pulsa-logo

Review OPPO Reno3 Pro: Makin Serius di Fotografi, Tetap Nyaman untuk Ngegame


Ahmad S.

Jum'at, 08 Mei 2020 • 08:14

OPPO Reno3 Pro, harga OPPO Reno3 Pro, review OPPO Reno3 Pro, spesifikasi OPPO Reno3 Pro, oppo, oppo indonesia


OPPO Reno3 ProOPPO Reno3 Pro

Mengusung slogan clear in every shot, OPPO Reno3 Pro nampaknya dibuat lebih banyak untuk kebutuhan fotografi. Tapi, kami bisa saja salah. Mengingat chipset anyar MediaTek yang menjadi otak ponsel ini, Helio P95, juga dipercaya mumpuni untuk menjaga performa bermain game.

Seri Reno milik OPPO yang dihadirkan untuk menggantikan lini seri F dan R merupakan lini produk premium di kelas menengah ke atas. Demikian juga dengan Reno3 Pro ini. Tetap setia mengusung fotografi yang lebih baik, ponsel ini dilepas dengan harga relatif tinggi.

Memang bukan untuk semua orang, namun juga cukup masuk akal mengingat pasar di ceruk ini akan mencari kualitas yang spesifik. Bagaimana kira-kira OPPO Reno3 Pro ini? Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut laporannya.

Paket penjualan OPPO Reno3 ProPaket penjualan OPPO Reno3 Pro

Harga: Rp 8.999.000

Warna: Sky White, Midnight Black

Paket Penjualan: Ponsel OPPO Reno3 Pro, kabel data USB to USB type-C, charger adapter VOOC 4.0, Earphone stereo jack 3.5 mm, pin ejector, casing silicon clear, buku manual


Desain Klasik Tetap Ergonomis

Sekilas tidak ada yang istimewa di balik desain OPPO Reno3 Pro. Sama layaknya ponsel-ponsel OPPO yang meluncur sebelumnya. Namun ponsel ini masih tetap nyaman digenggam, tidak terlalu licin meski tidak menggunakan casing silicon bawaannya.

Bagian depan dan belakang Reno3 Pro seperti dilapisi kaca. Di mana bagian depan sudah terkonfirmasi dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5, sementara bagian belakang dibuat glossy dengan bahan polikarbonat dan pewarnaan gradasi yang apik.

Ponsel ini terasa ringan, sehingga tidak terlalu mengganggu ketika diletakkan di saku celana. Dan relatif tipis sehingga tidak menyulitkan tangan saat berinteraksi dengan ponsel. Hanya saja, penggunaan casing silicon rasanya direkomendasikan untuk mereka yang agak sembrono. Pasalnya bagian lensa kamera di sudut kiri atas bagian back cover sedikit mencuat, lebih tinggi dari bagian lain. Dengan menggunakan casing, setidaknya kita bisa menghindari kerusakan pada lensa kamera, atau membuatnya stabil saat diletakkan terlentang di atas meja.

Bagian depan Reno3 Pro didominasi oleh layar. Tidak lagi menggunakan desain poni, 2 lensa kamera depan terpasang dengan desain punch hole mendekati sudut kiri atas layar. Ruang pandang di layar jadi semakin lega.

Sementara itu bagi mereka yang lebih memilih menikmati musik melalui headset berkabel dengan jack 3.5mm, Reno3 Pro menyediakan port ini di bagian bawah bersebelahan dengan port USB Type-C.

Sementara itu, tombol power dan tombol volume diletakkan di dua sisi berbeda. Memungkinkan kita untuk mengambil screenshot hanya dengan satu tangan, dengan meremas dua tombol yang terdedikasi.

Layar AMOLED Penuh Fitur Kenyamanan

Membentang dalam ukuran 6,4 inci, layar dengan panel Super AMOLED pada Reno3 Pro memenuhi semua bagian di bagian depan ponsel. Bingkai pun dibuat sangat tipis sehingga hampir tidak terlihat.

Meskipun memiliki bingkai, upaya mengusap layar dari arah samping ke dalam ataupun sebaliknya dapat dilakukan dengan nyaman.Tidak kalah dengan ponsel-ponsel yang menggunakan layar edge. Akan lebih lancar lagi, apabila Anda mencopot plastik pelindung layar bawaan. Karena hampir tidak ada resistensi untuk melakukan navigasi menggunakan fitur gesture khas Android 10.

Melalui ColorOS7 yang sudah terinstal dalam Reno3 Pro, ponsel ini juga menyediakan sejumlah fitur demi kenyamanan penggunanya. Antara lain Eye Care, Screen Color Temperature, OSIE vision Effect dan Low-Brightness Flicker-Free Eye Care.

Eye Care memungkinkan layar ponsel mengubah temperature warna pada layar secara otomatis. Berguna agar mata Anda tidak terlalu capek di kondisi ruangan yang tidak memungkinkan. Semisal tempat gelap, di dalam kamar saat Anda akan segera tidur.

Lalu ada pengaturan Screen Color Temperature. Jika Eye care memberikan temperatur warna secara otomatis, maka fitur ini dapat mengganti temperatur warna menggunakan slider secara manual. Pilihannya ada tiga, yakni cool, default dan warm. Hasilnya memang tidak seekstrim dengan menggunakan Eye Care, sehingga cocok untuk digunakan sebagai salah satu fitur personifikasi, agar layar ponsel tampil sesuai dengan keinginan kita.

Selanjutnya ada OSIE vision effect alias Object and Semantic Images and Eye-tracking Vision Effect. Teknologi ini memungkinkan AI pada ponsel untuk membaca pergerakan mata pengguna secara presisi, sehingga mampu menikmati konten yang tertampil pada aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan lebih baik lagi. Semisal Instagram, TikTok, Vmate dan Likee.

Kemudian ada juga Low-Brightness Flicker-Free Eye care. Atau di beberapa ponsel lain disebut flicker free saja, atau juga DC Dimmer. Fitur ini akan mengurangi kelelahan pada mata akibat kedipan layar saat diatur ke dalam kecerahan (brightness) paling rendah.

Langsung Melantai dengan ColorOS7

OPPO Reno3 Pro termasuk salah satu ponsel yang langsung mengadopsi ColorOS7 saat dirilils. UI custom yang berbasis Android 10 ini tidak hanya menawarkan tampilan bersih dan rapi, namun juga kustomisasi yang lebih luas, serta fitur-fitur bawaan yang bermanfaat bagi penggunanya.

Sejumlah fitur yang terkait display sudah dibahas tuntas di bagian Layar, selanjutnya ada beberapa fitur untuk meningkatkan performa saat kita nge-game, yakni Game Space. Menawarkan Game Assistant untuk mengecek kebutuhan kita sebelum bermain game, semisal status baterai dan sinyal, serta fitur Network Acceleration yang meningkatkan efektivitas penggunaan jaringan internet untuk mengurangi delay.

Lalu ada aplikasi OPPO Service yang akan menghubungkan Anda dengan service center OPPO, mendiagnosa kerusakan secara otomatis, status garansi, dan masih banyak hal lain yang berkaitan dengan layanan purna jual ponsel ini.

Dan yang paling banyak saya gunakan, adalah SOLOOP. Sebuah aplikasi editing video yang sangat mudah digunakan, bisa menyesuaikan keinginan, atau menggunakan template yang sudah ada. Dikombinasikan dengan keberadaan 6 kamera, yang mampu merekam video ciamik, maka aplikasi ini menjadi penting. Juga ringan.

Beberapa sentuhan kecil semisal bisa langsung scroll ke atas saat kita mengetuk layar paling atas, menjadi satu tambahan yang bisa kita apresiasi untuk mempermudah navigasi di ColorOS7.

Pertama dengan Helio P95

OPPO Reno3 Pro diotaki oleh sebuah chipset anyar besutan Mediatek yang diberi nama Helio P95. Meski seumur dengan produk yang kita tes kali ini, bukan berarti chipset ini jadi terlalu asing untuk kami. Setidaknya, kita punya gambaran berdasarkan penjelasan selama launching produk dan juga pengalaman yang kami rasakan saat melakukan review ini.

Helio P95 merupakan chipset MediaTek pertama yang membawa HyperEngine. Sebuah teknologi yang mampu meningkatkan performa gaming melalui sejumlah optimasi hardware dan software.

Inilah salah satu alasan kenapa di awal kami menyatakan bahwa Helio seri P95 ini dipercaya mumpuni untuk menjga performa dalam bermain game. Selain juga bahwa arsitektur chipset mirip dengan seri P sebelumnya, yakni P90, dengan GPU yang sama PowerVR GM 9446.

Konfigurasi CPU pada chipset ini terdiri dari 2 inti ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2,2 GHz dan 6 inti Cortex-A55 yang kecepatannya 2.0 GHz. Saat digunakan untuk melakukan tugas-tugas berat semisal gaming atau editing video dan gambar, bisa berjalan dengan ngebut tanpa ada kendala.

Beberapa fakta yang bisa kami sebut adalah kemampuannya mirip-mirip dengan Snapdragon 730G. Di mana Helio P95 unggul di bagian akselerasi Single Core, serta kecepatan GPU yang lebih tinggi, 970MHz. Sebuah jaminan untuk pengalaman nge-game yang lancar.

Pada ponsel yang dirilis resmi di Indonesia awal pertengahan April ini, OPPO menyematkan RAM sebesar 8GB dan memori internal 256GB. Dan jika digabungkan dengan fitur-fitur bawaan ColorOS7 yang ditujukan untuk kenyamanan bermain game, maka semuanya saling melengkapi.

Kamera dengan Tone Warna Natural

PULSA sudah menggunakan ponsel ini sejak awal Maret 2020, sebagian besar untuk keperluan memotret pemandangan kota Milan, Turin, Como dan Luzern. Hasil jepretannya memuaskan dan menjadi bukti sejarah perjalanan kami melintasi kota-kota tersebut.

Kesan pertama yang muncul adalah, kamera ponsel ini tidak “lebay” saat menampilkan warna obyek foto. Hasil jepretan tetap memperlihatkan warna yang jelas namun natural sesuai dengan penglihatan mata kita, atau sesuai warna asli, dengan kemampuan HDR yang prima terutama di kamera 64MP-nya.

Bahkan ketika digunakan untuk memotret pemandangan yang relatif monoton karena tertutup salju tebal dalam kondisi hujan salju pun, detil foto dapat tertangkap dengan baik. Dalam foto maupun video yang kami rekam saat itu.

Namun menariknya, setelah dirilis secara resmi baik di global maupun di Indonesia, Reno3 Pro mengalami sejumlah update penting yang berkonsentrasi untuk meningkatkan kualitas kamera. Jadi, kami akan tambahkan sejumlah foto yang diambil menggunakan produk yang resmi rilis.

Kamera utama Reno3 Pro terdiri dari 4 kamera, yakni kamera wide 64MP yang setara dengan lensa 27mm dengan bukaan f/1.7, lalu ada kamera Telephoto 13MP setara 52mm dengan bukaan f/2.4, kamera ultrawide 8MP setara lensa 13mm dengan bukaan f/2.2 dan satu kamera unik 2MP hitam putih dengan bukaan f/2.4 yang sepertinya berfungsi sebagai sensor kedalaman jarak antara obyek dengan background.

Beberapa fakta lain yang menarik mengenai keempat kamera utama ini adalah kamera ultrawide menghasilkan gambar dengan warna yang sedikit lebih muncul ke permukaan. Meski di tingkat ketajaman gambar tidak sebaik kamera utama 64MP, namun kamera ini menghasilkan gambar yang dramatis dengan sejumlah koreksi pada bagian tepi sehingga obyek tidak terlihat terlalu terdistorsi atau tidak terlalu bengkok seperti efek fish eye.

Satu lagi kemampuan yang menarik adalah kemampuan menangkap gambar dalam resolusi 108MP, atau lebih tepatnya 9024 x 12032 pixel. Gambar yang diperoleh menggunakan mode XHD atau Extra HD ini bisa dicetak hingga ukuran poster 4,3 x 3,2 meter. Dan jika Anda bermaksud melakukan cropping di satu titik tertentu, hasil cropnya pun tidak banyak kehilangan detil dan tetap tajam.

Dan untuk urusan telefoto, OPPO menggabungkan 3 kamera 64MP, 13MP dan 8MP untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang apik dalam perbesaran 5X hybrid dan 20X digital zoom.

Lalu bagaimana dengan kamera selfie-nya? Kamera 44MP yang dikombinasikan dengan lensa 2MP depth of field ini mampu menghasilkan selfie bokeh dengan tepian yang rapi. Juga bisa berguna untuk memotret diri di tengah kondisi pencahayaan yang minim. Dengan algoritma yang relatif sama.

Sementara itu untuk video, Reno3 Pro sudah bisa merekam video dalam resolusi 4K di frame rate 30 fps. Sayangnya untuk mode Ultra Steady hanya bisa berjalan di perekaman video 1080p. Hasilnya cukup mengesankan, video terlihat lebih stabil namun kami menemukan ada sedikit cropping di sini.

Reno3 Pro juga menyediakan fitur UltraSteady Pro. Nah bedanya fitur ini tidak terlihat melakukan cropping, tapi dilihat dari tone warna dan ketajaman gambar, mode ini menggunakan kamera ultrawide untuk merekam video.

Hasilnya bisa Anda lihat di gambar yang kami sediakan atau tonton videonya di YouTube channel kami yang baru (PULSAID) dan Instagram @pulsachannel.

Hasil foto kamera belakang - extra HD 108MPHasil foto kamera belakang - extra HD 108MP

Hasil foto kamera belakang - night modeHasil foto kamera belakang - night mode

Hasil foto kamera belakang - outdoorHasil foto kamera belakang - outdoor

Hasil foto kamera belakang - outdoor portraitHasil foto kamera belakang - outdoor portrait

Hasil foto kamera belakang - ultrawideHasil foto kamera belakang - ultrawide

Hasil foto kamera belakang - zoom 5xHasil foto kamera belakang - zoom 5x

Kesimpulan

OPPO Reno3 Pro membawa banyak fitur yang memanjakan penggunanya. Baik penggemar lawas maupun calon user anyar yang membutuhkan kemudahan akses menuju fitur-fitur multimedia. Tidak hanya untuk mengabadikan sesuatu, tapi juga melakukan produksi sederhana hingga layak diposting dan dipertontonkan kepada orang lain tanpa membutuhkan alat tambahan.

Dari sisi hardware dan software, OPPO Reno3 Pro telah menyiapkannya dengan baik. Sebagai bonus, kita bisa nyaman bermain game menggunakan ponsel ini tanpa merisaukan daya tahan baterai dan waktu pengisian daya baterai tersebut.