 

Karena perbedaan harga yang mencolok, tentu saja Note10+ akan lebih baik di semua sektor. Untuk itu, tulisan ini lebih bermaksud agar Anda mengetahui apa saja yang hilang di Note10 Lite. (@halusanusi)