pulsa-logo

Review Nokia C5


adminPulsa

Senin, 25 Oktober 2010 • 23:30


Maraknya produk vendor lokal di tanah air mau tak mau membuat para pemain lama bermain strategi, agar pasarnya tak tergerus. Sebut lah Nokia, yang mencoba menawarkan produk baru dengan harga kompetitif. Tentu saja dengan dukungan fitur menarik, meski tak mengandalkan konsep QWERTY layaknya mayoritas ponsel lokal asal Cina.

Adalah Nokia C5, yang tampil dalam disain standar candybar. Meski tampil biasa, ponsel ini cukup menarik perhatian konsumen. Apa saja sih yang bikin Nokia C5 menarik? Lalu apa pula kelemahan yang ada di ponsel ini. Berikut ulasannya.

Disain & Interface

Seperti sudah diungkapkan di depan, Nokia C5 tampil dalam dandanan candybar. Malah, disainnya terlihat mirip dengan kerabatnya seri 6303i. Hanya saja, Nokia C5 dibentuk dengan dimensi lebih ramping, meski sedikit panjang. Selain itu, Nokia C5 tak lagi memiliki sudut tajam. Jadi, kini dibuat dengan sentuhan lebih membulat (rounded).

Material logam mendominasi bagian depan dari ponsel. Tombol-tombol disusun menggunakan material plastik, yang meski padat namun relatif nyaman dipakai mengetik. Guna memudahkan navigasi pengguna, Nokia memasang tombol d-pad di bawah layar. Juga, tombol fungsional seperti softkey, call, end hingga tombol home.


Nokia C5 memiliki tampilan interfacce serupa ponsel Symbian 3rd edition FP2 lain. Menu-menunya masih khas, dengan dukungan stnadby menu di bagian home-screen. Pada menu personalisasi, tampilan layar C5 pun bisa dikustomisasi sesuai selera. Bisa theme-nya, wallpaper atau pun lainnya.

Pada modus homescreen, bisa memunculkan notifikasi email, pesan ataupun panggilan telpon. Tampilan bermacam notifikasi tersebut mampu terlihat jelas dan terang, dengan dukungan layar berdiagonal 2,2 inci. Terlebih, kedalaman warnanya sudah 16 juta, yang ditunjang dengan teknologi TFT pada kerapatan 240x320 piksel (QVGA).

Sistem Operasi

Nokia C5 mengusung sistem operasi Symbian S60 3rd edition FP2, dengan dukungan prosesor berkecepatan 600 MHz. Berbekal otak tersebut, aksi multitasking (membuka beberapa aplikasi bersamaan) bisa berjalan lebih lancar.

Jika dibandingkan dulu, jumlah aplikasi pihak ketiga yang kompatibel dengan Symbian S60 3rd edition jumlahnyajauh lebih besar. Alhasil, kini pengguna ponsel C5 tak lagi dikuatirkan dengan minimnya jumlah aplikasi yang tersedia di pasaran.