pulsa-logo

Review OPPO Reno3: Performa Kamera Terbaik di Segala Kondisi


Hairuddin

Selasa, 28 April 2020 • 14:13

oppo reno3, harga oppo reno3, review oppo reno3, spesifikasi oppo reno3, oppo indonesia, oppo


OPPO Reno3OPPO Reno3

OPPO menjadi salah satu vendor ponsel yang cukup gencar membanjiri pasar smartphone tanah air. Salah satu produk unggulannya yang paling baru adalah Reno3. Produk yang dikenalkan ke publik pada pertengahan Maret 2020 ini merupakan penerus dari Reno2 F. Tampil dengan desain yang lebih sederhana, OPPO Reno3 tetap dijejali teknologi terbaru serta inovasi paling mutakhir.

Dengan membawa tagline “Clear in Every Shot”, Reno3 ingin menunjukan keunggulan utama yang masih tetap bersumber pada kekuatan kamera. Tidak hanya menjagokan kemampuan foto malam hari, Reno3 juga digadang-gadang membawa fasilitas kamera paling anyar seperti Macro, Zooming serta jepretan foto yang memiliki kekuatan 108MP.

Lalu, seperti apa sih performa keseluruhannya dari smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan ini?

Paket penjualan OPPO Reno3Paket penjualan OPPO Reno3

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector

Warna: Sky white, Midnight Black

Harga: Rp 5.199.000


Desain Waterdrop

Bagi yang pernah menggunakan Reno2 F maupun seri Reno2 lainnya yang menerapakan struktur desain dengan area layar cukup luas, pastinya agak kaget melihat tampilan fisik Reno3 ini. Ya, di seri ini OPPO kembali menghadirkan karakter desain yang menurut netizen julid terlihat ‘cupu’ dan mirip smartphone entry level, dengan konsep waterdrop screen-nya. Bukan tanpa alasan OPPO menghadirkan konsep desain berponi tetesan air di Reno3, vendor ini berusaha untuk menghadirkan smartphone yang lebih sederhana namun memiliki performa yang cukup luar biasa.

Lewat konsep desain ini, OPPO juga ingin menampilkan filosofi baru yang terinspirasi oleh alam. Di laman resminya, OPPO mendeskripsikan Light Lapse Inspired by Nature, dengan “Keagungan langit kosmos yang luas menanamkan sebuah suasana yang damai dan menyegarkan. Pergeseran siklus di langit, menghasilkan berbagai warna dan cahaya yang indah.”

Tidak hanya itu, OPPO Reno3 juga ingin memanjakan penggunanya melalui karakter desain yang solid dan nyaman digenggam lewat dimensi bodi yang cukup slim. Ketebalan bodi perangkat ini tercatat hanya sekitar 7,9mm dengan bobot 170 gram.  Bandingkan dengan perangkat sejenis yang rata-rata masih terasa tebal dan berat, apalagi jika dibungkus dengan soft cover berbahan silikon yang biasanya ada di boks penjualan.

Untuk kompartemen lain semisal tombol volume, power, corong speaker, port USB Type-C dan audio jack 3.5mm, Reno3 tetap memposisikannya di lokasi yang terbilang standar. Di bagian belakang, selain menawarkan karakter desain bodi yang glossy dengan efek kaca, terdapat panel sensor kamera yang posisinya mohok di kiri atas dan di bagian ujung diagonal ada logo OPPO yang ditulis vertikal.

Layar AMOLED

OPPO kembali menghadirkan teknologi layar terbaik untuk perangkat mid-end saat ini, yaitu AMOLED display. Berdasarkan data teknis, layar ini memiliki bentangan 6.4 inci dengan 16 juta warna yang tentu saja sanggup menghadirkan tayangan gambar dan warna yang jernih dan tajam.

Layar Reno3 punya resolusi Full HD+ (1080x2400 piksel) dengan rasio aspek 20.9. Rasio ini membuat tampilan layar terlihat memanjang, dengan area layar yang memiliki rasio dengan bodi mencapai 90.8%. Tentunya cukup luas dan asik untuk main game mobile atau menonton streaming video.

Serupa beberapa produk paling baru, Reno3 juga sudah membawa antarmuka paling baru yang menyertakan opsi pengaturan layar ke mode gelap (dark mode). Di perangkat ini, pengguna bisa menemukan pengaturan Dark Mode ini pada menu Display Settings. Dengan mengaktifkan pilihan ini, layar jadi terasa lebih nyaman bagi mata. Poin plusnya, dengan mengkombinasikan fitur Dark Mode dan Eye Care yang merupakan fitur pereduksi cahaya biru berlebihan, layar OPPO Reno3 jadi tambah sejuk dan tidak merusak mata.

Satu lagi yang cukup keren, OPPO Reno3 ternyata juga dibekali OSIE visual effect yang mampu meningkatkan kejernihan tampilan video, intensitas warna, dan menjadikan penglihatan keseluruhan lebih apik.

Di layar ini juga, OPPO menanamkan Hiden Fingerprint Unlock 3.0 yang kabarnya punya algoritma serta inovasi lebih baik dalam hal mendeteksi data sidik jari pengguna. Berdasarkan hasil uji coba, sonsor ini mampu mengenali sidik jari dan membuka kunci layar dengan cepat dan lancar hanya dalam waktu 0.34 detik. Untuk menambah keamanan perangkat, selainsensor sidik jari tersembunyi Reno3 juga melengkapinya dengan kode, patern plus face recognition.

48MP Quad Camera

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Reno3 memang masih tetap menjagokan kemampuan fotografi dengan hadirnya Quad Camera berteknologi AI. Konfigurasinya sendiri terdiri kamera utama 48 MP Ultra-clear (f/1.79, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF). Didukung tiga kamera dengan fungsi berbeda yakni, telefoto 13 MP (f/2.4, 52mm, 1/3.4″, 1.0µm, 2x optical zoom, PDAF), ultra-wide 8 MP (f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm), dan mono 2MP (B/W, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm).

Dari konfigurasi tersebut sudah jelas terlihat bahwa OPPO Reno3 menawarkan kemampuan fotografi yang lebih maksimal lagi. Tapi yang paling menarik, Reno3 ini punya kemampuan menjepret 108MP Ultra Clear Image.

Untuk bisa menggunakan kemampuan tersebut, pengguna harus memilih opsi XHD yang terdapat di Expert Mode. Besaran file foto yang dihasilkan oleh mode XHD ini berkisar antara 20 – 25MB dan memiliki resolusi 9024 x 12032 yang setara dengan 108MP. Melalui fitur XHD, Reno3 akan melakukan pengambilan beberapa gambar secara bersamaan, kemudian melakukan penyesuaian tiap layer gambar hingga satuan terkecil sub pixel untuk koreksi warna, ketajaman, pengurangan noise hingga melakukan penyesuaian dynamic range, gambar yang dihasilkan tidak hanya memiliki ukuran yang besar namun juga tajam, kaya warna dan detail yang terjaga.

Tidak hanya itu, lewat kamera Telephoto Reno3 juga menawarkan pengalaman fotografi mobile yang lebih menarik lewat kemampuan zooming. Sensor kamera ini menyediakan pilihan perbesaran obyek bidikan mulai dari 2x optical zoom dan hybrid 5x zoom serta kemampuan digital zoom hingga 20x yang juga dikolaborasikan dengan teknologi AI. Nah, satu lagi kemampuan kamera yang saat ini tengah ngetren yakni Macro. Reno3 juga menawarkan kemampuan ini dengan menyertakan kemampuan membidik obyek kecil dalam jarak 3cm. Untuk keperluan ini, sensor kamera yang digunakan adalah Ultra Wide 8MP. Hasil jepretannya memiliki detil yang tajam loh.

Untuk yang hobi foto malam hari, Reno3 juga digadang-gadang cukup piawai. Dengan algoritma baru yang mendukung komposisi multi frame mulai dari exposure yang lebih lama, HDR, dan kecerdasan buatan untuk mengendalikan noise pada gambar. Reno 3 juga memanfaatkan NPU untuk melakukan kalkulasi algoritma sehingga dapat memberikan hasil gambar malam hari yang jernih dan jelas baik melalui fitur night mode dan ultra dark mode yang akan aktif pada saat cahaya dibawah 1 lux.

Hasil foto kamera utama - indoor ultrawideHasil foto kamera utama - indoor ultrawide

Hasil foto kamera utama - macro bokehHasil foto kamera utama - macro bokeh

Hasil foto kamera utama - outdoor autoHasil foto kamera utama - outdoor auto

44MP Ultra Night Selfie

Selfie sudah lama menjadi bagian dari DNA perangkat OPPO. Bahkan, selfie pada perangkat OPPO sudah menjadi top of mind sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia. Tentunya sebagai perangkat yang memiliki kamera depan dengan hasil terbaik, OPPO tidak berhenti melakukan inovasinya, termasuk di Reno3.

Reno3 disokong kamera depan dengan resolusi terbesar saat ini yakni sensor 44MP, yang juga punya kemampuan night mode yang diklaim maksimal. Lewat fitur ultra night selfie akan mengambil beberapa foto kemudian melalukan penyesuaian tiap frame dan memperluas dynamic range melalui HDR.

Hasil foto kamera utama - ultra nightHasil foto kamera utama - ultra night

OPPO juga menghadirkan fitur perlindungan wajah, dimana ketika kecerdasan buatan melakukan penyesuaian frame dan HDR, wajah objek foto akan tetap terlihat jelas namun tetap natural.

Hasil foto kamera depan - selfieHasil foto kamera depan - selfie

Ultra Steady Video

Selain untuk foto, ternyata OPPO juga menghadirkan pembaharuan yang sangat maksimal pada kemampuan rekam video. Di Reno3 ini, OPPO menghadirkan fitur Ultra Steady Video. Fitur ini menghadirkan pengalaman merekam video yang lebih maksimal, dengan tingkat stabilitas lebih baik. Dengan mengaktifkan fitur Ultra Steady ini, seakan-akan tidak perlu lagi menggunakan tripod atau alat bantu lain untuk menjaga gambar tetap stabil dan tidak goyang.

Tidak hanya yang standar dalam menjaga kestabilan gambar saat merekam video, Reno3 juga masih menawarkan fitur yang lebih tangguh lagi yakni mode Ultra Steady Pro. Untuk Ultra Steady Pro sendiri mengandalkan sensor kamera ultra wide dengan angle bidikan yang lebar. Opsi Ultra Steady Pro lebih cocok digunakan pada aktivitas yang lebih dinamis. Kedua opsi ini bisa ditemukan pada pengaturan video recording langsung di viewfinder kamera.

Untuk yang ingin menghasilkan video yang lebih keren, Reno3 juga menyertakan kemampuan AI Beauty. Penggunaannya tidak jauh beda dengan fungsinya saat mengambil foto. Satu lagi, Reno3 juga menawarkan kemampuan merekam video bokeh loh. Saat merekam video, pengguna juga bisa melakukan zooming loh. Benar-benar keren fasilitas kamera yang ditawarkan OPPO Reno3 ini.

Kerennya lagi, Reno3 juga dibekali aplikasi editing video bawaan yakni Soloop. Aplikasi yang mulai tersedia secara default di Reno2 Series ini eksklusif diagrap oleh OPPO. Menariknya, Soloop dilengkapi beragam template video, filter, musik dan juga bisa menambahkan subtitle. Pengguna juga bisa dengan mudah melakukan pemotongan klip video lewat opsi Trim. Semua proses editing langsung dilakukan dari ponsel dengan cukup mudah.

Performa Ngebut dengan Helio P90

Untuk performa, Reno3 memang mendapatkan peningkatan disbanding seniornya, Reno2 F. Di Reno3, OPPO menanamkan chipset MediaaTek Helio P90 yang oleh beberapa kalangan kerap ditandingkan dengan Snapdragon 845. Meski secara keseluruhan setingkat dibawah Snapdragon tersebut, namun performa Helio P90 di Reno3 masih cukup tangguh dalam berakselerasi melibas semua fungsi ponsel. Baik itu untuk kebutuhan multitasking, maupun dalam menjalankan game.

Berdasarkan data teknis, chipset Helio P90 di OPPO Reno3 memiliki konfigurasi 2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55, dan dibangun dengan pabrikasi 12nm serta dipadukan dengan GPU PowerVR GM9446. Buat yang hobi main PUBG Mobile, CoDM maupun game Battle Royale lainnya, jeroan yang dibawa Reno3 ini mampu bekerja dengan maksimal dan lancar. Tidak terasa ada lag saat semua settingan diatur ke level maksimal.

Performa yang lancar jaya ini juga tidak lepas dari sokongan fitur Game Space yang dapat mengalokasikan semua sumber daya dengan baik saat game dijalankan, serta teknologi Hyper Boost. Satu lagi, Reno3 juga didukung kapasitas memori yang besar loh. Di pasaran Indonesia, perangkat ini membawa kapasitas RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB plus opsi perluasan hingga 256GB menggunakan kartu microSD.

Bagi yang masih penasaran dengan performa keseluruhan Reno3 jika dikalkulasi menggunakan aplikasi benchmark, PULSA sempat mengukurnya menggunakan beberapa aplikasi. Dengan AnTuTu v8.3.0 Reno3 mencatatkan skor 203180 yang tentunya jauh di atas Reno2 F dengan Helio P70-nya. Untuk lebih lengkap, bisa melihat di tabel benchmark terlampir.

Baterai 4025 mAh plus VOOC Flash Charge 3.0

Kinerja keseluruhan dari Reno3 ini juga tidak lepas dari dukungan sumber power yang terbaik. Perangkat ini dibekali baterai tanam dengan kapasitas 4025 mAh. Dukungan sistem manajemen power yang baik di perangkat ini juga sangat membantu mengoptimalkan baterai dalam memberikan daya kerja maksimal. Untuk penggunaan normal, baterai Reno3 sejatinya dapat bertahan hingga satu hari penuh.

Menariknya, Reno3 juga tetap disokong ekosistem pengisian baterai cepat lewat teknologi VOOC 3.0 Flash Charge. Teknologi ini menggunakan algoritma terbaru yang menghasilkan pengisian penuh hingga 25% lebih cepat dari teknologi VOOC sebelumnya. Rata-rata, untuk mengisi ulang baterai Reno3 dari kondisi kosong hingga 50% membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sementara jika sampai full 100%, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 73 menit saja.

Kesimpulan

Dengan banderolan harga sekitar Rp 5 jutaan, tentunya Reno3 harus mengalami persaingan yang sangat ketat dari para rivalnya di segmen yang sama. Meski begitu, tawaran kemampuan kamera yang maksimal serta didukung beragam inovasi paling baru dalam menghadirkan foto maupun video berkualitas tinggi, rasanya masih terbilang layak untuk dipertimbangkan. Satu lagi yang bisa menjadi nilai plus Reno3 adalah sokongan pengisian baterai cepat VOOC 3.0 Flash Charge, yang secara ekosistem menawarkan keamanan serta kemampuan yang lebih digjaya ketimbang teknologi pengisian baterai cepat besutan vendor lain. Namun balik lagi, semua keputusan tetap ada di tangan pengguna yang tentunya harus pula menyesuaikan dengan kebutuhan.