pulsa-logo

Review Huawei FreeBuds 3 Red Edition: Warna Baru, Tampil Lebih Keren


Hairuddin

Rabu, 25 Maret 2020 • 09:53

Huawei, Huawei FreeBuds 3, Harga FreeBuds 3, FreeBuds 3 Red Edition, Review Huawei FreeBuds 3, Ini Keunggulan Huawei FreeBuds 3, TWS, TWS Huawei, True Wireless Stereo,


Huawei FreeBuds 3 Red EditionHuawei FreeBuds 3 Red Edition

Selain Carbon Black dan Ceramic White, Huawei juga merilis varian warna spesial produk TWS (True Wireless Stereo) besutannya, yakni FreeBuds Red Edition. Perangkat yang diluncurkan untuk menyambut hari Valentine ini dikenalkan berbarengan dengan program “February in Harmony”, dan sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalin hubungan jarak jauh..

Pilihan warna yang berani ini memberi sentuhan unik dan juga membantu para penggunanya untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dan nyaman.  Selain itu, warna merah ini diciptakan dengan lapisan Ultraviolet (UV) khusus sehingga menciptakan earbuds yang modis.

Hadir dengan konsep desain kekinian, FreeBuds 3 Red Edition tetap membawa teknologi terbaik Huawei untuk perangkat Android. Sokongan chipset dan driver audio istimewa, membuat perangkat ini bisa dijadikan pilihan menarik TWS yang ada di pasaran.

Sales Package FreeBuds 3 red EditionSales Package FreeBuds 3 red Edition

Desain

FreeBuds 3 red Edition masih tetap mengusung konsep desain yang terinspirasi oleh produk Apple Airpods generasi pertama, yakni open-fit. Banyak kalangan menilai, model desain ini terbilang nyaman ketimbang earbuds yang memiliki eartips yang ‘nancap’ ke dalam lubang telinga. Huawei sendiri menyebut desain FreeBuds 3 dengan istilah “Bionik Lumba-Lumba”.

Ketimbang desain IEM alias In-Ear Monitor yang memiliki bagian eartips yang sedikit masuk ke dalam lubang telinga, model Open-fit yang diusung FreeBuds 3 ini sangat cocok untuk mengakomodasi teknologi noise cancellation.


FreeBuds 3 Red Edition DesignFreeBuds 3 Red Edition Design

Di FreeBuds 3, Huawei sudah menanamkan teknologi Active Noise Cancellation (ANC). Satu lagi, TWS ini juga punya Aerodinamis Mic Duct Design alias mic berteknologi bone sensor yang diletakkan di gagang kecil. Desain mic ini diklaim dapat menekan  usic  yang lewat untuk mengurangi kebisingan  usic  secara efisien sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan jelas saat berjalan di hari yang berangin, jogging atau bahkan berkendara pada kecepatan 20 km/h. Kombinasi ini sanggup menghadirkan pengalaman komunikasi sekaligus hiburan yang maksimal.

Satu kekurangan konsep open-fit yang diterapkan FreeBuds 3 adalah penggunaan material plastik yang membungkus earbuds. Untuk kondisi tertentu, teksturnya yang licin kerap membuat FreeBuds 3 mudah copot dan terlepas dari telinga. Apalagi, untuk pengguna denga area lubang telinga yang lebar.

Chipset Terbaik untuk Kualitas Audio Maksimal

Huawei FreeBuds 3 dibekali chipset audio terbaik di kelasnya, yakni Kirin A1. Berkat chipset cerdas A1, FreeBuds 3 dapat meminimalisir suara bising yang kerap mengganggu dan meningkatkan suara secara bersamaan.

Chipset Kirin A1, yang dirilis Huawei sebagai chipset untuk wearable device dengan dukungan Bluetooth 5.1 dan Bluetooth Low Energy 5.1, menjanjikan pengalaman dengan latency rendah dan juga kebutuhan daya yang minimal.

Selain nyaman untuk berkomunikasi, FreeBuds 3 juga digadang-gadang tangguh saat dipakai untuk bermain game. Suara audio yang terpancar pun minim lag. Begitu pun ketika dimanfaatkan untuk mendengarkan musik. Audio yang terpancar mampu menghasilkan Bass yang pas di telinga.

Kemampuan ini tidak lepas dari hadirnya driver audio berukuran 14mm di Huawei FreeBuds 3. Di driver audio ini, Huawei menanamkan Bass Tube pada posisi yang sangat tepat. Tapi, untuk bisa mendapatkan kualitas Bass yang lebih akurat dan maksimal, pengguna harus memposisikan earbuds dengan sudut yang sesuai.

Active Noise Cancellation

Secara default, teknologi Active Noise cancellation (ANC) di FreeBuds 3 sudah aktif dan bisa langsung dirasakan kemampuannya. Ini sangat terasa saat pertamakali menggunakannya. Suara bising di luar berhasil diminimalisir dengan baik oleh FreeBuds 3. Namun, teknologi ANC ini tidak berarti menghilangkan semua suara-suara yang ada di latar belakang secara menyeluruh. Umumnya, suara orang atau dering telpon masih bisa terdengar.

FreeBuds 3 ANCFreeBuds 3 ANC

Menariknya, Huawei juga menghadirkan aplikasi khusus untuk mengoperasikan FreeBuds 3 ini. Nama aplikasinya Huawei AI Life dan bisa diinstal dari PlayStore. Atau bisa juga mendapatkan file installernya dengan men-sken barcode yang ada di box. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan beragam pengaturan seperti mengaktifkan opsi Play/Next song yang bisa diakses dengan menyentuh earbud kiri atau kanan. Di AI Life pun pengguna biisa melakukan pengaturan tingkat noise canceling.

Koneksi Mudah

Sebagai media koneksi, FreeBuds 3 sudah dibekali Bluetooth versi 5.1. Proses pairingnya pun sangat mudah dan cepat, tanpa ada hambatan. Menariknya, untuk menghubungkan FreeBuds 3 ini tidak diperlukan menekan tombol khusus yang biasanya terdapat di case TWS kebanyakan. Cukup buka case FreeBuds 3, di smartphone aktifkan Bluetooth dan tinggal pilih FreeBuds 3 sesaat setelah terdeteksi.

Satu lagi yang cukup menarik, FreeBuds 3 juga sudah disokong fitur Pop-Open. Fitur ini membuat proses pairing perangkat dengan smartphone jadi lebih mudah. Ketika perangkat ini sudah pernaah terhubung ke smartphone, pengguna cukup membuka case FreeBuds 3 dan akan muncul notifikasi pop-up yang menginformasikan FreeBuds 3 terhubung dengan smartphone.

Berdasarkan data teknis, opsi Pop-Open ini juga berjalan mulus di perangkat Huawei yang sudah menggunakan EMUI 10. Dimana ketika kita membuka Charging Case Freebuds 3, di layar ponsel ber-EMUI 10 akan muncul pop up menu yang memperlihatkan koneksi dengan freebuds dan status baterai masing-masing buds dan charging case nya.

Kontrol Sentuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, FreeBuds 3 juga menyertakan fungsi sentuh di ‘batang’ buds baik kiri maupun kanan. Hanya saja, jenis control sentuh yang disediakan oleh FreBuds 3 terbatas dan tidak sekomplit beberapa pesaingnya. Defaultnya, FreeBuds 3 hanya mengenali satu touch control yakni double tap.

Huawei AI Life AppHuawei AI Life App

Meski begitu, untuk kegunaan double tap ini sebenarnya cukup beragam. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengaktifkan Play/Next song di earbud kiri dan Voice assistant di earbud kanan, atau sebaliknya. Ada juga opsi untuk menghidupkan atau mematikan ANC, Play/Pause atau tidak berfungsi sama sekali.

Kesimpulan

Edisi spesial Huawei FreeBuds 3 ini menjadi pilihan terbaik bagi konsumen yang tengah mencari True Wireless Stereo (TWS). Warna merah meronanya bisa jadi teman fesyen yang pas untuk segala kondisi. Tidak hanya itu, performa audio yang ditawarkan pun sudah cukup mumpuni berkat teknologi audio serta chipset yang dibawanya. Soal harga yang dipatok sekitar Rp 2,2 jutaan, rasanya masih terbilang cukup masuk akal dan tentunya FreeBuds 3 Red Edition ini bisa dipasangkan ke semua jenis smartphone dengan sangat mudah.

Spesifikasi Huawei FreeBuds Red Edition:

  • Warna: Red
  • Dimensi: 41.5 x 20.4 x 17.8 mm (per earbud), 60.9 x 21.8 mm (charging case)
  • Driver: 14.2 mm dynamic
  • Form Factor: Open-Fit, Wireless, Bluetooth
  • Bluetooth Compatibility: v5.1
  • Bluetooth Chipset: Kirin A1
  • Berat: Sekitar 4.5 gram per earbud, sekitar 48 gram casing charger
  • Noise Cancellation: Ya
  • Baterai: 30 mAh per earbud, 410 mAh casing charger, Wired USB Type C (5v 1,2A 6W), Wireless Qi Standard (2W)
  • Harga: Rp 2.299.000

Paket Penjualan:

Earbuds, Charging case, USB-C charging cable, Quick start guide, Safety information, Warranty card

Kelebihan:

  • Desain Open Fit
  • Noise Cancellation, dapat diatur sesuai keinginan pengguna
  • Kualitas Audio apik di kelas open-fit
  • Konsumsi daya rendah, tahan lama
  • Bone sensor untuk kualitas percakapan lebih baik

Kekurangan:

  • Bodi licin
  • Satu ukuran

(Penulis: Hairuddin Ali / @hairuddin_ali)