pulsa-logo

Blue Screen di Notebook ADVAN, Solusinya?


Woro Ari Prianto

Kamis, 05 Februari 2015 • 16:47

Notebook, ADVAN, tabloid Windows XP, Windows 7, tabloid pulsa


gambar: Notebook advan, sumber: bp.blogspotgambar: Notebook advan, sumber: bp.blogspot

Halo PULSA, saya ingin bertanya soal produk notebook ADVAN seri G4D-43125. Sekitar tahun 2011 saya membeli produk tersebut dengan OS Windows XP pre-installed. Sekitar tahun 2013 notebook saya tersebut mengalami kerusakan di bagian kabel flexibel dan harus menunggu sekitar satu tahun sampai saya mendapat pengganti kabel flexibel yang dapat digunakan di unit notebook saya.

Sekitar bulan Juli 2014 notebook tersebut dapat saya gunakan kembali, dan saya mencoba untuk mengupgrade OS yang digunakan dari Windows XP ke Windows 7, setelah instalasi OS selesai saya lalu menginstall semua driver yang terdapat di DVD yang disediakan, tetapi hingga saat ini notebook tersebut tidak dapat saya gunakan sebagaimana mestinya karena saya terus menerus mendapat Blue Screen dengan berbagai macam error, tapi yang paling sering adalah DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah pakah produk notebook tersebut memang tidak kompatibel dengan Windows 7, meskipun pada DVD driver yang disertakan dalam paket penjualan terdapat driver untuk Windows 7? Lalu bagaimana dengan after sale service dari ADVAN Digital itu sendiri pada saat ini, karena pada saat saya mencoba membuka website nya di www.advandigital.com ternyata website tersebut tidak menyediakan informasi mengenai produk notebook yang saya gunakan.

Sekian pertanyaan dari saya, mohon maaf apabila di luar konteks pembahasan Tabloid PULSA.

Dari: Cikal Zumara Permana | cikaxxx@gmail.com

Jawaban:

Dear Cikal,


Ada kemungkinan masalah tersebut disebabkan inkompatibilitas antara driver di OS Windows 7 dengan hardware pada notebook ADVAN tersebut. Atau bisa jadi terdapat masalah pada harddrive (HDD) semisal bad sector, dll. Cobalah untuk check disk menggunakan software "CheckDisk" yang bisa diunduh gratis di softpedia.com

Atau Anda bisa mencoba melakukan booting pada mode "Safe Mode", dengan menekan F8 seusai power notebook dinyalakan.

Bila masalah masih tetap terjadi, cobalah bawa ke tempat service notebook terpercaya di kota Anda, yang pastinya akan bisa membantu dan memberikan solusi. Atau, mau tak mau Anda harus kembalikan ke OS Windows XP.