pulsa-logo

Jailbreak Atau Tidak?


Ilham

Selasa, 17 Desember 2013 • 13:25


Hai PULSA mau tanya nih, sekarang kan aku pake APPLE IPHONE 5, trus ada teman anjurkan untuk di jailbrake. Emang apa sih enaknya dijailbreak, plus apa keuntungan dan kekurangan dari jailbreak itu.

desasuXXX@yahoo.com

 

Jawab:

 

Jailbreak atau tidak itu tergantung dari bagaimana Anda menggunakan ponsel ini. Jika Anda merasa kurang akan fitur-fitur yang ditawarkan oleh iPhone 5, maka silakan Anda lakukan jailbreak. 

 


Karena jika Anda men-Jailbrake iPhone, maka iPhone tersebut akan memiliki kemampuan untuk mengakses file root (kemampuan file manager), merubah nama aplikasi sesuka Anda, meletakkan folder aplikasi di dock, menjadikan Chrome sebagai browser default, menghilangkan aplikasi-aplikasi bawaan Apple seperti newstand, Apple map dan sebagainya, merubah desain tampilan melalui theme-theme pihak ketiga sehingga tidak tampak kaku, memainkan game-game emulasi (NES, MAME dsb), dan meningkatkan kemampuan SIRI agar bisa berinteraksi dengan lebih baik lagi.

 

Namun bagaimanapun Jailbreak punya beberapa kekurangan. Pertama adalah kesalahpahaman kita yang sering menganggap bahwa jailbreak akan benar-benar membuat kita terbebas dari aplikasi berbayar. Sejumlah aplikasi yang berjalan di Cydia (aplikasi jailbreak) rupanya dibanderol dengan aplikasi berbayar yang lumayan mahal. Sementara untuk keperluan lain, seperti menjalankan aplikasi bajakan, itu sudah menjadi rahasia umum meskipun hackulous dan instalous sudah tidak ada, maka PULSA yakin akan bermunculan ‘cara-cara’ lain untuk memungkinkan hal ini terjadi.

 

Kalau melihat perkembangannya dengan semakin banyaknya game-game freemium di App Store, maka PULSA berfikir melakukan jailbreak untuk hanya sekedar menjalankan aplikasi bajakan sudah kurang populer.