pulsa-logo

Review Samsung Galaxy Buds Plus: Suara Lebih Jernih, Baterai Lebih Tahan Lama


PULSA

Jum'at, 17 April 2020 • 19:27

Review Samsung Galaxy Buds Plus


Samsung Galaxy Buds PlusSamsung Galaxy Buds Plus

Galaxy Buds Plus adalah earbuds TWS atau true wireless terbaru Samsung yang dirilis di Indonesia berbarengan dengan Galaxy S20 series pada Februari lalu. Sebutan Plus bisa disimpulkan sebagai pembaharu dengan beragam peningkatan dari perangkat yang sama yang dirilis tahun lalu.

Dari laman resmi Samsung diketahui bahwa Galaxy Buds Plus ini diklaim sebagai Earbud wireless pertama samsung dengan speaker 2 arah yang menghadirkan suara AKG dengan treble yang jernih dan bass yang dalam, sistem 3-mikrofon adaptif untuk suara panggilan jelas dan daya baterai tahan lama — semuanya untuk pengalaman mendengarkan musik yang Premium.

Menariknya, Galaxy Buds Plus ini dibandrol kisaran Rp2 juta, yang jelas lebih murah dari AirPods. Atau bahkan jika dibandingkan dengan harga Sony WF-1000XM3. Jadi bisa disimpulkan bahwa Samsung Galaxy Buds Plus punya harga yang cukup kompeitif.

Desain

Disain keren Buds PlusDisain keren Buds Plus

Penampilan Samsung Galaxy Buds Plus sebetulnya tak jauh berbeda dengan pendahulunya, termasuk disain cangkangnya yang apik dan dilengkapi silikon yang bisa diatur. Galaxy Buds Plus hadir dalam varian warna merah, putih, biru, dan hitam. Anda bisa memilih warna sesuai keinginan, tidak seperti AirPods yang hanya berwana putih putih.

Samsung Galaxy Buds Plus berbentuk kuncup kecil yang ramping dengan ukuran 17,5 x 22,5 x 19.2mm, ukurannya memudahkan memasukan ke kotak pengisian dan nyaman ditancap ke telinga. Di dalam kotak Galaxy Buds Plus, Anda akan menemukan eartip tambahan dalam tiga ukuran yang berbeda.


Di bagian luar Anda akan menemukan tombol sentuh kapasitif untuk bebera fungsi seperti bass, treble atau mengaktifkan asisten virtual Anda, menurunkan volume serta mengaktifkan amplifikasi suara ambient.

Menggunakan tombol kapasitif sentuh sebagai alat untuk mengontrol earbud bisa sedikit tidak nyaman pada awalnya, karena menekan tombol mendorong earbud lebih jauh ke dalam saluran telinga, namun Anda akan segera belajar untuk menekan lebih sedikit tekanan saat menggunakannya. Akan lebih baik jika Samsung memutuskan untuk menerapkan asisten virtual yang selalu mendengarkan, namun sayangnya Samsung belum memutuskan untuk menerapkannya.

Galaxy Buds Plus dibekali ketahanan IPX2 yang artinya tahan percikan. Jadi akan aman digunakan untuk olahraga biasa. Sedangkan untuk casingnya sendiri, cukup ringan dan halus dengan ujung yang membulat, cukup pas di saku Anda. Casing pengisi daya Galaxy Buds Plus menggunakan USB-C, seperti kepunyaan ponsel Samsung, yang berarti Anda tidak perlu membawa kabel terpisah.

Baterai dan konektivitas

Galaxy Buds Plus memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih lama daripada Galaxy Buds sebelumnya. Sekarang Buds Plus bisa tahan hingga 11 jam, sementara casingnya memberikan 11 jam tambahan, menjadikan masa pakai baterai total menjadi 22 jam.

Dalam hal konektivitas nirkabel, Bluetooth 5.0 menyediakan koneksi nirkabel yang stabil sangat bias diandalkan, tak pernah drop meskipun di daerah yang ramai. Untuk penyambungan earbud dapat dilakukan melalui Bluetooth atau dengan mengunduh aplikasi Galaxy Wearable atau Samsung Galaxy Buds Plus dari Google Play dan Apple App Store.  Aplikasi ini sangat membantu untuk memudahkan penyetingan jadi lebih baik dipasang di ponsel Anda. Ya benar, Buds Plus kini mendukung iPhone.  

Fitur lainnya yang patut ditunjukkan adalah bahwa jika Anda memiliki banyak perangkat, Galaxy Buds Plus mendukung multi-pairing, memungkinkan mereka untuk terhubung ke beberapa perangkat tanpa harus memasangkannya kembali setiap kali Anda menggunakannya.

Kualitas suara

Sistem dual-driver baru yang digunakan Samsung merupakan keunggulan pada Galaxy Buds Plus ini. Terdapat juga woofer dan tweeter yang berguna untuk memperkaya suara yang dihasilkan dan meningkatkan performa secara keseluruhan.

DSP milik Samsung mampu memutar bass serta meningkatkannya pada mid dan high untuk mencapai level audio yang kaya, hangat, dan dapat didengarkan dalam waktu yang lama. Samsung menyebutnya kualitas suara studio yang didengarkan di luar studio.

Selain itu, Samsung juga meningkatkan jumlah mikrofon internalnya guna meningkatkan kualitas suara panggilan yang lebih baik. Memiliki mic tambahan juga meinigkatkan kemampuan noise cancelling yang lebih baik meski ditempat yang paling bising. Siapapun yang Anda telepon dengan menggunakan Buds Plus akan mengatakan bahwa suara yang terdengar sebagus berbicara langsung.

Dengan menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Buds Plus dan/atau Samsung Wear Anda dapat menyesuaikan suara earbud (ada pilihan Soft, Dynamic, Clear, Treble dan Bass Boost). Selain itu aplikasi itu juga bisa membantu Anda menemukan perangkat jika terselip dengan memilih “Find My Earbud”.

Terakhir kesimpulan kami, Samsung Galaxy Buds Plus sangat pas dan berhasil memenuhi kebutuhan buat Anda yang menginginkan earbud nirkabel dengan baterai tahan lama serta memiliki kualitas suara yang baik dengan harga yang kompetitif.(*)