pulsa-logo

Adu Fitur Redmi 9, Samsung A20s dan Vivo Y30, Siapa Jawaranya?


PULSA

Rabu, 15 Juli 2020 • 15:01


Adu fitur Redmi 9, Samsung A20s dan vivo Y30Adu fitur Redmi 9, Samsung A20s dan vivo Y30

Menarik jika mencermati persaingan para vendor smartphone khususnya di kelas yang padat yakni kelas menengah. Harganya dan fiturnya tak terpaut jauh. Tidak heran, menentukan produk yang bakal dipilih untuk kelas ini cukup sulit.

Nah, kami bakal menjabarkan fitur-fitur unggulan dari beberapa smartphone kelas menengah yang saat ini membanjiri pasar smartphone di Indonesia. Mulai dari yang terbaru Redmi 9, Samsung A20S dan vivo Y30.  

Disain dan layar

Tampilan Redmi 9 dan Samsung A20s pada bagian depan hampir mirip karena keduanya mengusung layar dengan notch di bagian atas untuk menampung kamera depan.  Sedikit berbeda dengan vivo Y30 yang mengadopsi layar lubang dan diletakan di pinggir.

Beralih ke bagian belakang, ketiganya tampak menggunakan pemindai sidi jari rear mount yang menyatu di bodi. Letak kamera utama Redmi 9 diletakan di tengah, sementara vivo Y30 dan Samsung A20s ada di pinggir.

Bagian layar Redmi 9Bagian layar Redmi 9

Untuk ukuran layar, Redmi 9 dan Samsung A20s punya kesamaan dengan 6,5 inci sedangkan vivo sedikit lebih dengan 6,47 inci. Ketihanya mengandalkan layar jenis IPS LCD. UNtuk Redmi, berdasarkan spesifikasi yang kami kutip dari GSMArena, layarnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass. 


Bodi belakang Samsung A20sBodi belakang Samsung A20s

Meski begitu, Redmi 9 lebih unggul karena reolusi layarnya lebih tajam dengan 1080x2340 piksel, dibangkan dengan Samsung A20s dan vivo Y30 yang hanya menggunakan layar 720x1560 piksel. Bahkan, Redmi 9 terasa lebih lapang karena memiliki rasio layar ke bodi mencapai 83%.

Kamera

Ini mungkin fitur yang paling menjadi acuan buat Anda ketika memilih smartphone baru. Sekarang ini sudah sangat lazim kamera smartphone jumlahnya lebih dari 1, terutama untuk smartphone kelas menengah atas.

Kamera utama Redmi 9Kamera utama Redmi 9

Untuk Redmi 9, Samsung A20s dan vivo Y30, semuanya menawarkan kamera lebih dari dua modul di bagian belakang. Semakin banyak kamera yang ditawarkan semakin banyak modus pengambilan gambar yang bisa Anda nikmati.

Lalu siapa yang lebih unggul? Di atas kertas jelas Redmi 9 dengan quad kamera mengalahkan dua rival lainnya. Vivo memang sama-sama menawarkan 4 modul kamera, namun spesifikasi kamera makro yang ditawarkan tidak sebaik Redmi 9. (lihat table).

Tabel perbandingan kameraTabel perbandingan kamera

Redmi 9 dan vivo Y30 menawarkan modus pengambilan gambar yang lebih lengkap seperi, wide, ultra wide, depth (bokeh) dan makro. Samsung A20s hanya memiliki tiga modul kamera belakang, minus kamera makro.

Kinerja

Kinerja smartphone dipengaruhi oleh spesifkasi chipset juga kapasitas RAM yang ditawarkan. Kebetulan, ketiga smartphone yang kami komparasi ini memiliki varian RAM 4GB, namun ketiganya menggunakan merek dan tipe chipset yang berbeda.

Redmi 9 dan vivo Y30 mengandakan chipset besutan Mediatek sementara Samsung A20s mengandalkan chipset besutan Qualcomm. Detailnya, Redmi 9 menggunakan chipset Helio G80, vivo Y30 dengan  Helio P35 dan Samsung A20s dengan Snapdragon 450.

Lalu apakah chipset Snapdragon lebih unggul dari Mediatek? Belum tentu. Untuk mengetahuinya kita harus mengupas jeroan masing-masing chipset. (lihat table)

Tabel perbandingan chipsetTabel perbandingan chipset

Dari table perbandingan jelas kinerja Snapdragon 450 justru dibawah Helio G80 dan Helio P35 terutama untuk clockspeed-nya.  Helio G80 dan Helio P35 yang dikemas lewat proses produksi

12nm dipercaya lebih efisien ketimbang Snapdragon 450 yang menggunakan 14nm.  Selain itu, tipe memori Snaodragon 450 yang masih menggunakan LPDDR 3 jelas sudah terkesan jadul ketimbang LPDDR 4 yang pasti lebih baru.

Sekarang kita bandingkan antara Helio G80 dengan Helio P35. Dari table yang sama bisa kita lihat bahwa CPU clock Helio P35 memang terasa lebih cepat vdengan perbandingan 2.3 GHz vs 2.0 Ghz. Tetapi tak sesederhana itu, sebab Helio seri G ini sejatinya menawarkan kelebihan bagi mereka yang menyukai game. Ini dibuktikan dengan dengan chip grafis / GPU yang lebih baik yakni 950 Mhz dibandingkan dengan Helio P35 yang hanya 680 MHz. 

Apalagi, chipset Helio G80 memang sudah dibekali dengan MediaTek HyperEngine Game Technology yang menjamin kenyamanan meskipun berlama-lama memainnkan game, performa yang lebih halus disetiap adegan yang intens serta kondumsi daya yang lebih efisien. Jadi, bagi Anda yang mengidamkan kinerja smooth untuk game dan video atau aplikasi multimedia, Redmi 9 lebih baik.

Baterai

Pertimbangan yang tak kalah penting dalam memilih smartphone adalah kapasitas baterai yang ditawarkan. Oleh karena makin banyak pekerjaan yang dilakukan via smartphone maka juga dibutuhkan perangkat yang bisa menemani Anda seharian.  Selain itu, dukungan fast charging juga penting.Kapasitas baterai yang besar tentu akan lebih serasi dengan fast charging.

Nah, Redmi 9 dan vivo Y30 menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar. Baterai Redmi 9 berkapasitas 5020 mAh  dan kapasitas baterai vivo Y30 adalah 5000 mAh. Sementara Samsung A20s hanya menawarkan baterai 4000 mAh.

Kapasitas baterai Redmi sedikit lebih unggul dari vivo Y30 dan menang telak dari Samsung A20s.Selain itu, Redmi 9 juga lebih unggul karena mendukung fast charging 18W, sedangkan Samsung A20s mendukung fast charging 15 W dan vivo Y30 menawarkan fast charging 10W.

Harga

Dari harga yang ditawarkan dari ketiga smartphone yang kami komparasi ini, Redmi 9 dengan RAM 4 GB dibanderol Rp1.999.000. Samsung A20s Rp2 juta – Rp2,1 juta dan vivo Y30 Rp2,5 jutaan.

Kesimpulannya, Redmi 9 lebih kompetitif dengan harga yang lebih murah, punya 4 kamera utama, baterai lebih besar dan lebih cocok untuk Anda yang gemar main game serta menggunakan fitur multimedia.  (*)