pulsa-logo

Review realme 6 Pro: Pertama di Dunia Gunakan Snapdragon 720G


Ahmad S.

Selasa, 24 Maret 2020 • 10:09

realme, realme 6 pro, indonesia, display 90Hz, 6 kamera


Banyak pembaruan yang dibawa oleh realme 6 Pro yang dirilis hari ini (24 Maret 2020) di Jakarta secara livestreaming. Pembaruan yang kami maksud sangatlah siginifikan sehingga kami beranggapan bahwa realme 6 Pro merupakan pembaharu dari seri realme XT.

Namanya juga pembaharu, maka produk ini membawa sejumlah upgrade. Kamera 64MP tentu saja menjadi salah satu yang mengalami perbaikan, tapi disamping kemampuan kamera tersebut, upgrade pada realme 6 Pro juga merambah ke sisi display yang kini lebih profesional, dengan refresh rate mencapai 90Hz dengan desain layar berlubang atau lebih dikenal dengan sebutan punch-hole.

Upgrade yang dibawa seakan menegaskan bahwa realme 6 Pro ini merupakan ponsel flagship untuk anak muda. Dalam artian, ponsel ini membawa fitur-fitur mutakhir layaknya sebuah ponsel flagship, namun dengan harga yang relatif terjangkau sehingga dapat diakses dengan mudah oleh anak muda.



Desain Back Cover Makin Segar

Setiap meluncurkan produk baru, realme selalu membawa desain back cover yang berbeda. Membuat setiap produk terlihat lebih segar dengan ciri khasnya masing-masing. realme 6 Pro termasuk salah satu yang mengalami hal itu.

Kali ini realme 6 Pro menggunakan tampilan back cover dengan motif cahaya kilat. Merupakan hasil dari penerapan teknologi cetak offset UV-curing dengan banyak lapisan dan menghasilkan tekstur menarik nan elegan. Ini merupakan pendekatan yang unik dan belum dilakukan oleh ponsel lain.

Masih di bagian back cover, terdapat 4 lensa kamera yang merapat di sisi kiri atas. Masing-masing memiliki fungsi yang akan lebih lanjut dijelaskan pada pembahasan kamera yang terpisah. Tapi, bukan hanya 4 lensa kamera ini saja yang ada di bagian belakang ini, di bawah kiri terdapat tulisan realme. Ketika kita menggunakan ponsel ini untuk memotret secara landscape, maka tulisan realme dan 4 lensa kamera akan berada pada posisi sejajar.

Tapi ponsel ini tidak hanya membawa 4 lensa kamera saja loh. Di bagian depan, ponsel ini juga menyediakan 2 lensa kamera selfie. Tidak lagi membawa desain poni, realme 6 Pro menampilkan kamera depannya dalam desain punch hole. Menghemat tempat, namun tidak mengganggu pemandangan saat Anda menikmati konten multimedia di ponsel ini atau bermain game berlama-lama.

Oh iya, kali ini realme 6 Pro menggunakan sensor sidik jari yang diletakkan bersama dengan tombol power. Karena bersifat fisik, maka responsivitasnya jauh lebih baik ketimbang sensor sidik jari yang ada di layar.

Sensor sidik jari yang merangkap sebagai tombol power ini diletakkan di sisi kanan ponsel. Akan terasa nyaman jika Anda biasa menggunakan ponsel dengan tangan kanan. Sementara tombol volume, diletakkan di sisi berlawanan. Jika Anda reviewer seperti kami, maka upaya mengabadikan layar ponsel bisa dilakukan dengan hanya satu tangan saja, dengan cara menekan secara bersamaan tombol power dan tombol volume bawah.

Sementara di bagian bawah, Anda akan bahagia melihat lubang jack audio 3.5 mm, port USB Type-C dan lubang speaker.

Layar Pro 90Hz dan realme UI

Sebagian besar layar ponsel yang beredar di dunia masih menggunakan teknologi layar lama yang memancarkan cahaya dalam refresh rate yang standar, yaitu 60Hz. Hitungan segini memang masih menjadi standar kenyamanan, terutama dalam bermain game dalam resolusi 4K dan HD baik di PC maupun konsol.

Artinya dengan refresh rate segitu, kita bisa berharap bahwa layar ponsel secara umum dapat menampilkan video yang direkam dalam frame rate 60 fps dengan sempurna. Demikian juga dengan gameplay dalam permainan-permainan yang membutuhkan akurasi dan kecepatan respon.

Nah, realme 6 Pro mencoba meng-upgrade standar ini ke titik yang sedikit lebih baik. Jika flasghip lain yang harganya belasan hingga dua puluhan juta membawa layar dengan refresh rate 120Hz, maka realme membawa layar dengan refresh rate 90Hz di harga Rp 4 jutaan.

Secara kasat mata, kami tidak segera menemukan perbedaan dari layar 90Hz ini. Anda pun akan mengalami hal yang sama, tapi jika kemudian ponsel ini disandingkan dengan ponsel lain yang memiliki refresh rate yang masih 60Hz, baru Anda akan melihat bahwa di layar 90Hz milik realme 6 Pro, ada peningkatan yang signifikan.

Berpindah dari satu tampilan menu ke tampilan lainnya berjalan terlihat sangat mulus. Atau ketika melihat hasil foto di gallery. Perpindahan dan animasi saat berganti tampilan terlihat halus hingga lama kelamaan kami sulit untuk kembali ke ponsel lama yang 60Hz.

Tampilan seperti ini juga berpengaruh saat bermain game. Selain tentu saja kualitas chipset yang dibawa dengan dukungan penuh di sisi grafis dan audio, kehadiran layar 90Hz juga meningkatkan pengalaman kami.

Layar IPS dengan bentangan 6,6 inci ini membawa resolusi FHD+ yaitu 2400 x 1080 pixel. Artinya sudah cukup mumpuni, ikon dan gambar akan terlihat rapat di layar ini. Dengan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5, maka Anda pun tidak perlu khawatir akan mudah merusak layar ponsel ini.

realme 6 Pro sudah diperkuat dengan realme UI berbasis Android 10. Tampilannya sangat bersih, dimana ikon-ikon aplikasi bisa diubah sedemikian rupa, baik bentukan maupun ukuran logonya.

Yang menarik untuk kami, realme UI ini mendukung gesture di mana kita bisa kembali kehalaman atas dengan menyentuh bagian atas layar atau status bar. Semisal kita sedang membaca berita di sebuah website, atau tengah mencari daftar settingan, kita tidak perlu lagi menggeser layar ke atas sedikit demi sedikit, cukup dengan menyentuh bagian status bar di ujung layar paling atas.

Selain itu juga ada Mode Fokus, dimana pengguna bisa memblokir notifikasi untuk relaksasi beberapa menit. Mengaktifkan Mode Fokus juga akan serta merta memainkan musik yang tenang untuk membantu relaksasi. Mode ini bagus bagi pengguna dengan keseharian yang padat dan membutuhkan relaksasi untuk melanjutkan rutinitas. 

Lainnya dari realme UI ini adalah realme Lab. Di realme Lab, pengguna bisa mencoba fitur baru yang sedang diuji coba atau beta testing oleh tim pengembang realme. Kali ini kami menemukan Dual Music Sharing yang sedang diuji coba. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik melalui dua perangkat audio, seperti headset kabel dan headset nirkabel secara bersamaan. 

Snapdragon 720G Pertama di Dunia

Penggunaan chipset milik Qualcomm terbaru Snapdragon 720G oleh realme 6 Pro merupakan yang pertama di dunia. Menurut kami sangat cerdas memilih Soc ini ke dalam realme 6 Pro. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa dengan dukungan layar 90Hz, RAM 8GB dan internal 128GB, ditambah chipset Snapdragon 720G yang sengaja dibuat oleh Qualcomm untuk meningkatkan pengalaman bermain game mobile, maka tak heran jika kami bisa betah berlama-lama menggunakan ponsel ini untuk nge-game.

Game yang kami mainkan adalah PUBG mobile. Saya dan beberapa redaktur PULSA mencobanya bergantian dan kami menyimpulkan bahwa ponsel ini bagus untuk bermain game dengan genre seperti PUBG Mobile. Mengingat ponsel ini akan dirilis dengan harga jauh di bawah flagship produsen ponsel lain, kinerja yang ditawarkan bisa memuaskan kami.

Pertama dari sisi grafis, kami bisa memilih opsi paling tinggi. Kami berhasil memainkannya tanpa lag ataupun kesulitan yang berarti di sisi rendering gambar. Kedua, meski dengan hanya menggunakan speaker ponsel, kami bisa mendengar dari mana arah tembakan dan langkah kaki, yang merupakan faktor krusial di game-game battle royale seperti ini. Ketiga, tidak adanya lag ketika sedang menembak dalam game. Biasanya terdapat sepersekian detik lag antara sentuhan dilayar dan aksi dalam game, disini kami tidak menemukannya. 

Perlu diketahui bahwa saat melakukan pengetesan, redaktur kami tidak tahu produk apa yang sedang digunakan dan tentunya tidak tahu chipset apa yang menyokong produk tersebut.

Snapdragon 720G sendiri merupakan chipset dengan pabrikasi 8nm, membawa 8 inti prosesor alias octa-core dengan konfigurasi sedikit unik. Di mana chipset ini membawa 2 ini Kryo 465 Gold dengan clock speed 2.3GHz untuk kebutuhan yang ekstrim, dan sisanya 6 inti yang lain merupakan inti Kryo 465 Silver dengan clock speed 1.8GHz.

6 Kamera Pintar di Segala Kondisi

Secara total, ponsel ini membawa 6 lensa kamera, 4 di belakang sebagai kamera utama dan 2 di depan sebagai kamera selfie atau sekunder. Keenamnya menawarkan kinerja yang spesifik. Meningkatkan kemungkinan saat kita berniat membuat konten. Baik foto, maupun video.

Pertama kita bahas yang di belakang dulu, alias kamera utama. Di sini ada 4 lensa kamera, yang konfigurasinya tersusun atas 8MP Ultra-Wide Angle, 15.7mm f/2.3, mampu menangkap gambar dalam sudut 119 derajat, lalu ada kamera 64MP Ultra high resoluition wide angle camera, 26 mm, f/1.8. 

Selanjutnya ada kamera 12MP tele, 54 mm, f/2.5 dan terakhir ada kamera 2MP Macro, f/2.4 yang dapat melakukan pemotretan di jarak optimal 4 cm dari obyek.

Untuk fotografi, keempatnya saling bekerja sama untuk menghasilkan gambar yang bagus. Post processing terlihat sekali melakukan penguatan pada warna dan ketajaman obyek foto. Hasilnya menjadi menarik, terutama jika Anda memotret obyek yang memiliki warna yang mencolok.

Ketika digunakan untuk perbesaran hingga 5X zoom, gambar yang dihasilkan tidak memperlihatkan pengurangan kualitas yang signifikan. Masih tetap terlihat apik, tajam dan layak untuk dipamerkan di media sosial.

Berkat kehadiran stabilizer yang efektif pengambilan gambar secara tele ini tidak membutuhkan image processing terlalu lama dan mampu menangkap gambar dalam perbesaran hingga 20x secara hybrid.

Hasilnya bisa Anda lihat seperti pada gambar berikut ini.

Sementara untuk keperluan video, jangan khawatir! Kamera ponsel ini sudah membawa stabilisasi video UIS dan UIS Max yang akan mengurangi guncangan ketika merekam video. Menghasilkan gambar yang lebih enak ditonton.

Anda bisa merekam video 4K dalam frame rate 30 fps, 1080p 30/60 fps dan 720p dalam 30/60 fps. Semakin banyak pilihan.

Beralih ke kamera depan, atau kamera selfie, realme 6 Pro membawa dua lensa yakni 16MP dengan diafragma f/2.0 dan 8MP Ultra Wide Angle dengan f/2.2. Untuk foto-foto selfie yang sekaligus memperlihatkan suasana di belakang kita, kamera seperti ini sudah pasti akan berguna sekali.

Tapi bukan hanya foto, kamera selfie ini juga bisa merekam video 1080p dan 720p dalam kecepatan 30fps. Selain itu ada terobosan baru untuk kamera depan realme, yaitu adanya video gerak lambat atau slo-mo selfie. 

Kesimpulan

Melalui realme 6 Pro ini, realme seakan memperlihatkan kepada kita bahwa ponsel dengan teknologi terkini dan terjangkau adalah hak setiap pengguna. Membawa sejumlah fitur kelas flagship, mulai dari layar 90Hz, 30W Flash Charge, dual in-display selfie, chipset anyar Snapdragon 720G, ponsel ini siap diandalkan dalam bermain game dan berkreativitas, dengan harga Rp 4.499.000. (Us)