pulsa-logo

Review Redmi 8A Pro, Tambah Fitur dan Tetap Murah


PULSA

Selasa, 12 Mei 2020 • 11:34

Review Redmi 8A Pro


Redmi 8A ProRedmi 8A Pro

Redmi 8A Pro baru-baru ini diluncurkan secara resmi oleh Xiaomi Indonesia.  Di tengah pandemi Covid-19, Redmi 8A Pro diumumkan kehadirannya via event live streaming. Ini sekaligus membuktikan angkah berani Xiaomi tetap konsisiten mengeluarkan produk baru meski secara umum kondisi perekomomian masih belum stabil akibat pandemi.

Nah, produk baru Xiaomi ini sejatinya merupakan pembaharu dari seri Redmi 8A yang sudah meluncur lebih dulu. Nama Pro pada line up seri A ini juga terbilang baru. Lalu apa menariknya dari seri Redmi 8A Pro ini?

Disain

Layar poni Redmi 8A ProLayar poni Redmi 8A Pro

Secara umum, tampilan Redmi 8A Pro tak jauh berbeda dengan Redmi 8A. Di bagian depan misalnya, ada layar dengan poni kecil berukuran 6,22 inci dengan aspek rasio 19:9. Kerapakatan pikselnya juga serupa, 720 x 1520 piksel. Begitu juga dengan ukuran atau dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm.

Layar Redmi 8A Pro tetap mempertahankan pelindung Corning Gorilla Glass 5.0. Buat kami ini menjadi nilai lebih sebab Corning Gorilla Glass 5.0 ini biasanya ditemukan di smartphone kelas menengah ke atas.

Meski ada kemiripan namun Redmi 8A Pro ini terkesan punya desain yang lebih kokoh. Ini terlihat dari pilihan warna dan juga corak timbul berpola x-line.  Corak tersebut membuat Redmi 8A Pro ini lebih nyaman digenggam dan tidak licin.


Bodi Redmni 8A Pro e nak digenggamBodi Redmni 8A Pro e nak digenggam

Xiaomi pun mengklaim bekerja sama dengan P2i untuk menambahkan teknologi nano coating yang membuat Redmi 8A Pro ini tahan dari percikan air. Ingat ya, bukan tahan air jadi jangan diajak renang. Untuk pilihan warna, Redmi 8A Pro punya tiga pilihan yakni Sky White, Sea Blue, dan Midnight Grey yang punya kesan lebih tegas.

Letak kamera belakang tak berubah, ada di tengah tetapi Redmi 8A Pro punya dua lensa kamera bukan satu dan letak lampu flash kini ada di atas lensa bukan di bawah. Selebihnya tak ada yang  berubah seperti letak volume rocker, sim tray juga slot charger USB-type C, masih sama dengan Redmi 8A.

Kamera

Kamera Redmi 8A ProKamera Redmi 8A Pro

Sektor kamera menjadi pembeda yang tegas antara Redmi 8A Pro dengan Redmi 8A. Sekali lagi kami tegaskan bahwa Redmi 8A Pro menyandang dua kamera belakang. Bukan hanya itu, sensor yang digunakan juga berbeda dengan Redmi 8A, sensor Redmi 8A Pro kini menggunakan kamera 13 MP + 12 MP.

Hasil kamera Redmi 8A Pro (outdoor)Hasil kamera Redmi 8A Pro (outdoor)

Kombinasi dual kamera Redmi 8A Pro ini akan menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang lebih baik. Sebab kamera keduanya berfungsi untuk membantu menghasilkan efek depth of field atau kedalaman. Sementara untuk kamera depan masih mengandalkan sensor yang sama dengan Redmi 8A dengan 8MP F/2.0. Fitur PDAF pada kamera Redmi 8A Pro akan sangat membantu menghasilkan foto yang lebih baik.

Hasil kamera (outdoor)Hasil kamera (outdoor)

Kemampuan kamera depan dan kamera belakang Redmi 8A Pro ini bisa digunakan untuk merekam video  1080p/30 fps. Berkat fitur HDR, video yang dihasilkan cukup memuaskan untuk smartphone kelas Rp1jutaan.

Hasil mkamera (indoor)Hasil mkamera (indoor)

Kamera depan Redmi 8A Pro tak hanya bisa menghasilkan gambar selfie yang bagus, tetapi bisa Anda gunakan untuk menambah keamanan perangkat dengan pengenal wajah. Ini dimungkinkan berkat bantuan AI.  Selain itu, kamera belakangnya kini sudah diintegrasikan dengan aplikasi Google Lens , yakni fitur yang memungkinkan Anda menerjemahkan kata-kata hanya dengan menangkap gambar dengan kamera.

Kinerja

Meskipun sejatinya Redmi 8A memiliki beberapa pilihan kapasitas memori namun untuk pasar Indonesia hanya tersedia satu varian saja yakni RAM 2GB dan penyimpanan 32 GB. Nah, pada Redmi 8A Pro, Xiaomi menyediakan dua varian RAM 2 GB dan 3 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB.

Jadi, untuk yang punya budget lebih dan kepingin menikmati kinerja yang lebih ngebut Anda bisa memilih varian RAM 3GB. Kinerj redmi 8A Pro ini masih mengandalkan chipset yang sama dengan Redmi 8A, menggunakan chipset Snapdragon 435 besutan Qualcomm.

Dengan kecepatan clock hingga 2.p GHz, Redmi 8A Pro bisa untuk menemani Anda bermain game-game populer seperti PUBG, AoV atau Mobile Legend. Yups, tentu dengan penyetelan grafis yang sesuai agar tak terkendala.

Beruntungnya, Redmi 8A Pro yang ditopang dengan baterai 5000 mAh ini, bakal membuat Anda betah berlama-lama main game tanpa takut terlalu sering mengisi ulang baterai. Pengalaman kami dengan penggunaan bormal untuk berbagai aktivitas seperti mendengarkan music, streaming video, main game dll, masih sanggup digunakan seharian.

Baterai besar Redmi 8A Pro ini juga punya fungsi reverse charging atau bisa digunakan sebagai pengganti power bank. Jadi, jika Anda rekan atau teman yang darurat kehabisan daya baterai, Anda bisa menolong dengan berbagi daya ke ponselnya.

Satu kelebihan lain dari Redmi 8A Pro ini adalah sudah mendukung fast charging 18W. Meskipun perangkat charger18W ini dijual terpisah.

Kesimpulan

Redmi 8A Pro membawa perubahan yang cukup signifikan disbanding seri sebelumnya.Fitur dual kamera dengan kemampuan Google Lens layak dipertimbangkan. Buat yang mencari smartphone di bawah Rp2 jutaan dengan baterai besar, pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 dan slot charger USB type-C, Redmi 8A Pro ini punya paket komplit.  Selain itu, garansi resmi 24 bulan (2 Tahun), menjamin bahwa kualitas Redmi 8A Pro selalu bisa diandalkan. (*)