pulsa-logo

Efek Pakai Charger Output Besar?


Woro Ari Prianto

Senin, 24 Oktober 2016 • 16:41

charger output cepat,fast charger,tanya pulsa, rekomendasi


Selamat sore

Min saya mau bertanya. Handset saya memang tidak mendukung fitur fast charging, tapi apakah bisa memakai charger output besar (fastcharging) tanpa kendala? Atau akan merusak baterai handset saya? Terimakasih

Dari: Aris | arsdm**@gmail.com

Jawaban

Hai Aris,

Pada dasarnya boleh saja, tak jadi masalah. Namun tentunya Anda tidak akan mendapatkan fungsi fast charging tersebut di ponsel Anda. Tapi jika ponsel Anda memang mendukung ampere yang lebih tinggi, maka pengisian daya pun akan ikutan cepat.

Untuk merusak baterai/ponsel dengan penggunaan fast charger, rasa-rasanya tidak juga. Pasalnya smartphone akan menerima arus sesuai yang dibutuhkan. Dan jika disinyalir bakal kelebihan beban (overload), rasanya pun tidak, dimana ponsel saat ini sudah dilengkapi pemutus arus otomatis yang akan mengentikan pengisian jika baterai terisi penuh.


Namun jika dianggap apakah akan memperpendek umur baterai? Ini memang benar, dimana baterai memang memiliki umur berupa jumlah siklus pengisian daya. Yang pasti, baiknya mengisi daya ponsel dengan charger original, jangan yang abal-abal. Biasanya yang palsu output-nya arus listriknya tidak stabil.