pulsa-logo

Review realme Buds Q : Audio Berkualitas, Ngegame Makin Ganas


Ahmad S.

Rabu, 01 Juli 2020 • 08:00

tws, true wireless stereo, headset, bluetooth, low latency, gaming earbud, murah, harga terjangkau, realme, realme buds, realme buds q, q, buds, game, ngegame


Jika Anda memiliki dana terbatas untuk meminang sebuah true wireless yang memiliki kualitas audio dan koneksi yang dapat memuaskan kebutuhan Anda, maka saya bisa bilang kelompok True Wireless Stereo (TWS) earphone dari realme bisa menjadi pilihan tepat. Terutama untuk kebutuhan bermain game yang lebih intens karena latensinya yang rendah.

Berbeda dengan dua TWS realme sebelumnya, yakni realme Buds Air dan realme Buds Air Neo, realme Buds Q didesain dengan bentukan yang lebih simpel, tanpa gagang atau bagian memanjang yang menjorok keluar. Kemudian bagian eartips dimodifikasi untuk dapat masuk ke rongga telinga penggunanya, layaknya TWS bermodel IEM lainnya. 

Desain seperti ini memungkinkan realme Buds Q untuk terkunci di bagian telinga tanpa takut jatuh saat kita melakukan gerakan yang ekstrim. Meskipun memang, pandangan penikmat earset terbelah menjadi dua kubu saat membicarakan bentuk eartip seperti ini.

Ada yang suka banget karena audio akan benar-benar masuk ke rongga telinga tanpa memungkinkan suara dari luar untuk mengganggu. Menghasilkan suara yang lebih fokus juga berfungsi sebagai noise cancellation pasif akibat desain sedemikian.

Tapi, bagi sebagian lain, desain earpiece seperti ini juga dianggap tidak nyaman. Terutama untuk digunakan berlama-lama. Ada yang berpendapat membuat sakit bagian dalam telinga, ada pula yang berdalih memang lebih suka earpiece open yang berbentuk pod biasa.

Apapun itu, realme realme Buds Q menawarkan harga yang relatif ‘masuk’ banget. Kurang dari 500 ribu Rupiah, bahkan mendekati 400 ribuan saja. Masuk kan, pak Eko? Tapi, tolong dicatat, TWS ini tidak sembarangan gan. Meskipun terbilang terjangkau, soal kualitas dan tampilannya masih bisa diadu. Kenapa? Beberapa penjelasan berikut mungkin akan menjawabnya. 


Dirancang oleh Desainer Ternama

realme Buds Q dirancang oleh José Lévy. Seorang desainer ternama asal Perancis yang pernah merancang sebuah instalasi seni berupa patung kuda di salah satu workshop Hermès, dan karya-karya lain yang tersebar di seluruh dunia.

Terinspirasi dari bentukan cobble alias batu yang membulat, realme Buds Q didesain sedemikian rupa dengan memanfaatkan bulatan dan lekukan tanpa garis lurus. Hasilnya adalah sebuah perangkat yang bernilai estetika, dan nyaman untuk digunakan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, realme Buds Q memiliki desain eartip yang masuk ke dalam telinga. Bagian ini berbentuk paruh agar menyesuaikan bentukan bagian dalam telinga kebanyakan orang. Bentukan ini diukir halus 48 derajat di bagian atas dan 97 derajat di bagian bawah. Mampu mengisolasi kebisingan luar untuk pengalaman suara yang lebih dalam.

Tak heran jika ketika digunakan, suara yang dihasilkannya pun mampu menampilkan bass yang kuat. Selain tentu saja berkat kehadiran Bass Boost Driver dinamis 10mm yang akan kita bahas di bagian berikutnya.

Oh iya, untuk melakukan fungsi kendali tap pada buds, realme Buds Q menyediakan area terbuka yang dapat disentuh pada tiap buds nya. Dimana fungsi ini dapat diatur menggunakan aplikasi realme Link.

Driver dan Konektivitas

realme Buds Q dibekali dengan chipset R1Q yang membawa sejumlah teknologi anyar di sisi konektivitas. Hal ini akan mempermudah realme Buds Q untuk dapat terkoneksi dengan ponsel realme atau ponsel-ponsel lainnya.

Untuk koneksi atau pairing ke perangkat ponsel misalnya, realme Buds Q dapat terhubung melalui sebuah protokol koneksi yang instan. Dimana ponsel akan mendeteksi realme Buds Q saat casingnya terbuka dan langsung menghubungkannya secara instan ke ponsel tersebut.

Penggunaan chip R1Q True Wireless ini juga mampu menciptakan koneksi yang cepat dan stabil antara smartphone dengan realme Buds Q. Selain koneksi yang tidak ribet, juga latensi audio tercatat sangat cepat, melalui mode gaming, untuk bermain game atau menonton film.

Cara mengaktifkan gaming mode ini bisa dilakukan dengan menekan dan tahan dua earpiece secara bersamaan.

Bekerja sama dengan Bass Boost driver dinamis 10mm, chipset ini mampu menghasilkan suara yang jernih, berkarakter lebih ke arah bass untuk pengalaman mendengarkan musik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Performa Audio

Sekarang saatnya masuk ke pengujian kualitas audio. Kami mencoba realme Buds Q untuk tiga kegiatan penting yang selalu kita lakukan setiap saat: memutar musik, memainkan game, dan melakukan percakapan melalui telepon. 

Untuk kebutuhan mendengarkan musik, sesuai dengan dugaan awal kami, realme Buds Q mampu memuaskan mereka yang suka warna suara yang ngebass dan cenderung rendah, empuk tapi juga jernih. Ditambah dengan desain in-ear monitor, berhasil mengisolasi suara dari luar sehingga efek dentuman bass dari musik yang cepat bisa terdengar dengan baik.

Mungkin Anda yang tidak terlalu suka bass berpikir akan melewatkan realme Buds Q, tapi sepertinya tidak perlu. Karena melalui aplikasi, kita bisa mengubah warna suara dengan equalizer agar bisa lebih sesuai dengan preferensi pengguna.

Beralih ke pengujian dengan game. Anda tahu untuk bermain game Battle royale semisal PUBG Mobile, kualitas audio yang apik nan stabil adalah kunci dari kemenangan. Dengan realme Buds Q, kita dapat mendeteksi keberadaan lawan lewat langkah-langkah kaki yang muncul dari arah yang akurat, sehingga kita dapat mengantisipasi lawan dan memenangkan permainan.

Kualitas yang baik ini tentu saja ada hubungannya dengan latensi yang apik, hanya 119ms. Artinya audio yang dikirimkan dari ponsel akan terasa real time, seakan tanpa menggunakan koneksi Bluetooth.

Nah, terakhir. Saat digunakan untuk bertelepon, baik di realme Buds Q maupun di si penerima telepon, suara terdengar jelas. Ini di luar ekspektasi kami. Karena pengalaman menggunakan TWS berbentuk ini, mic yang jauh berada di bagian telinga biasanya tidak dapat menangkap dengan baik suara penggunanya.

realme Buds Q mampu melakukan ini dengan baik. Bahkan dengan single noise cancellation pada Mic, suara yang ada di sekitar pengguna tidak ikut terkirim ke lawan bicara. Menjadikan percakapan kita lebih jernih dan tidak dibuat kesal karena suara yang terlalu berisik.

Baterai

Terakhir adalah daya tahan baterai. realme Buds Q membawa baterai berkapasitas 400 mAh di casingnya dan 40 mAh di tiap earpiece. Mampu mendukung total pemakaian hingga 20 jam. Dan dalam sekali charging realme Buds Q pun bisa bertahan selama 3 jam untuk bertelepon secara nonstop dan 4,5 jam untuk mendengarkan musik sampai akhirnya harus masuk casing lagi untuk mengisi daya kembali.

Sementara untuk mengisi daya casing-nya dapat melalui lubang Micro-USB dan butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengisi ulang hingga penuh.

Kesimpulan

Harga 400 ribuan bukan berarti TWS realme Buds Q ini justru dibenamkan fitur audio fungsional nan mumpuni dengan kualitas yang apik. Konsep desain yang premium, kombinasi chipset, driver dan baterai yang tepat serta build-quality matang, TWS ini mampu menemani Anda mendengarkan musik tanpa henti selama 20 jam total. Jika dipadukan dengan realme C11, merupakan duet perkasa untuk Anda memenangkan game. 

 

Harga: Rp 399.000

Spesifikasi:

Dimensi: 59.8 x 45 x 29.9 mm (casing) / 35.4gram (case+2 BudsQ)

Chip: R1Q True Wireless

Form Factor: IEM (in Ear Monitor)

Bluetooth Compatibility: v5.0

Calling: Single Mic Noise Cancellation

Baterai: 40 mAh per Bud, 400 mAh case charger, Micro-USB

Warna: Black Pebble, White Pebble & Yellow Pebble

Paket Penjualan:

realme Buds Q dengan charging case, 3 jenis ear-tip, Kabel Micro-USB, Panduan pengguna, Kartu garansi