pulsa-logo

Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Mau Apa Aja Bisa


PULSA

Minggu, 12 April 2020 • 17:28

Review Samsung Galaxy S20 Ultra Indonesia,samsung,flagship,hp mahal,samsung s20 ultra


Samsuung Galaxy  S20 UltraSamsuung Galaxy S20 Ultra

Tahun ini ada yang berbeda dari seri flagship Samsung. Salah-satunya soal penamaan atau branding pada seri S dari Galaxy S10 series sekarang langsung melompat menjadi Galaxy S20 series. Jadi bukan 11 seperti yang banyak diperkirakan sebelumnya. Selain itu, sekarang seri S Samsung punya varian baru yang dijuluk Ultra dengan nama lengkap Samsung Galaxy S20 Ultra.

Yups, dari namanya bisa disimpulkan bahwa ini adalah varian tertinggi dari seri S20 dan itu benar. Bukan hanya itu, seri S20 Ultra ini punya seabrek fitur keren yang tak dimiliki seri lain atau bahkan merek lain. Bisa dikatakan, S20 Ultra menawarkan setiap fitur yang diidam-idamkan oleh pengguna smartphone.

Nah, kali ini kami berkesempatan menguji Samsung S20 Ultra, smartphone paling keren seharga Rp18 jutaan. Seperti biasa, kami akan memulai pengujian perangkat ini dari tampilan luar lebih dulu. 

spekspek

Disain

S20  Ultra dengan layar infinity 0 DisplatS20 Ultra dengan layar infinity 0 Displat



Secara umum, tampilan Galaxy S20 Ultra masih senada dengan smartphone flagship Samsung sebelumnya. Seperti bagian sisi layar yang melengkung, bingkai logam, dan ada kamera lubang di bagaian layar untuk kamera depan yang dipatenkan dengan nama Infinity-O display.

Meski begitu, Seri Ultra tentu punya sisi yang lebih unggul dari model lainnya. Misalnya, ukuran layar lebih lebar dengan bentangan mencapai 6,9 inci. Bahkan sedikit lebih lebar dari layar Galaxy Note 10 Plus yang hanya 6,8 inci.  Tampilan belakangnya pun juga berbeda dari Seri S20.Susunan kameranya memiliki bingkai persegi panjang yang terlihat dominan. Ini juga mengesankan jika kamera S20 Ultra punya sesuatu yang spesial.  

Samsung S20 Ultra hadir dalam dua warna Cosmic Black dan Cosmic Grey. Yups, memang hanya dua warna dan tak ada pilihan warna terang. Warna-warna gelap ini sepertinya ingin menegaskan bahwa S20 Ultra adalah perangkat yang powerful. Samsung memang menawarkan versi Cloud Blue dan Cloud Pink tapi itu untuk Galaxy S20.

tampak belakangtampak belakang

Soal ukuran, Samsung S20 Ultra yang memiliki dimensi 6,6 x 2,9 x 0,34 inci dan berat 7,7 ons, membuatnya jauh lebih tinggi dan sedikit lebih tebal dari iPhone 11 Pro Max, tetapi punya bezel yang lebih tipis. Selain itu, meski menggendong baterai besar, ternyata S20 Ultra ini lebih ringan dari iPhone 7 Pro Max yang beratnya mencapai 7,97 ons.

Lubang chargerLubang charger

Meskipun S20 Ultra menyandang layar dan baterai besar, menurut kami masih tetap nyaman digenggam. Mungkin karena tren smartphone saat ini rata-rata menawarkan layar dan baterai besar sehingga buat kami sudah sangat terbiasa. 

Satu hal lagi, lembar spesifikasi menyebutkan bahwa Samsung S20 Ultra ikut diperkuat dengan sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan debut. Namun tetap kami ingatkan agar tidak dengan sengaja menceburkan perangkat ini ke air. 

Layar

Layar S20 Ultra super terang dan tajamLayar S20 Ultra super terang dan tajam

Sebagai pemasok layar terbesar sekaligus pelopor layar model lengkung, Samsung tentu akan terus mempertahankan reputasinya. Kali ini Samsung S20 Ultra dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2x berukuran besar 6,9 inci, bahkan sedikit lebih besar dari Galaxy Note 10.

Samsung tetap mempertahankan lengkungan di sisi kanan dan kiri layar. Sementara di bagian atas ada lubang atau punch hole untuk menempatkan kamera depan. Dengan pendekatan ini, kami benar-benar menikmati lapangnya layar S20 Ultra. Juga, berbekal resolusi 3400x1440 (QHD+), semua gambar yang muncul tampak lebih detail, misalnya ketika menonton video kualitas HD, atau gambar dengan resolusi tinggi.

Warna-warna yang ditampilkan semua tampak alami  dan layar Samsung S20 Ultra ini juga memiliki kecerahan layar yang luar biasa ditambah keunggulan layar jenis Super AMOLED pada S20 Ultra ini menghasilkan tampilan yang lebih kontras dan tetap bisa menampilkan gambar yang baik pada lingkungan di bawah terik matahari.

Nah, untuk kenyamanan bermain game, S20 Ultra ini juga dibekali dengan refresh rate 120Hz. Selain itu S20 Ultra juga mendukung 240Hz touch sensing, fitur yang hanya dimiliki oleh smartphone gaming. Jadi, sudah pasti akan memanjakan Anda yang suka bermain game-game berat.

Pilihan refresh ratePilihan refresh rate

Lalu apa yang dimaksud dengan Dynamic AMOLED 2x. Arti 2x ini ternyata menyiratkan bahwa layar S20 Ultra ini memiliki kecepatan refresh 2x lebih baik dari generasi sebelumnya. Secara efektif, Anda bisa memilih antara ketajaman dan kecepatan refresh. Misalnya, untuk menikmati kecepatan refresh 120Hz, maka resolusi layar akan diset pada resolusi FHD. Sementara jika ingin menikmati resolusi tinggi (QHD), maka layar akan diset pada 60Hz. Hal ini dibuat untuk lebih menghemat penggunaan daya baterai.

Meski demikian, Anda tak perlu kuatir sebab ketika beralih dari resolusi QHD ke FHD hampir tak terlihat perbedaannya, sementara dengan kecepatan refresh 120Hz, Anda bakal merasakan manfaatnya. Begitu kami mencoba memainkan game-game popular yang seperti Mobile Legend, Aov dan PUBG, terbukti layarnya sangat responship. Refresh rate yang tinggi ini akan membuat terasa kita lebih lincah seperti ketika kami coba memainkan PUBG.       

Kamera

Kamera utama S20  UltraKamera utama S20 Ultra

Kamera menjadi fitur yang paling kentara peningkatannya dibanding seri lainnya. Samsung S20 Ultra memiliki empat sensor yang terdiri dari kamera ultra wide 12 megapiksel (f/2.2), kamera wide angle 108 megapiksel (f/1.8), dan telefoto 48 megapiksel PDAF (f/3.5) dengan kemampuan zoom 100x dan kamera  wide angle 108 MP. Selain itu ada satu lagi sensor yang disebut DepthVision sejenis dengan ToF.

Sensor Depth Vision ini sudah ada sejak Seri Note 10+ yang fungsinya untuk membaca jarak dan kedalaman sehingga menghasilkan pengelaman fotografi ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi, DepthVision sensor ini akan sangat membantu untuk fokus live video, pengurukan cepat dan pemindai 3D yang membantu kita agar lebih kreatif serta mendapatkan informasi dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Nah, yang berbeda dari seri S20 lainnya adalah sensor 108MP yang merupakan Isocell Bright HM1 milik Samsung, dengan sistem terbaru yang disebut Nonacell. Nonacell pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Tetracell, teknologi pixel-binning yang bekerja dengan cara menyatukan empat pixel menjadi satu pixel berukuran lebih besar, sehingga pada akhirnya dapat menyerap lebih banyak cahaya. Soal sistem kamera Samsung S20 Ultra yang lebih detail akan kami ulas secara terpisah.

Anda pasti penasaran dengan  fitur 100x zoom milik S20 Utra ini kan? Sayangnya Samsung tidak menyebutkan kemampuan zoom optikal yang  sebenarnya, tapi kami yakinkan di sini bahwa kamera S20 Ultra ini memiliki kemampuan zoom 10x lossless. Artinya, hasil yang dihasilkan tidak mengalami penuruan kualitas.

Fitur ini didukung oleh teknologi prisma revolusioner untuk memungkinkan perangkat mencapai tingkat pembesaran optik. Samsung juga menggunakan AI pada perangkat untuk digunakan dengan baik dengan kameranya. Dengan menggabungkan zoom optik hybrid dan zoom digital, Galaxy S20 Ultra mampu menekan 100x Space Zoom.

Meski memiliki kemampuan 100x zoom, namun untuk mendapatkan hasil gambar yang  baik, kami sarankan untuk memanfaatkan tripod. Sebab akan sangat sulit membidik objek dengan pembesaran 100x zoom.

Beberapa contoh hasil foto bisa Anda lihat di bawah ini;

Foto outdoor cahaya cukupFoto outdoor cahaya cukup

Foto malamFoto malam

Selain foto, Samsung juga telah mengembangkan beberapa fitur baru pada kamera yang memungkinkan kita melakukan lebih banyak hal dengan S20 Ultra. Misalnya ada mode Pro pada video menyedikan pilihan pencahayaan dan bukaan saat mengambil video.

Foto indoorFoto indoor

Kami juga menyukai fitur crop-zoom, yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa banyak mengubah kualitas gambar. Jangan lupa, S20 Ultra juga bisa merekam video 8K dan bahkan membagikannya ke YouTube secara langsung.

Zoom 100xZoom 100x

Kinerja

Tes main PUBG di S20 UltraTes main PUBG di S20 Ultra

Sebagai smartrphone kelas super flagship, kinerja S20 Ultra sudah pasti bisa memenuhi semua kebutuhan. Sebut saja untuk kebutuhan kerja, bermain atau buat bikin konten video dan foto. Ditenagai oleh Exynos 990 dengan 8 core CPU hingga 2,73 Ghz dipadukan dengan RAM 12GB, sudah tak diragukan bakal lancar melibas aplikasi dan game-game berat.

Kinerja S20  Ultra ini juga kami buktikan lewat aplikasi benchmark. Pertama dengan aplikasi 3Dmark, skor S20 Ultra menyentuh angka 6.800. Semantara untuk uji prosesor, kami menggunakan Geekbench yang hasilnya 920 poin untuk pengujian core tunggal, dan 2.777 poin untuk core gabungan.

Pengalaman penggunaan seperti multi tasking dan bermain game-game berat semua tak terkendala, lancar dan nyaman. Apalagi, kemampuan layar S20 Ultra ini sudah mendukung 120Hz refresh rate , terasa makin ajib.

GeekbenchGeekbench

   3DMark3DMark

Sejatinya Samsung S20 Ultra punya beberapa varian, namun yang hadir di Indonesia adalah model RAM 12Gb dengan 128 Gb penyimpanan seperti yang kami uji ini. Untuk menambah kapasitas memori, Samsung menyediakan slot microSD yang bisa dijejali hingga 1 TB.

Dari sisi software, kami juga suka sekali dengan One UI One v ersi 2.1 terbaru besutan Samsung ini. Berbasis Android 10, One UI memungkinkan Anda memilih mode terang atau gelap. One UI 2.1 juga animasi yang lebih halus yang secara alami bereaksi terhadap setiap sentuhan layar. Mengakses menu yang ada dalam perangkat pun sangat mudah. Bahkan Anda hanya cukup menggunakan satu tangan saja. Tinggal scroll ke atas atau ke samping, untuk menjelajahi semua fitur.

pilihan tampilanpilihan tampilan

Adanya aplikasi Microsoft juga membantu kita seperti Office dan Outlook. Selain itu, ada aplikasi Samsung Pay, yang kini sudah terintegrasi dengan layanan DANA. Tentu saja, S20 Ultra sudah dibekali dengan NFC yang bisa digunakan untuk mengisi saldo kartu pra bayar lewat aplikasi perbankan atau untuk keperuan lainnya.

Aplikasi MicrosoftAplikasi Microsoft

Nah, jika Anda pengguna Samsung pasti juga sudah mengenal Bixbi. Asisten digital ini lumayan membantu dan menyenangkan, cukup katakan “hi Bixbi” dan sebutkan perintahnya.

BixbyBixby

Disokong dengan baterai berdaya 5000 mAh, Galaxy S20 Ultra menjadi seri S pertama yang menggunakan baterai besar. Buat penggunaan normal, baterai sebesar ini sanggup menemani Anda hingga dua hari. Namun jika penggunaannya cukup intensif terutama pada kamera atau untuk memainkan game, S20 Ultra ini bisa digunakan seharian.

Samsung memang menawarkan dukungan pengisian daya super cepat 45W pada Galaxy S20 Ultra tetapi, paket penjualan yang disediakan hanya pengisi daya 25W dan sudah ini juga sudah lumayan cepat.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S20 Ultra berhasil menjadi pembeda dari seri S lainnya. Seperti halnya fitur kamera 108 MP dan 100x zoom yang menjadi daya tarik. Jika Anda seorang konten kreator, menurut kami S20 Ultra layak dijadikan daily driver. Pun buat yang mencari performa terbaik untuk bermain game, S20 Ultra sangat bisa diandalkan dengan RAM besar, layar 120 Hz dan chipset terbaru. (*)