pulsa-logo

Review realme C15 : Usung Baterai Besar, Kini dengan Quick Charge


Ahmad S.

Selasa, 28 Juli 2020 • 13:42

baterai, battery, besar, kapasitas besar, seharian, realme, c series, c15, c11


Produk jagoan realme di angka 2 jutaan kembali menghadirkan smartphone berbaterai besar. Namun kali ini kapasitasnya diperbesar menjadi 6000 mAh,  dan dilengkapi fitur pengisian daya cepat 18W untuk memangkas waktu yang dibutuhkan dalam mengisi ulang dayanya. Tak salah jika kita berharap bahwa langkah ini akan menjadi standar baru smartphone berharga terjangkau di masa mendatang.

Kapasitas baterai yang besar merupakan tawaran yang menarik, kita bisa melakukan bayak hal dengannya. Namun jika waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian ulang juga relatif lebih lama dari produk-produk lain, maka hal ini akan cukup mengganggu. Sebagai solusi, realme merilis sebuah produk berbaterai besar dengan kemampuan quick charging yang tepat guna lewat realme C15.

Paket Penjualan : Handset, Adapter Charger 9V2A, Kabel Micro USB, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector

Warna : Marine Blue, Seagull Grey

Harga : Rp 1.999.000 (3/64 GB), Rp 2.199.000 (4/64 GB), Rp 2.499.000 (4/128 GB)



 

Desain dengan Garis Geometris

Sekali lagi realme membawa konsep desain yang baru di produk realme C15, meskipun bisa dibilang senafas dengan realme C11 yang baru luncur satu bulan lalu. Dimana bagian belakang smartphone ini memperlihatkan pewarnaan sederhana, namun tetap menampilkan bentrokan tekstur gradasi yang tegas sedemikian hingga terlihat kokoh dan tahan banting dan berhasil mencerminkan ketangguhan daya tahan baterai yang dibawa.

Permukaan material plastik dengan tekstur metalik ini tidak terasa licin, sehingga wajar apabila dalam paket penjualannya kita tidak menemukan casing silikon. Dua pertiga bagian dibuat bertekstur garis-garis yang lembut, sementara sepertiga bagian yang memotong bagian ini di tengah dibuat tanpa tekstur.

Selain area untuk menempatkan 4 kamera utama di sisi kiri atas bagian back cover, kita juga dapat menemukan sebuah sensor sidik jari, yang memiliki tingkat akurasi dan kecepatan mengenali sidik jari yang tinggi.

smartphone realme C15 dibuat sedikit lebih tebal dari smartphone-smartphone anyar yang rilis dalam waktu bersamaan. Meskipun selisihnya tidak terlalu besar. Apalagi kalau Anda membandingkannya dengan produk yang berumur 3 tahun lebih tua. Artinya, smartphone ini tetap terasa ramping, relatif tipis meskipun membawa embel-embel baterai berkapasitas besar.

Bagian sisi kanan smartphone diisi oleh semua tombol dalam smartphone. Ada tombol power dan volume rocker alias keluarga tombol volume atas dan bawah. Laci tempat kartu SIM diletakkan di arah berlawanan, sementara bagian bawah diisi oleh lubang speaker, port micro USB dan jack audio 3.5 mm.

Display Mini Drop Full Screen

Bagian layar realme C15 memiliki rasio 88,7% terhadap permukaan depan bodi smartphone. Cukup luas dengan mengetengahkan layar berukuran 6,5 inci, mini-drop fullscreen, alias menampilkan kamera depan dalam poni mungil di bagian atas layar.

Desain seperti ini memberikan bidang pandang yang luas. Meningkatkan pengalaman saat menonton film, atau bermain game.  Aspect ratio nya tercatat 20:9, dengan bezel yang minim, terutama di bagian sisi kanan dan kiri.

Menampilkan resolusi HD+ atau setara dengan 720 x 1600 pixel, kerapatan gambar yang tertampil di layar smartphone masih dapat dinikmati, baik dalam bentuk gambar, maupun teks.

UI Berdasarkan Android 10

Seperti halnya produk realme yang meluncur tahun 2020 lain, smartphone ini sudah dilengkapi dengan UI kustom bikinan sendiri, yakni realme UI 1.0. Merupakan UI yang berbasis Android 10. Pendekatan yang segar dan bersih merupakan salah satu kelebihan UI ini, dan dipercaya merupakan UI yang paling pas dengan gaya hidup anak muda masa kini.

Menariknya, selain personalisasi dan kustomisasi melalui toko tema yang disediakan, pengguna pun bisa melakukan kustom hingga ke bentukan ikon. Mengurangi kemungkinkan tampilan smartphone kita sama dengan teman-teman yang lain. Gengsi kan?

Anda tidak membutuhkan kreativitas yang terlalu ‘wah’, karena semua bisa dilakukan dengan mudah di realme UI ini.

Selain kustomisasi, realme UI ini mernawarkan beberapa hal lain yang asyik. Ada Dual Mode Music Share. Dimana Anda bisa berbagi musik dari satu perangkat dengan teman, melalui jack audio dan bluetooth secara bersamaan. Uniknya, kalau yang pakai Bluetooth menerima panggilan telepon, teman kita yang menggunakan kabel akan tetap dapat menikmati musik tanpa terganggu. Dan tanpa ada yang menguping pembicaraan kita.

Berikutnya ada screenshot dengan tiga jari. Nah buat yang suka mereview, atau memberi tips penggunaan smartphone ke teman nih, kita mungkin harus menangkap layar smartphone. Dengan realme C15, Anda bisa melakukannya hanya dengan menempelkan tiga jari. Bahkan kita bisa mengisolasi hanya bagian tertentu saja yang ditangkap.

Dan masih banyak hal menarik lain yang bisa kita eksplor ketika menggunakannya. Menjadikan smartphone ini tidak cepat bikin bosan.

Kembali Bawa Helio G35

Setelah sukses menjadi otak di balik kesuksesan realme C11, Mediatek Helio G35 kembali digunakan oleh C15. Sekedar mengingatkan, Helio G35 adalah prosesor 8 inti dengan pabrikasi 12nm yang membawa inti seragam, cortex A53 berkecepatan 2,3GHz.

Merupakan prosesor yang mumpuni di kelasnya, dan ditengarai memang berkonsentrasi untuk menjaga performa smartphone saat memainkan game. Sehingga tidak kalah dari smartphone lain yang harganya lebih tinggi.

Keberadaan prosesor ini kemudian ditemani dengan besaran RAM yang mumpuni. Ada tiga varian yang diluncurkan di Indonesia. Oh iya, smartphone ini sama diluncurkan pertama kali di  Indonesia, sebelum diluncurkan di Negara-Negara lainnya.

Tiga varian tersebut antara lain ada: RAM 3GB/ ROM 64GB, RAM 4GB/ ROM 64 GB dan RAM 4GB/ ROM 128GB. Atau dengan kata lain 3/64, 4/64 dan 4/128. Menarik kan?

Membawa jenis memori tipe LPDDR4X, dipercaya kemampuannya akan meningkatkan kualitas grafis 20 % dan kinerja RAM 100% dibandingkan LPDDR3 (versi sebelumnya).

Baterai Lebih Besar dengan Pengisian Cepat

Melalui realme C15, realme menawarkan sebuah produk dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 6000mAh. Dengan kapasitas sebesar ini Anda bisa menggunakan smartphone hampir tanpa henti. Karena dalam sebuah uji coba, realme C15 ini bisa bertahan hidup selama 57 hari dalam kondisi stand by.

Tapi masalahnya, baterai berkapasitas besar juga membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya. Untuk itu, kali ini realme pertam akali juga menyedaiakan teknologi fast charging di smartphone seri C-nya dengan konfigurasi 9V2A, alias 18Watt.

Saking besarnya, realme C15 juga bisa menyediakan kemampuan mengisi baterai perangkat lain, alias reverse charging. Dimana smartphone realme C15 ini bisa dijadikan sebagai powerbank untuk mengisi daya smartphone lain atau perangkat Bleutooth headset yang Anda miliki.

Dengan fitur pengisian daya cepat yang dimiliki oleh C15, kita bisa mengisi baterai hingga 25% selama 30 menit. Jadi tidak perlu lama-lama untuk bisa menggunakannya seharian.

Berkat optimasi penggunaan daya yang dilakukan oleh sistem realme C15, smartphone ini pun terbilang hemat daya walaupun berbekal baterai bongsor.

Quad Camera Pertama di seri C

Perangkat smartphone berbaterai besar, realme C15 hadir dengan konfigurasi 4 kamera utama. Ini merupakan yang pertama kalinya dalam sebuah perangkat entry level seri-C realme. Keempat kamera diletakkan dalam bentukan 4 persegi panjang di bagian back cover, layaknya smartphone-smartphone kekinian.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13MP dengan aperture f/2.2. Membawa teknologi autofokus PDAF dan perbesaran gambar hingga 4x. Lalu ke-2 ada kamera ultra wide 8MP. Kamera ini memiliki sudut lebar 119 °, yang dapat menangkap tampilan lebih luas. Saat mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup dengan banyak orang dan pemandangan jauh lainnya, Anda tidak perlu mundur. Anda dapat beralih ke mode sudut ultra lebar hanya dengan satu klik. Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang disesuaikan oleh realme memperbaiki distorsi yang dihasilkan.

Kamera ketiga dan keempat merupakan kamera B&W dan Retro yang masing-masing memiliki resolusi 2MP dalam aperture f/2.4. Kedua kamera ini mampu mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap. Dalam mode Portrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi karya potret master, foto disesuaikan dengan gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada foto gaya potret akhir. 

Selain keempat kamera utama tadi, ada satu kamera selfie yang diletakkan pada poni di atas bagian layar depan. Merupakan kamera selfie 8MP yang dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas.

KESIMPULAN

Di samping menjadi smartphone realme pertama yang membawa kapasitas baterai 6000 mAh, realme C15 juga merupakan smartphone realme seri C pertama yang membawa fitur Quick Charge 18W, seri C pertama yang dilengkapi 4 kamera utama, seri C pertama dengan kapasitas memori internal 128 GB dan pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Serba pertama!

Baterai besar dengan quick charge merupakan modal penting dalam bersaing di rentang harga ini. Menyasar mereka yang kerap beraktivitas padat, atau jauh dari outlet listrik namun dengan fitur-fitur yang tetap mumpuni. 

Soal harga, tak perlu risau karena banderolan harga realme C15 ini cukup terjangkau. realme menawarkan harga spesial selama periode Flash Sale di Lazada. Untuk menjangkau realme C15 bisa mengklik tautan berikut ini https://bit.ly/realme-C15 (@halusanusi)