pulsa-logo

Review IMO B9100


Rabu, 10 November 2010 • 17:01


Peluang pasar ponsel QWERTY sepertinya masih terbuka. Buktinya, IMO meneruskan tradisi menggelontorkan seri B9100 yang berbasis QWERTY. Untuk menghindari kejenuhan serta merangkul pasar lebih luas, B9100 menyisipkan beberapa konten khusus bernuansa Islami.

Disain & Display

Soal tampilan sebenarnya tak perlu berpanjang lebar bicara. IMO B9100 memiliki ciri khas ponsel QWERTY dengan bodi agak melebar demi mengakomodasi barisan keypadnya.

Secara keseluruhan, disain B9100 mencomot gaya dari beberapa ponsel QWERTY pabrikan vendor papan atas. Kombinasi ini membuat ponsel ini cukup sedap dipandang mata.

Keypad full QWERTY-nya hadir dengan komposisi pas untuk jari. Tonjolan per tombol dibuat menggembung guna mempermudah pengetikan. Istilah jari terpeleset saat menekan tombol mampu diminimalisir dengan baik.



Menjurus pada mutu casing, IMO B9100 tergolong berbobot. Komponen cangkang dengan inishing glossy mampu lepas dari kesan murahan ponsel Cina. Hampir seluruh bodi dibalut plastik solid kecuali casing belakang terbuat dari lempeng aluminium.

Tombol navigasinya standar, tak memakai trackball atau trackpad, tapi nyaman dipakai. Di kiri dan kanan tombol navigasi, terdapat tombol Call 1 dan tombol Call 2 (fasilitas untuk dua kartu SIM), tombol Back dan power/ end call.

Di sisi kanan terdapat port kabel data USB, port charger dan port audio 3,5 mm. Sementara di bagian belakang ponsel, tertanam speaker khusus yang posisinya bersebelahan dengan kamera.

IMO B9100 disuntik layar TFT seluas 2,4 inci yang memancarkan 262 ribu warna. Display ponsel ini cukup tajam dan terang, membantu saat Anda menelusuri interfacenya.

Pada halaman standby, tersedia shortcut ke beberapa aplikasi pilihan. Mulai dari Facebook. Twitter, Kumpulan Doa, Jadwal Sholat, Kalkulator Zakat dan I-go.

Lebih dalam memasuki interface B9100, Anda akan menemukan menu utama berkonsep grid yang bisa diutak-atik. Bahkan, ikon dan tampilan menu ini bisa dibuat ala Blackberry atau Nokia atau dibuat tampil bergantian secara periodik.