pulsa-logo

Adu Fitur realme 6 Pro vs Samsung Galaxy A71: Duo Ponsel Game Kelas Menengah


Ahmad S.

Selasa, 24 Maret 2020 • 17:10

samsung, galaxy, a71, adu fitur, versus, realme 6 pro


Kehadiran realme 6 Pro hari ini (24/3) mungkin akan membawa Anda untuk mencari padanannya yang telah ada di pasaran. Dari sisi harga serta fitur yang ditawarkan, nampaknya Samsung Galaxy A71 yang rilis Januari 2020 lalu adalah rival terdekat. Keduanya membawa chipset yang dibuat untuk kenyamanan bermain game mobile, 4 kamera utama dengan sensor yang serupa, serta harga yang tidak jauh berbeda. (UPDATE: Harga realme 6 Pro adalah Rp 4.499.000, sementara Samsung Galaxy A71 Rp 6.099.000)

Hadir lebih fresh, alias sebulan lebih lambat ketimbang Galaxy A71, membuat realme 6 Pro dibekali dengan teknologi yang sedikit lebih mutakhir. Chipset yang lebih baru adalah salah satu contohnya, diharapkan mampu memberikan efektivitas lebih baik terhadap performa vs penggunaan daya pada realme 6 Pro. Lalu apa lagi perbedaaanya? 

Desain

Dari sisi build, keduanya sama-sama setia menggunakan desain ponsel pintar kebanyakan, yakni bentukan pipih dengan lebar yang cenderung nyaman untuk digunakan berlama-lama. Menampilkan layar sentuh di hampir seluruh bagian muka, juga material plastik yang kuat di bagian-bagian lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, realme 6 Pro dalam hal ini menggunakan proteksi kaca yang lebih up to date, yakni menggunakan Gorilla Glass 5. Berbeda dengan Galaxy A71 yang masih diperkuat oleh Corning Gorilla Glass 3.

Sementara untuk pewarnaan bagian back cover, keduanya menggunakan pendekatan yang berbeda. Samsung Galaxy A71 menggunakan motif garis-garis tegas yang diguratkan secara diagonal, saling bertemu di beberapa titik sehingga membentuk motif kain gingham atau vichy. Terutama di bagian setengah ke bawah dari back cover ponsel ini.

Sedangkan realme 6 Pro menampilkan motif bentuk kilat. Mirip dengan lambang beberapa superhero, yang merupakan hasil dari penerapan teknologi cetak offset UV-curing dengan banyak lapisan dan menghasilkan tekstur menarik nan elegan.


Keduanya akan memberi kesan yang berbeda saat digunakan sehari-hari.

Tapi ada satu hal yang mencolok yang menjadi perbedaan utama keduanya. Ponsel realme 6 Pro terasa lebih berat ketimbang Galaxy A71. Hal ini bisa menjadi positif jika Anda membutuhkan perangkat gaming yang solid, tapi juga bisa jadi kekurangan jika Anda membutuhkan pernagkat yang nyaman di bawa kemana-mana.

Tapi yang pasti, perbedaan berat ini tidak akan terasa terlalu mencolok, jika Anda tidak menyandingkannya di kedua tangan secara bersamaan.

Display

Di sisi ini, kedua ponsel membawa “keahlian” masing-masing. Samsung, sepeerti yang sudah kita maklumi bersama merupakan salah satu produsen layar AMOLED. Jadi wajar saja ketika Galaxy A71 dilepas ke pasaran membawa panel layar tersebut. Yang secara kosmetik memang terlihat lebih cemerlang dengan pewarnaan yang mencolok.

Tapi masing-masing display yang digunakan kedua ponsel ini ada plus-minusnya. IPS LCD di realme 6 Pro punya kelebihan di sisi kenyamanan saat bermain game untuk berlama-lama. Kontrol melalaui layar LCD akan terasa lebih stabil dan responsif, ketimbang menggunakan layar AMOLED terutama jika mencapai suhu tertentu.

Dan yang paling signifikan adalah layar realme 6 Pro membawa layar untuk bermain game lebih profesional, yakni sebuah layar dengan refresh rate tinggi 90Hz. Meningkatkan sekitar 35% kenyamanan saat menonton konten atau bermain game dalam frame rate yang tinggi.

Ini pun kemudian masih disandingkan dengan teknologi yang tertanam pada software, menawarkan responsivitas layaknya layar 120Hz.

Untuk urusan ukuran dan resolusi, keduanya sama-sama membawa resolusi FHD+ 1080 x 2400 pixel dalam bentangan 6,7 inci untuk Galaxy A7 dan 6,6 inci untuk 6 Pro.

Sistem Operasi

Baik realme 6 Pro maupun Samsung Galaxy A71 sudah menjalankan Android 10 melalui UI masing-masing. Dari sisi tampilan keduanya harus diapresiasi. Menawarkan tampilan yang sederhana, bersih dan tidak neko-neko.

Hanya saja Anda akan dihdapkan pada pilihan kedalaman yang beragam. Jika Anda tipikal yang tidak mau repot, semua aplikasi yang terinstal akan muncul langsung di homepage dan terta secara otomatis di sana, maka realme 6 Pro dengan realme UI nya akan memberikan apa yang Anda inginkan.

Tapi jika Anda tidak masalah dengan sedikit kerepotan yang mengharuskan kita mengakses satu lapisan tambahan, mungkin untuk privasi, atau memang Anda sudah terbiasa dengan cara seperti ini, maka Samsung Galaxy A71 dengan One UI 2 nya akan memberikan apa yang Anda dambakan.

Hardware dan Performa

Samsung Galaxy A71 versi Indonesia membawa chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 730G, sedangkan realme 6 Pro menggunakan chipset yang lebih baru, yakni Snapdragon 720G. Kedua chipset membawa konfigurasi big.LITTLE yang hampir sama. Hanya saja untuk bagian big, 2 inti prosesor pada 720G atau realme 6 Pro memiliki kecepatan clock speed sedikit lebih tinggi, yakni 2.3GHz.

Dari sisi performa keduanya bisa dibilang hampir sama. Menawarkan kinerja yang mumpuni, hingga ke pilihan grafis terbaik. Keduanya pun menawarkan fitur game boost pada masing-masing UI nya. Terutama jika Anda bermain game menggunakan jaringan internet, keduanya sudah memiliki kualitas apik dalam mempertahankan koneksi agar tetap stabil.

Persamaan keduanya juga masuk ke dalam besaran memori dan dukungan memori eksternalnya. Di mana A71 dan 6 Pro membawa RAM 8GB dan memori internal 128GB dengan dukungan slot memori tambahan.

Bahkan sampai kapasitas baterai nya pun hampir sama. Dimana Galaxy A71 membawa baterai berkapasitas 4500 mAh dan realme 6 Pro membawa baterai berkapasitas 4300 mAh. Hal ini cukup dapat dimengerti mengingat realme membawa sistem pengisian daya cepat yang lebih baik, dengan 30W, sementara Samsung di angka 25W.

Kamera

Kamera utama pada realme, yakni lensa 64MP adalah kamera yang sama dengan yang dibawa oleh Galaxy A71. Keduanya menggunakan sensor Samsung. Namun demikian, meskipun sama-sama membawa 4 lensa di kamera utama, konfigurasinya memiliki perbedaan.

Yang sama hanya di kamera 64MP saja. Selebihnya Samsung memilih membawa lensa 12MP Ultrawide, 5MP makro dan 5MP untuk depth. Sementara realme lebih memilih membawa kamera telephoto 12MP, 8MP Ultrawide dan 2MP makro.

Sementara untuk kamera depan, realme 6 Pro membawa lebih banyak lensa, yakni 2 lensa dalam desain punch hole ganda. Berbeda dengan Samsung A71 yang membawa satu lensa, juga dalam desain punch hole.

Kamera selfie A71 merupakan kamera 32MP dengan aperture f/2.2, sementara dua kamera realme 6 Pro terdiri dari 16MP f/2.1 kamera wide dan 8MP f/2.2 kamera ultra wide.

Keduanya mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, yang dapat dicetak dalam ukuran besar tanpa pecah. Namun kemudian melakukan pendekatan berbeda untuk kreativitas fotografi lainnya. 

Sedangkan untuk urusan videografi, keduanya memiliki kemampuan yang setara. Yakni 4K 30fps dan mendukung ultra steady.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A71 menawarkan ke-samsung-annya melalui layar Super AMOLED yang apik secara kosmetik dan hadirnya fitur NFC untuk kemudahan transaksi digital di perkotaan. Namun di sisi lain, menggunakan chipset yang lebih update, realme 6 Pro memiliki keunggulan di sisi efektivitas dan performa yang sedikit lebih baik dengan harga yang juga lebih ringan. Ditambah dengan kemampuan layar 90Hz serta jumlah kamera yang lebih banyak untuk berkreasi, menjadikannya produk yang berimbang antara gaming dan content creating.